JADI SAKSI : SUSAH-SUSAH-SUSAH


Sial, kepala aku nyut-nyutan gara - gara kurang tidur.


Buset dah, tumben aku keluar malem tapi punya tujuan. Biasanya sih, pulang malem gara - gara ngenet, atau cuma puter - puter Jogja. Eh, semalam, aku mesti pulang malem gara - gara satu tujuan, jadi saksi di TPS. Job itu aku terima dari teman kampusku. Aku hanya diminta menggantikan jabatannya sebagai saksi di salah satu TPS di daerah Mlati sana. Berhubung temen deket, berhubung gak ada kerjaan, dan berhubung itu mewakili partai yang aku suka (wkwkwk) tidak ada hal yang mengharuskan aku untuk menolaknya.

Pertama - tama, aku menggantikan dia ketika jam 11 siang. Ceritanya nih, dia itu dapet hak milih, tapi terdaftar di DPT tambahan. Nah, sialnya lagi dia bukannya terdaftar di TPS tempat dia jadi saksi, tapi di TPS lain di tempat nun jauh disana. Maka, duduklah aku sebagai saksi di meja saksi, disebelah saksi - saksi dari partai lain, dan banyak yang menyaksikan tingkah polahku. (hehe). Pasang muka sok gaya, sok alim, sok mengerti. Catat semua apa yang terjadi, lalu masukkan ke berita acara. Terus ngeliatin yang dateng, yang nyontreng, dan akhirnya ngeliatin kertas suara yang dibuka - buka. Catet lagi tuh suara - suara yang udah terkumpul, siapa tahu ada kecurangan dibagian ini (sok banget).

Cuma sampe jam 1 siang kok, sebentar toh. Langsung dia datang lagi, dan kembalilah aku. Itu baru pemanasan, yang panas - panas justru belakangan.


Datang lagi aku di tempat itu pukul 7 malam. Sekarang dia mau pergi, pulang ke asrama karena ada kegiatan. Jadilah aku saksi lagi (jadi kaya shift-shift-fan). Sekarang sedang menghitung suara untuk DPR RI, tadi sih udah dihitung yang DPR kabupaten/kota sama DPR provinsi. Duduk lagi aku ditempat yang sama dengan yang tadi siang. Menonton orang meraba - raba, dimana tanda contreng itu berada. Kadang kecil, kadang besar, kadang kita seperti orang bodoh karena sekian lama dipandang eh, ujung - ujungnya gak ada tandanya. Ada dua hal yang bikin ketawa. Satu, ada orang bukannya nyontreng, tapi malah tanda tangan di gambar/logo KPU di atas itu. Dua, ada orang bukan nyontreng, bukan juga tanda tangan, tapi nulis sesuatu di atas kertas suara : MUMET ! (pusing alias bingung). Besar lagi. Mau gak mau, orang yang ada di bawah terop TPS itu ketawa semua. (wkwkwkwk).

Ketika pertama kali tiba (untuk kedua kalinya), aku sudah mencoba mengestimasi, kira - kira, kapan perhitungan suara ini akan berakhir. Kalau melihat pengalaman yang tadi, satu box suara dihitung selama 2 jam lebih sedikit. Maka kira - kira nih, masih ada 2 box lagi, jadi masih ada waktu 4 jam, atau sekitar 4 setengah jam lagi baru aku berhenti liat surat suara itu mondar - mandir, di angkat - angkat bak tulisan "ronde ke.." ditenteng SPG yang aduhai.

Yaph. Dan akhirnya, ketika jam tepat berada di posisi 10.45 malam, kertas - kertas itu sudah rapi disusun dan dihitung.

Tapi siapa bilang derita berujung di titik itu. Aku mesti terkatung - katung dalam selimut kantuk dan angin malam saat tahu kalau saksi harus ikut mengantar surat suara menuju kantor kecamatan. Buset dah. Para anggota KPPS masih membikin berita acara untuk dilaporkan di KPU kecamatan. Masih nunggu lagi, hitung - hitung lagi, memindahkan angka demi angka dari papan suara menuju lembaran - lembaran form berita acara.

Kawanku datang lagi, karena janjinya begitu, kalau acara di asrama udah selesai, dia mau balik lagi ke TPS itu (gantian lagi mungkin, hehe). Jam 11 lebih lima belas, muka lunas terlihat di balik remang - remang. Aku yang sudah teler memutuskan untuk berdiam sejenak, duduk dulu, dan berniat ingin ikut mengantarkan kertas - kertas suara tersebut. Harus ku akui, aku lantas menjejer kursi - kursi dan terlentang di atasnya, luar biasa kantuk ini. Setengah jam, satu jam, dan hampir sentuh dua jam, belum ada perubahan yang terjadi. Kertas - kertas belum dipak, dan anggota KPPS masih hilir mudik dan masih menulis. Dan aku pun menyerah (walaupun sudah tertidur beberapa saat). Jam 1 lebih lima, aku katakan padanya : "Kamu jaga sendiri ga pa pa toh?" (wkwkwk).






Yang Satu Kategori

37 Komentar:

  1. o gitcu toh pengalaman jadi saksi... sayah kira enak... enakan jadi pemilih ajah. cuma 5 menit, trus pulang dehhh... xixixi.. makasih udah mampir ke tempat sayah yaaa

    BalasHapus
  2. lama banget to mas, saksinya banyak ya, shg semua saksi harus ngeliat, lha yo pantes mumet :@
    salam kenal, terima kasih sudah mampir dan ditunggu kunjungan berikutnya...

    BalasHapus
  3. wo uwo..begityu rupanya jadi saksi
    wah ada enak ada gak enaknya juga ya
    enaknya dipercaya buat jadi saksi
    gak enaknya, musti punya tanggung jawab besar

    BalasHapus
  4. sama om saya juga jadi saksi.. malah sampe jam 3 baru pulang... wah manteb bangetd perjuangannya

    BalasHapus
  5. Tapi kan juga dapat uang, konsumsi dan juga uang transport.
    Hehehe

    BalasHapus
  6. ini akhir ceritanya : teman kamu akhirnya jaga juga tuh kotak suara - dan kamu pun pulang - ga nunggu sampai "acara" selesai :f:

    BalasHapus
  7. tetanggaku malah mpe jam 3 pagi baru selesai

    BalasHapus
  8. wah jadi saksi cadangan ya mas ?

    hehe

    mantap dahhh

    BalasHapus
  9. Terima kasih para saksi, perjuangan rekan-rekan merupakan jasa besar bagi bangsa. :)

    BalasHapus
  10. untung ga jadi saksi di persidangan! :o

    BalasHapus
  11. Weitss..top dah, partisipasi aktif warga negara yang baik dalam mensukseskan Pemilu..salut buat sampeyan, salam hangat selalu...

    BalasHapus
  12. enak juga ya jadi saksi...
    Wkwkwkw....
    kapan2 aku ikut deh....
    kan lumayan bayarannya...Wehehe...:D
    dikasih berapa sob...???

    BalasHapus
  13. Untung saya jadi pemilih aja bukan saksi ataupun panitia,,,
    susah bro!!
    pamanku aja yang jadi paniti, baru kelas jam 2 pagi penghitungan suaranya!!

    BalasHapus
  14. mungkin kalo akuw disuru jd saksi yg ada malah ngantok heheheh....salam knal ^_^

    BalasHapus
  15. trs gmn dengan uang selipannya??? heheheh

    BalasHapus
  16. aku juga jadi saksi kemaren.. cuapeeeee bgt yo... tapi berhubung pemilih nya cuma 146 dari 300 yg terdartar.. jam 9 malam udah selese.. dan gw gak perlu anter ke kpu tuch.. tp langsung ambil onkos lelah di dpc partai.. lumayan..

    BalasHapus
  17. tp hebatlah mau jadi saksi..salut :) btw linknya udah kupasang

    BalasHapus
  18. ternyata ga enak ya jadi saksi...
    mendingan jadi pemilih atau yang golput..hehe

    BalasHapus
  19. wah keren inih sudah jadi saksi, tapi gak ada pelanggaran kan ? :)

    BalasHapus
  20. saya pernah ngalamin juga tuh pas tahun 2004,, cuapee aja... keep share bos,

    BalasHapus
  21. belumpernah jadi saksi sih.. jadi saksi nikah yang pernah hehe

    BalasHapus
  22. Wkwkwkwk... biasanya gampang-gampang susah. Ini kok malahan susah-susah-susah... :f

    BalasHapus
  23. saksi parpol apa neh....
    heheheh.. Slam kenal ya..??

    BalasHapus
  24. Memang pemilu caleg tahun ini nyiksa banyak orang ya, ga cuma saksi, bawaslu, rakyat juga stress ngeliat isi surat suara...

    BalasHapus
  25. wah... cape juja jadi saksi.. :~

    BalasHapus
  26. Waaah seru nih kayaknya pengalamannya jadi saksi he..he....

    BalasHapus
  27. hmm... klu saksi nikah,,, sah-sah saja,,, he...

    BalasHapus
  28. enak bisa dapet duit ya>????????

    BalasHapus
  29. Wahhh....
    Jadi saksi...
    Hal terhormat tuh....

    BalasHapus
  30. INFO:
    Berhubung anda telah bertukar link dengan "masbibit.blogspot.com", dan berhubung saya telah custom domain, silakan ganti url blog saya menjadi http://www.bi2t.com , lalu konfirmasi DISINI.
    Trims, maaf out of topic :D

    BalasHapus
  31. to all.. tengakiu..
    gak ada duit..mang partainya gak ngasih, cuma ke ikhlasan saja..
    aku gak kapok jadi saksi...wkwkwkw...

    BalasHapus
  32. capek2 dikit buat negara khan gpp bro
    lagian dapet honor...
    wkwkkwkk....

    BalasHapus
  33. wah hebat.... demi bangsa dan negara, rela berpusing ria meski "reward" ga seberapa. Salut jg buat para KPPS

    BalasHapus
  34. terima kasih atas kerja kerasnya. Demokrat unggul di Jogja tuh.

    aku nggak terdaftar. tapi aku mau nyontreng Presiden, entar.....

    BalasHapus
  35. salam brow.......

    sory ne gw bru bsa balik.....
    ma ksih, bbrapa wktu lalu uda smpet mmpir di blog kcau gw....

    btw, tuch crita sma prsis yg gw alamin pas 9 april lalu...
    cma gw mlai dri awal & gk ada pngganti smp slsei..

    jd gw bsa ngbayangin cpe' & bete'nya jd saksi...

    :@ :@ :@

    BalasHapus
  36. What Are the Three Red Lights?
    The Xbox 360 is pandora jewellery one of the hottest cheap pandora gaming consoles out in the market today. With the latest graphics technology cheap pandora uk combined with some of the best games pandora discount uk available, you will definitely have a lot of fun with this particular gaming console. Xbox 360 also allows you to play online through the Xbox Live with your friends or with other people from different parts of pandora uk the world. Whatever pandora bracelets your tastes are in games, you pandora bracelet can be sure that the Xbox 360 will be able to offer it all to you.However, you have to face the fact that although the Xbox 360 is one of the best gaming pandora bracelets uk consoles available today, there are technical issues that you may face while you are playing with it. An example would be the red ring of death. If you see three red pandora bracelet charms lights flashing around pandora bracelets sale the power button, then you will know that you have a huge problem with your gaming console.

    BalasHapus
  37. guoweigang You will want to cheap pandora make sure that you think about the design pandora jewelry that you are looking for and possibly look outside buy Pandora of the box. You will want to look deeper pandora bracelets and charms into what exactly you are looking for discount pandora bracelets .A lot of people like to show off the Pandora necklace jewelry, but you will want to keep in pandora necklace beads mind that there is that cut out Pandora necklace sale image of jewelry, but you will want Pandora charms to call some of the local chains and ask them if they cheap pandora charms are willing to work with you to make some custom made jewelry.

    BalasHapus