JANGAN SUKA CORET DINDING !


Jangan suka mencoret - coret dinding. Terlebih jika hal tersebut merupakan sebuah fasilitas umum. Malu kan ?

Dinding menjadi kotor dan tidak sedap untuk dipandang. Memang, dapat diakui bahwa hampir sebagian besar dinding - dinding di kota Jogja telah tercorat - coret oleh hasil tuangan ide sekelompok anak muda yang kreatif dalam alur pikiran "muralisme".

Tapi, di beberapa tempat, terlebih jika itu sebuah tempat buang hajat umum (tak peduli jika membuang kotoran disana dikenakan wajib bayar ataupun sekedar cuma - cuma), dinding tesebut mampu mencerminkan pola pikir para penggunannya bahwa isi otak mereka "inilah adanya".

Ada sebuah ajakan yang bagus :


Tapi sejatinya, dia tidak ubahnya seorang yang sedang memperparah kerusakan fisik dinding dan memperpanjang daftar nama anak yang tidak lulus pelajaran PPKn ketika dibangku sekolah dahulu.



Saya sudah ikutan lho pak, http://titimatra.blogspot.com/ in






Yang Satu Kategori

180 Komentar:

  1. tapi kalo dinding dicoret-coret ama mural jadinya malah bagus loh!

    BalasHapus
  2. begitulah pak vandalisme di sekolah aja siswa pada rajin corat coret biasa ada yang coret , hanya kambing yang mencoret disini hiksss , berarti dia kambing dong

    BalasHapus
  3. pernah ada teman dapat telpon dari nomor tak dikenal, katanya dapat nomornya dari tulisan di tembok wartel.
    itu salah satu contoh tak baik juga, hal privasi orang ditulis di tempat umum.

    BalasHapus
  4. wahahaha . .. ^^
    Kui tembok ndi sg ditulisi koyo ngono ^^

    BalasHapus
  5. wahh ini ni kebiasaan yang kudu di hilangkan he he he emang sih namanya tangan gratil ya jadi coret sana coret sini he he

    BalasHapus
  6. Astagfirullah... ckck... masih mending yang mural, keren dan kreatif!

    BalasHapus
  7. biasanya kalau tidak ada kotak saran memang disini tempat untuk menggrundel alias protes...

    BalasHapus
  8. betul, sehingga dinding enak dipandang :)

    BalasHapus
  9. Coretan di dinding jadi menimbulkan kesan yg kumuh dan kotor..! Tidak sedap dipandang mata.

    BalasHapus
  10. pusing dengan grafity yang nggak jelas..

    BalasHapus
  11. Coret2an yg tak perlu... membuat pemandangan jadi tak lagi indah...

    BalasHapus
  12. kadang sudah jorok, tulisannya juga jorok pokoknya nyebelin, mending dibikin mural saja sekalian tapi yang bagus

    BalasHapus
  13. Semoga lancar gan....

    BalasHapus
  14. itu namanya kreatif yg nggak terarah..

    BalasHapus
  15. itu namanya kreatif yg nggak terarah..

    BalasHapus
  16. >>Salaman<<
    hi hi hi di pojok yogya sebelah mana iki kan
    seep deh...jangan kotori kota kita pokoknya.
    >>Salam hangat<<

    BalasHapus
  17. iya ya mas...di sekolah tempat saya mengajar juga gak mau hilang kebiasaan seperti ini...

    BalasHapus
  18. coba kemauan menulisnya disalurkan ke arah yang benar pasti sangat bermanfaat..:)

    BalasHapus
  19. wah, saru...... hhaaaa... kok ndak disensor....
    coratcoret sih bgus, asal coretannya berseni kayak gravity gtu,... kalo yg di atas kok anak menunjukkan pas TK belum puas,...... DO TK... hhaa

    BalasHapus
  20. kalau enak dipandang dan coretannya bermanfaat nggak masalah ini kalau malah kata2 jorok, yang paling sering biasanya di toilet umum....

    BalasHapus
  21. Astaghfirulah sepertinya corat coret seperti itu sudah pemandangan yang umum sekali, dan sudah menjadi terbiasa melihatnya, dan sudah membudaya. Kita arahkan dan bekali anak2 dengan agama yang kuat, agar mnjadi anak yang bermoral.

    BalasHapus
  22. Coretan yang didasri kreatifitas akan menghasilkan keindahan. tapi coretan tanpa kreatifitas itu menimbulkan kekotoran....!!!

    Photonya bagus ... diambil di mana tuh.heheeee!!!

    BalasHapus
  23. >> Huft!!!! kereeeen!! mantaf Abis!!! kreatif banget!!! halaaah, aku ga pernah kepikiran tuk posting kayak gini, siip...suka suka suka ^_^

    BalasHapus
  24. Emang benar2 tidak enak dilihat. Tergantung kesadaran diri. Jadi, mulailah dari diri sendiri.

    BalasHapus
  25. waduh
    itu mah ngajak bener tapi pake cara yang salah ya, masa dia ikutan nyoret2 juga.
    mendingan nyoret2nya di blog gitu,..

    BalasHapus
  26. waduh...tulisane... Nek iku pancen ngrusuhi tenan...

    BalasHapus
  27. Gambar pertama sebuah pesan agar jgn corat-coret dinding, namun salah penempatannya ya mas, seharus di papan seperti pengunguman, itu mah sama aja dgn corat-coret juga ha..ha.. Btw nice artikel mas, moga sukses kontesnya ya

    BalasHapus
  28. jadi inget dengan lomba mbuat poster yang umy ikutin,,

    gambar seperti corat coret dinding yang umy bikin,
    hihihi
    nice post

    BalasHapus
  29. Hahahaha... mungkin ajakannya sengaja ditaruh disitu biar yang nulis baca... atau jangan2 yang nulis sama...

    BalasHapus
  30. haduuuuh,,,uda coret-coret,,tulisannya gak bagus pula...
    mending ngeblog deh...
    hehehe

    BalasHapus
  31. udah biasa sih liat dinding dicoret2 ngga jelas..

    BalasHapus
  32. Soalnya yang nyoret dinding tsb nggak dikasih fasilitas buat ngegambar (misalnya dikasih kanvas, kuas) ya jadinya ya kayak gitu...

    BalasHapus
  33. haduw....kurang garamm

    nice share mas.... lam kenal ya

    BalasHapus
  34. kalau dindingnya digambar-gambarin gimana yah..?? seni apa kerusakan tuh...

    BalasHapus
  35. mungkin gak lulus PPKn
    soalnya dulu masih PMP
    hahaha

    BalasHapus
  36. Budaya corat coret di tembok kayak nya susah di basmi ya

    BalasHapus
  37. klo mural jadi keren.
    klo vandal, bahhh...hancur lah...

    BalasHapus
  38. aq pertnah juga nelpon nomer hp yh di tulis di tembok kamar motel yg aq tempati, gile tak taunya mang beneran cew, tp ternyata dah punya suami, padahal tulisannya Call me plisss

    BalasHapus
  39. beda vandalisme sama muralisme apaan sih sob...kan sama2 corat coret sembarangan,,,,,

    BalasHapus
  40. asalamualaikum...wehhh ndak disensor itu yg gambar pertamnya hihihi...

    BalasHapus
  41. Tergantung yg corat-coretnya ya. Kalau yg bikinan seniman pasti menambah indah lingkungan :)

    BalasHapus
  42. Wach prihatin juga melihatnya nich sob,semoga yang suka corat coret segera sadar klo tuch buruk dan tdk mengulanginya lagi hehehe...:D

    BalasHapus
  43. Kalo dicorat coret dengan teknik Gravity dan emang pada tempatnya, pasti gak masalah :D

    BalasHapus
  44. cuma bikin rusak pamandangan...tidak masalah sihh...bagi yang berjiwa seni..asal pada tempatnya

    BalasHapus
  45. wah mesti di baca ma ponakanku nih, biar ga coretin dinding kamarkuh :D

    ps: judul dan url postingan ini sudah saya backlink di update tgl 2 juli. terima kasih yaaa

    BalasHapus
  46. kalo coretannya bagus boleh gak sob?

    BalasHapus
  47. budaya corat coret yang tidak karuan tidak hanya terjadi di tembok-tembok kota ... tapi sudah menjangkau bebatuan di pucuk2 gunung

    BalasHapus
  48. iah, banyak banget orang kurang kerjaan yang nyorat nyoret dinding engga jelas..

    ck ck ck.. tembok tembok jadi ajang corat coret engga puguh, masih mending dibuat grafiti atau lukisan,ini mah dicorat coret sama kata kata engga jelas..

    mkashy buat komentar dan kunjungannyaa... :D

    BalasHapus
  49. hahahaha... jd inget masa SMA dulu, tp klo misal corat coret na dijadikan kreatifitas dan enak dliat lain lg kali ya :D

    BalasHapus
  50. moral. moral. lagi2 moral. bangsa ini krisis kepercayaan dan moral. krisis ekonomi bukan masalah serius lagi. krisis moral yg bisa menghancurkan bangsa kita sendiri.

    oia, maaf sebelumnya saya pernah panggil anda "kak". ternyata mas ya ? habisnya url blognya begitu sih ;)

    btw kalo boleh jujur, saya juga sering bgt corat coret dinding temen saya. di pesbuk tapi.. ;)

    BalasHapus
  51. kalo kreatifitas tak tersalurkan ya begitu jadinya corat-coret sembarangan

    BalasHapus
  52. ikutan kontes ya? semoga menang.

    BalasHapus
  53. wah corat - coret budaya yang kurang benar ituh , lebih baik jika corat - coretnya disalurkan melaui apresiasi seni , LUKIS misalnya ^_^

    BalasHapus
  54. Wuih gambar yang ke dua bagus tuw...., pakai efek ya sob...., Kueren dah gambar 2 walau bertolak belakang dengan tema corat - coret.....

    BalasHapus
  55. Wah jadi inget waktu SMP N SMA nie sob....sering banget nyoret2 tembok sekolahan ampe pilozx yg di[pake diambil guru haha.....Semangat N happy blogging Sob!!!

    BalasHapus
  56. Dari pada coret-coret dinding dengan tulisan-tulisan yang sangat g enak buat dibaca mending dibikin grafiti sekalian tuh.. jadinya kan malah bagus..

    BalasHapus
  57. lantas bagaimana cara menyelesaikan masalah ini om???dengan sanksi atau seperti apa???hehehehe

    nice post om

    BalasHapus
  58. kalo coret2 dindingnya mempercantik sih saya stuju ^^

    BalasHapus
  59. pelajaran PPKn selalu lulus,,coz smua siswa tau dan paham dengan apa yg seharusnya dilakukan dan benar dalam setiap jawaban soal,,tetapi jawaban tersebut berbeda,bertolak belakang dengan sikap di dunia nyata.

    BalasHapus
  60. kalo mural sih lebih sedap dipandang..

    BalasHapus
  61. nulis dilarang malah coret2:D

    BalasHapus
  62. Astagfirullah...

    mbok kalo nyoret itu yang sopan"heloh??"hehehe

    tetep nggak boleh ya..mari coret2 diblog aja :p

    BalasHapus
  63. halo..maaf baru mampir nih. kemarin baru pulang

    BalasHapus
  64. ckckckckckck... sebegitu parahkah???

    BalasHapus
  65. wah...3x. Saya turut prihatin untuk kondisi dindingnya dan kata-katanya.

    BalasHapus
  66. budaya yg menghawatierkan ya..

    BalasHapus
  67. lama tak berkunjung ke sahabat lama ^_^ masih ingatkah dengan diriku yang selalu merindukanmu wekekekek....
    Bener jangan suka coret dinding yach, coret blog aja alias ngeblog hehe

    BalasHapus
  68. didalam angkot juga banyak coretan2 anak sekolah yang dengan PD-nya promosi nama dan no hp mereka

    BalasHapus
  69. didalam angkot juga banyak coretan2 anak sekolah yang dengan PD-nya promosi nama dan no. Hp

    BalasHapus
  70. didalam angkot juga banyak coretan2 anak sekolah yang dengan PD-nya promosi nama dan no. Hp

    BalasHapus
  71. wah..itu ga bener sob,,semoga masalah ini teratasi biasanya waktu jamanku dulu coretan itu sebagai ajang pamer antar sekolah akbat coretan saja bisa tawuran sob

    BalasHapus
  72. vandalisme ... kreative tapi salah tempat

    BalasHapus
  73. wah, ada tulisan parnonya juga di dinding....

    BalasHapus
  74. untung itu bukan dinding rumahku hehehehe

    BalasHapus
  75. wah-wah...
    mencoret-coret dinding tu ga baek,,
    apalagi tulisannya jelek dan kata-kata ny kotor....

    mending klo punya bakat nyoret2 salurkan ke kontes grafiti ato apalah,, yg pnting positif..
    gak kyk td..
    beeuuuhhhhh........

    BalasHapus
  76. Wah kalo dinding d'coret2 bgus untuk kreatifitas tuh sperti grafiti..tp bkn dinding d'tmpat fasilitas umum....

    BalasHapus
  77. enakan corat-coret blog ajah hehehe :p

    BalasHapus
  78. wah, kyknya tuh org yg coret2 swktu skolah gak pernah dibeliin buku tulis kali ya....

    sungguh mengenaskan

    BalasHapus
  79. coret sana, coret sini... !!!

    BalasHapus
  80. I don't understand above post, but i know this blog is very cool.... ^_^
    Visit here....

    but one thing! i did'nt found follower widget?
    where i can to find it?

    BalasHapus
  81. Iya tuh, tpi kalau grafity masih agak mendingan kalau dilihat mata, btw nice share ganz,

    BalasHapus
  82. jangan bosn dengan kunjunganku ya..:)

    BalasHapus
  83. Coretan di dinding membuat resah
    Resah hati pencoret mungkin ingin tampil
    Tepi lebih resah pembaca coretannya
    Sebab coretan di dinding adalah pemberontakan
    Kucing hitam yang terpojok di tiap tempat sampah
    Ditiap kota . . . . . . . .
    Cakarnya siap dengan kuku-kuku tajam
    Matanya menyala mengawasi gerak musuhnya
    Musuhnya adalah penindas
    Yang menganggap remeh coretan dinding kota
    Coretan dinding terpojok di tempat sampah
    Kucing hitam dan penindas sama-sama resah (Iwan Fals)

    BalasHapus
  84. iya tuch bikin kotor dinding. met mingguan ajach yus

    BalasHapus
  85. Wah, kata-katanya saru hihihi

    BalasHapus
  86. ya ampoen, udah kata-katanya seperti itu, malah di ulang pula sama yang memberi larangan -__-"


    btw, ini ada award untuk anda, karena sering datang ke blog saya =)
    http://norlandmixed.blogspot.com/2010/07/ive-got-award-from-iplock.html

    tolong diterima

    BalasHapus
  87. wohoooo aku ngefans berat nih sama mba santi :) upsssss !! om maksudnya hehe, komentarnya selalu di atas 90an semua keren sob.

    BalasHapus
  88. wow, memang udah aneh2 aja sifat anak muda skarang
    moga saya gak kayak gitu

    BalasHapus
  89. Mending corat coret di blog ya Sob... hehe...

    BalasHapus
  90. belum ada yang baru ya?
    ditunggu loh mbak...
    *tenyata emang enakan bilang mbak.. hehe....
    <<digeplak sama yang punya blog..

    BalasHapus
  91. Di Denpasar juga banyak coretan-coretan seperti itu. Ntahlah, kenapa ada orang yang memilih mengekspresikan/menunjukkan eksistensinya dengan cara seperti itu.

    BalasHapus
  92. haha ! dasar cah nganggur . kurang gaweand .
    --jane aq yo pernah . weheheh--

    aku gur nyoret thithik lo pak..

    BalasHapus
  93. setuju dengan artikelnya, kadang2 kalo yang asal coret menimbulkan kesan kumuh

    BalasHapus
  94. lho, yang ngelarang corat coret ternyata corat coret juga? hihihihi. Mereka kekurangan kertas saja mungkin :-P, atau kekurangan ruang berekspresi?? Numpang follow juga y ^_^

    BalasHapus
  95. hmm
    harusnya bisa menyalurkan bakat coret2 dinding dngan yang lebih bermanfaat deh
    hehee...
    kalo ada lomba buat tembok grafiti kan lumayan :p

    BalasHapus
  96. ditempat2 wisata juga ada yang spt itu.....

    BalasHapus
  97. hehehe pingin ketawa lihat tulisan di dinding itu
    si penulis melarang orang menulis di dinding
    tapi dia sendiri menulis di dinding
    hehehhee

    BalasHapus
  98. jangan coret2 dinding tapi tulisan coretannya di dinding, xixiixix

    BalasHapus
  99. Wah ane mah mending corat-coret di blog kamu adja sob hehehe, gimana kabar disana?>?> MAsih sempat ngeblog ya hehehe, sukses ya. Eh pulang lebaran ditunggu oleh-olehnya, ane pesan duluan

    BalasHapus
  100. coretan kaya gitu mang merusak pemandangan banget...
    gak setuju deh kalo ada yang suka corat - coret dinding kaya gitu.

    BalasHapus
  101. waduh.. kok pada coret-coret sih??? kata-katanya gak banget pula.. daripada coret-coret di dinding yang merusak pemandangan, mendinagn coret-coret di blog,, bermanfaat banget.. bener gak mas?? hehe

    BalasHapus
  102. kunjungan dipagi hari saja....

    BalasHapus
  103. udah nyoret....
    coretannya isinya jelek pula :p

    BalasHapus
  104. hee....ingat masih sd nich nakal gue

    BalasHapus
  105. welwh-welwh.. harus dibina..........................................................................................sakan!

    BalasHapus
  106. Ampun deh foto yg pertama, kata-katanya parah banget......yah itulah kalo kreativitas tidak ada yang mengontrol dan mengarahkan.....ya rusuh!

    BalasHapus
  107. BaS...

    Bener BaS...

    parah banget yang pertama...

    Ni knape d ungguh yak? Kan ada potow laen gitu...

    BalasHapus
  108. waaaaahhhhhhhhh
    dari pada di coret lebih baik di gambar ,,
    kan jadinya lucu !! :-)

    BalasHapus
  109. mungkin perlu dikasih kertas gambar buat menyalurkan bakat :p

    BalasHapus
  110. saya juga mau ikutan coret coret disini haha...

    BalasHapus
  111. Kalau seni grafiti gimana ??? kan media penyampaian nya sama, tembok nya orang :D
    Salam hangat serta jabat erat selalu dari Tabanan

    BalasHapus
  112. dikarenakan tidak boleh corat coret di dinding ..
    maka pak liek corat coret disini saja ....

    BalasHapus
  113. Tepat sekali, untungnya Pemerintah Kota Frankfurt telah giat menata kota hingga tidak ada coretan sama sekali :) Saya berharap kota-kota besar di Indonesia juga seperti itu.

    Mulailah dari diri sendiri.
    Deny

    BalasHapus
  114. padahal kreatifitas bisa diarahkan dengan positif.. misalnya dengan nulis di blog.. betul khan???.. :)

    BalasHapus
  115. di indonesia memang banyak orang kreatif...!
    tapi banyak yang ngaawur..!!

    BalasHapus
  116. Ada juga ya yang nulis jorok begitu. Vandalisme emang sulit diberantas. Tapi karena yang suka begitu kebanyakan anak sekolah, kita mohon kepada para gurunya untuk lebih menasihati mereka, bahwa memang kalau punya ide, tulis saja di buku, papan tulis, atau barangkali suruh mereka bikin blog he he he...

    BalasHapus
  117. kenyataannya emang begitu ya//bnyk dinding2 sekuola, kampus yg kecoret oleh tngan2 jail

    BalasHapus
  118. hhmm kalo coret² gitu cie emang gak seharusnya..
    tapi kalo mural ato graff kan lebih rapi coret²nya..
    :D

    BalasHapus
  119. Kakve mo nanya backlink itu apa? hehehe masih awam

    BalasHapus
  120. Seharusnya pihak sekolah, membuat wadah kreativitas contohnya melukis atau art di dinding tapi khusus untuk seni rupa.mungkin para siswa tidak akan mengekspresikan karya mereka di sembarang tempat.semoga bisa menjadi masukan untuk semua sekolah di indonesia dan sarana pendidikan kita lebih maju dan tidak mengalami kemunduran. Artikel yang menarik sekali, semoga sukses selalu dan saya tunggu kunjungan anda di website saya.thx

    BalasHapus
  121. He he, ingat dl..
    Tp sekarang nggak lag lho !.

    BalasHapus
  122. Mas... tukeran link yug ?

    dh q pasang tu,, mva post d sni cz q g lyad buku tamu...

    hehe...

    BalasHapus
  123. Hehehe.... coretan yg di dinding itu menggelikan,ngasih peringatan tp dia sendiri melanggar peringatan tsb...GUBRAKKK

    BalasHapus
  124. benar banget
    mungkin yang suka coret-coret dinding karena tidak mampu beli buku buat nulis
    he..he..

    BalasHapus
  125. biasanya ada coretan "selain anjing dilarang kencing di sini" haha..

    BalasHapus
  126. Supaya bisa dapat disalurkan ketempat yang semestinya,coretan2 itu.

    BalasHapus
  127. waduh waduh tulisane ..hahahaha

    BalasHapus
  128. kalo nulis dinding pesbuk boleh gak kak xD

    =="
    kata2nya parah

    BalasHapus
  129. walah memang vandalisme sepertinya dah jadi budaya dimana.. lha mending pake kanvas ngorek-ngoreknya, kalo laku dijual kan bisa nggo tuku sego kucing :D

    BalasHapus
  130. hmmm beginilah salah satu bentuk kebejatan moral generasi bangsa ini, sungguh sesuatu yang sangat memprihatinkan!

    BalasHapus
  131. kangen sama tulisan sahabat

    BalasHapus
  132. Bro, mana nih tulisan lainnya.....

    BalasHapus
  133. wah ... template baru nih
    btw, entri ini begitu fundamental banget
    apalagi gambarnya .... hahhaha
    ga nguatin gan ^_^

    BalasHapus
  134. Saya menyebut gambar-gambar di atas sebagai "Toilet Art"

    BalasHapus
  135. yap segala sesuatunya kalo diberikan efek negatif juga bakal jadi negatif.
    masih mending tu bakat coret2 dinding, seperti bikin gravity disalurkan dengan terarah. Jadi bisa hasilnya positif.

    BalasHapus
  136. hasrat seni yg salah penempatan kyaknya :(

    BalasHapus
  137. Bener bgt gan, mari kita jaga fasilitas umum jangan malah merusaknya... klo semuanya bersih kan jadi enak dilihat. :)

    BalasHapus
  138. What Are the Three Red Lights?
    The Xbox 360 is pandora jewellery one of the hottest cheap pandora gaming consoles out in the market today. With the latest graphics technology cheap pandora uk combined with some of the best games pandora discount uk available, you will definitely have a lot of fun with this particular gaming console. Xbox 360 also allows you to play online through the Xbox Live with your friends or with other people from different parts of pandora uk the world. Whatever pandora bracelets your tastes are in games, you pandora bracelet can be sure that the Xbox 360 will be able to offer it all to you.However, you have to face the fact that although the Xbox 360 is one of the best gaming pandora bracelets uk consoles available today, there are technical issues that you may face while you are playing with it. An example would be the red ring of death. If you see three red pandora bracelet charms lights flashing around pandora bracelets sale the power button, then you will know that you have a huge problem with your gaming console.

    BalasHapus
  139. guoweigang You will want to cheap pandora make sure that you think about the design pandora jewelry that you are looking for and possibly look outside buy Pandora of the box. You will want to look deeper pandora bracelets and charms into what exactly you are looking for discount pandora bracelets .A lot of people like to show off the Pandora necklace jewelry, but you will want to keep in pandora necklace beads mind that there is that cut out Pandora necklace sale image of jewelry, but you will want Pandora charms to call some of the local chains and ask them if they cheap pandora charms are willing to work with you to make some custom made jewelry.

    BalasHapus
  140. Mending corat-coretnya diarahkan ke arah yang bener, hehehe...
    blognya keren...rame...pengen...

    BalasHapus
  141. tapi kalo corat-coret nya disini boleh kan?????hhe

    BalasHapus
  142. Dalam alur pikiran yang terkontaminasi racun-racun modernisme, harus ada yang mengarahkan pemikiran dan kreativitas negatif siswa-siswa kita. Semoga menjadi ladang kebaikan ...

    BalasHapus
  143. Kalo gambar pertama, itu artinya sama seperti menyuruh orang berhenti merokok tapi diri sendiri masih ngerokok. LOL

    BalasHapus
  144. bnr sngd tu kak.. coz mengotori dinding dgn coretan ngag jelas bisa ngerusak pemandangan.. trtama d faslitas umum...

    NB : Keren sngd kak hasil pic na.. kontras.. uhm.. yg aneh.. tulisan na ngag blh coret2 dinding tp kok mlh dy yg coret2 dgn kt2 kotor gt.... ck ck ck

    BalasHapus
  145. hemmb mnurut anak smp gtu dh ,,
    corat-coret d dinding ttu emang media yg sngat manjur buadt media ekspresi
    contohnya ne ya :
    .. wktu patah hati
    ..wktu marah,kesel,etc

    tu semua buat nunjukin rasa trpendam kita
    apalagi kalo nyoretin dinding km,, wuuiih pengunjung.x tmbah rame
    n menurut pengamatnkuuw itu bsa ngurangi rasa betek itu ndiri
    hahaha jenius ..

    BalasHapus
  146. wah,,,,'
    sing nulis koyo sing ditulis kui
    *huft....

    ngelus dodo

    BalasHapus
  147. Mz'E....tukeran number hape yuk

    BalasHapus
  148. Woloh.. parah banget tuh.. kalau ada anak nulis sprti itu di dinding sekolah saya.. pasti udah saya mandikan tuh anak di kali.. heehehehe..

    BalasHapus
  149. mencoret-coret dinding merupakan perbuatan yang merusak lingkungan

    BalasHapus
  150. Great Blog..!!!! Keep Blogging.... : )
    inilah contoh2 yang tak bertanggung jawab
    jangan di contoh ya..

    BalasHapus
  151. Patrick Lencioni writes The Five Dysfunctions of a Team, is a book that provides useful information that is easy to read and follow by following a story that happened in Silicon Valley and the way it chose an unlikely leader to lead the company.
    Meriahkan pesta ulang tahun bersama GarudaFood | 
    Baby Online Shop
    Harga Jual Blackberry iPhone Laptop Murah
     | sterling silver jewellry,
    bali wedding photography

    BalasHapus
  152. Thanks for this nice informative blog. Really too impressing.
    heathrow to w2 | southend to w2

    BalasHapus
  153. jadi inget muda dulu saya sering coret- coret tembok

    BalasHapus