M(e)L(e)M(pem)


Apaan tuh? Hilangi apa yang ada di dalam tanda ().

Bisnis gak kenal mati. Ya kalo mati berarti bisnisnya gak abadi. Kaya beberapa perusahaan dunia sekarang, GM misalnya. Denger - denger udah mau bangkrut ya, gara - gara krisis global sekarang. Tapi tenang sob, doakan rupiah menguat sampe 8ribu, key. Coz, nek kalo sampe segitu, ku mau beli laptop baru, xixixixi.

Yuk kembali.

MLM, cape deh. Bisnis kok kaya gini. Jujur ya, aku agak pesimis dengan yang kaya ginian. Seperti aku yang diajak nonton tanding catur, gak ada salahnya, tapi ogah. Lama nunggunya, bisa - bisa ngantuk plus jadi bosan.

Jujur, pertama kali aku diajakin bisnis kaya gituan pas lagi duduk dikelas sebelas SMA. Yaph, bisa dibayangkan, orang bloon kaya aku diundang ke rumah temen, tanpa tau maksud dan tujuan. "Fan, ntar sore jangan lupa dateng ya ke rumahku. Penting." Wow, penting nih sob. Ku kira mau ada hajatan, e malah kupingku yang hajatan.

Cuap - cuaplah si pemateri itu. Presentasi dia panjang lebar, membuka lembar demi lembar buku yang rasanya memang dipersiapkan untuk menarik minat bagi para pemula, seperti aku. Mulanya aku gak mudeng, ada apa sih ini, reward, uang, rumah mewah, kapal terbang, kapal pesiar. Ih, siapa yang gak mau kalo dikasihnya cuma - cuma. Tapi, ada hal lain dibalik kedok itu semua.

Dasar tukang obat. Semanjur apa sih obatnya itu ?.


Belum lagi sobatku SMP yang menjadi penggila bisnis macam gituan. Sudah bisa aku baca ketika dia tiba - tiba mengirim SMS, gak pake angin, gak pake hujan. "Fan, ntar sore kosong gak ?. Ada hal penting nih. Ku tunggu di depan hotel ttiiiiiittt...". Sialan, sama saja, walaupun beda produk.

Masuk kuliah juga. Dasar mas - mas, kakak angkatan sih. Deket - deket, eh ada maunya (eh, bukan hombreng, maksudnya deket - deket itu ya ramah, gaul, ya kenalan juga). Akhirnya, terbuktilah niatnya pada suatu malam di KPTU teknik. Bukan main, ini orang juga teradiktifikasi oleh reward ya?.

Jujur, sampai detik ini, gak ada satupun bisnis MeLeM tersebut yang aku terima. Biar didesak, biar dicari - cari, dikejar - kejar bak artis, ouh, sori, it's not time. Biar aku digiurkan oleh segudang reward, tetap saja, say no dulu. Entah kenapa ya, kok aku agak anti dengan yang kaya gituan. Ya mungkin kita beda prinsip, dan beda juga cara memandang masa depan. Bagiku, ini yang paling baik, dan tentu saja, aku berpikir bahwa kalian juga menganggap jalan itu yang paling baik.

Entahlah. Dan baru benar - benar aku pahami sejak aku masuk di teknik Industri ini, tahu apa itu produksi, apa itu pemasaran, apa itu, apa itu yang lain - lain. Termasuk MLM. Dan jujur, di sini (TI), mendidik orang agar tidak berpandangan seperti seorang pegawai, tapi justru sebagai seorang enterpreneur. To be me, not to be yours.

Tapi ada yang bikin gundah juga, program - program referal yang tersebar di dunia maya kok ada yang berbau MLM juga ya. Waduh, salah masuk kamar nih aku, hehehe.

Soh, MLM, belum dulu dah. Belum siap, dan belum mampu.






Yang Satu Kategori

24 Komentar:

  1. huuuhhhhh m l m males ngedengernya

    BalasHapus
  2. saya sekarang ya apatis sama MLM, tapi gara2 mlm saya jadi kenal blogger, sekarang sudah nggak kupikirin itu mlm

    BalasHapus
  3. Aku juga ditawarin lewat email, tapi entar dulu deh.
    Buat modal awal aja udah gede, mending buat beli domain.
    Bi2t.com

    BalasHapus
  4. saya salut dengan palaku MLM yang masih eksis karena mereka punya optimisme yang tinggi. namun itu hanya berlaku untuk ang menjalani MLM murni, bukan bisnis money game, sistem piramid, arisan berantai yang mengatasnamakan MLM.

    BalasHapus
  5. benar sekalai
    bisnis di dunia maya juga semacam MLM
    cuma namanya aja yg bukan MLM

    BalasHapus
  6. dolar menurun sampai 8000 perusahaan besar bangkrut pada tutup kebetulan perusahaan laptop
    truskalau nggak ada laptop beli apa hahahahah :))

    BalasHapus
  7. wuih... mlm yak?

    di pondok aku dulu jg gak dibolehin ama kyai...

    BalasHapus
  8. Hello!
    nice to see your blog!
    do you like pizza?

    BalasHapus
  9. saya gak ngerti MLM
    kayanya sih banyak orang yang sebelllll
    kalo orang nyari kerja
    kerjaan MLM paling terakhir jadi pilihan
    kalo udah kepepet banget

    emang MLM sebegitu menyebalkankah?

    BalasHapus
  10. Ha...
    MLM yah?
    Sampe sekarang aku masih di kejar-kejar temenku tuh.
    Katanya sih mw nyari partner gitu..
    Padahal?
    Oh ya....
    Salam kenal buat semua...
    Anak baru nih.

    BalasHapus
  11. gak ngerti saya sama MLM dari dulu :( gak bisaaaa,,, :f

    BalasHapus
  12. MLM beda ama money game, dan MLM juga banyak orang yang ud punya kedudukan tinggi jalanin, banyak juga yang gagal, ada juga yang sukses. dan pada dasarnya sama aja, karena semua berbasis networking, kita hidup kan karena jaringan sosial juga, hanya gimana aja menggunakan jaringan sosial tersebut...

    BalasHapus
  13. Ya aq juga pernah di undang ke sbuah hotel hanya untuk di ceramahi sperti di postingan ini. . . Berkunjung lage...

    BalasHapus
  14. btw ada juga tmn dq yg sukses krn mlm bro
    tp, bagi dq pribadi...gak sempet deh keknya

    BalasHapus
  15. MLM sama Refferal di sini apa bedanya mas?

    tentang 'cari uang itu tidak mudah' memang banyak pemula seperti saya , yang baru tahu dunia internet dan seluk beluknya beranggapan bahwa cari $ mudah,, padahal nyatanya.. sama aja kan CAPE hehe..

    tapi jika sudah bertemu dengan jalan dan tahu caranya, hal seperti itu malah mengikuti kita,, Seperti beberapa rekan saya yang sekarang sudah sukses dalam Blogging, khususnya Makemoney onine,, termasuk Mas juga! hehe

    BalasHapus
  16. ngomong soal mlm, ada bagus n ada nggaknya. Tapi yang jelas, yang pro sama kontra mlm, tetep piss :D

    BalasHapus
  17. Yang jelas aku ngk pernah merasa cocok ngejalanin bisnis MLM, sudah berkali2 nyoba, teteeep aja deh nggk bisa.

    BalasHapus
  18. Namanya juga orang lagi nyari bisnisan, ya semua cara dicari termasuk MLM, lagi pula tetep aja banyak orang yang suka, tapi aku sendiri sih ga' suka he..

    BalasHapus
  19. skrg mmg lagi menjamur nih bisnis MLM..
    gue pikir ML.. xixixixixi becanda bro..

    BalasHapus
  20. Saya juga gak cocok dengan bisnis MLM.

    BalasHapus
  21. Hi Friends,Very nice blog here.My blog walking with sharing a good information.
    Earn Money Through Adsense/
    Business Studies/
    New Softwares

    BalasHapus
  22. Thanks yah dah mampir ke blogku, :D

    klo menurut semua bisnis itu baik bila dijalankan dengan niat dan cara yang baik pula tentunya

    Klo aku sendiri agak apatis sama MLM tetapi tidak sinis

    BalasHapus
  23. daku mampir nih...!! kunjungan balik begitu. kalo aku juga dah "males" ma MLM, cos belom pernah tuh ngalamin kenyataan dari "janji manis"nya, yah kalo menurutku sih bisnis tuh yg pasti2 aja deh, jangan yg jual mimpi..hihihihhi

    BalasHapus