INTRIK PEMILU, KACAMATA SI PERTAMA KALI MILIH


(ditulis Selasa, jam 7 malem )

Akhirnya, kesampaian juga aku nyoblos, eh gak deh, nyotreng. Gak juga sih, karena macam gitu aku sebut nyentang.

Malam ini, baru aku tahu, kalau kertas surat suara itu ada empat lembar. Lebar - lebar semua, dan berwarna. Satu kertas surat suara dapat menggantikan fungsi selembar koran sebagai alas ketika shalat id. Aduhai, lebar sekali. Belum lagi ada empat macam, dengan nama yang berentetan, dan selembar kertas yang isinya muka - muka narsis doang. Maaf yang pak, bu, saya coret - coret mukamu. Lebih baik dari pada ku coblos, hehe, kejem.

Malam itu, tak sengaja aku putar Metro TV. Eh, tau - tau ada informasi bagai mana cara mengurek - ngurek kertas suara yang bener. Dicontreng, tanda kali, atau mau digaris, sah semua. Tapi, diluar itu, kata anggota KPU yang ditelpon Metro, gak sah. Bener kata paknya tadi, ah aku lupa namanya, pokoknya pak-nya yang diajak on air tadi, sangat kaku, sangat eksklusif. Nah nih, katanya si Pak tadi, kalau dengan gaya kaya gini (contreng gitu), suara yang bisa hilang akibat kesalahan bisa mencapai angka 20%, atau sebanding dengan 30 juta suara. Yang nyontreng lo, bukan yang golput. Artinya, ada 120 juta surat suara yang bakalan jadi sampah, tapi justru tidak menghasilkan apa - apa. Mari kita cek, aku coba hitung - hitung dengan analisis simple. Jika, kertas suara yang digunakan 80 grm, dan 120 juta surat suara yang tidak sah, maka akan ada lebih dari 5000 ton kertas yang akan menjadi sampah tanpa mempunyai suara. Wew!


Lagi - lagi dari Metro. Kemarin, di waktu yang sama, ditayangkan bagaimana kosongnya ruang sidang di gedung DPR. Diulaslah masalah kinerja para wakil - wakil rakyat kita yang pada mangkir saat rapat. Dan, benar. Ruangan itu sesepi bak kuburan, tanpa ada keramaian. Belum lagi, anggota dewan yang melakukan hal - hal lain ketika itu. Ngobrol, main hape, main laptop, atau apalah itu. Aku merasa beruntung. Kenapa ?. Aku beruntung karena aku tidak turut serta memilih pada pemilu kemarin. Jadi aku tidak punya andil membuat ruangan itu menjadi kosong. Aku beruntung tidak ikut memilih parawakil rakyat kita yang mangkir. Bukan karena golput, tapi karena aku belum ditakdirkan untuk memilih.

Soh. Aku makin bingung. Jangankan bingung memilih yang mana. Aku saja masih bingung, pilih gaya mencontreng yang bagaimana ya...?
Bagaimana dengan kamu ?

Dan, ahh.... Aku tidak bersedih lagi kawan !. Hore !.










Yang Satu Kategori

14 Komentar:

  1. mudah2an ngga keliru dengan pilihannya...

    salam sukses

    BalasHapus
  2. aku gak ada ikutan nyoblos,hi..hi..

    BalasHapus
  3. gaya nyontreng gergaji aja sob :?

    BalasHapus
  4. Aku gak masuk daftar pemilih nich, coz gak punya ktp kalimantan..

    BalasHapus
  5. Wah, pertama kali milih ya.. Ayo pilih yang benar..!! Jangan sampe salah pilih yaa..
    :D

    BalasHapus
  6. jangan bingung dunk.eh tapi kalo masih bingung pegangin dulu sana,pegangan tiang listrik ajah hehehe asal jangan pegang yang lain yap :D :P.

    hiks maap baru bisa berkunjung setelah dari warnet nih :((

    kunjungi juga ini yap biarin iklan dikit yap

    BalasHapus
  7. iya, pertimbangan apa si pake contreng. hehe

    Btw numpang promosi

    Ethnography Design Workshop

    terimakasii

    BalasHapus
  8. baru bisa ngebanyangin.. bisa ga yah nyoblos lagi.. soalnya kartu pilihnya ga tau tuh kemana... nyoblos nyang mana yah..:d

    BalasHapus
  9. contreng eh contreng..

    bingung euy contreng yg mana! :? :$

    BalasHapus
  10. makanya ikutan men-sosialisasikan cara nyentang yg bener di lungkungan masing-masing :D...

    BalasHapus
  11. Saya akan milih seperti pemilu sebelumnya karena pilihan saya sudah terbukti tidak korupsi, jadi saya pilih stok lama tapi tetap partai produk pasca reformasi. Sudah mantap

    BalasHapus
  12. What Are the Three Red Lights?
    The Xbox 360 is pandora jewellery one of the hottest cheap pandora gaming consoles out in the market today. With the latest graphics technology cheap pandora uk combined with some of the best games pandora discount uk available, you will definitely have a lot of fun with this particular gaming console. Xbox 360 also allows you to play online through the Xbox Live with your friends or with other people from different parts of pandora uk the world. Whatever pandora bracelets your tastes are in games, you pandora bracelet can be sure that the Xbox 360 will be able to offer it all to you.However, you have to face the fact that although the Xbox 360 is one of the best gaming pandora bracelets uk consoles available today, there are technical issues that you may face while you are playing with it. An example would be the red ring of death. If you see three red pandora bracelet charms lights flashing around pandora bracelets sale the power button, then you will know that you have a huge problem with your gaming console.

    BalasHapus