(H-5) MENGENANG

Lima hari lagi, saya libur untuk menjejakkan kaki di Jogja.

Lima hari menjelang saya bertualang (lagi) di pulau pedas itu, membuat saya tidak bisa memejamkan kelopak mata. Ketika mata itu terkatup, maka bayang - bayang akan wajahnya segera menjadi mimpi yang terus menggelayut di ubun - ubun malam. Wajahnya penuh tanya dan kerinduan. Tersirat dari tatapan matanya yang sayu seperti hendak mengajak saya duduk bersama dan sekedar membagi gelak tawa kembali.

Saya kembali mengenang perjalanan yang tempo hari pernah saya tempuh. Bagaimana rasanya menikmati goyangan bus Safari Dharma Raya dalam bisunya jalan raya di tengah malam. Atau ketika menatap semburat matahari yang kandas di pucuk pulau Bali ketika melintasi selat Lombok. Kala itu, saya yang kalut dalam sekelumit senyum hanya bisa menatap kagum rona - rona perjalanan yang hijau dan menjadi senja itu.

Lima hari lagi, saya libur untuk menjejakkan kaki di Jogja. Menambah panjang daftar perjalanan saya pulang - pergi Jogja - Mataram. Dan semakin meyakinkan saya, bahwa tidak selamanya perjalanan yang mulus itu dapat ditempuh hanya setelah saya menelan sebutir pil Antimo.
[..]


TODAY

Hari ini.

Genap saya melepas predikat sebagai kepala satu. Memasuki usia saya yang mulai di langkah pertama kepala dua membuat saya lebih dewasa dari usia saya yang sebelumnya.

Memang, pada usia saya yang masih belasan kemarin, banyak hal yang membuat saya berkesan. Banyak hal kekanak - kanakan yang masih saya lakukan.

Banyak juga orang yang mengukir sejarah hidup dengan angka dua di kepala usianya. Seperti : lulus kuliah (amin), menikah (amin), mulai bekerja (amin), dan masih banyak lagi. Nampaknya sudah jarang ditemui hal - hal yang berbau 'anak kecil' lagi.


Satu fakta : dua puluh kali saya berulang tahun, tak satu kali pun dalam hidup saya menikmatinya dengan meniup lilin.

Bagaimana kalo kita menikmatinya dalam tangisan dan bisunya tahajjud malam. Saya ingin merayakannya bersama sang peniup ruh ke dalam diri saya.
[..]


TERSENYUM KEMBALI

Mari kita tersenyum kembali.

Apa susahnya jika kita membagi sedikit lekukan manis dari merahnya bibir kita. Membagi sedikit dari rasa senang kepada orang - orang disekitar bukanlah suatu dosa. Senyum itu menenangkan. Sekaligus menyenangkan bilamana lawan tatap muka anda ikut melebur dalam secuil senyum.

Yap !
Saya sedang tersenyum, tanpa kelihatan rentetan gigi.


Barangkali kawan - kawan masih ingat bagaiamana tingkah polah saya ketika menelanjangi pulau Lombok di sudut mata kamera saya. Beberapa lekukan vulgar nan telanjang cukup membius sudut lensa kamera poket saya, membuat saya mabuk kepayang dalam hujan panorama yang tiada duanya.

Kurang dari dua pekan lagi saya akan membikin kamera Sony saya ereksi lagi. Dengan model yang sama, si pulau pedas nan sexy. Saya juga akan membumi-hanguskan rindu yang kian membelenggu ini.

NB: postingan genap ke dua ratus nih. (H min dua menuju milad saya).
[..]


PERHATIAN : SAYA BUKAN CEWEK!

Stres, saya dipanggil MBAK terus - terusan.

Kenapa ya saya masih dipanggil dengan panggilan MBAK ?. Apa karena tampilan blog saya yang terkesan kalem dan sederhana, atau karena URL blog saya yang menggunakan nama seorang gadis : Santi ?.

Saya dari dulu adalah lelaki. Punya otot yang cukup besar di pucuk lengan saya walaupun dada saya tidak berbentuk kotak. Saya juga mencukur kumis saya setiap dua hari sekali. Saya juga tidak menggunakan breast-holder dengan ukuran cup tertentu. Saya tidak pernah ke salon, apalagi menggunakan penebal alis dan blast-on.

Suara saya juga tebal. Saya pernah meninju orang hingga hidungnya patah dan saya juga pernah dikeroyok orang. Saya tidak pake lipstik ataupun kutek. KTP milik saya turut menegaskan bahwa saya seorang lelaki yang memiliki burung.

Siapakah SANTI ? Santi itu calon bini saya. Siapa KAKVE ? Kakve itu adalah SAYA ! Dan Kakve adalah sebutan diri saya yang dibuat oleh SANTI.

Sekali lagi : ADMIN BLOG INI BUKAN MBAK - MBAK.

NB: saya gak marah. Cuma terkesan lucu aja karena banyak kawan - kawan yang kesasar memanggil saya "MBAK". He-He-He.
[..]


BUNDA TIBA DI JOGJA

Alhamdulilah. Bunda saya tiba di Jogja.

Beliau akan ada di Jogja selama dua pekan ke depan. Namanya juga orang asli Jogja, kembali kerumah merupakan hal yang wajar. Tak lupa pula, dua adik saya turut serta dalam liburan akhir tahun ajaran ini.


Saya jadi semangat buat ujian kali ini.
Bertemu dengan adik saya yang hampir 6 bulan tiada bersua.

Yang belum ketemu nih si Calon Bini. He-He-He.
Besok, saya akan pulang ke Mataram lagi.
Dan rianglah hati saya. (ketemu Calon Bini).
[..]


MASUK UGM BAYAR 1000

Hanya ingin tahu pendapat anda.

Artikel ini saya jepret dari koran KOMPAS "Yogyakarta", tertanggal 10 Juni 2010. Dan ini link Kompas Edisi cetakknya : http://cetak.kompas.com/read/xml/2010/06/10/10573666/Masuk.UGM.Bayar.Rp.1.000


[..]


NGE-FOLLOW DENGAN CARA MANUAL

Ada request dari kawan.

Katanya teman saya, kotak follow saya ada masalah. Benarkah?
Sedikit trik yang mungkin dapat diterapkan adalah follow dengan cara manual. Cara ini mungkin hanya berlaku buat empunya blog yang bertaut di blogspot.
(contoh : saya akan follow blog dummy saya dengan judul blog DUPLIKAT)

1. LOGIN dulu ke blogger, sampe masuk pada menu DASHBOARD.
2. Scroll mousenya menuju ke bawah. Kemudian tekan "TAMBAH" seperti yang ditunjukkan pada gambar.


3. Maka akan muncul kotak dialog baru untuk menambahkan blog yang ingin di-follow. Masukkan URL blog tersebut ke daam kotak (contoh: URL blog saya adalah http://kakve-santi.blogspot.com), kemudian klik BERIKUTNYA.


4. Kemudian pilih opsi ingin mengikuti secara anonim atau tidak. Biasanya sih orang memilih untuk tidak anonim karena memiliki pengaruh pada trafic blognya. Kemudian pilih IKUTI.


5. Dan akan munculah judul blog yang anda telah ikuti pada kotak "BLOG YANG DIIKUTI". Terlihat bahwa blog DUPLIKAT telah terdaftar.

NB : semoga sukses nge-follow saya, hehehe.
[..]


TERSERAH

Kini, berhati - hatilah ketika berniat untuk memilih tempat makan. Kita kerap kali terjebak oleh perkataan sendiri.

teman anda : Ayo, makan dimana ?(biasanya pertanyaan ini muncul setelah selesai kuliah)
anda : terserah ...

*kalo saya dan rekan saya (menjawab pertanyaan yang sama)
saya : manut ... (ngikut)
saya : sak karepe ... (apa aja)
teman saya : toko wesi ... (toko besi, biasanya kalo sudah buntu ide mau makan dimana)

kalo anda masih menjawabnya dengan "terserah", maka anda harus kemari.

Alamat : Jalan Kaliurang km 10 Yogyakarta.

He-He-He.
[..]


MEMOAR

Bingkisan itu tersangkut di beranda rumahmu.
Tempat kita pernah bertemu dulu.
Kita membawa secercah wajah yang tersipu.
Kala itu
.

Namun ketika senja menjelang.
Kau datang dan entah menghilang.
Sejenak kemudian malam datang.
Aku merengkuk, pilu, dan meradang.

Ku harap kau tak ingat lagi namaku.
Tak perlu lagi kau ingat sajak itu.
Tapi mengapa kini kita bertemu.
Di saat kita tidak bisa lagi menyatu.

Bukannya aku ingin merindumu lagi.
Dan aku kini sudah ada yang memiliki.
Begitu pula dengan dirimu kini.
Biarlah kisah itu mengalun dalam melodi.
Cinta yang lama hadir kembali.
Kan ku simpan memoar ini.
Hanya dalam mimpi.


Yogyakarta, 8 Juni 2010

NB: hanya sajak, tidak lebih
[..]


MINGGU TENANG

Minggu tenang sebelum beranjak ke bangku ujian.

Ada baiknya kalo kita santai sejenak sebelum ujian.
Ujian di atas kursi panas.
Untung pihak jurusan memberikan libur.
Lumayan, 1 minggu buat siap - siap ujian.
Beli pulpen, cari materi, kopi bahan.

Pergi renang.
Pergi nonton.
Pergi ke pantai.
Pergi ke tempat internetan.

Kalo saya mah, cari waktu buat rock n roll.

Bareng gitar, biar sember, yang penting nyanyi.
Aerosmith boleh. Queen sepertinya makanan pokok.
Pokonya nyanyi.

NB : oh ya, makasih buat kawan - kawan yang meluangkan waktunya untuk memberikan masukan kepada saya tentang template baru ini. Tentu saja, masukan itu akan menjadi pertimbangan saya ke depannya untuk membuat blog saya menjadi lebih baik.

*aduh, hujan nih. Ntar sore jadi renang gak ya bareng Amat, Erdi, n Pepi ?. [..]


KAKVE STRIKES BACK !

Tampilan baru.

Wah.
Tiba - tiba secangkir teh dan sekerat roti menjadi aneh.
Hitam kelam.
Yang dulunya putih cemerlang.

Yups.
Sudah saatnya mengganti tampilan.
Berhubung mendekati hari spesial.
Maka tampilan harus sedikit dibubuhi sesuatu yang lebih fresh.

Ini tetap secangkir teh dan sekerat roti yang dulu.
Pemiliknya tetap sama.

Yang mau follow silahkan.
Tinggal masuk halaman posting dan "taarrang!".
Kotak followers ada di sebelah kanan.

Monggo.
Dan selamat malam minggu.

Jogja gerimis nih.
[..]


KEPADA KAWAN YANG MALAM INI AKAN BERDUA

aku menunggumu dibalik remang – remang cuaca
bermandikan senyum dan pikiran berkelana
: memelukmu dan menciumi asmara masih muda
menciptakan memoar di hening senja

aku menunggu di beranda rumahmu
tempat pertama aku hanyut terpaku
wajahmu memandangku lembut kala itu
pada tatapan itu ku tabur benih rindu

malam ini kita akan berdua
mendayung kata mengukir cerita
di bawah temaram biru purnama
terimalah cintaku yang sederhana

yogyakarta, 3 juni 2010

update : ternyata cintanya tidak berlari entah kemana :)
[..]


LIGHT

Percaya ato tidak, terserah anda.




FOTO ASLI JEPRET SENDIRI.
[..]