CILACAP - JOGJA, PABRIK HOLCIM


Pagi ini aku bangun dengan kaki kiri yang keram hebat. Aku mengerang semberi sedikit mengoyang - goyangkan betis kiriku, berharap keram itu cepat temsembuhkan. Semakin aku goyang, semakin meradang rasanya. Tapi, jika aku berdiam saja, sakitnya justru makin menguat.

Aku turun-untuk terkahir kalinya dalam perjalanan wisata kemarin-dari bus sekitar pukul 12 malam. Molor dua jam yang semestinya sudah bisa mulai pulang jam 10 malam. Alhamdulilah, sejak keberangkatan pada paginya,jam 6an, aku tak mengalami apa yang disebut mabuk. Namun, aku akui, kepala ini masih terasa berdenyut - denyut, pertanda masih ada yang salah dengan kepalaku.


Perjalanan 18 jam kemarin bertujuan ke Cilacap, PT Holcim lebih tepatnya. Tapi sebelum maupun sesudahnya tetap diselingin oleh kegiatan lain, rekreasi misalnya. Setibanya kami di PT Holcim, kami harus menunggu setidaknya setengah jam-yang berarti molor, entah pihak penerima PT Holcim sedang menyiapkan apa. Hingga akhirnya, bus kami merepat didepan lobi pabrik, tempat biasanya mereka menyambut tamu.

"Keselamatan tidak ada kompromi". Itulah slogan pabrik pembikin semen ini. Berganti nama sejak awal tahun 2006 setelah sahamnya dibeli oleh perusahaan semen Holcim yang berpusat di Swiss. Dahulu, sebelum nama Holcim digunakan, pabrik ini menghasilkan semen yang bermerek Semen Nusantara. Holcim ternyata memiliki dua pabrik semen di Indonesia. Yang satu di Cilacap, dan satu lagi berdiri di Bogor. Pabrik yang di Cilacap mampu menghasilkan 2,6 juta ton semen per tahun. Sedangkan saudara di Bogor, mampu memproduksi semen sebanyak 4,1 juta ton per tahun.

Untuk Cilacap, bahan baku semen dipasok dari dua tempat, yakni di dataran pulau Jawa dan di Pulau Nusakambangan. Bapaknya yang presentasi kemarin menyayangkan isu seputar tambang di Nusakambangan. Orang - orang ditakutkan akan terbelahnya pulau Nusakambangan akibat tambang PT Holcim. Tapi, aku sendiri melihat di atas peta tambang kemarin, bahwa tambang yang ada di Pulau Penjara itu tidaklah memotong pulau tersebut, namun justru sejajar dengan garis pantainya. Dan, daerah yang ditambang hanyalah secuil dari total luasan pulau tempat Amrozi Cs dieksekusi itu. Bahkan di dalam kontrak kerja, tambang akan selesai atau akan ditutup jika ketinggiannya sudah 20 meter dpl.

Ngobrol - ngobrol, aku tertarik untuk ke Cilacap lagi.






Yang Satu Kategori

4 Komentar:

  1. In most cases, thomas sabo charms buildings insurance covers the sourcing cost of rebuilding or thomas sabo restoring your properties structure in a case where it is destroyed by an event paid for thomas sabo bracelets by your home insurance plan, whilst contents insurance protects the price of replacing specified things. cheap thomas sabo watches Families are often demanded to order home insurance as a general condition of obtaining their mortgage, thpmas sabo although, they may be under no obligation to buy it using their mortgage service provider.

    BalasHapus
  2. Brooks merges the scientific facts of the brain and biology with the intersection of social effects in order to perform a kind of map quest into your mind.
    Meriahkan pesta ulang tahun bersama GarudaFood | 
    Baby Online Shop
    Harga Jual Blackberry iPhone Laptop Murah
     | sterling silver jewellry,
    bali wedding photography

    BalasHapus
  3. bosan dengan wisata yang biasa- biasa saja,mungkin warna warni petualangan liburan berikut patut anda coba untuk reverensi libur natal dan tahun baru anda.

    a feel colourful of adventures
    site : www.arungjeramserayu.com

    pin:3135D400
    telp : (0286) 5833313
    mobile: +6285247097777

    BalasHapus