/ 2009-11-10

ANTARA TRAFIK DAN PERSONALISASI

Wuih, berat bangat bahasanya. Lebih berat traktor di sawah tapi.

Beberapa kawan - kawan blogger mendesakku untuk membikin sebuah buku tamu, alias shoutmix atau C-box. Rasanya sih, hampir disetiap penjuru (sejauh jangkauanku untuk saling mengunjungi), ada saja sebuah kotak kecil, yang berisikan kalimat - kalimat singkat disertai link si tukang bikin kalimat tersebut. Tidak ada yang salah, dimana ada tempat untuk membagikan link (walau statusnya bukan dofollow) dan kemungkinan besar akan mendapat umpan balik terhadap link tersebut, baik dari empunya blog maupun dari visitor blog tersebut.

Dulu, sebelum blog ini berkembang hingga cantik (maaf narsis dikit) seperti sekarang, sebuah kotak shoutmix oren pernah menghiasi dinding halaman ini. Banyak rekan yang ikut mejeng disitu. Cantik juga sih memang, tapi, aku setelah menimbang dan memilah, terputuslah sebuah kebijakan untuk "meniadakan shoutmix".


Lihatlah, begitu singset-nya blog ini, skrol dikit, sudah sentuh ke bawah. Kalo di Benchmark dengan blognya mas Anang (yang punya jam terbang jauh lebih maknyos dari blog ini), kakve-santi terbilang pendek. Kawan - kawan dapat melihat, dari komentar yang ter-skrol, dan artikel - artikel yang menggunakan readmore. Bukankah indah jika blog itu simpel dan gak ribet ? (sebagai komparasi lihat saja blognya Mas Wantoro-kawan saya dari Mataram @ www.gemblu.co.cc). Atau seorang blogger yang menjunjung tinggi ke-minimalisan, kalo gak salah ardianzzz.blogspot.com.

Sekali lagi, menurut pandanganku, kakve-santi bukannya tidak menyediakan buku tamu, namun hanya dikemas jadi satu dalam kotak komentar. Ini juga dapat membantu kawan - kawan sekalian. Pasalnya, jika ada visitor lain yang datang ke blog ini, ia cukup melihat sebuah hal saja yakni komentar, tidak perlu melihat ke kotak shoutmix sebagai buku tamu.

Kalau kita mau berhitung dengan tepat, rata - rata visitor blog kita mencapai lebih dari 20. Jikalau ia hanya meninggalkan link lewat buku tamu, maka akan dengan mudah ia digusur dengan peninggal jejak lainnya yang ada di atasnya. Jadi, kapan ia dapat kesempatan untuk lebih sering dikunjungi.

Ada yang kurang puas dengan kebijakan di atas? silahkan berdemo di depan sekretariat kakve-santi.blogspot.com. Tapi jangan lupa izin ama pak Polisi dulu, ntar dikira demo ilegal.

84 komentar:

  1. hmm... banyak benernya... lebih baik berkunjung dengan kualitas daripada sekedar nyangkut di shotmix.

    BalasHapus
  2. loadnya cepet banget, enteng :)

    BalasHapus
  3. Setuju poll...

    Shoutmix saya bahkan pernah lama gak saya pasang... Terakhir saya pasang hanya untuk nyediain bagi rekan2 yang ternyata gak bisa komentar di blogspot... Tapi jangan harap saya akan menjawab satu-satu di situ, karena saya menjawabnya tetap di kolom komentar diblog mereka hahaha ha...... 1-0

    BalasHapus
  4. dua persamaan kita, suka minimalis dan meniadakan kotak shoutmix..

    namun kenapa? kr ada ornag yg curang yg masuk soutmix lewat jalan belakang dan jika ak membalas kunjungannya, dia yg untung *pelit*

    BalasHapus
  5. hehey.. terimakasih udah mencantumkan nama blog saya.. (biarpun bukan link tp saya gak begitu mempedulikannya... ;),
    Jujur, saya sebelumnya juga pernah tergila2 dengan shoutbox. bahkan saya sempat membuat shoutbox sendiri menggunakan wTag dan produk shoutbox lainnya.
    Beberapa yang saya ketahui mereka yg menghilangkan shoutbox berpendapat bahwa shoutboxnya hanya digunakan sebagai ajang Spam dan menebar link saja. dapat ditarik kesimpulan bahwa orang yg berkunjung ke blog tersebut tidak merasa berniat untuk membaca isi blog dan berkomentar dengan selayaknya, jadi hanya meninggalkan sisa2 eksistensinya saja.. di shoutbox tentunya.. (hahah saya pun dulu pernah seperti itu waktu masih newbie.. sekarang kan udah advanced gitu loh...)..

    Oh iya klo boleh menyarankan, templatenya udah bagus, simpel & bersih, tinggal ukuran font saja yg menurut saya kekecilan.. susah dibacanya...
    :)

    BalasHapus
  6. Tampilan minimalis dengan loading yang cepat membuat blog ini nyaman dikunjungi.
    Pantas untuk dapat PR4...
    tidak sama dengan blog aku tentunya.

    BalasHapus
  7. Saya yang newbie aja, juga ngerasa sebel kalau shoutmix saya dipakai ajang promosi.. tapi, kalau itu teman-teman bloggers, saya juga senang berkomunikasi lewat shoutmix.

    Ada benarnya juga Mas..
    tapi banyak yang bilang blog saya rapi.. (hihihi - narsis - tetep)

    Sudah mampir kan? (Sudah dounk, pastinya)
    Sering-sering.. ;)
    Salam.

    BalasHapus
  8. ide yang patut di ajungi jempol...
    oya bos...pertanyaan kamu sudah di jawab sini

    BalasHapus
  9. setuju dengan pendapatnya. shoutmix hanya sapaan saja trus menghilang beberapa jam.

    BalasHapus
  10. Sebuah sikap blogging...
    tak ada salah dan benar,,,lebih baik ataupun jelek.
    semua tergantung pada yang empunya..di antara jantung dan hatinya

    BalasHapus
  11. Simplicity, Lebih simple, lebih informatif, cepet pula loadingnya. Saya akur, setuju banget

    BalasHapus
  12. saya sendiri gak bakat bikin begituan...
    hihihihihi

    BalasHapus
  13. akur sobat betul betul betul blog anda memang siple tapi hebat banget euy

    BalasHapus
  14. Baik juga tuh.... emang lebih enak nulis komen.. paling enggak kita baca tulisan... kalau cuman sekedar nulis di shoutmix ... sekedar numpang lewat....

    Salam persahabatan buat semua ...

    BalasHapus
  15. Saya juga berusaha meninggalkan jejak sekaligus saling menguatkan dengan menulis komentar, disertai ngisi shoutmix juga, biar yg lewat bisa baca

    BalasHapus
  16. Ini merupakan ide yang bagus agar kita sama-sama saling membudayakan saling berkomentar. hehehe... lanjutkan bos :D

    BalasHapus
  17. saya juga ngilangin shoutbox saya...blog saya terlalu berat soalnya, terlalu banyak aksesoris...

    BalasHapus
  18. hmmmm...... sebuah pemikiran sederhana tapi jitu... akan saya jadikan referensi untuk perkembangan blog saya nanti. thx mas untuk sharingnya!!

    BalasHapus
  19. blog saya pernah error ga bisa diberi komentar, lalu ada yg bilang di shoutchat. saya br "ngeh" memang ga bisa. Mungkin itu salah satu keuntungannya.. :)

    BalasHapus
  20. aku setuju dg kebijakan ini. Blog2 yg terlalu meriah kadang bikin mata pedes. Lagian aku jg penganut aliran "simplicity is the best policy", so?mari berlomba menjadi sesimpel mungkin dalam tampilan tapi seberbobot mungkin dalam kualitas konten. Long live simplicity! ^_^

    BalasHapus
  21. saya sih setuju aja mas
    bih afdol ninggalin komen di artikel

    BalasHapus
  22. Hmm...
    kadang walau ada shoutmix, bih pewe buat BW dari yang ninggalin komen deh

    BalasHapus
  23. sore sob, aku setuju ja sama kebijakan di atas he..he..
    blognya jd simple dech..

    BalasHapus
  24. nah itu juga salah satu alasan napa saya nda pasang buku tamu lagi hehehe

    BalasHapus
  25. emang bagus kalo udah bukan pemula lagi, trus biar komentatornya tetap rame^^

    entar deh, klo maya udah senior, shoutmixnya diilangin hehehhe

    BalasHapus
  26. sudah tak pasang bos linknya di sidebar ku...
    http://4dy-it.blogspot.com

    BalasHapus
  27. salam kenal, mampir pertama kali nih hehehe

    BalasHapus
  28. hehe pikiran kita sama... aku dah lama ga pake shoutmix tuh.. udah tak buang jauh2, pernah liat iseng, lha ada juga yg ngisi. padahal udah di delete, tapi orangnya itu2 aja tuh... hehe

    BalasHapus
  29. Wah benar juga tu kak... iya loading blog ini cepat sekali. anaa blogger baru, masih bth bnyk bljr, infonya berguna sebagai bahan pertimbangan. Tapi anaa baru juga tu ganti template... capek...

    Thanks ya kak!

    BalasHapus
  30. rada setuju. memang kebanyakan blog memasang shoutmix. tapi berdasarkan pantauan saya beberapa blog yang kelasnya sudah agak tinggi-an dikit melepasnya. mungkin untuk menjaga eksistensi

    BalasHapus
  31. hai, maen juga nii, blogwalking, bingung mo komen dimana.... :D

    BalasHapus
  32. demo ah:
    "masang (masang) alat (alat) *********** surti menjeri seraya menutup mukanya" -nyanyi lagunya jamrud :D

    BalasHapus
  33. makasih udah berkunjung dan koment

    BalasHapus
  34. kunjungan balik..
    salam kenal & salam hangat juga..
    makasih sdh berkunjung, blognya simpel & keurenn.. ijin follow ya..

    BalasHapus
  35. hehehe... mau demo nih....difasilitasi ngga kak ve?
    saya lebih beranggapan kotak pesan hanya tuk note kecil kalau kita malas nulis komen panjang panjang.....

    namun memang hal ini malah cenderung membuat malas pengunjung untuk komen di posting karena dimudahkan dengan note...hehehehe.

    setuju kak-ve dipertimbangkan tuk meniadakan note kecil juga ah

    BalasHapus
  36. hmm aq juga gak pasang yg gituan hehehe..

    BalasHapus
  37. bener jg, selain mengurangi beban dari hal loading halaman. dengan ditiadakan buku tamu, secara sedikit memaksa (dalam tanda kutip,maaf), kita yang berkunjung untuk meninggalkan jejak mau tidak mau harus memberikan komentar pada postingan nya. sehingga bisa terjalin hubungan yang saling menguntungkan (simbiosis mutualisme) he..he.. jadi inget pelajaran biologi nih.
    1. pihak yang mempunyai blog dapat diuntungkan karena mengetahui kualitas dari tulisannya karena komentar dari pengunjung.
    2. yang mengunjungi dapat diuntungkan dengan mendapatkan backlink tentu saja klo blog nya support dofollow.

    gitu ajah ah. lam kenal yah. sukses selalu dengan minimalisnya. :)

    BalasHapus
  38. betul juga... tapi gak ada salahnya masang juga toh? :D

    BalasHapus
  39. load cpt jg jd nilai + bwt gugel, ane jg suka minimaliz.. berhubung seo ane blm oke dan artikel2 masih pake bahasa lokal, maka ane psg shoutmix, mereka akan kembali mampir d lain waktu jk qt mampir k t4nya, visitor jg tdk terbatas dr dlm negeri sj, krn ada bbrp bloger yg dpt lbih dr 200 v/hr hanya dr blogwalking; yg dpt menopang kualitas PR dan alexa.. tapi semua kembali pd selera blogger msg2..

    BalasHapus
  40. saya juga belum pasang shout mix heeee........

    BalasHapus
  41. sebenrnya g untung sih pasang cht box, cz kebnyakan cuma ninggalin pesan di situ, ga komen di kolom komen lagi^^

    tapi gpp sie untk newbie kaya saya, cebok masih tetep di taruh biar ramme^^

    tapi buat temen2 blogger, tlng y jgn gila trafik, kita ngeblog kn buat share ilmu baru^^

    BalasHapus
  42. saya tetap memegang keduanya kakve :)

    BalasHapus
  43. menurut saya shoutmix sebagian dari sampah ea mbak,, maksudna kurang beguna geto,, tapi kan g teu sapa yg bekunjung di blog kita, kalo menurt mbak sndiri gmana?

    BalasHapus
  44. ngak ada salah atau benar, yang terpenting adalah silaturahmi

    BalasHapus
  45. buat saya yang penting bis sharing sesama kawan di dunia maya, saya gak pakai shoutmix

    BalasHapus
  46. sangat setuju.....! lebih baik gak usah berkunjung sekalian dari pada hanya nyangkut di sutmik saja...., hehehe...

    BalasHapus
  47. Wah..jadi ada ceritanya juga too...
    Kalo saya sih masih setia sama buku tamu, soal'x banyak yang request, xixixixi... |:D

    BalasHapus
  48. Seuah kebijakan tentunya memiliki konsekuansinya tersendiri. Dalam kasus shoutmix, misalnya, bagi mereka yang biasa meninggalkan komentar tentu tidak ada masalah. tapi bagi mereka yang hanya iseng lewat, tentu tidak mendapatkan umpan balik karena tidak ada link yang membekas.

    Maka, haruskah kita memaksa setiap pengunjung untuk memberikan komentar pada posting kita? tentu tidak kan! So, menurut saya, shoutmx atau buku tamu bisa solusi alternatifnya. Itulah kemudian mengapa ia disebut buku tamu...

    Sekian. Salam semangat sobat!

    BalasHapus
  49. tadi nya mo ngapus shoutbox ku, tapii...

    BalasHapus
  50. hmm.. info yang menarik mas :)

    BalasHapus
  51. kl saya masih perlu shoutmix, biar dobel visitor dari search engine + shoutmix

    BalasHapus
  52. Buku tamu ya....
    Menurut aku penting gak penting jg sih....

    Gak tau ah...bingung.com

    BalasHapus
  53. Izin Baca Dy\ulu... Btw, Itu Foto pas dimana yah? poto jadul yah?

    BalasHapus
  54. Kunjungan balik nih. Ma kasih dah mampir ya.
    Btw, pendapatnya betul jg ya. Banyak mampir ke shoutbox pake cara curang.

    BalasHapus
  55. mau d pasang shoutmix atau enggak y kebijakan dr si empunya blog donk

    BalasHapus
  56. Kebanyakan shoutmix digunakan untuk spam, jadi merugikan pemilik blog, tapi ada juga yang menggunakan shoutmix untuk mengajak orang lain tukaran link. gitu kayanya..

    BalasHapus
  57. Hmm, ada benarnya juga ya. Dengan menghilangkan shoutbox, pengunjung yang benar2 ingin mengenal blog Anda akan meninggalkan jejaknya di kolom komentar. Sayangnya, bila si pengunjung didukung kualitas internet yang lelet, dijamin jadi malas dech berkomentar...:)

    BalasHapus
  58. nice article... makasih infonya

    BalasHapus
  59. mendingan begini saja bro,,

    gak usah pakai buku tamu segala,, jadi ramenya kan dokomentar gini,, lihat saja tuh sudah 65 komentar,hehehe

    dari pada naro buku tamu, yg ada cuma blogywalking doank,hehehehe

    BalasHapus
  60. cepet bgt komennya??? pdhl bru posting...wekekkk..thanks sob

    BalasHapus
  61. sepertinya ini pilihan yang terbaik ya sob?

    BalasHapus
  62. Effeknya, box komentarnya penuh ya he..he..he..??

    BalasHapus
  63. wah,...pantesan aku cari2 buku tamunya gak ada nih hehe....

    dan ternyata benar y, komentrnya rameee bgt ^_*
    apa kabar mas ??

    BalasHapus
  64. Hehe,..yah emang sebenernya komentar lebih baik drpada sekedar shoutbox,.

    BalasHapus
  65. Harus banyak belajar nih, tp emang blog ini enteng banget loadingnya. nyaman kalo lebih cepet. koneksi internetku lambat.

    BalasHapus
  66. kalo dipikir2 ada baiknya juga tidak menyediakan SM, coz biar pada komentar. Komentar justru memberikan link juga buat si pengomentar.
    Tapi terkadang jika saya lagi mals blogwalking dan bercuap2 di blog kawan. CUman ninggalin jejak di SM. hehe....

    BalasHapus
  67. pemikiran yang sama lebih baik komen daripada hanya cuap - cuap di shoutmix. makasih infonya.
    salam kenal dan makasih udah kunjung ke blogku

    BalasHapus
  68. salam hangat, trims atas kunjungannya di blog-ku... hmmmm beda banget ya kita, blog ini sangat simple, aku baru belajar ngeblog, jadi masih coba2... bisa dong shearing ilmunya... hehehehe

    BalasHapus
  69. Kenapa harus keberatan? Saya kan hanya tamu. Sudah sepatutnya menghormati tuan rumah.

    BalasHapus
  70. he..he...namaku dsebut2...da pa ya...

    emm ini tow alasannya knapa kok kaget aq, loading hlamnya jd wuzz...

    lha advtsnya dibuang kemana Fan!

    BalasHapus
  71. Thx infone sob!! visit n follow back y!!

    BalasHapus
  72. nah setuju neh...dan selalu usahakan berkomentar yang sesuai dengan isi postingan. biar kita bisa menjadi blogger yang profesional..hihih...maaf2 kalo salah ya..masih nubi..hehe

    BalasHapus
  73. enteng tarikan blognya nih, mantap deh, salam blogger

    BalasHapus
  74. sepakat sih dgn blog ramping biar wuzz wuzz, cm ini kan blog dah senior,difirefox-ku tertera PR4, jam terbang jg dah tinggi, dah banyak orang mengenal.. he menurutku ya wajar sih, mantabs. salam kenal..

    BalasHapus
  75. Hmmm... ada benarnya... cuman aq masih pake shoutmix.. buat akomodir para penyenggol ads hehe

    BalasHapus
  76. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  77. ada BENERNYA juga kalo di pikir2 dan di tinjau balik.. boleh boleh..

    please visit, i will visit back : JadikanPinter!

    BalasHapus
  78. ada benernya juga sih,, rata" kalo pake shout mix target visitor malah jadi kebanyakan indo yahh,,

    BalasHapus