LANGIT MALAM


Langit malam, punya cerita.

Menakjubkan. Tiga malam terkahir, sangat cerah. Tidak ada mega yang diundang, tidak ada bintang yang bersembunyi dibalik kelam. Semua berjalan begitu saja, ada yang berkelip merah, ada yang putih, ada juga yang kuning agak putih sedikit. Semua tergantung dari umur bintang itu sendiri, begitu kata bapakku.

Dapat ku katakan, aku sudah tidak peduli dengan langit malam dalam dua tahun terkahir. Jangankan memperhatikan, sekedar takjub saja sudah jadi kegiatan yang asing untuk aku lakukan. Peduli setan bintang mau bersembunyi di balik bulan, atau bulan mau bersembunyi dibalik dedaunan.

Tapi, malam itu aku dibawa menjadi turis, aku digiring ketempat yang rasanya belum pernah aku sambangi. Tegak berdiri di beranda rumah, tiba - tiba mendongak dan aku menemukan jalan lama, jalan yang pernah aku tapak, jalan yang sudah aku abaikan dalam dua tahun terakhir.

Di sebelah selatan, ada rasi layang - layang. Kalau bulan Juni - Juli ini, saatnya melihat tiga bintang berjejer diatas kepala, dan ke utara sedikit ada bintang tuir yang bernama Betelgeus, merah - merah warnanya. Tapi kalau akhir tahun, kita akan memandang rasi skorpio, dengan bintang Antares (tuir juga, merah kuning gitu) di bagian tubuhnya. Kata - kata bapakku mengiang hingga sekarang.

Ketika masih pake seragam merah putih dulu, aku dan bapakku biasanya menghabiskan malam yang gelap (akibat giliran mati lampu) diluar rumah, membawa kursi bambu hingga ke tepi jalan, dan melihat gugusan bintang layaknya sungai berlian yang berkilau, sungguh indah. Bima Sakti, begitu kata bapak.

Hom swit hom. Langit membawaku kembali ke rumah. Langit membawa sejarah. Langit malam, tak mesti selalu kelam.






Yang Satu Kategori

38 Komentar:

  1. wah,, pulang kampung kah ini?! asyiikk dong.. :D

    BalasHapus
  2. hai , lam kenal . nice blog . .

    BalasHapus
  3. ikuttt donk...tapi jemput aku di surabaya :p

    BalasHapus
  4. aku juga suka langit malam...., thanks 4 coming...

    BalasHapus
  5. kalau kita bisa meluangkan waktu sesaat untuk menikmati malam..rasany indah banget ya.. seringkali terlupa karena tuntutan hidup sana sini

    BalasHapus
  6. sayangnya saya ga bisa kluar malem untuk melihat langit yang iiinndah.. hehe :)

    BalasHapus
  7. Wah, bahasanya keren. Apalagi yang dibahas langit malam. :s

    BalasHapus
  8. wah, walaupun bagaimanapun, itu tetap RUMAH KITA :D

    BalasHapus
  9. Langit malam bertabur bintang
    Menggiring angan berjalan tanpa arah tujuan
    Menasbihkan diri di sutau tempat yang pernah dikenal
    Ketakjuban yang tak pernah terpikir oleh akal....


    * Beberapa hari ini selalu menengok sang rasi bntang penunjuk arah selatan.

    BalasHapus
  10. Mas kata-kata digering kaya penjahat aja di diring

    Selamat pagi ya, udah sarapan belom

    BalasHapus
  11. iya ny klo kota dah makin besar en polusi makin banyak dah susah liat langit cerah...

    BalasHapus
  12. Ramalan bintang ya friend...

    BalasHapus
  13. Jangan lupa oleh-olehnya ya..

    BalasHapus
  14. pulaaaaaaang,,
    huaaaaaaaaa,,ikuuuutttt :s

    BalasHapus
  15. Wahhh...
    tulisannya bagus kak...
    aku suka tulisan dengan gaya ini. seperti tulisan di blog ku di www.jellyfish-4.blogspot.com
    coba buka kak, gaya tulisan kita sam.hehe

    salam kenal...

    :D

    BalasHapus
  16. Langit malam,
    tak selalu kelam,
    selalu ada sirr terpendam.
    Tafakkurku mencari jawab terdalam,
    dalam cerahnya yang hitam...

    Salam kenal, sobat,
    dari yang tak penting amat,
    dan hanya mencoba dekat...

    Terimakasih sungguh,
    telah labuhkan kata teduh,
    di bloggu yang moga tak rapuh...

    BalasHapus
  17. Kutemukan kebesaran 4JJI disana

    BalasHapus
  18. dimanapun kita berada, semua kita punya langit yg sama, punya kenangan yg menjadi pedoman melangkah kedepan sana, itu yg kutangkap...sok men-juri ya..??

    BalasHapus
  19. wih...keren nih postingannya jadi pengen keluar rumah trus memandangi langit hitam yang murah hati menampakan keindahannya....

    BalasHapus
  20. hoho...aku malah sudah mulai lupa menyebut rasi bintang2 dilangit , karena mungkin sudah 5 tahun lebih tak pedeuli dengan apa yang ada di langit kelam...

    BalasHapus
  21. mantep dahh.. sampe bikin eTha cma manggut2 ajja :)

    BalasHapus
  22. lam kenal..mf sebelumnya, udah minta ijin pa blom ama malam tuk buat posting kaya gini :p
    tuker link ye..??

    BalasHapus
  23. langit malam nya keren....

    BalasHapus
  24. langit malam, oh...
    ak malah g paham ttg rasi, keren bro.. :D

    BalasHapus
  25. ass.
    kadang langit malam mendatangkan inspirasi yang sangat kaya bro, sy stuju itu.
    melihat kelamnya yang penuh misteri..ah.
    entahlah
    unik ni,blog nt.ijin follow yak?
    wassalam

    BalasHapus
  26. aku suka memandang langit malam terutama ketika sedang bete. langit malam tak selalu kelam krn kadang ada bintang menemani.

    BalasHapus
  27. hom suit hom...:) q suka tuh...

    BalasHapus
  28. Langit, penuh bintang, ada bulan juga ya? Wiiih...

    BalasHapus
  29. dulu aku suka ngeliat bintang bareng sahabatku. tapi sejak dia meninggal, aku jarang bisa menikmati bintang lagi :(

    BalasHapus
  30. hidup tak selalunya indah,
    langit tak selalu cerah.

    suram malam tak berbintang...
    itulah lukisan alam.

    .:lukisan alam - hijjaz:.

    BalasHapus
  31. Welcome to mataram, oleh2nya mana?

    BalasHapus
  32. Abah berkunjung sobat..mudah mudahan dalam keadaan sehat sehat aja

    BalasHapus
  33. Hmmmm.... puitis buangeeeeeet....

    BalasHapus
  34. Langit di malam hari memang menarik untuk dinikmati :o

    BalasHapus
  35. langit malam emang indah ya! apalagi pas cerah ga ada awa sedikit pun. kalo ingat-ingat masa kecil dulu waktu listrik belum masuk kampung, jadi kangen lagi masa-masa itu. :o :o

    BalasHapus
  36. salam kenal dari "Kios"...

    BalasHapus