MOBIL BARU BUKAN MIMPI SINAR


Pejabat itu maunya digorok saja.

"Anggota Kabinet Indonesia Bersatu II dan para pejabat lembaga negara lainnya mulai menggunakan 150 mobil dinas baru pengganti mobil dinas pejabat sebelumnya. Penggantian dilakukan karena kendaraan yang sudah digunakan selama lima tahun tidak lagi efisien."

Begitu kira - kira yang dikatakan KOMPAS untuk mobil yang seharga 1,3M itu.

Asik, akhirnya ada juga alasan kita sebagai kaum yang tertindas untuk mengalungkan celurit di leher para penunggang mobil dinas itu. Mau mobil mahal, mobil berkelas, mobil ber-AC, tetap saja harga sembako naik. Tetap saja biaya kesehatan menunggak, dan tetap saja mereka membual sesuka mereka. Kenapa tidak dikasih mobil second saja, toh tetap bisa melaju. Para penduduk yang terjepit ekonominya pun masih mampu menjalan mobil - mobil second mereka dengan biaya perawatan yang seadanya, tanpa AC, tanpa Tape Compo, bahkan layar televisi.

Sementara, di sudut lain di sebuah rumah berdinding kayu, seorang ibu terlentang tak berdaya dipembaringannya. Seorang anak kemudian datang, membawa sepiring nasi, hanya nasi, yang kemudian dihamparkan di atas ranjang tersebut. Sinar namanya, gadis kecil bepangkat siswi kelas pertama sekolah dasar. Sudah dua tahun sang ibu tegolek lumpuh tidak berdaya, dan sepanjang itulah seorang Sinar menggantikan fungsi sang ibu. Kini ia harus mencuci dan memasak seorang diri. Kasih sayang yang dulu pernah diberikan oleh ibunya kini justru dirasakan kembali oleh sang ibu.

Sinar pun harus pandai membagi waktunya untuk sang ibu selain ia juga harus mengenakan seragam dan duduk di bangku sekolahnya. Bocah bungsu dari enam bersaudara ini hanya tinggal berdua, sementara saudara yang lain sudah harus menguras keringat demi mengantongi kertas persegi panjang yang kerap kali disebut RUPIAH.


MOBIL untuk PEJABAT BOBROK, atau hati yang TULUS secerah namanya, SINAR, yang akan anda pilih?

Seandainya para pejabat itu mau menjual semua roda dan Radio Tape dari mobil mereka dan menggantinya dengan yang murah, barangkali 150 juta akan segera mengalir untuk seorang SINAR. Apalah arti sebuah satu juta jika dibandingkan kemewahan 1,3M itu.

Sumber berita : KOMPAS.COM dan LIPUTAN6.COM






Yang Satu Kategori

73 Komentar:

  1. mereka memang sungguh memuakkan. semoga kita tidak menjadi bagian dari mereka, yg berputar2 dalam lingkaran setan hedonisme..
    semoga masing2 kita bisa lebih bermanfaat utk sekeliling kita.

    BalasHapus
  2. wow...apakah dengan fasilitas mobil baru kinerja mereka semakin baik?

    BalasHapus
  3. potret kehidupan antara si kaya dan si miskin di negeri ini.

    BalasHapus
  4. yg saya males tuh para menteri tuh mobilnya bermilyar milyar.....

    BalasHapus
  5. Telinga mereka tidak pernah dibersihkan
    Mata mereka lembaran dollar yang tampak
    Bagaimana caranya uang yang sudah keluar
    harus kembali berlipat-lipat
    lupa ketika mengemis kemasyarakat
    lupa ketika masuk tempak kumuh merayu
    lupa dengan janji-janjinya

    BalasHapus
  6. apa kabar sahabat.....aku datang

    BalasHapus
  7. lama gak mampir kesini, apakabar?
    Mobil mewah? ...hmh, seharusnya urat malu mereka tidak terpotong.

    BalasHapus
  8. mobil itu terlalu mahal....
    kenapa tidak Innova saja?
    labih murah, toh ada kelas yang hampir sesuai, muat labih banyak..

    BalasHapus
  9. Pembagian mobil baru itu pasti diikuti oleh pejabat di tingkat bawahnya...

    BalasHapus
  10. hmm.. miris banget yah rasanya. di satu sisi ada yang bergelimang harta, dan sisi lain ada yang kekurangan.. tapi begitulah yang namanya hidup, ada yang di atas dan ada yang di bawah...

    BalasHapus
  11. kota besar memang bergaya hedon. mungkin tidak pernah terlintas di pikiran mereka kesusahan yang dirasakan rakyat kecil. ah..mungkin juga mereka sempat memikirkannya, tapi hanya bisa sekedar prihatin

    BalasHapus
  12. seandainya aku dimobil itu.....malah takut ngebawanya om.....

    BalasHapus
  13. capek ah ngurusin atau mikirin masalah orang diatas, capek sendiri

    BalasHapus
  14. ironis ya, negara kita...

    kalau ada diantara kita yang nanti jadi pejabat, jangan samapai deh lupa sama rakyat seperti para pejabat sekarang...

    BalasHapus
  15. Sebuah Potret miris tentang kehidupan di negara Zamrud khatulistiwa.

    BalasHapus
  16. padahal kalo mereka pake mobil yang harga 300jt juga bisa nyampe ke kantor
    lagian mereka jalan khan dikawal
    jadi ga macet
    jadi ga begitu butuh mobil mewah
    dasar geblek!!!
    gamau miikirin rakyat

    BalasHapus
  17. emang pada gila apa ya tu para pejabat.. ato kebutaan mata & ketulian telinga mereka sdh sedemikian parahnya..

    semoga mereka masih dibuka hatinya oleh Sang Maha..

    BalasHapus
  18. lha kalo punggawa negara dah ga mikirin wong cilik yang pada kelaparan; mungkin hanya mbah tektonik yang bisa mengingatkan mereka..

    BalasHapus
  19. speechless. udah gk percaya ama 'mereka'. berharap ada yang lebih baik. tengok kanan-kiri, hanya ada kita. sanggupkah...?

    BalasHapus
  20. kado akhir taun yg manis bagi mereka (para menteri)
    bingkisan muntah bagi para jelata...!
    Good post

    BalasHapus
  21. Permslahan ini dari dulu memang ga pernah ubahnya.. Selalu para Mentri yang di utamakan walaupun menteri mempunyai tanggung jwab yang besar bukan berarti tanggun jawab untuk membrantas kemiskinan di nomor 2 kan..

    BalasHapus
  22. kaguum banget dengan sinar...masih kecil uda merwat ib unya

    BalasHapus
  23. salam sobat
    memprihatinkan ya,,,
    sungguh berbalik kenyataan yang ada.
    yang satu mewah berboros ria,,yang satunya lagi bersusah payah demi sesuap nasi untuk hidup.

    BalasHapus
  24. kasihan duh si miskin anggota dewan malah asik asikan pake mobil baru

    BalasHapus
  25. Wah, semakin bangga jd anak indonesia

    BalasHapus
  26. Di negeri ini perbedaan yang miskin dengan yang kaya emang jauh banget. Yang kaya semakin kaya, yang miskin semakin miskin. Sungguh memprihatinkan.

    BalasHapus
  27. yah..sudah wajar pejabat2 skrg,kalo ngga seperti itu malah aneh,,inilah indonesiaku,

    BalasHapus
  28. haduh, serba salah ya jadi menteri...

    mereka naik jabatan kan sudah berkorban macem-macem, makanya banyak yang minta macem-macem juga.

    Ya, liat ajalah kinerja mereka kedepan. Kalau gak bener baru diprotes..

    BalasHapus
  29. ironis banget ya. mereka bermewah, rakyat menderita

    BalasHapus
  30. ketika ketidak adilan sosial terjadi... maka para pemimpin menanggung dosa rakyatnya

    BalasHapus
  31. Parah tuh pejabat, ngaku orang pinter tapi ga punya otak [ mangkel mode ON ]

    BalasHapus
  32. jujur saya ungkapkan, setelah membaca cerita anda.....mata saya sempat basah......
    sangat paradoks sekali kehidupan di negeri kita ini.
    para pengelola negeri ini semuanya munafik.
    ya allah semoga nasib sinar sinar lainnya nggak ada lagi di negeri ini.....
    semoga para menteri itu disadarkan bahwa separuh rakyat indonesia menderita......

    BalasHapus
  33. jujur saya ungkapkan, setelah membaca cerita anda.....mata saya sempat basah......
    sangat paradoks sekali kehidupan di negeri kita ini.
    para pengelola negeri ini semuanya munafik.
    ya allah semoga nasib sinar sinar lainnya nggak ada lagi di negeri ini.....
    semoga para menteri itu disadarkan bahwa separuh rakyat indonesia menderita......

    BalasHapus
  34. ngeselin emang denger n liatnya..

    cuma dari pada kita darah tinggi sendiri n marah2 di blog atau di status

    mending langsung bikin suatu gerakan or organisasi tuh..
    kan matab...hohoho

    BalasHapus
  35. saya pernah tau sosok sinar di televisi, saya salut terhadap nilai juang bocah kecil yang semangat untuk menjalani hidup, sungguh nilai moralitas anak yang patut di acungkan jempol. Semangat nak, rawat ibumu sampai akhir hayatmu. Suatu saat akan ada rencana indah dibalik semua ini

    BalasHapus
  36. gaji naik mobil baru....hasil nol, rakyat gak merasakan perbedaannya malah tambah ngenes!

    BalasHapus
  37. aku ngga bisa nyetir mobiiil *lho? ngga nyambung..*

    BalasHapus
  38. Ya memang begitu keadaan negeri ini. IStilahnya yang kaya harus menjadi super kaya. setelah jenuh, orang miskin baru boleh kaya.

    BalasHapus
  39. wah ketiban duren tuh anak... hihi

    BalasHapus
  40. i like the car,,tp tau buat mereka,,i hate it =<
    go sinaarr!!^^
    semoga km bs memberi sinar u/ kesembuhan ibu-mu..
    salam kenal juga^^

    BalasHapus
  41. wes gpp wes garuda tetep di dadaku hehehe

    BalasHapus
  42. met taon baru
    semoga tahun depan lebih baik

    BalasHapus
  43. Sinar ... Sinar..oh Sinar.
    sinarmu menembus kedalamanku ...
    Sinar..kau adalah cahaya-Nya..

    BalasHapus
  44. Happy early NEW YEAR 2010!
    welcome the new day full of smiles and hope,
    Wish the world of blogger still victorious,
    More friendship and brotherhood,
    Wish all the best for us,
    Happy, happy, happy new year 2010!
    SELAMAT TAHUN BARU 2010!

    -tuteh-

    BalasHapus
  45. itulah (yang katanya) hidup...kalo memang itu hidup, maka banyak orang bertanya, "buat apa hidup?"

    ckckckck.....

    BalasHapus
  46. kapan yah punya mobil keren seperti itu..ada yang maw hibah kan??wkwkkwkw

    met taun baru yah mas..

    ada fb gag mas?

    sekali lagi...aku masih disini ^^

    BalasHapus
  47. semoga masih ada sinar-sinar yang lain di muka bumi ini :)

    BalasHapus
  48. selamat tahun baru 2010, semoga semuanya lebih baik lagi.

    BalasHapus
  49. happy new year friend...

    BalasHapus
  50. Mobil baru toyota Crown buat pejabat baru di tahun yang baru.

    Semoga sukses pejabat indonesia dengan mobil dinas yang barunya!!!!

    BalasHapus
  51. jangan bandingn ma yang yang miskin dunk..
    tapi bandingin ma yang kerja keras dan pinter sama yang berkemampuan pas2an dan g mau sekola..

    tapi menteri emang keterlaluan tu, mobil 1,3M
    trus anggaran buat menteri periode 2014 berikutnya berpa ya..
    mungkin 5M
    ckckckckckc...

    BalasHapus
  52. ckckck...ajibbbb banget gan...
    met tahun baru ya...

    BalasHapus
  53. keren dan mantaps, makanya saya golput kemarin

    BalasHapus
  54. kawan, tukaran link yuk? link Anda dah sy pasang diliat aja, pasang balik ya, thanks

    BalasHapus
  55. Itulah pejabat kita..
    aji mumpung berlomba-lomba bikin program untuk habisin duit rakyat

    BalasHapus
  56. Hih... tega-teganya pemerintah beli2 mobil mewah atau barang mewah.. sementara Rakyatnya Terlantar, kelaparan, Terklantung-klantung...!! gak punya pemikiran...

    BalasHapus
  57. Jelas pilih Sinar... :)
    Jadi sangat terharu sekali melihat sosok bocah kecil ini, luar biasa patut kita contoh kasihnya terhadap seorang ibu. Begitu tulus..

    Siapapun kita, selayaknya kisah Sinar dan ibunya sedikit banyak mengetuk hati kita yang masih kurang menyadari betapa besar kasih sayang orangtua pada kita; yang kadang melalaikan kewajiban kita sebagai seorang anak; yang kurang menghargai pengorbanan seorang ibu; yang terbiasa meminta tanpa memberi untuk orang tua kita.
    Bisakah kita seperti Sinar?
    Buat Blog

    BalasHapus
  58. ho oh tuh payah pejabatnya.liat berita dulu di tv mana ya aq lupa.pokoknya perbedaan fasilitas buat pejabat indo vs negara lain.katanya perdana mentri jepang pun pake mobil yang murmer.indonesia ancur deh kalo kaya gini terus..

    BalasHapus
  59. What Are the Three Red Lights?
    The Xbox 360 is pandora jewellery one of the hottest cheap pandora gaming consoles out in the market today. With the latest graphics technology cheap pandora uk combined with some of the best games pandora discount uk available, you will definitely have a lot of fun with this particular gaming console. Xbox 360 also allows you to play online through the Xbox Live with your friends or with other people from different parts of pandora uk the world. Whatever pandora bracelets your tastes are in games, you pandora bracelet can be sure that the Xbox 360 will be able to offer it all to you.However, you have to face the fact that although the Xbox 360 is one of the best gaming pandora bracelets uk consoles available today, there are technical issues that you may face while you are playing with it. An example would be the red ring of death. If you see three red pandora bracelet charms lights flashing around pandora bracelets sale the power button, then you will know that you have a huge problem with your gaming console.

    BalasHapus
  60. guoweigang You will want to cheap pandora make sure that you think about the design pandora jewelry that you are looking for and possibly look outside buy Pandora of the box. You will want to look deeper pandora bracelets and charms into what exactly you are looking for discount pandora bracelets .A lot of people like to show off the Pandora necklace jewelry, but you will want to keep in pandora necklace beads mind that there is that cut out Pandora necklace sale image of jewelry, but you will want Pandora charms to call some of the local chains and ask them if they cheap pandora charms are willing to work with you to make some custom made jewelry.

    BalasHapus
  61. itulah politik, ada politik money etc. yang rugi tetep rakyat kecil. semoga semuany indah pada waktunya^^

    BalasHapus
  62. yang didambakan sinar itu kesembuhan orang tuanya

    BalasHapus