SELAMAT PAGI MUSIK INDONESIA


Salam hangat kepada band - band yang mencoba merusak kuping saya.

Pagi - pagi, saya dibangunkan karena salah satu band yang membuat saya mual berkoar - koar di speaker radio saya, yang memang tidak pernah saya matikan selama saya tidur malam. Gedebak - Gedebuk si tukang gebuk drum dan nada - nada yang berseliweran tanpa musikalitas. Terlebih saat sang vokalis keluar, bagai sedang badai, kamar saya serasa di dalam sebuah pusaran puting beliung.

Selamat pagi indonesia. Selamat pagi musik kita. Setelah saya menikmati permainan catur kita kemarin sore, apakah semalam engkau bisa tertidur dengan nyenyak ? Ataukah sejatinya musik indonesia sedang memasuki fase mimpi buruk yang berkepanjangan ?

Saya masih ingat, era tahun 2005 hingga awal 2007, ketika saya gandrung untuk membeli MP3 meskipun bajakan. Disana mulai mencuat satu dua batang band - band indie dengan gaya musik masing - masing. Namun, pada era itu pula muncul beberapa musisi yang nampaknya sedang bermain gundu, mencoba peruntungan lain dengan memberikan musik yang sangat dipaksakan untuk menjadi easy listening.Saya masih cukup ingat ketika REPUBLIK, RIBAS, KERTAS, PUTIH, dan beberapa rekan - rekan yang lain mulai meramaikan bursa tangga lagu pada beberapa radio di Mataram.

Siapa yang tidak ingat ketika Sindentosca meledak di pasar musik beberapa tahun yang lalu ?

Siapa juara piala dunia tahun 2002 dan 2006 kemarin ? Saya sudah lupa. Tapi yang saya masih ingat ketika PADI dan Sheila On 7 mengharumkan nama Indonesia sebagai musisi yang membawakan tembang soundtrack piala dunia kala itu. Work Of Heaven - 2002 (Padi), dan sebuah lagu SO7 yang saya lupa judulnya di tahun 2006, sempat masuk dalam kaset kompilasi lagu Piala dunia. Siapa yang tidak bangga, dua band lokal yang sejatinya tidak go international malah dipaksa untuk rekaman berkelas dunia.

Siapa yang tidak kenal Mahadewi ? Kasih tak sampai ? Semua tak sama ? Atau, Sebuah kisah klasik untuk masa depan dan Shepia ? Sebuah deretan lagu abadi milik dalam negeri dan kelas kakapnya band dalam negeri. Inilah band - band yang lebih memilih kualitas sebuah lagu ketimbang cari muka di acara - acara musik busuk milik televisi yang juga busuk.

Sekarang mari berterima kasih kepada band - band baru yang muncul lantas tenggelam yang sedikit banyak membuat kuping saya kacau. Mari berterima kasih kepada band - band yang bangga ketika mereka lebih memilih untuk LIP-SYNC.






Yang Satu Kategori

131 Komentar:

  1. hahahha sheila sudha masuk ke mp3ku, kembali ke masa lalu dan mendengarkan seberapa pantaskah wkwkkwkw

    BalasHapus
  2. Hehehe... band musik sekarang sudah banyak sekali yah, ibarat kacang goreng :D

    BalasHapus
  3. wah,saya juga suka denger musik-musik indo,tapi dulu gan,waktu masi sma,sekarang pindah aliran ke musik jepang,tapi tetep cinta musik indo !
    met siang ae ya gan.

    BalasHapus
  4. hahahamm bener bgt.......... sheila tetp ngga ada matinya.......... im sheila's gank.. satu lagi,,, gigi juga masukin doong... abang gue tuuh vokalisnya,,hahah

    BalasHapus
  5. yang soundtrack piala dunia punyanya So7 judulnya Pemenang. ada di album 507
    :p

    BalasHapus
  6. weks...tetap bro..musik era dulu kualitasnya lebih mantaps...dibanding musik sekarang...kalo sekarang yang penting genjrang-genjreng

    BalasHapus
  7. iya bener, lagu2 sekarang asal nyanyi aja, lucu2an biar gaenak didenger juga. harusnya permusikan indonesia harus menjamin kualitas lagu yang masuk di ranah hiburan ..

    BalasHapus
  8. Kalau aku lebih suka musik-musik lama sob...
    Musik sekarang menurutku cuma asal-asalan aja... gak ada kualitasnya...

    BalasHapus
  9. salam sobat
    saya juga suka musik Indonesia.
    khususnya aliran musik untuk lagu2 pop.

    BalasHapus
  10. beneeeeer...
    kangen dengan masa2 itu...
    dimana musik dinikmati krn musikalitas na bukan komersilnya...

    BalasHapus
  11. industri... industri... katanya sih pertunjukan dengan LIP-SYNC lebih ramah biaya hehehehe....

    BalasHapus
  12. haii ...
    nice blog . thanks for the comment my blog about a hour ago .

    i love music ! :)

    BalasHapus
  13. aku sheila on 7 lover lhoo..
    dari album jadul sampe yg terbaru lengkap dah..
    hohohooo...

    band-band sekarang kebanyakan tertolong dengan materi lagu dan tampang aja...

    BalasHapus
  14. hy. salam kenal
    terima kasih telah berkunjung ke blog saya
    emm saya mau tukar link gimana caranya ya ...?

    BalasHapus
  15. Musik Indonesia sekarang semakin berkembang :). Wahana mencari bibit2 pecinta musik juga banyak. Tapi yang jadi permasalahan, seandainya musik lokal membludak tapi penikmat musik lokal kurang sebanding bagaimana ya. Mau diekspor, orang luar sangat fanatik dengan musik mereka sendiri... Yuk cintai musik dalam negeri :). Kalau bukan kita siapa lagi???

    BalasHapus
  16. Betul sekali itu Bro... Yuk kita cintai musik kita :)

    BalasHapus
  17. Benar mas..karya musik2 terdahulu lebih berbobot dan bisa bertahan lama utk di nikmati

    BalasHapus
  18. emang begitu banyak yah band2 bermunculan.. sampe enggak tau..^^

    BalasHapus
  19. salut untuk musik indonesia sekarang... udah banyak kemajuan.. banyak variasinya.. dan para generasi mudanya OK banget.. sip deh pokoknya..

    BalasHapus
  20. Ah, aku lebih suka Tommy J Pisa.. mendayu-dayu. hehe

    BalasHapus
  21. aku punya semua koleksi padi dan sheila on Seven soalnya suka dibawaian juga dulu waktu masih ngeband walau mereka jarang tampil mereka tetap de bestlah I like Sephia

    BalasHapus
  22. emang sekarang mah band canggih2.. semoga ada perubahan secepatnya....

    BalasHapus
  23. i love padi
    tapi belom denger sindentosca

    BalasHapus
  24. hmmm...yach sekarang memang lagi marak banget band2 baru di negeri kita yg tiba2 muncul dan tiba2 pula hilang....meskipun banyak pilihan namun tetep band2 legendaris menjadi pilihan...
    hayo suka bli kaset bajakan yach sob...wehe sama!! haha...
    Sukses Slalu!

    BalasHapus
  25. padi, so7, memang keren, mereka lebih mementingkan musikalitas daripada hanya sekedar tampil di layar kaca tiap hari...

    BalasHapus
  26. jadi inget jaman jadul...

    BalasHapus
  27. he eh banyak band yang cuma majang tampang dengan musik yang bergenre sama bahkan seperti meniru ketimbang dengan kualitas bermusik yang baik

    BalasHapus
  28. ah aku kangen lagu² jaman dulu..
    lebih tenang dengerin lagu² jaman dulu ketimbang sekarang..

    BalasHapus
  29. piisss.....

    aku tetep ngefans sama doni ada band...

    BalasHapus
  30. wew.. baru tau ternyata lagu padi masuk theme song puiala dunia

    BalasHapus
  31. jujur say sngat suka dengan musik band indonesia mereka kren2 tapi kok yang dulu aku suka sekarang mulai jarang nongol dan ngeluarin album baru ya..

    apa pada tidur atau lagi cari inspirasi kok lama ya...

    BalasHapus
  32. kebyanyak Band2 yang menghiasi permusikan Indo, band musiman, tiba2 muncul tiba2 hilang entah kemana

    BalasHapus
  33. kunjungan sore sob :)

    nebeng baca :D

    BalasHapus
  34. Ane ikut xmak aj dh..;-)

    BalasHapus
  35. sekarang memang banyak muncul grup-grup bank yang hampir sama jenis musiknya, sampai kadang2 bingung sendiri ni siapa ya yang nyanyi, tapi tetap maju dech untuk musik indonesia...

    BalasHapus
  36. mungkin saja band yang ada sekarang ini tidak saja mengutamakan kualitas, sehingga mudah saja untuk dilupakan.. sedangkan para senior mereka yang telah lebih dulu ada harus melewati proses yang tidak mudah sehingga tentu menjadikan kualitas mereka lebih baik

    BalasHapus
  37. Saya setuju dengan Mbak..

    Band2 sekrang hanya mencari popularitas dan nama besar..

    BalasHapus
  38. @bloging-bisnis online
    benar sekali band band sekarang sepertinya melalui proses yang lebih mudah , mungkin itu masalahnya, jaman sekarang suara kaya kaleng dirik motor saja bisa kita edit , coba bila kita liat konsernya ,,berantakan suaranya ,, apa telingaku yang rusak ngak tau dah ,,

    BalasHapus
  39. Nonton musik aja sekarang ditipu! Bisa ndak mereka dituntut!

    BalasHapus
  40. Tapi yang terpenting musik Indonesia masih jadi tuan rumah di negerinya sendiri . .
    :)

    BalasHapus
  41. saya tetap suka lagu2nya Padi dan SO7 meskipun udah lama gak denger ^^

    BalasHapus
  42. ahhahahaha...dangdutan wae

    BalasHapus
  43. yap memang sulit mencari band sepanjang masa layaknya so7 dan padi di zaman sekarang. dan yang ada musik-musik yang ada sekarang telah mampu menurunkan iq sebanyak sekian persen setiap sekali dengar (kata sebuah artikel, celakanya yag sering mendengar malah anak-anak kecil hahaha

    BalasHapus
  44. Sheila on seven judulnya pemenang mas kakve :)

    BalasHapus
  45. Indonesia memang banyak melahirkan musisi2 yang berbakat... tapi harus di jiwai dengan sikap patriot bangsa agar bisa menaikkan kiprah Indonesia dimata dunia... cahyo musik Indonesia...!

    BalasHapus
  46. aku rasa aliran musik n karekter band yang di tipi indonesia kebanyakan sama ya??aku dengerin dari mp3 temen kaya sama semua.....tapi ada juga sih yang beda banget.....tapi ada yang bagus juga....maju terus dah musik di indonesia

    BalasHapus
  47. Band.. berharap jadi legenda.. tetep semangat..

    BalasHapus
  48. sekarang musik indonesia keren abis, sampe sama semua gitu jenisnya -.- haaa.
    ga mentingin makna dari musik dan pesan-pesannya, band yang berkualitas malah serasa tergusur.
    tapi tetaap, yang berkualitas pasti yang membekas, meski waktu semakin tragis. heu

    BalasHapus
  49. waduh, bener2 menyentil....
    Keknya sama neh dengan buwel suka PADI... hehehe

    BalasHapus
  50. iya tuh judulnya pemenang so7 nya... :-)

    BalasHapus
  51. ya emang beginilah musik negeri ini saat ini yg penting biasanya ngeluarin single klo meledak ya jalan klo gagal ya sudah kembali tenggelam..
    Padi ma s07 mang TOP markotop

    BalasHapus
  52. yuups zaman uda berubah..jenis music pun mngikuti era nya ya :)

    BalasHapus
  53. wah ternyata band dulu pada bagus yah kualitasnya ampe mgharumkan nama bangsa, gak kayak band-band skarang.. :(

    mas, bsa tukeran link ga?
    link nya udah saya pasang. :)

    BalasHapus
  54. Hahaha...
    Bahasanya sadis :D
    Tapi bener sih, kebanyakan band2 sekarang menang luarnya aja, tapi dari segi kualitas 0 BESAR!

    BalasHapus
  55. lip-sync tapi gayanya selangit, langsung jadi grup band terbawah dalam urutan saia...

    BalasHapus
  56. band indonesia memang hebat2 bahkan dunia pun mengakuinya :)

    BalasHapus
  57. iy sob,,,
    saya juga heran,,
    band2 baru sangat banyak bermunculan,, tapi hanya terkenal dengan satu atau beberapalagunya,,,,
    setelah itu mereka tidak pernah muncul lg,,,
    hmmm,,,
    kmana ya mereka???

    BalasHapus
  58. Andai tak ada teve swasta, perjalanan musik kita agaknya agak lain, tak seperti sekarang, banyak yang cuma bikin kuping dang-ding-deng

    BalasHapus
  59. Selamat pagi juga
    musik Indonesia jayalah di negeri Sendiri

    BalasHapus
  60. terkenal dengan satu lagu, lantas beberapa bulan kemudian tenggelam. apa-apaan?
    saya hampir ngga tau band2 indonesia berlabel major yang suka nampang di tv, doyan lip-sync, lirik omongkosong tentang cinta-cintaan..
    saya lebih menghargai band2 indie, meski jarang muncul di tv tapi punya segudang prestasi, dan umumnya mereka punya ciri khas tersendiri.

    BalasHapus
  61. yeeeaaa... I love musik Indonesia

    BalasHapus
  62. iya nih
    band" dulu kayaknya lebih matang gitu
    hidup Dewa 19!!

    BalasHapus
  63. Meskipun ndak ori yang penting file utuh dan enak di dengar kawan

    BalasHapus
  64. nongkrong di sini dulu kakve.......

    BalasHapus
  65. Iya nih, emang makin banyak aja band2 yg bermunculan dan kemudian dg segera tenggelam lagi.

    BalasHapus
  66. hehehehee....hiduuupp band dalam negeri..

    BalasHapus
  67. asal jangan dibanting aja tuh radio, kacau deh.

    sorry baru bisa mampir, lama offline nic mas

    BalasHapus
  68. Ronda Malam...
    Nyari sesuatu..

    BalasHapus
  69. >,<
    aku suka band yang dulu zaman 2004-2007
    kerren kerren dan lebih punya bahasa..
    yang sekarang gombal kelas kakap

    huekz.....

    kak kakvee
    di tunggu yah kunjungan baliknya

    BalasHapus
  70. miris yaahh... aku juga kangen Padi, Sheila on 7, bahkan Letto pun sekarang dah makin jarang, tergantikan band2 dengan aliran melayu2 ga jelas, sigh... :(

    BalasHapus
  71. sip mas...band Indie memang ngak kalah hebat dg yg import...mereka bahkan ngetop juga di negara2 tetangga kita ya..

    BalasHapus
  72. Ada apa dengamu kawan ??!...
    suka tak suka memang begitulah keadaanya.
    Cobalah sampaikan dengan kalimat yang baik.
    Trims.

    BalasHapus
  73. wah asyik juga ya inget-inget masa lalu. Apalgi musik2nya, sampe sekarang masih keinget nadanya. ha...ha..

    BalasHapus
  74. Hi.... thanks dah mampir ke blog ku...kunjungan balik nih... :)

    Wah, aku emang dr dulu gak pernah bisa suka sama musik indo, ntah kenapa...hehehehe....

    Dari duluuuuu banget jaman kls 3 or 4 sd thn 92an sampe skrg dan selamanya aku cinta mati sama Michael Jackson... trus awal kuliah thn 2000 ampe skrg dan selamanya, cinta banget sama Muse....hehehhe...

    BalasHapus
  75. uwiiiih lagi kesel nih critanya sama musik sendiri....kenapa ga'nyoba buat karya sendiri aja kang, biarin ajalah mereka berkreasi gitu hehehehe.....

    BalasHapus
  76. kalau dibandingin musik dulu sama sekarang ya memang lebih enak dengerin musik yang dulu, meski dikata jadul gitu....

    BalasHapus
  77. wah saya termasuk penggemar seila on 7,lagunya keren-keren gak selalu bertemakan cinta..

    BalasHapus
  78. Kasih tak sampai uh aku suka bgt lagu itu ^___^

    BalasHapus
  79. wah blognya santi makin rame aja pengunjungnya.. apa rahasianya sob????

    BalasHapus
  80. haha... mantabh tulisannya,, ini juga salah satu blog berkualitas,, saya setuju dengan posting ini di indonesia sekarang banyak bermunculan band 15 menit yang begitu selsai d dengar maka langsung masuk recycle bin

    BalasHapus
  81. selamat pagi musik indonesia..semoga semakin barjaya sampai internasional :)

    BalasHapus
  82. Saya gak pada hapal lagu2 yg sekarang tuh.. senengnya lagu2 nostalgia

    BalasHapus
  83. Ada sih beberapa band skrg gw rasa enak2 tuh. tapi memang setelah beberapa 2 tahun ini kudengarkan kembali koq rasanya berubah. Lain lho dengerin lgu2 jaman baheula tetap enak didengar hingga sekarang.

    BalasHapus
  84. saya juga suka musik Indonesia.
    khususnya bondan prakoso.
    ditunggu kunjungannya

    BalasHapus
  85. hmmm..ya..
    banggalah pada karya anak-anak bangsa..
    semangat!
    ^__^

    BalasHapus
  86. memang musik indonesia sekarang sudah tidak karuan . . tidak adalagi kualitasnya . .
    seperti Kangen Band dan ST12 . .
    Begitulah yang dikatakan oleh pengamat musik Indonesia. .

    BalasHapus
  87. kualitas band2 baru memang tak bisa dibandingkan dengan band2 yg sudah sejak lama mengisi dunia musik indonesia..
    gak tau kenapa kualitas musik2 indo sekarang ancur tak karuan..
    apalagi yg LIP-SYNC itu mbak..ngeliat nyanyinya aja udah eneg...

    BalasHapus
  88. dimana musisi yang berkelas sekarang berada
    bagai ditelan bumi di himpik gedabak gedebuk drum musisi baru, bukan sekedar asal main musik, nama group terkesan asal-asalan juga

    salam dari pamekasan madura
    trims bro

    BalasHapus
  89. Moga nanti karya-karya musik anak bangsa lebih mantap dan punya kekuatan tersendiri

    BalasHapus
  90. vokalis dan musisi dulu sering mempersembahkan hal yang mengharumkan nama bangsa, seperti gito rolies dan yang lain
    sekarang mana ya???

    BalasHapus
  91. hei,kenapa,setiap ke blog ini rasanya kayak makan roti dan mau minum teh..blognya ringan banget dan enak bacanya!

    BalasHapus
  92. Shela on 7 emang yahuudd..
    tapi sekarang kok nggak ada gaungnya yaa huff..

    BalasHapus
  93. Lip-Sync...sampah

    Kenapa bnk artis yg ndak menghargai suaranya sendiri?

    BalasHapus
  94. Wahahaha .. emang bener tuh sob ..ada2 aja zaaman sekarang .. :)

    BalasHapus
  95. bener kak ve...
    musik jaman sekrang emang sangat2 tdak berkualitas alias ancurr dan didominasi lagu2 melayu yg emang aneh kalo didengarkan,,kapan musik indonesia bisa berkembang tahun2 kedepan kalo musiknya sama semua???

    BalasHapus
  96. ngomongin musik saya paling suka lagu2 jadul sob.. abis dah bukan ABG lagi.. he..he

    BalasHapus
  97. band sekarang seperti kacang goreng murahan yang banyak busuk dan kosongnya ^^
    bukan tidak menghargai mereka, tapi yah kuping saya merasa negitu ^^

    BalasHapus
  98. musik bagi kita adalah hidup....

    BalasHapus
  99. Selamat dini hari musik indonesiaaaaa !!!!!!! :D Wew idealis yang mantabbb saya suka :D

    BalasHapus
  100. selamat pagi juga mp3 indonesia he he he
    dan memang sekarang warna musik indonesia semakin semarak,maju terus musik dsalam negeri

    BalasHapus
  101. Datang sebagai pendengar shepia!

    BalasHapus
  102. hadiir..sheilagank disinii..*loh?? :D
    walopun bnyk bertebaran band2 yg bikin kuping kacau itu..tetep diplaylist ku S07 >.<

    BalasHapus
  103. lagu itu memang keren keren mas,dulu waktu aq smp..:D

    BalasHapus
  104. sayang aku cuma suka satu Musik yg bikin gak bnosen lagunya Teh Melly Goeslow hehhe

    BalasHapus
  105. setujuuuuuu!
    wah rusak musik negri ni sekarang. adanya band2 amatiran. ga tau esensi musik, yg penting ada modol..eh modal lngsung gawe album. naah apalagi tu tivi2 malah ndukung n tetep manggungin di acara2 yang 'au ah gelap'.
    betul betul, pada kemana tu band2 yg dulu berjaya ya? kalau saya mah teteup pantengin The Rock!! :D
    aku relaaa ooh aku relaaa...

    BalasHapus
  106. Sekarang saya kayaknya lebih milih lagu Keroncong yah?
    Mungkin karena sudah tua kali.

    BalasHapus
  107. hehe kadang hukum pasar sudah membuat pemusik qt bertekuk lutut demi perut dan nafkah anak isteri sobat... mudah2n aja band2 yag bergerilya di jalur DIY ngga patah semangat.

    BalasHapus
  108. Sobat-nya padi tak pernah hilang dari ingatan....
    Sekarang terlalu banyak band yang terkesan dipaksakan....yo wis lah...masing2 punya selera...monggo.....

    BalasHapus
  109. daripada ngeband, mending jadi penyanyi trus duet deh ma duda biar lebih cpet ngetop.:D

    BalasHapus
  110. iya nih, kayaknya sekarang pokoknya tampak cakep, kelakuan radha unik, masuk dalam page range silibriti gosip, masalah vokal dan musik ancur ga masalah...
    Bayangin aja bisa berhasil bikin satu lagu nyentrik lain dan yang kelainan bisa bikin berubah status menjadi artis... satu lagu saja.
    Tapi inilah wajah kita, Indonesia Raya...

    BalasHapus
  111. saya masih suka dengerin Padi n SO7.. mantep dah tu band..

    BalasHapus
  112. iya nih band band baru jelek jelek...muncul sebentar terus ilang...

    BalasHapus
  113. aku nggak suka band yang kayak jamur..
    mana nggak berkualitas lagi...

    BalasHapus
  114. BAND YANG CEPAT TERKENAL JUGA MEMILIKI KEMUNGKINAN UNTUK CEPAT TENGGELAM

    BalasHapus
  115. Berkunjung lagi nih sob .. oia sob .. dapat award dari aku sob .. Diambil yah .. :)
    Salam blogger .. !

    BalasHapus
  116. memang band2 taun 2005 sampe 2007 masih bagus2 dan berkualitas kayak peterpan,ungu,sheila on 7,padi,dewa 19 dll...
    lha sekarang?muncul-ilang aja kerjanya...mana labelnya dipaksain lagi buat ;agu2 yg terlalu mewek....

    BalasHapus
  117. iya nih, musik2 skrg emang tmbah byk, menggabung beberapa aliran membentuk jenis musik baru,,,

    power music hilang akibat acara2 yg hanya membutuhkan artisnya jd memankan musik no.2

    BalasHapus
  118. musik sekarang ngga ada dalam koleksi saya ....
    mereka dipaksa menurut pasar ... bukan mengandalkan musik mereka sendiri ...

    BalasHapus
  119. band baru sekarang bobrok musiknya. i hate

    BalasHapus
  120. wah... banyak banget komentarnya

    BalasHapus
  121. maju terus buat belantika musik indonesia , semoga band-band maupun penyanyi indonesia bisa menjajal musik dunia .. amin ..

    BalasHapus
  122. Saat ini saya juga ingin lebih banyak mendengar musik indonesia agar kamus musik indo saya bertambah banyak, agar belajar keyboard nya mantaf

    BalasHapus
  123. What Are the Three Red Lights?
    The Xbox 360 is pandora jewellery one of the hottest cheap pandora gaming consoles out in the market today. With the latest graphics technology cheap pandora uk combined with some of the best games pandora discount uk available, you will definitely have a lot of fun with this particular gaming console. Xbox 360 also allows you to play online through the Xbox Live with your friends or with other people from different parts of pandora uk the world. Whatever pandora bracelets your tastes are in games, you pandora bracelet can be sure that the Xbox 360 will be able to offer it all to you.However, you have to face the fact that although the Xbox 360 is one of the best gaming pandora bracelets uk consoles available today, there are technical issues that you may face while you are playing with it. An example would be the red ring of death. If you see three red pandora bracelet charms lights flashing around pandora bracelets sale the power button, then you will know that you have a huge problem with your gaming console.

    BalasHapus
  124. guoweigang You will want to cheap pandora make sure that you think about the design pandora jewelry that you are looking for and possibly look outside buy Pandora of the box. You will want to look deeper pandora bracelets and charms into what exactly you are looking for discount pandora bracelets .A lot of people like to show off the Pandora necklace jewelry, but you will want to keep in pandora necklace beads mind that there is that cut out Pandora necklace sale image of jewelry, but you will want Pandora charms to call some of the local chains and ask them if they cheap pandora charms are willing to work with you to make some custom made jewelry.

    BalasHapus
  125. mantaaappp ane setuju bgt gan..
    mana musik rock jaman dulu ya..-_-

    BalasHapus