KECANDUAN NASI PADANG


Daun singkong dan sambal hijaunya bikin lidah berhenti berceloteh.

Makan padang, atau rumah makan padang, bukan barang yang langka dicari diera seperti ini. Rumah makan padang, "Restu bundo", "Takana Juo", atau apalagi yang pake ooo..ooo...an itu sudah ramai menghiasi wajah kota Jogja, terlebih lagi di daerah Pogung, daerah kost - kostan padat mahasiswanya. Kalau sudah bertitle mahasiswa, ya sudah, tidak ada lagi dapur, tidak ada lagi kompor, hehe. Yang ada ya rumah makan, belanja dan jajan. Nah, yang macam gini yang sedang diburu pengusaha rumah makan, makan murah apalagi makan enak, ya macam nasi padang.

Aku bukan orang padang (orang lombok gitu), tapi koq bisa ya aku kecanduan nasi padang. Waduh, sambel ijo-ya itu lo, belum lagi sayur daun singkong, alamak, nafsu makan berkoar - koar. So, raiskuker yang ada dirumah, sudah 5 hari ini menganggur, karena keseringan beli nasi padang. Bukan sering sih, malah hampir setiap hari.

Ada satu tempat makan yang paling sering ku kunjungi, yaitu PALANTA. Rumah makan yang biasa - biasa saja. Dari depan kelihatan kecil saja karena ditutupi dengan dedaunan mangga yang rindang. Aduahai, tapi rasanya nggak ada bandingannya. Sambalnya yang kecut-manis-pedas, daun singkongnya yang dicampur kuah (digodok bareng kuahnya), apalagi ikan - ikannya, udahlah, aku siap menghabiskan uang disana.

Lima rebu, empat setengah, kadang - kadang bisa enam rebu. Mahal ?. Ya, bagi kalangan mahasiswa kaya aku. Tapi, coba deh dibandingkan rumah makan padang yang lain, aduahi, gak ada yang bisa nyaingi. Sudah enak, banyak, murah lagi. Pokok e, maknyus. Mesti ngejak pak Bondan kesini nih.

Menurut analisaku sih (wah sok intelek), PALANTA memang didisain (opo meneh kui) untuk dinikmati kalangan pelajar, khusunya yang ngekos di Pogung, atau kasarnya orang teknik (coz yang ngekos diPogung kebanyakan anak teknik S1 UGM, tapi nggak termasuk aku, hehe). Murah, asik, full musik (tapi musik orang minang, asli coi impor dari Padang), enak buat ngobrol. Apalagi, setiap aku kesana, sang pemilik pasti punya teman ngobrol, dibangku dipojokan. Ganti - ganti sih, tapi satu hal yang sama, mereka bicara pake bahasa Minang. (Gak mudeng).

So, anda orang Pogung ? Atau anda orang Teknik UGM ? Atau anda orang UGM ? Atau anda yang berdomisili di Jogja ?. Gak ada salahnya mampir ke rumah makan (tapi gak juga sih, wong warung kok) PALANTA (kata temenku artinya kursi panjang yang kaya di burjo - burjo). Dijamin, pokok e maknyus. Perempatan Pogung Dalangan belok ke barat, persis dikanan jalan, depannya pake terop biru.

Eh, aku promosi bukan karena aku yang punya. Tapi memang ini pantas dijadikan refrensi rumah makan kawan - kawan. (peace men !)

Tapi sob, aku mau tobat dulu. Tiap hari makan padang, eh malah tekor. Mau ngirit - ngirit buat beli HP, eh malah keduluan buat perut. Hehe. So, kita kembali pake raiskuker, irit - irit aja. Namanya juga mahasiswa. Hehehe.










Yang Satu Kategori

23 Komentar:

  1. Pertamax, pertamina, dan perusahaan minyak lainnya.
    Wukakakak. Palanta itu, nama tempat duduk yang terbuat dari bambu. Nah, ada masakan padang yang enak, namanya "gulai rabuang". Rabuang, adalah bammbu muda. Jadi gulai rabuang, sama dengan gulai palanta, alias gulai tempat duduak.
    Selamat datang di dunia per-bambuan...hehehehe

    BalasHapus
  2. wooo thooo mangan2 ra ngejak2?hiks

    BalasHapus
  3. Bro.. bro.. Pas lo makan di rumah makan padang.. bilang aja sama uda penjualnya TAMBUAH CIEK. gue jamin tu uda pasti senang. ato TAMBUAH DUO, TAMBUAH TIGO, DEN TAMPA PAKAI BIBIR

    BalasHapus
  4. warung padang di BaLi yg deket GWK namaNya bundo wuenake pwolll.. :)) masih termasuk lingkungan kost2an mahasiswa juga deket tempat wisata.. tapi harga mahasiswa.. hehehe.. kok jadi promosi ya.. ga di bayar lagi gw nich.. hahaha..

    BalasHapus
  5. jadi pengen aku maem nasi padang *gak pake kuah*..
    aku mau kok traktir sampeyan, tapi harus datang ke s=rumahku sini..
    di kalimantan..
    hahaha
    *dari pada buat ke kalimantan mending buat beli nasi padang*
    semangat..
    sekedar pengen ngadu, kok loadingnya agak berat ya???

    BalasHapus
  6. wah aku yo seneng kari nasi padang.
    ning nek weruh regane dadi ora ngelih maneh je.
    hahaha..

    BalasHapus
  7. nasi padang itu memang membuat ngilerrrr abiisss, saya suka banget rendang , lalap sama sambel

    aiiih jadi lapar nih ... hoohoho

    BalasHapus
  8. saya sih paling ngiler sama sambel hijau plus goreng parunya.

    jadi laper neh....

    BalasHapus
  9. huehehehe, asik emang nasi padang cm kok disana murah banget yaa...
    disini kok mahal....(binun mode on)

    BalasHapus
  10. rendang, kikil, terung balado..wah mantaplah..laparrrrrrrrr

    BalasHapus
  11. pagi-pagi belom sarapan yang dibaca makanan
    laperrrrrrrrrrrr
    but, keren neh ulasannya meski bikin aku ngiler

    BalasHapus
  12. Jadi lapeeeeer deh.. Saya paling suka sama paru nya (masakan padang).... :D

    BalasHapus
  13. nasi padang enak bgt tuh! disini ada warung nasi padang yang terkenal namanya nasi kapau uni emi,, suedapnyaaaa...

    BalasHapus
  14. tulisan yang natural aku singgah sejenak

    BalasHapus
  15. aku paling suka masakan mertuaku yang asli orang padang. makanan favorit ku dendeng batoko...

    BalasHapus
  16. wew, podo aku.. Aku yo kecanduan nasi padang. Tapi bukannya lemaknya banyak ya???

    BalasHapus
  17. Wah saya mahasiswa jogja, kuliahnya ya sekitar pogung. Tapi ngga ngekos daerah pogung mas. Kayaknya enak tuh makanannya. Kapan2x mapir ahhh

    BalasHapus
  18. What Are the Three Red Lights?
    The Xbox 360 is pandora jewellery one of the hottest cheap pandora gaming consoles out in the market today. With the latest graphics technology cheap pandora uk combined with some of the best games pandora discount uk available, you will definitely have a lot of fun with this particular gaming console. Xbox 360 also allows you to play online through the Xbox Live with your friends or with other people from different parts of pandora uk the world. Whatever pandora bracelets your tastes are in games, you pandora bracelet can be sure that the Xbox 360 will be able to offer it all to you.However, you have to face the fact that although the Xbox 360 is one of the best gaming pandora bracelets uk consoles available today, there are technical issues that you may face while you are playing with it. An example would be the red ring of death. If you see three red pandora bracelet charms lights flashing around pandora bracelets sale the power button, then you will know that you have a huge problem with your gaming console.

    BalasHapus
  19. Nasi padang memang gak ada matinya, apalagi buat santapan buka puasa.

    BalasHapus
  20. my blogpost - sempatkan membaca untuk salah satu kontes ini ganmy blogpost -mohion dukungannya yach sob..... -my blogpost

    BalasHapus