INGIN MELIHAT INDONESIA ?

Kepada para relawan dan donatur.

Tidak ada salahnya jika kita kembali melihat spion kendaraan kita yang disebut INDONESIA. Melirik kembali bencana alam yang sempat mengguncang bangsa ini. Gempa dan tsunami Aceh, Gempa Jogja, Gempa Padang, Tsunami Mentawai, dan yang masih dalam kondisi 'awas' yakni bencana Gunung Meletus Merapi.

Lihatlah kembali wajah - wajah yang kalut dalam keputus asaan itu. Wajah - wajah muram setelah diterkam bencana alam itu. Hiruk pikuk dalam tangis diselingi bergemanya nama Tuhan ditengah lautan gedung - gedung yang luluh lantak dan suasana yang mencekam. Siapa yang akan menjadi sandaran mereka ?

Lihatlah, semua orang dalam setiap elemen bangsa ini tergerak. Mulai dari mobilitas para tim relawan hingga anak - anak yang masih duduk dibangku sekolah dasar, mereka menyumbang tenaga, akal pikiran serta sebagian harta yang mereka miliki untuk dihibahkan kepada saudara mereka yang sedang bersedih di pulau seberang sana. Mereka tidak pernah bertukar nomer handphone bahkan mereka belum pernah saling bertatap mata. Namun mereka yang didasarkan pada rasa iba dan keikhlasan tidak pernah merasa terberatkan untuk sekedar menyambung secercah senyum yang sempat tertunda.

Itulah INDONESIA. Beratus - ratus juta penduduknya namun tidak saling mengenal. Tapi ketika ada yang merasa dalam kesakitan, mereka turut baur dalam rasa pedih tersebut. Tidak perlu pamrih, tidak perlu balas budi, yang penting mereka yang sedang dalam keputus asaan itu mampu menyambung kembali senyum yang sempat tertahan tersebut.

img src="http://www.boston.com/bigpicture/2010/11/mount_merapis_eruptions.html"
[..]


SKETSA REMBULAN DI BALIK MERAPI

untuk mereka

masih ku kenang kala itu
ketika kita duduk di balik pohon pinus
memandang teguh purnama
di balik merapi
yang diam diam mengintip kita
bercumbu

ah!
kecupan itu masih ada
jangan sampai engkau lupa
kau cumbui aku, hangat
seraya kau lukis sketsa rembulan
pada angan - angan
pada balik merapi

tapi
mana tahu aku kini
masih adakah sketsa milikmu itu
ataukah sudah termakan api
atau terlalap pijar
bahkan
masih adakah
rembulan itu di balik merapi?

Yogyakarta, 3 November 2010. [..]


PEKAN YANG BERAT

Saya sakit lagi.

Sudah seminggu saya harus membawa - bawa sakit mag ini kemana - mana. Masuk ruang ujian, pergi "mengungsi" ke kediaman kakek, hingga saya harus terbaring bersama cairan infus di ruang UGD. Saya stress dengan kondisi perut saya yang hampir sekarat akibat serangan cholic ini.

Tentang Climate-stress

Saya pernah diceritakan oleh dosen saya tentang climate-stress. Kondisi dimana terdapat tekanan mental akibat kondisi cuaca. Di Swedia, angka bunuh diri cukup tinggi akibat climate stress. Hal ini disebabkan cuaca Swedia yang cenderung "putih-abu abu" dimana ketika matahari tidak muncul atau hanya separuh namun kondisi tersebut berlangsung sangat lama.

Apa yang terjadi di sini ?
Abu vulkanik yang menutupi area kos-kos-an saya juga membuat segalanya menjadi putih. Dan saya menjadi stres!. Ketika saya bangun tidur, segalanya putih. Bangun tidur lagi, segalanya putih. Begitu terus berlangsung. Dan akhirnya saya memutuskan untuk mengungsi saja ke rumah kakek saya yang ada di wilayah Bantul sana yang tidak terlalu banyak terkena dampak abu.

*tapi, ketika saya pulang, masih juga putih!. Untung, sore ini hujan deras datang mengguyur.

Tentang Merapi.

Mungkin ada sebagian kawan blogger yang menunggu segelintir liputan saya tentang Merapi. Tapi rasanya hal itu tidak perlu. Media sudah terlalu banyak mengekspos dan saya akui, mereka hampir mendekati benar dan hampir semua hal mereka telah cover. Bahkan kecepatan mereka untuk mengabarkan jauh lebih cepat dari pada seorang blogger mengeposkan sebuah posting.

Kemarin, saya datangi wilayah Pakem, tempat pengungsi berada plus rumah kawan kampus saya. Memang kondisinya sangat mencekam karena jaraknya yang relatif dekat pada Merapi.
[..]


CINTA KITA

Pada suatu senja, saya yang belum mandi melihat penampakan pada seutas tali jemuran. Ya sudah, berhubung lagi suntuk ide, saya abadikan saja kegitan mesum kedua binatang bersayap itu. Setelah beberapa jepretan, sepasang kekasih yang baru saja jadi itu langsung berhamburan ke udara. Entah takut menjadi ariel-luna kedua, atau mungkin saja saya telah merusak privasi mereka untuk bercinta di tempat umum.



Enjoy.


Jogjakarta, 22 Oktober 2010. Menjelang magrib.
Dengan kamera poket 7.2 MP, Sony Camera DSC-S730.
(aperture: f/5.6, shutter speed: 1/200, ISO-100)
[..]


HATI HATI 'NGGOMBAL' DI FACEBOOK

Buat para 'pecinta', kini berhati - hatilah bergombal di facebook.
Ada apa ?

Terinspirasi dari beberapa cerita di kalangan blogger dan teman di facebook. Ada Mbak 'Riestha', ada juga Om Attayaya dan Mbak Dwina, dan juga teman perempuan SMP saya. Ada apa mereka ?. Mbak riestha kan baru - baru ini merit. Om attaya juga masih hangat berijab kabul dengan mbak dwina. Dan teman perempuan saya itu (sebaya dengan saya, 20 tahun) masih merah juga bayinya. Terus ada apa ?

Lihatlah facebook kalian. Terutama bagi kalian yang bekawan dengan orang yang sudah merit, bahkan punya momongan. Masihkah mereka mengumbar kata 'cinta' di antara status mereka ?

"Luv yu bieb!", "Love you so much!", "miss you", dan sebangsanya.
Dan mayoritas : TIDAK!

Padahal mereka sudah dengan halal merangkul cinta mereka, tapi mereka tidak lagi mengumbar rayuan - rayuan cinta itu dihadapan publik. Sedangkan kita (saya akui: termasuk saya) kerap kali terjebak dalam keinginan untuk mempublish rasa cinta itu di khalayak umum.
Pantaskah? Yang mana kita yang masih belum jelas akan merangkul siapa, kemudian berfoya - foya di dalam lautan kata cinta yang sejatinya hanyalah nafsu semata?

Saya terhenyak dalam lamunan ini semalam. Saya lantas malu pada diri saya sendiri. Saya terlalu sesumbar mengutarakan kata cinta itu dihadapan publik bahkan di hadapan orang - orang yang telah berstatus 'kawin'. Barangkali mereka sedang terbahak - bahak dengan kegombalan itu.

"Biarlah orang tidak tahu seberapa besar cintaku padamu.
Namun, pastikan mereka tahu.
Kita bersama karena kau cinta padaku.
Begitu pula aku..."
--kakve, penulis blog.
[..]


TAMPILAN BARU LOGIN BLOGGER

Benarkan blogger melakukan perubahan pada halaman muka blogger.com ?
Atau hanya saya saja yang mengalami hal tersebut ?

Seperti biasa, saya mengetik blogger.com pada address bar, namun entah mengapa URL itu lantas ter redirect menuju halaman milik Google.com dengan "https:// bla bla bla..."

Ada yang berbeda dengan tampilan seperti biasanya itu.
Setelah saya cross check dengan tiga buah browser dan empat buah laptop di kampus saya, ternyata tampilan itu tidak berubah.

Semalam nampaknya hal ini belum terjadi.
Saya juga mencoba mencari berita di Google, nampaknya belum ada kabar juga tuh.

Ini ScreenShootnya.


Ada yang tahu ini apa ?
[..]


RUMUS PACARAN

Hahaha!

Iseng - iseng bongkar Facebook orang, eh ketemu yang seperti ini.
Kalau anda mau terapkan kayanya juga bagus sih.
Tapi kalo saya menganggao rumus ini perlu ditelaah ulang.

Karena belum munculnya reaksi kimia yang terjadi.

Monggo. Hehehe.


[..]


ADOBE PREMIER - PROJEK PERTAMA

Pertama, permohoman maaf saya kepada Mbak Andity, karena saya menggunakannya untuk soundtrack video saya. Tapi saya salut, karena lagu tersebut sangat mengena untuk kisah saya sekarang.

Saya lagi belajar Adobe Premier nih.!
Cekidot.

*kalo jelek ya maklum, masih pemula, hehe.

[..]


GERAKAN MEMBUANG BAYI BERSAMA

Kepada peri – peri cinta kecil tanpa sayap yang tersasar di toliet.

Saya tidak tahu apa yang ada di kepala “orang tua”-mu saat mereka sedang melaksanakan kegiatan ah-ih-uh mereka. Saya juga tidak tahu, apakah mereka melakuannya di tempat yang empuk, atau justru dibalik belukarnya semak - semak. Saya juga tidak tahu, apakah rasa suka sama suka atau cuma sekedar obat tidur yang bikin kegiatan esek - esek itu berjalan lancar.

Yang jelas, kalian datang disaat yang tidak diinginkan.

Saya bangga kepada "orang tua"-mu. Mereka diberi keberanian untuk meninggalkanmu dan membiarkanmu untuk menapaki fase 'hidup di dunia' ini dalam kesendirian. Tidak semua orang tua mampu membesitkan ide yang segila itu. Kalian belum mendapatkan ijazah sarjana bahkan mengeyam bangku sekolah sekalipun, namun "orang tua"-mu sudah yakin kalian akan hidup bahagia.

Berbanggalah. Tuhan tidak akan serta merta meletakkan kalian dalam posisi yang tidak nyaman. Kalian tentunya telah diberikan keahlian dan bakat yang lebih banyak dari pada bayi - bayi yang lain. Sejak pertama kali kalian hadir, kalian telah diberikan kemampuan membuat orang lain iba tatkala melihatmu. Selanjutnya, kalian juga diberikan kekuatan magis yang dapat menarik perhatian dan kasih sayang orang lain kepadamu sekalipun orang tersebut tidak mengenalmu bahkan pertama kali bertemu denganmu.

Tidak semua bayi mendapatkan keahlian tersebut.

Kalian lebih beruntung ketimbang kawan - kawan kalian yang harus berakhir ketika dibekap, dicelupkan ke dalam air, atau yang mesti dikorek sebelum mereka sempat melihat gemerlapnya dunia.

Kalian datang ke dunia bukanlah sia - sia. Kalian datang membawa banyak pesan kepada dunia yang telah jauh hari kalian terima dari Tuhan di atas sana. Jangan berkecil hati sebab kalian adalah bagian dari tentara malaikat yang Tuhan kirimkan kepada kisruhnya kondisi moral bangsa ini.

Selamat datang, duhai malaikat kecil. Saya akan duduk mendengarkan pesan yang telah dikirimkan Tuhan lewat kalian.
[..]


MEMPERTANYAKAN

Suatu malam. Ketika saya sedang duduk di bawah lampu neon kampus dan bertemankan sekotak L.A. hijau, saya sedang meraba - raba tuts - tuts di papan ketik komputer jinjing saya. Kadang - kadang saya menggosok - gosok tetikus di atas meja coklat sambil menyerumput nikmatnya sedutan tembakau dan sensasi menthol yang terbakar. Terkadang saya menyaksikan indikor hijau IDM yang kian lama kian mendekati pojok kanan pertanda unduhan saya akan segera berakhir.

Pada suatu malam, saya pernah berkata kepada teman saya yang datang ke tempat saya tidur untuk meminjam sebuah refrensi tentang CorelDraw X3.

"Kamu tidak usah kirim pesan bahkan tidak perlu menelpon. Kalau malam - malam seperti ini, kamu akan lebih mudah menjumpai saya jika kamu datang ke lorong lantai dua gedung Teknik Industri, perisisnya di depan pintu ruang Lab Simulasi"

Ya. Sebab hampir setiap malam saya habiskan waktu saya untuk nongkrong di depan layar empat belas inchi saya sembari menghidupkan perangkat wireless. Dan saya baru berangkat pulang bila satu jam sebelum tengah malam tiba.

Dan pada malam itu, tiba - tiba saya berhenti menggerakkan tetikus hitam, kemudian menegak nikmatnya semburan nikotin yang berputar - putar di sekitar alvelous saya. Pikiran saya sedikit terusik dengan tergalinya sebuah tanya:

kenapa saya masih terus duduk disini setiap malam?
ngeblog? apa tujuanmu ngeblog, wahai affan?


Saya bisu tanpa jawaban. Lidah saya mendadak kelu.
[..]


GERAKAN NASIONAL SATU HARI TANPA NASI

Satu kata yang panjang begitu saya melihat tulisan di detik.com ini : wkwkwkwkw!

Geblek !
Urusan satu hari tanpa rokok atau tanpa kecelakaan aja belum rampung, tapi sudah mulai aneh – aneh lagi orang – orang kita. Sehari tanpa nasi, tapi seharian kita merokok, atau seharian kita mengendarai motor sambil sibuk mengetik karakter dilayar handphone. Mana yang lebih baik ?.

Saya tidak ingin berdebat soal ini. Tapi yang membuat saya tidak habis pikir adalah : mengapa orang – orang kita tidak langsung saja bilang : GERAKAN PUASA SENIN – KAMIS. Kan jadi lebih nikmat. Bahkan jauh lebih bermanfaat dan mendapatkan pahala. Benar tidak ?

Tertawa saya bertambah panjang ketika saya juga ikut menyaksikan tingkah polah para komentator yang cukup menggelitik saya. Tetap saja, itulah kontroversi. Suatu kebijakan pasti ada kontroversi. Termasuk saya, yang tiba – tiba masuk ke dalam situs detik dan disodori berita macam ginian. Gak ada angin gak ada hujan, tiba – tiba saya diajak untuk berhenti menguyah nasi. Apakah saya yang kurang mendengar berita atau justru kegiatan sosialiasi itu tidak sampai masuk ke dalam liang telinga saya.

Tapi tunggu sebentar. Benar juga perkataan beberapa komentator. “Sudah banyak saudara kita yang terlebih dulu melakukan gerakan ini, yakni orang – orang yang terjepit dalam garis kemiskinan”.

Suatu hari nanti. Manusia sudah bosan menguyah sesendok nasi dan sekerat roti.
Mereka lebih suka dengan sebuah buah : buah khuldi.
[..]


BERHASIL BIKIN BAJU

Ada suatu rasa ingin saya mempromosikan blog ini secara offline.

Yap. Mumpung punya duit berlebih, kali ini saya gunakan untuk membuat sebuah kaos pribadi. Hitung - hitung memperpanjang daftar pengalaman hidup saya. Sebuah kaos pribadi yang memiliki desain simple - simple saja, tidak perlu glamor, yang penting sedap dipandang.

Mumpung sedang ada birahi yang menggebu tentang desain, maka saya tuangkan ke atas kain kaos saja. Ada kebanggaan sendiri jika memiliki dan menggunakan kaos hasil karya sendiri. Saya mah 'peduli setan' apa kata orang. Mau dikata jelek, desain gak cocok, saya gak peduli. Saya hanya peduli kepada orang yang memuji saya.

Karena pujian adalah turbo power tambahan untuk terus bergerak maju. Bukan cacian yang notabennya adalah rem cakram yang membuat semangat dan mental mendadak diam di tempat.






Suka kaos saya ? hehe.
Jangan pesan dulu, saya belum berencana membuatnya dalam skala besar.

*sst! saya masih mau buat kaos dengan desain yang berbeda.
[..]


BINTANG BARU

MINTA TOLONG : DISIMAK BAIK BAIK

di Indonesia.
tentang Gamaliel & Audrey Tapiheru

Mungkin saya adalah orang yang agak terlambat menyimak mereka. Ya!, terhitung tanggal 6 Oktober saya baru melihat video mereka berdua. Di awali dengan sebuah lagu milik Lady Gaga, Just Dance, yang dibawakan secara acapela, kemudian tembang 'Hangover' yang diiringi dengan irama gitar bersenar enam, dan baru - baru ini pikiran saya tersentak setelah melihat mereka nampak merdeka di atas panggung acara Harmony di SCTV yang tertanggal 20 Agustus 2010 lalu. Semuanya streaming on Youtube.

Saya perlahan mulai menanggalkan kebiasaan saya mendengarkan tembang dari Afghan ataupun Gita Gutawa. Bahkan, isi playlist saya kini adalah file ektensi FLV hasil unduhan video - video mereka dari Youtube. (maaf, saya harus download, karena saya sangat terpukau).

Saya tersentak.
Seandainya di sekitar saya tidak banyak lalat, maka mulut saya akan menganga lebar bak sebuah ember tanpa sebuah tutup.
Ada sebuah rasa kagum.
Dan tak berlebihan rasanya jika saya mengatakan :
Inilah penawar kejenuhan saya terhadap balada melankolis ala melayu zaman sekarang.
Sekali lagi, saya teramat tersentak !.

Ingin ikut tersentak ?
Ini adalah video saat mereka konser di atas panggung Harmony di SCTV.



Masih banyak klip lain yang diupload di Youtube.
Mungkin anda juga akan seperti saya : menjadi orang yang agak terlambat melihat ini.
Tapi bukanlah sebagai orang terakhir yang akan berdecak kagum.

TERIMA KASIH TELAH MENYIMAK DENGAN BAIK BAIK.
[..]


TES KEPERAWANAN



Perlukah.. ?
Kalau film-nya masih begini terus... ?


[..]


NYANYIAN KASMARAN

Sedang iseng.

.
..
...



Ebiet G.Ade - Nyanyian Kasmaran

Sejak engkau bertemu lelaki bermata lembut
Ada yang tersentak dari dalam dadamu
Kau menyendiri duduk dalam gelap
Bersenandung nyanyian kasmaran
Dan tersenyum entah untuk siapa

Nampaknya engkau tengah mabuk kepayang
Kau pahat langit dengan angan-angan
Kau ukir malam dengan bayang-bayang

Jangan hanya diam kau simpan dalam duduk termenung
Malam yang kau sapa lewat tanpa jawab
Bersikaplah jujur dan terbuka
Tumpahkanlah perasaan yang sarat dengan cinta
Yang panas bergelora

Barangkali takdir tengah bicara
Ia diperuntukkan buatmu
Dan pandangan matanya memang buatmu

Mengapa harus sembunyi dari kenyataan
Cinta kasih sejati kadang datang tak terduga
Bergegaslah bangun dari mimpi
Atau engkau akan kehilangan
Keindahan yang tengah engkau genggam

Anggap saja takdir tengah bicara
Ia datang dari langit buatmu
Dan pandangan matanya khusus buatmu
_____________________________________________________
Artikel ini diikutsertakan dalam kontes LAGAK dan LAGU di BLOGCAMP

Lihat video klipnya.
Dengar or download lagunya via indowebster.

*update : nangis saya, pakde cholik juga bingung si admin yang cewe ato yang cowo.
SAYA ITU YANG COWO.
[..]


WARTEL

Penjaga : Mari Pak..
Orang : Ya, saya mau nelpon
Penjaga : Bilik nomer dua, pak.
Orang : Bisa SLJJ? Saya mau nelpon ke Jakarta.
Penjaga : Oh, bisa pak. Langsung aja ketik nomer kode areanya, pak.
Orang : Ok, pak.



Masih ada yang seperti itu ?
Atau justru juga sudah 'dikontrakkan'?
[..]


PEMUDA KOTA

Namanya saja sudah 'kota', mana mau liat desa.

Hayo, ngaku saja, siapa yang benar - benar berasal dari (tulen) kota? Orang tua lahir di kota, begitu pula juga kamu, yang dari lahir tinggal di kota (besar) hidup dan makan di jantung kota. Mungkin sampai masturbasi dan onani di balik bilik - bilik warnet di kota.

Jujur saja, pemuda kota mana yang mau repot - repot gorok ayam buat makan. Pemuda kota mana yang mau capek - capek menggunduli ayam cuma sekedar ingin makan dagingnya. Atau pemuda mana yang mau belepotan darah ayam, demi menikmati paha sebuah ayam goreng.

Ah dasar pemuda kota, tahunya hanya instant - instant saja. Mau ayam ya tinggal setor uang, peduli setan ayam itu curian, sudah dibacakan doa gorok ayam ato belum.

Ah, aku jadi malu. Kakek ku rumahnya jelas di desa, dan bapakku otomatis meneruskan jiwa - jiwa kedesaan itu. Sedang aku, dari kecil hidup di kota, mana tau acara gorok - gorok ayam. Malu aku, bagaimana caranya jika suatu saat nanti, ketika anakku bertanya : Yah, ayah bisa gorok ayam?.

*terinsipirasi akibat terjangan KKN di desa.
[..]


REPORTASE: ANGIN KENCANG DI YOGYAKARTA

Kejadian ini bermula dari sekitar pukul 1 siang. Saya sedang (maaf) boker. Tiba - tiba, seng di atas kamar mandi bergolak hebat, menggeretak dan mematuk - matuk kayu di bawahnya. Takut kalau - kalau atap itu roboh, saya buru - buru merampungkan 'tugas' saya. Dan saya memilih untuk berkeliling melihat situasi.


YOGYAKARTA - Angin kencang melanda Yogyakarta pada Sabtu (25/09) siang sekitar pukul 13:00. Angin berhembus kencang dari arah timur menuju ke barat. Dari hasil pengelihatan, terlihat terdapat konsentrasi awan gelap yang cukup pekat di bagian barat kota Yogyakarta. Kejadian itu berlangsung kurang lebih satu jam.


Meskipun tidak sehebat kejadian beberapa tahun silam (Puting Beliung Melanda UGM-red), namun terdapat banyak kerusakan yang dihasilkan dari kejadian tersebut. Beberapa pohon tumbang, seperti yang terjadi di daerah Ring Road Condong Catur yang akhirnya membikin repot sebuah kios kecil karena tertimpa batang pohon tersebut, papan reklame yang terlepas, dan turut pula beberapa balihon dan plang yang ikut ambruk dibuatnya.


Di perempatan Ring Road Utara dan Jalan Kaliurang, terdapat sebuah papan reklame besar yang harus ambruk dan mencium papan reklame di sebelahnya. Ada juga yang hanya mengalami 'lepas spanduk'. Bahkan papan reklame kecil milih XL menjadi korban hingga tertidur di tanah.


Kejadian yang hampir serupa terjadi juga di daerah JEC, perempatan Condong Catur, perempatan Jombor, dan perempatan MM UGM. Di perempatan MM UGM, sebuah toko perlangkapan foto terkoyak bagian atapnya. Hal serupa juga banyak terjadi di kawasan kost - kost-an mahasiswa daerah Pogung. Kerusakan yang terjadi kebanyakan disebabkan sapuan angin kencang yang menerbangkan sebagian genting/seng di bagian atap.


Pada waktu kejadian, listrik langsung padam. Untuk daerah UGM dan sekitarnya, listrik sudah mulai menyala sekitar pukul 15:00. Sedangkan, hingga berita ini diturunkan, untuk daerah - daerah sekitar Mandala Krida, Kridosono, Lempuyangan, dan sekitar wilayah UIN terlihat listrik belum menyala.


Dari luasnya wilayah yang terkena dampak, dapat dikatakan bahwa angin kencang tidak bersifat lokal, melainkan menyapu di sebagaian besar wilayah sekitar kota Yogyakarta.

sumber: reportase sendiri!
[..]


MONOTON

Setiap hari.
Bangun tidur.
Mandi.
Ke kampus.
Pulang kampus.
Beli makan dibungkus.
Maghrib.
Ngenet dikampus.
Pulang jam sebelas malam.
Tidur.

Setiap hari.
Bangun tidur.
Mandi.
....

Saya bukan sedang bosan.
Tapi saya sedang sadar, apa yang saya kerjakan ternyata hanyalah seperti sebuah file mp3.
Dengan winamp sebagai pemutarnya.
Lantas saya aktifkan fungsi 'repeat' pada menu bar-nya.
Lagu yang saya dengarkan itu - itu saja.
Hentakan drumnya.
Petikan melodinya.
Pedotan bass-nya.

Apakah yang ada lakukan ketika anda sadar bahwa selama ini anda sedang monoton?
(seperti marmut yang hanya berlari pada rodanya tapi tidak jua pergi kemana - mana)
[..]


NGAMPUS LAGI !

Selamat datang (kembali) ke kampus saya.
Sudah hampir dua bulan, dan ini yang terlama, saya tidak menginjakkan kaki di sini.
Sudah banyak yang berubah.
Ruangan lebih bersih.
Lebih berwarna.
Dan yang paling nyeleneh adalah menempelnya keramik di tembok.

Saya angkatan 2007.
Dan saya sudah berjumpa dengan wajah - wajah asing anak - anak 2010.
Wajah - wajah dengan mahkota plontos mereka.
Atau kulit yang nampak masih gosong akibat diterpa matahari selama OSPEK tempo hari.

Saya angkatan 2007.
Dan nampaknya, 2007 adalah sebuah ungkapan halus untuk seseorang yang sudah uzur berada di kampus untuk waktu ini.
Saya pernah berpikir bahwa beberapa tahun silam, 2004 adalah ungkapan yang sama.
Namun, saat ini, saya dan kawan - kawan saya adalah dedengkot kampus.
Sudah letih kami mengecap asam manis suara - suara dosen.
Dan sudah habis air mata untuk meratapi nilai terburuk yang menyerupai bentuk sisir itu.

Saya angkatan 2007.
Saya tinggal melihat dua lajur di sebelah bawah ini.

Dimana selepas lajur itu, tentu akan bermunculan lajur - lajur pahit yang lain.
[..]


[KKN REMEMBER part 2] MY FRIEND

Mereka adalah teman - teman saya.

Mereka adalah teman - teman dadakan saya.
Datang tanpa permisi dan pergi meninggalkan kenangan.

Ada yang bersedia mengantar ke rumah sakit ketika saya terserang Mag lagi.
Ada juga yang bersedia membuat saya tertawa ketika sedang suntuk.
Saya tidak akan merindukan mereka, karena arti rindu adalah tidak bertemu.
Sedangkan, saya akan terus akan bertemu dengan mereka, meskipun masa itu telah menjadi kenangan.

Teman terbaik adalah teman yang lahir dari keikhlasan.
[..]


MARI MERAIH KEMENANGAN

Salam hangat dari saya.

Sebulan sudah kita berpuasa Ramadhan.
Saatnya mereguk kenikmatan.
Mari kita bersorak : horai!
dan mari kita bertakbir : Allahu Akbar!

Taqabbalallahuminawamingkum.
Hati saya yang terdalam meminta saya untuk mengucapkan :
Mohon maaf jika ada salah ketik dan pada perilaku.

Mari kita memulai lagi dengan senyuman. :)
[..]


[KKN REMEMBER part 1] ABOUT ME

Tentang saya.

Saya (kemungkinan) masuk dalam deretan orang yang sedang beruntung kala itu. Saya yang hilang arah, tapi ternyata di malam itu gerimis membelokkan saya untuk kembali mendekati rumah dengan mendaftarkan diri sebagai anggota tim kelompok KKN-UGM nomer urut 170 yang berlokasi di Lombok Timur.

dan Ta da...!

Ketika muka saya sudah berada di balik kaca helm, beberapa hari yang lalu ketika kami secara resmi berpisah di bawah gapura desa, saya masih tetap tersenyum pahit. Ketika sepeda motor mulai melaju dan menggelinding menjauh, ketika itulah saya mulai terisak hingga menjelang batas kota. (segera beredar, KKN REMEMBER part 3, THEM)

Saya adalah ketua regu salah satu sub-unit. Sub-Unit Gelogor namanya. Gelogor adalah salah satu dusun di desa Lendang Nangka. Saya adalah salah satu pendendang lagu dangdut dan lagu pop-indo. Saya juga sering 'ngejrang-ngejreng' merangkul gitar. Dan jika anda bertanya 'siapa pakdhe?', maka mereka akan segera menujamkan telunjuk menuju saya.

Maaf, jika weblog ini tidak sempat diurus untuk beberapa saat.
Saya melarut dalam aroma KKN yang menggugah.
[..]


YANG PERTAMA

Salam hangat.

Ini puasa pertama saya di tanah orang yang masih satu pulau dengan rumah saya. Tapi semangat saya untuk mencapai jam penuh ber-KKN ria mudah - mudahan tidak menghilang seperti saya kehilangan jatah makan siang saya.

Ini cerita pertama saya yang mengudara di bulan Agustus.

Entah mengapa, hati saya terpaut disini.
Pada senyuman anak - anak SD yang setia menanti saya dan laptop saya untuk pelajaran IPA mereka. Atau pada anak - anak yang menggunakan seragam olahraga yang sudah siap untuk dilatih oleh saya perihal gerak jalan indah. Ujung - ujungnya mereka menyabet hadiah ketiga dalam lomba gerak jalan indah untuk putra maupun putri.


Saya hanya bisa berkaca - kaca.

Selamat menjalankan ibadah puasa.
[..]


KKN LENDANG NANGKA 2010

Perkenalkan.

Admin Kakve-santi sedang KKN nih, di Lombok. Wew!
Jadi, sekarang saya mengandalkan sebilah modem CDMA berkartukan Fleksi untuk agenda konektivitas sehari - hari.
Kerja saya disini bikin plang, ngejain UMKM, bikin kebersihan desa, bikin video, ngajar anak SD, dan yang paling saya suka adalah bikin website pariwisata disini.
Ha-ha-ha !.


Bagi kawan - kawan yang mau bantu bikin web, monggo.
*sssstt ! : rahasia lho. Saya bikin webnya pake blog engine, ha-ha-ha.
[..]


HELP !

Luar Biasa !
Hampir tiga pekan saya belum update ini halaman.
Tiga pekan juga tidak tersentuh oleh koneksi internet.

Pemirsa.
Saya sedang KKN sekarang.
KKN di desa.
Jauh dari koneksi internet.
Tidak ada koneksi dewa lagi.

Satu hal yang terjadi pada saya selama tiga pekan ini : untuk kali pertama lagi ketika saya login menuju blog ini, saya merasa sangat malu.

Besok saya kembali lagi dengan konsistensi menulis yang sempat menggebu - gebu seperti dahulu.
[..]


JANGAN SUKA CORET DINDING !

Jangan suka mencoret - coret dinding. Terlebih jika hal tersebut merupakan sebuah fasilitas umum. Malu kan ?

Dinding menjadi kotor dan tidak sedap untuk dipandang. Memang, dapat diakui bahwa hampir sebagian besar dinding - dinding di kota Jogja telah tercorat - coret oleh hasil tuangan ide sekelompok anak muda yang kreatif dalam alur pikiran "muralisme".

Tapi, di beberapa tempat, terlebih jika itu sebuah tempat buang hajat umum (tak peduli jika membuang kotoran disana dikenakan wajib bayar ataupun sekedar cuma - cuma), dinding tesebut mampu mencerminkan pola pikir para penggunannya bahwa isi otak mereka "inilah adanya".

Ada sebuah ajakan yang bagus :


Tapi sejatinya, dia tidak ubahnya seorang yang sedang memperparah kerusakan fisik dinding dan memperpanjang daftar nama anak yang tidak lulus pelajaran PPKn ketika dibangku sekolah dahulu.



Saya sudah ikutan lho pak, http://titimatra.blogspot.com/ in
[..]


(H-5) MENGENANG

Lima hari lagi, saya libur untuk menjejakkan kaki di Jogja.

Lima hari menjelang saya bertualang (lagi) di pulau pedas itu, membuat saya tidak bisa memejamkan kelopak mata. Ketika mata itu terkatup, maka bayang - bayang akan wajahnya segera menjadi mimpi yang terus menggelayut di ubun - ubun malam. Wajahnya penuh tanya dan kerinduan. Tersirat dari tatapan matanya yang sayu seperti hendak mengajak saya duduk bersama dan sekedar membagi gelak tawa kembali.

Saya kembali mengenang perjalanan yang tempo hari pernah saya tempuh. Bagaimana rasanya menikmati goyangan bus Safari Dharma Raya dalam bisunya jalan raya di tengah malam. Atau ketika menatap semburat matahari yang kandas di pucuk pulau Bali ketika melintasi selat Lombok. Kala itu, saya yang kalut dalam sekelumit senyum hanya bisa menatap kagum rona - rona perjalanan yang hijau dan menjadi senja itu.

Lima hari lagi, saya libur untuk menjejakkan kaki di Jogja. Menambah panjang daftar perjalanan saya pulang - pergi Jogja - Mataram. Dan semakin meyakinkan saya, bahwa tidak selamanya perjalanan yang mulus itu dapat ditempuh hanya setelah saya menelan sebutir pil Antimo.
[..]


TODAY

Hari ini.

Genap saya melepas predikat sebagai kepala satu. Memasuki usia saya yang mulai di langkah pertama kepala dua membuat saya lebih dewasa dari usia saya yang sebelumnya.

Memang, pada usia saya yang masih belasan kemarin, banyak hal yang membuat saya berkesan. Banyak hal kekanak - kanakan yang masih saya lakukan.

Banyak juga orang yang mengukir sejarah hidup dengan angka dua di kepala usianya. Seperti : lulus kuliah (amin), menikah (amin), mulai bekerja (amin), dan masih banyak lagi. Nampaknya sudah jarang ditemui hal - hal yang berbau 'anak kecil' lagi.


Satu fakta : dua puluh kali saya berulang tahun, tak satu kali pun dalam hidup saya menikmatinya dengan meniup lilin.

Bagaimana kalo kita menikmatinya dalam tangisan dan bisunya tahajjud malam. Saya ingin merayakannya bersama sang peniup ruh ke dalam diri saya.
[..]


TERSENYUM KEMBALI

Mari kita tersenyum kembali.

Apa susahnya jika kita membagi sedikit lekukan manis dari merahnya bibir kita. Membagi sedikit dari rasa senang kepada orang - orang disekitar bukanlah suatu dosa. Senyum itu menenangkan. Sekaligus menyenangkan bilamana lawan tatap muka anda ikut melebur dalam secuil senyum.

Yap !
Saya sedang tersenyum, tanpa kelihatan rentetan gigi.


Barangkali kawan - kawan masih ingat bagaiamana tingkah polah saya ketika menelanjangi pulau Lombok di sudut mata kamera saya. Beberapa lekukan vulgar nan telanjang cukup membius sudut lensa kamera poket saya, membuat saya mabuk kepayang dalam hujan panorama yang tiada duanya.

Kurang dari dua pekan lagi saya akan membikin kamera Sony saya ereksi lagi. Dengan model yang sama, si pulau pedas nan sexy. Saya juga akan membumi-hanguskan rindu yang kian membelenggu ini.

NB: postingan genap ke dua ratus nih. (H min dua menuju milad saya).
[..]


PERHATIAN : SAYA BUKAN CEWEK!

Stres, saya dipanggil MBAK terus - terusan.

Kenapa ya saya masih dipanggil dengan panggilan MBAK ?. Apa karena tampilan blog saya yang terkesan kalem dan sederhana, atau karena URL blog saya yang menggunakan nama seorang gadis : Santi ?.

Saya dari dulu adalah lelaki. Punya otot yang cukup besar di pucuk lengan saya walaupun dada saya tidak berbentuk kotak. Saya juga mencukur kumis saya setiap dua hari sekali. Saya juga tidak menggunakan breast-holder dengan ukuran cup tertentu. Saya tidak pernah ke salon, apalagi menggunakan penebal alis dan blast-on.

Suara saya juga tebal. Saya pernah meninju orang hingga hidungnya patah dan saya juga pernah dikeroyok orang. Saya tidak pake lipstik ataupun kutek. KTP milik saya turut menegaskan bahwa saya seorang lelaki yang memiliki burung.

Siapakah SANTI ? Santi itu calon bini saya. Siapa KAKVE ? Kakve itu adalah SAYA ! Dan Kakve adalah sebutan diri saya yang dibuat oleh SANTI.

Sekali lagi : ADMIN BLOG INI BUKAN MBAK - MBAK.

NB: saya gak marah. Cuma terkesan lucu aja karena banyak kawan - kawan yang kesasar memanggil saya "MBAK". He-He-He.
[..]


BUNDA TIBA DI JOGJA

Alhamdulilah. Bunda saya tiba di Jogja.

Beliau akan ada di Jogja selama dua pekan ke depan. Namanya juga orang asli Jogja, kembali kerumah merupakan hal yang wajar. Tak lupa pula, dua adik saya turut serta dalam liburan akhir tahun ajaran ini.


Saya jadi semangat buat ujian kali ini.
Bertemu dengan adik saya yang hampir 6 bulan tiada bersua.

Yang belum ketemu nih si Calon Bini. He-He-He.
Besok, saya akan pulang ke Mataram lagi.
Dan rianglah hati saya. (ketemu Calon Bini).
[..]


MASUK UGM BAYAR 1000

Hanya ingin tahu pendapat anda.

Artikel ini saya jepret dari koran KOMPAS "Yogyakarta", tertanggal 10 Juni 2010. Dan ini link Kompas Edisi cetakknya : http://cetak.kompas.com/read/xml/2010/06/10/10573666/Masuk.UGM.Bayar.Rp.1.000


[..]


NGE-FOLLOW DENGAN CARA MANUAL

Ada request dari kawan.

Katanya teman saya, kotak follow saya ada masalah. Benarkah?
Sedikit trik yang mungkin dapat diterapkan adalah follow dengan cara manual. Cara ini mungkin hanya berlaku buat empunya blog yang bertaut di blogspot.
(contoh : saya akan follow blog dummy saya dengan judul blog DUPLIKAT)

1. LOGIN dulu ke blogger, sampe masuk pada menu DASHBOARD.
2. Scroll mousenya menuju ke bawah. Kemudian tekan "TAMBAH" seperti yang ditunjukkan pada gambar.


3. Maka akan muncul kotak dialog baru untuk menambahkan blog yang ingin di-follow. Masukkan URL blog tersebut ke daam kotak (contoh: URL blog saya adalah http://kakve-santi.blogspot.com), kemudian klik BERIKUTNYA.


4. Kemudian pilih opsi ingin mengikuti secara anonim atau tidak. Biasanya sih orang memilih untuk tidak anonim karena memiliki pengaruh pada trafic blognya. Kemudian pilih IKUTI.


5. Dan akan munculah judul blog yang anda telah ikuti pada kotak "BLOG YANG DIIKUTI". Terlihat bahwa blog DUPLIKAT telah terdaftar.

NB : semoga sukses nge-follow saya, hehehe.
[..]


TERSERAH

Kini, berhati - hatilah ketika berniat untuk memilih tempat makan. Kita kerap kali terjebak oleh perkataan sendiri.

teman anda : Ayo, makan dimana ?(biasanya pertanyaan ini muncul setelah selesai kuliah)
anda : terserah ...

*kalo saya dan rekan saya (menjawab pertanyaan yang sama)
saya : manut ... (ngikut)
saya : sak karepe ... (apa aja)
teman saya : toko wesi ... (toko besi, biasanya kalo sudah buntu ide mau makan dimana)

kalo anda masih menjawabnya dengan "terserah", maka anda harus kemari.

Alamat : Jalan Kaliurang km 10 Yogyakarta.

He-He-He.
[..]


MEMOAR

Bingkisan itu tersangkut di beranda rumahmu.
Tempat kita pernah bertemu dulu.
Kita membawa secercah wajah yang tersipu.
Kala itu
.

Namun ketika senja menjelang.
Kau datang dan entah menghilang.
Sejenak kemudian malam datang.
Aku merengkuk, pilu, dan meradang.

Ku harap kau tak ingat lagi namaku.
Tak perlu lagi kau ingat sajak itu.
Tapi mengapa kini kita bertemu.
Di saat kita tidak bisa lagi menyatu.

Bukannya aku ingin merindumu lagi.
Dan aku kini sudah ada yang memiliki.
Begitu pula dengan dirimu kini.
Biarlah kisah itu mengalun dalam melodi.
Cinta yang lama hadir kembali.
Kan ku simpan memoar ini.
Hanya dalam mimpi.


Yogyakarta, 8 Juni 2010

NB: hanya sajak, tidak lebih
[..]


MINGGU TENANG

Minggu tenang sebelum beranjak ke bangku ujian.

Ada baiknya kalo kita santai sejenak sebelum ujian.
Ujian di atas kursi panas.
Untung pihak jurusan memberikan libur.
Lumayan, 1 minggu buat siap - siap ujian.
Beli pulpen, cari materi, kopi bahan.

Pergi renang.
Pergi nonton.
Pergi ke pantai.
Pergi ke tempat internetan.

Kalo saya mah, cari waktu buat rock n roll.

Bareng gitar, biar sember, yang penting nyanyi.
Aerosmith boleh. Queen sepertinya makanan pokok.
Pokonya nyanyi.

NB : oh ya, makasih buat kawan - kawan yang meluangkan waktunya untuk memberikan masukan kepada saya tentang template baru ini. Tentu saja, masukan itu akan menjadi pertimbangan saya ke depannya untuk membuat blog saya menjadi lebih baik.

*aduh, hujan nih. Ntar sore jadi renang gak ya bareng Amat, Erdi, n Pepi ?. [..]


KAKVE STRIKES BACK !

Tampilan baru.

Wah.
Tiba - tiba secangkir teh dan sekerat roti menjadi aneh.
Hitam kelam.
Yang dulunya putih cemerlang.

Yups.
Sudah saatnya mengganti tampilan.
Berhubung mendekati hari spesial.
Maka tampilan harus sedikit dibubuhi sesuatu yang lebih fresh.

Ini tetap secangkir teh dan sekerat roti yang dulu.
Pemiliknya tetap sama.

Yang mau follow silahkan.
Tinggal masuk halaman posting dan "taarrang!".
Kotak followers ada di sebelah kanan.

Monggo.
Dan selamat malam minggu.

Jogja gerimis nih.
[..]


KEPADA KAWAN YANG MALAM INI AKAN BERDUA

aku menunggumu dibalik remang – remang cuaca
bermandikan senyum dan pikiran berkelana
: memelukmu dan menciumi asmara masih muda
menciptakan memoar di hening senja

aku menunggu di beranda rumahmu
tempat pertama aku hanyut terpaku
wajahmu memandangku lembut kala itu
pada tatapan itu ku tabur benih rindu

malam ini kita akan berdua
mendayung kata mengukir cerita
di bawah temaram biru purnama
terimalah cintaku yang sederhana

yogyakarta, 3 juni 2010

update : ternyata cintanya tidak berlari entah kemana :)
[..]


LIGHT

Percaya ato tidak, terserah anda.




FOTO ASLI JEPRET SENDIRI.
[..]


[BUNTU IDE?]REPOST, MENGAPA TIDAK?

Jangan malu untuk menampilkan ulang.

PENGANTAR : Saya jadi malu karena saya bukan ahli bertutorial.

REPOST, adalah pekerjaan menampilkan kembali suatu artikel yang pernah dimuat di sebuah media (misalnya : forum/milis, blog, atau website/portal) pada sebuah media yang sama jenisnya maupun nama medianya. Misalnya, sebuah artikel di forum Kaskus muncul dua kali atau lebih dalam forum yang sama. Atau, repost juga berarti ketika sebuah artikel dari milis kemudian di udarakan kembali pada halaman blog (nama media beda namun jenisnya sama-internet,red).

Beberapa orang ada yang menghalalkan tindakan repost ini dan ada pula yang menghakiminya dengan kata haram. Halal, jika si tukang repost ini menyertakan link/sumber dari mana ia memperoleh artikel tersebut.Sedangkan jika tidak, maka haram artikel repost tersebut. Namun, hal yang paling ditakutkan dari sebuah repost ini adalah ketika artikel repost menjadi lebih terkenal dari pada artikel originalnya, terlebih jika tidak dibubuhi link sumber artikel original.

Dari pada kita membikin orang lain tenar dengan merepost arikelnya : MENGAPA KITA TIDAK MEREPOST ARIKEL MILIK KITA SENDIRI ?

Salah satu trik yang paling mudah untuk memilih artikel yang akan di-repost adalah (1) carilah artikel yang cukup lama namun masih berbobot. Misalnya, tips kesehatan atau tips pergaulan, yang ternyata telah dipostkan cukup lama (misalnya setahun yang lalu). Setahun adalah waktu yang cukup bagi orang untuk terlupa akan sebuah hal yang dibacanya. Ingat, ada juga yang disebut 'siklus blog'. Barangkali artikel ini belum terbaca oleh blogger blogger baru dan teman – teman baru anda. (2) Carilah artikel yang sedikit jumlah komentarnya. Dapat dikatakan, artikel tersebut belum begitu laris kala itu, atau para pelaku blogwalking belum terlalu mengenal blog anda kala itu.

Selain membantu menghindari kebuntuan ide, artikel repost milik sendiri juga dapat menjadi trik memperkuat SEO. Jadi, masih ingin memperkaya orang lain ?. Sudah saatnya membongkar artikel lawas dan berbobot untuk ditampilkan kembali.
[..]


SIAPA YANG PERLU BERHATI - HATI

Untuk anda.


Lihatlah, siapa yang perlu berhati - hati. Yang seorang hanya menggantung pada pinggir truk, dan seorang lainnya justru tertidur di atas tumpukan material truk.

Bagaimana jika truk mendadak berhenti, atau tiba - tiba menikung dengan tajam. Salah seorang atau keduanya bisa - bisa terlempar dan menjadi korban atas kecerobohan mereka sendiri.

Gambar diambil di Kota Mataram tercinta, setahun yang lalu.
[..]


KETIKA

Seorang pria berkumis dan berbadan tegap menatap ke jalan raya dari balkon teras rumahnya ketika perempuan berseragam toko lengkap itu menjerit 'maling!' dan menudingkan jari kepada pemuda tanggung bertopi itu yang berlari seraya mendekap tas berwarna kekuning - kuningan di lipatan jaketnya yang berwarna serupa dengan warna topinya.


Cerita kilat satu kalimat.
Terinspirasi dari lomba bikin cerita fiksi singkat. Ada yang tau siapa panitianya ? Saya sendiri gak tau. Tapi pokoknya ada benarnya juga kalo lagi buntu ide. He-He-He.

editted : cape de, saya gak ikutan lomba.... [..]


PRIA BERBINGKAI KACA

Pria berbingkai kaca
duduk di tepi jendela
menatap awan berkelana
berbisik pada sang surya

....

rindunya kini sedang meradang
pujaannya di tanah seberang
bilamana dapat beranjak pulang
hatinya riang tiada kepalang

pria berbingkai kaca
mengitari kedua bola mata
menunggu waktu tiba
kembali ke rumah tercinta

*saya harus senang ato sedih : SAYA SUDAH PAKE KACAMATA
[..]


RUANG KULIAH


Postingan asli dari ruang kelas kuliah. he-he-he.
Belajar lagi yuk yang rajin biar jadi sarjana.
[..]


HE-HE-HE



renang..
tugas..
nge-game..

ha-ha-ha..

bagaimana kabar kalian?
semoga sehat selalu...
[..]


SERDADU HUJAN

-kepada kawan yang malu - malu

Bagaikan serdadu hujan
bersarang di bulir - bulir temaram
menunggu sepatah jawaban
pada pagi di pucuk malam

Bagaikan serdadu hujan
bertemu sore akan terbenam
tak jemu menunggu jawaban
dari bibirmu mengatup terdiam

Bagaikan serdadu hujan
memetik dawai kerinduan
ingin kau ku dekapkan
satu harmoni satu getaran


Bagaikan serdadu hujan
dan sayup balada cinta
aku dalam sebuah harapan
terima cintaku yang sederhana

Bagaikan serdadu hujan
berlabuh di pucuk dedaunan

(versi gaul)
Bagaikan serdadu hujan
berlabuh di pucuk dedaunan
walaupun kita belom jadian
yuk, malam ini kita jalan.


YOGYAKARTA, 12 Mei 2010
______________________________

Kepada kawan saya yang malu - malu mengutarakan rasa pada seorang gadis.

Bagaikan serdadu hujan
berlabuh di pucuk dedaunan
kapan kau jadian kawan ?
supaya kita bisa makan - makan.


Ha-Ha-Ha.
[..]


SOUND EFFECT

Membuat telinga anda nyaman.

Seberapa sering anda memutar musik di kompi/laptop anda ?
Dengan apakah anda memutar file - file musik anda ?

Sedikit rekomendasi dari saya untuk telinga anda, supaya sensasi dari mendengarkan musik tidak sekedar biasa - biasa saja. Apalagi buat kawan - kawan yang memakai Windows XP.

1. Gunakan WMP (windows media player)
Bagi saya, WMP adalah salah satu solusi terbaik sekaligus terdekat. iTunes, Jetaudio, WinAmp, maupun Jrivers masih ada dibawah dari segi kualitas suara. Suara keluaran WMP jauh lebih jernih dan lebih nge-bass. Selain itu, add-in yang dimiliki WMP lebih beragam. Untuk saya, setelan equalizer WMP lebih tajam dari pada yang lainnya.

2. Pasang DFX.
Sampai saat ini saya masih belum tau kepanjangan dari DFX itu sendiri. Namun, semenjak saya mengenal DFX, pengaturan suara semakin menarik. Hasil keluaran DFX sendiri memiliki kesan khusus di kuping saya. POKOKNYA MANTAP dan lebih realistis!


3. SRS Circle Surrond II
Ini juga yang menjadi andalan saya. Produk ini akan mengakibatkan efek surround-stereo dari musik lebih terasa. Cocok untuk Soundcard tipe 5.1, tapi buat soundcard yang biasa - biasa saja juga bisa kok. Selain itu, SRS ini juga dapat menambang dengungan bass.

4. Realtek
Ini biasanya bawaan dari soundcard. Bagi yang punya, manfaatkanlah. Atur equalizer sebaik mungkin karena efek yang dihasilkan akan jauh lebih mengenakkan ketimbang mematikan equalizer ini. Terlebih yang punya soundcard yang support 5.1/dolby (seperti saya hehe), ini aset yang sangat berharga.

NOTE : Untuk Visata/Seven, SRS Circle Surround II tidak support, karena edisi WMP yang lebih baru.

LINK DOWNLOAD : http://www.indowebster.web.id/showthread.php?26456-Files-DSP-Enchancer-amp-Plugin-Collection-for-Music-Player-Updated!-IDWS-MF-EU

Selamat bernyanyi.
[..]