PRIA TANPA NAMA


-untuk yang terkenang

Pria tanpa nama
duduk dibalik jendela
sekilas senyum miliknya
hanya menunduk pada masa

Seorang pria muda
setia menanti di lorong jendela
entah siapa yang akan menyapa
atau angin duduk dan berbicara

pria muda tanpa nama
mungkin hanya jadi cerita
yang dulu kerap ku jumpa
pagi ini telah tiada

Yogyakarta, 14 April 2010
______________________________________________
Sebuah dedikasi saya kepada seorang staff TU Jurusan Teknik Mesin Industri. Seorang pria gemuk yang memandang kosong dalam kelesuan. Namun, semangatnya tinggi untuk terus duduk dan menanti apa yang bisa dikerjakan.

Bapak itu cukup sering aku temui. Urusan cap pengesahan untuk beasiswa, pinjam meminjam alat - alat teknis kampus (seperti mikropon dan viewer), hingga mau menunggu kami yang terlampau lama mengerjakan tugas di kelas, karena salah satu tugas beliau adalah mengunci kelas jika sudah lewat dari masa penggunaan (sore hari). Beliau cukup mengenang bagi saya karena karena beliau juga, sebagai petugas cap, memberikan andil lancarnya jalan saya untuk mendapatkan beasiswa. Beberapa hal yang dapat saya petik dari beliau adalah beliau tidak terlalu banyak bicara dan tidak pernah berbelit - belit dalam suatu urusan.

Beliau belum lama ini meninggal. Namun, hingga hari ini saya masih belum mengetahui siapa nama kecilnya.

Salam hangat pak !. Saya rindu diambilkan mic dari lemari itu (lagi).






Yang Satu Kategori

123 Komentar:

  1. begitulah banyak orang disekitar kita yang mungkin mempunyai peranan penting didalam hidup kita meski jabatannya tidaklah tinggi

    BalasHapus
  2. saya suka karena orangnya sedikit bicara banyak kerja meski saya belum pernah bertemu langsung dengannya

    BalasHapus
  3. met sore gan,datang berkunjung. .

    BalasHapus
  4. Wah mantab... inspiratif banget,......!!!

    BalasHapus
  5. mudahkanlah urusan orang lain, maka Allah akan memudahkan urusanmu. begitu indah prinsip pria tanpa nama ini...

    BalasHapus
  6. Wah..sajakx mantap sob ;-), sedih jg y dngerx,.

    BalasHapus
  7. ketika semua harus kembali di awal mula....

    BalasHapus
  8. hhmmm
    moga amalnya diterima disisiNya..

    amin....

    BalasHapus
  9. manusia, memiliki peran masing2, tgal kta yg mementukan, mau peran kecil, atau besar.

    BalasHapus
  10. Turut berbela sungkawa. Puisinya keren.

    BalasHapus
  11. hmmm...
    banyak orang disekitar kita...
    yang kadang tidak terlalu kita perhatikan...
    bahkan untuk sekedar tau namanya...
    dan ketika ia tiada...
    ada yang hilang....

    turut berduka cita

    BalasHapus
  12. semoga semua amal kebaikannya di terma disisiNya, amin

    BalasHapus
  13. Tak pikir tadi ngomongin saya karena kisahnya hampir mirip denganku *tertunduk lesu karena salah alamat :D*

    Tolong pak ambilkan micnya untuk kakve santi, kami ada acara nih wkwkkwk

    BalasHapus
  14. benar banget sob
    disisipin di kode HTML widgetnya..

    BalasHapus
  15. Turut berduka cita. Semoga Bapak itu diterima disiNya.

    BalasHapus
  16. sajak nya bagus banget....
    turut berduka cita sob.....

    BalasHapus
  17. Wah Sangat disayangkan.. sSemoga segala amal perbuatannya di terim disisiNya. amen..

    BalasHapus
  18. Tulisannya bagus sekali... saya yakin sahabat bisa jadi penulis yang hebat. Salam :)

    BalasHapus
  19. Sangat berkesan sob, dan penuh dengan kenangan

    dirimu rupanya , ahli puisi.

    BalasHapus
  20. saya turut berduka sob...
    semua yang hidup akan kembali padanya..
    hanya jasa2nya yg selalu bisa kita kenang atas segala kebaikannya, semoga amal ibadahnya diterima disisiNYA amin....

    BalasHapus
  21. wahhhh,, dedikasi yang membuat ku terharu,, hhehe :)

    keep share

    BalasHapus
  22. selalu mantap kakve disini,,

    BalasHapus
  23. ikutan komeng yaa,

    begitu banyak orang yang disekitar kita yang peduli dengan kita, hanya saja terkadang kita tidak menyadarinya dan tidak ingin mencari tau siapa orang tersebut,

    semua yang hidup akan kembali padaNya kawan, semoga diterima disisiNya, amin :)

    BalasHapus
  24. wow,,, sangat inspiratif kalo ada disini

    BalasHapus
  25. bapa yang misterius sedikit ngomong tapi banyak kerja saya suka tipe orang macam gitu

    BalasHapus
  26. mmm...sangat menyentuh...
    kita bisa belajar banyak dari orang-orang kecil di sekitar kita.
    turut berduka cita, semoga amalnya di terima Tuhan. amin3x.

    BalasHapus
  27. mantab seekali puisinya . .

    BalasHapus
  28. kenangan yg akan selalu diingat, mesti tanpa nama.

    BalasHapus
  29. Tanpa nama yang mengesankan

    BalasHapus
  30. tokoh yg sering terlupakan dalam masa lalu seseorang ya mas....
    semoga memperoleh tempat yg layak di alam Baqa....amin

    BalasHapus
  31. ..::silaturahmi::..
    setia banget yah..
    semoga sehat selalu ya mbak.
    salam

    BalasHapus
  32. menyentuh sekali sob...asli ini seperti ungkapan hatiku saat ini, kisah diatas hampir mirip..thnks...

    BalasHapus
  33. menyentuh sekali sob...asli ini seperti ungkapan hatiku saat ini, kisah diatas hampir mirip..thnks...

    BalasHapus
  34. sebelum meninggal ttidak ada yg mencari namanya...setelah tiada baru merasa kehilangan dan mencari namanya :)

    BalasHapus
  35. dia sudah pergi jauh,jgn mencari nama kecilnya lagi, asalkan tetap mengenang dia di hati anda itu sudah cukup.

    BalasHapus
  36. Orang yang tidak terkenal namun memberi manfaat jauh lebih baik daripada orang-orang terkenal yang sebenarnya tidak membawa manfaat banyak.

    Salam ukhuwah

    BalasHapus
  37. hfft.. terharu bacanya...orang2 'kecil' dengan jiwa 'besar'...

    BalasHapus
  38. berterima kasihlah...
    berdoalah semoga menjadi seperti dia...
    bukan statusnya, tapi jiwanya...
    aku juga ingin berguna...

    BalasHapus
  39. saya turut berduka cita , semoga bapak itu di terima di sisinya.....

    BalasHapus
  40. jadi mnaggilnya apa dong kalo tanpa nama?

    BalasHapus
  41. Turut berduka cita mas....
    Moga ada yang gantiin bias bisa ngecap beasisiwa yang kan datang....

    BalasHapus
  42. Mampir lg ane ;-), critax bwt ane pengen mampir lg..

    BalasHapus
  43. sebuah dedikasi untuk pria yang tak bernama,
    semoga mendapat tempat yang baik disisi Nya

    BalasHapus
  44. Wah..lagi mengenang seseorang nih...
    Turut berduka cita...
    Semoga beliau tenang disisi-Nya :)

    BalasHapus
  45. Jadi merasa sedih sendiri bro bacanya...
    Beneran deh, gak boong...
    Merasa ada di dalam situasi itu...
    Btw, saya turut berduka untuk beliau :)

    BalasHapus
  46. Sangat menyentuh ...

    Jd ingat adiknya temanku, Meski gak akrab dengan alm. tp saya sangat kenal dengan kakaknya.

    BalasHapus
  47. acara kick andy banyak menyadarkan betapa banyak orang penting yg terlupakan

    BalasHapus
  48. semoga dia bisa tenang di tempatnya yang baru...

    BalasHapus
  49. innalillahi...
    kata yang luar biasa sobat.

    BalasHapus
  50. innalillahi..
    semoga dia diterima disisiNya..

    BalasHapus
  51. innalillahi...
    turut berduka cita ....
    semoga amal ibadah beliau diterima Allah SWT ...

    BalasHapus
  52. ow...perhatiannya...aku juga suka merhatikan semua orang yg kutemui dan mungkin sm orang lain dianggep gak penting..^^
    semoga keluarga bapak tadi sabar dan ikhlas..

    BalasHapus
  53. wah...jd tinggal kenangan donk, si bapak pahlawan itu,...tp walau bgmn keingin tahuan kakve santi pst ada jawabannya...

    sori nih sok tau sj sy...

    BalasHapus
  54. wah, org itu berjasa sekali buat anda, wajar sj sampe tercipta puisi yg mengesankan

    BalasHapus
  55. nice post,puisinya keren abis...baik nih buat anak2 dekat rumah untuk selesaikan PR bahasanya..he..he

    BalasHapus
  56. Semoga tenang di sisiNya amin.

    BalasHapus
  57. mudah2an segala amal ibadahnya bisa diterima...

    BalasHapus
  58. turut berduka mas, keikhlasan beliau akan menimbulkan rasa rindu dihati,...

    BalasHapus
  59. hmm...orang yg bgitu penting bagi kita, pasti akan menjadi sebuah kenangan bagi kita...^^,

    BalasHapus
  60. Semoga almarhum ...mendapat tempat yang layak disisi Nya...

    BalasHapus
  61. Dari yang paling kecil kadang kita banyak belajar hal-hal yang besar

    BalasHapus
  62. turut berduka cita
    semoga beliau tenang di sisi-Nya

    BalasHapus
  63. semoga beliau-nya diterima baik di sisiNYA. amin.

    BalasHapus
  64. nice *dan turut sedih*

    BalasHapus
  65. Turut berduka cita...
    Semoga diterima di sisiNya dan bagi keluarga yang ditinggalkan diberi kekuatan. Amin

    BalasHapus
  66. Sepertinya sosok yang baik...
    Turut berdukacita walau saya tak mengenalnya

    BalasHapus
  67. hmmmm... luar biasa indah banget puisinya

    BalasHapus
  68. Benar adanya apabila kita memahami arti sebuah pepatah tentang...apalah arti sebuah nama..!!!

    Beliau memberi peran yg penting bagi orang lain tanpa pernah berfikir untuk dikenang..!!!

    BalasHapus
  69. pria tanpa nama berkunjung balik :P

    BalasHapus
  70. Semoga beliau ditempat yg indah disisi-Nya..

    BalasHapus
  71. Semoga beliau tenang di Alam sana dan ditempatkan di tempay yg baik atas semua jasa yg sudah Dilakukan..

    Puisi yg bagus..

    BalasHapus
  72. Ikut berduka...
    Jadi ingat teman satu kost di Jl. Wonosari KM.8.5 dulu... sedikit bicara dan terlalu berkesan untuk segala aktifitas yng dilakukannya...
    Salam sukses...

    BalasHapus
  73. turut berduka...
    semoga amal ibadah beliau di terima Tuhan YME. Amiien

    BalasHapus
  74. artikel kado utk mama mestinya buat besok. tapi mungkin nanti sore diposting.

    BalasHapus
  75. kita baru menyadari betapa seseorang itu berarti untuk kita
    ketika dia telah benar2 tidak ada lagi
    saat itulah kita baru merindukannya

    turut berduka Mas

    BalasHapus
  76. tulisan yang indah untuk seorang yang memang pantas mendapatkannya :), semoga hanya syurga allah tempat peristirahatan beliau, amin..

    BalasHapus
  77. banyak yang memberikan andil besar disekitar kita yang terkadang terlupakan. namun biasanya kita baru merasa kalau sudah kehilangannya.

    BalasHapus
  78. Selamat sore sobat, selamat beraktifitas.

    BalasHapus
  79. talk less do more...
    kini cuma slogan tanpa makna. betul teman?

    BalasHapus
  80. turut berduka cita sob...
    tetep semangat.dan lanjutkan....

    BalasHapus
  81. turut berduka cita....!!!

    BalasHapus
  82. memeang, orang yang pernah berjasa dengan kita akan sangat sulit terlupakan lho

    BalasHapus
  83. turut berduka citasob...semoga beliau diterima disisiNya...

    thx ya dah mampir ke blog saya,blog kamu dah aq follw, follow balik ya..

    BalasHapus
  84. turut berduka.
    saya suka puisinya ..

    BalasHapus
  85. Kehilangan seseorang yg kita kenal baik memang meninggalkan kesedihan dan duka..

    BalasHapus
  86. wow anonym nggak dikenal dunk mbak??

    BalasHapus
  87. ahh,,andaikan aku bisa seperti bapak itu?

    BalasHapus
  88. turut berduka buat bapak TU itu, smoga keluarganya dan yang ditinggalkan tetap tabah.

    BalasHapus
  89. jadi ingat sama petugas di kampusku :D

    BalasHapus
  90. wah,, keren bgt sob sajaknya .. Menyentuh .. )

    BalasHapus
  91. semoga amal kebaikanya diterima disisinya

    BalasHapus
  92. turut berduka atas kepergian beliau... semoga diterima di sisi-Nya n ditempatkan di tempat yg terbaik.... Amin.....

    Salam kenal....
    Ni knjungan prdana sya....

    Silakan mampir ke blog saya bila da waktu...

    http://primasatya.blogspot.com/

    BalasHapus
  93. Cool,orang yang sedikit bicara memang biasanya banyak bekerja,mas. Salam jepret!

    BalasHapus
  94. saya blm komen ya? maaf sob telat... semoga beliau bahagia di sisinya,, amiin....

    BalasHapus
  95. pahlawan tanpa tanda jasa? mungkin pahlawan tidak harus dikaitkan dengan bagaimana cara dia memerdekakan suatu negara, tapi dengan membuat senang, bahagia, sekelilingnya mungkin juga dapat didefinisikan sebagai pahlawan. Yup :)

    BalasHapus
  96. Wah puisi anda penuh makna sobat,
    Siapakah pria tanpa nama itu ???


    Salam hangat dari Kalimantan Barat,
    Fansmaniac

    BalasHapus
  97. semoga jasanya selalu terkenang,dan memberikan inspirasi kepada orang2 yang mengenalnya...

    BalasHapus
  98. kebaikan seseorang memang harus selalu kita kenang,karena mungkin lewat kebaikanya,diri kita sekarang menjadi terlihat ada...

    BalasHapus
  99. turut berduka cita gan, semoga amal ibadahnya diterima disisiNYA

    BalasHapus
  100. hohohio
    baca idenya jadi mau nangis! terharu banget sama jasanya

    BalasHapus
  101. Turut berduka cita. Sajak ini sangat merepresentasikan sebuah kehilangan di mana seseorang kehilangan pemandangan rutinnya yang acap kali ditemuinya...

    BalasHapus
  102. hmm begityu terharu rasanya sprti dekat yah tapi bingung mau kenalan ia kan??
    gak jelas tapi hati ini ingin mendekati dan mengenalnya ..
    hmmm mudah2an beliau di teirma disisiNYA

    BalasHapus
  103. alkatro ikut sedih sob, ane jadi inget tukang parkir di bringharjo. orang baik pasti mendapatkan tempat yang baik

    BalasHapus
  104. apalah arti sebuah nama, yang terpenting adalah arti kebaikan tersebut

    BalasHapus
  105. Semoga dilapangkan jalannya, dan diterima disisi-Nya. Amin

    BalasHapus
  106. Banyak sekali orang-orang yang berjasa dalam kehidupan kita yang lepas dari perhatian kita. Marilah sekarang kita lebih memperhatikan orang-orang tersebut, dengan sapaan, senyuman atau sekedar menanyakan kabar. Hal2 sederhana mungkin dapat menyemangati orang lain, karena kita tidak tahu keadaan mereka, apakah sedang sedih, senang atau mempunyai beban yg berat. Sekilas senyum kita mungkin memberi semangat kepada mereka.

    BalasHapus
  107. What Are the Three Red Lights?
    The Xbox 360 is pandora jewellery one of the hottest cheap pandora gaming consoles out in the market today. With the latest graphics technology cheap pandora uk combined with some of the best games pandora discount uk available, you will definitely have a lot of fun with this particular gaming console. Xbox 360 also allows you to play online through the Xbox Live with your friends or with other people from different parts of pandora uk the world. Whatever pandora bracelets your tastes are in games, you pandora bracelet can be sure that the Xbox 360 will be able to offer it all to you.However, you have to face the fact that although the Xbox 360 is one of the best gaming pandora bracelets uk consoles available today, there are technical issues that you may face while you are playing with it. An example would be the red ring of death. If you see three red pandora bracelet charms lights flashing around pandora bracelets sale the power button, then you will know that you have a huge problem with your gaming console.

    BalasHapus
  108. guoweigang You will want to cheap pandora make sure that you think about the design pandora jewelry that you are looking for and possibly look outside buy Pandora of the box. You will want to look deeper pandora bracelets and charms into what exactly you are looking for discount pandora bracelets .A lot of people like to show off the Pandora necklace jewelry, but you will want to keep in pandora necklace beads mind that there is that cut out Pandora necklace sale image of jewelry, but you will want Pandora charms to call some of the local chains and ask them if they cheap pandora charms are willing to work with you to make some custom made jewelry.

    BalasHapus
  109. meninggal kenapa gan.., penuh makna emang bahasanya...

    BalasHapus
  110. judulnya mirip tulisan seno, "Pulau tanpa nama"

    BalasHapus