UJIAN NIH


Bagi - bagi tips. Tapi gak dijamin keberhasilannya. :]

Bagi - bagi tips konyol buat ujian saja. Macam aku, IP pas - pasan (aduh buka kartu), soh, gak jamin tipsnya berlaku. Tapi gak ada salahnya sih, bagi yang mau IP-nya pas - pasan, masuk sini.

Pertama. Siapkan materi - materi kuliah. Catatan lebih baik ketimbang handout powerpoint, karena catatan itu sudah melalui proses seleksi dan pengolahan, termasuk jika ada materi yang tidak tersampaikan dari powerpoint.

Kedua. Belajar jangan hanya sekedar baca. Catat!. Karena, kemungkinan kita mengingat akibat menulis itu 70%. Catat hal - hal yang penting saja, misalnya kalo hapalan, yang dicatet itu kata kuncinya saja, ato rumus - rumus saja.

Ketiga. Siapkan fisik. Aku punya pengalaman gak enak waktu ujian termo dulu (mid semester). Mag kambuh, ujian bubar. Akhirnya dapet D, haha. Jangan terulang lagi dah, kapok.

Keempat. Belajar bareng lebih efektif ketimbang sendirian. Kemampuan tiap orang berbeda - beda, jadi biar sama ya belajar bareng, haha. Kadang kita bisa lebih tau banyak ketimbang duduk belajar sendiri. Diskusi juga bisa membatu hal - hal yang belum terpecahkan. Intinya, jangan sungkan untuk bertanya.

Kelima. Belajar waktu fajar enak. Sepi, sunyi, hawanya sejuk, fres habis bangun. Biasanya hapalan lebih lama nyantol. Atao sebelum tidur, persis sebelum tidur. Sambil duduk - duduk dikasur, catet point - point penting, hapalin rumus - rumus. Insya Allah ingetnya pol dah. Paling bagus ya kalo bisa sampe masuk mimpi, hehe.

Keenam. Waduh, dah panjang oi!. Semangat dan rileks. Itu yang paling penting. Yakinkan diri : BISA. Optimis dulu, masalah nilainya belakangan.

Terkahir. Usahakan datang setengah jam lebih awal. Ini sebagai safety factor bilamana ada barang yang tertinggal. Selain itu, kita juga tidak dalam kondisi tergopoh - gopoh, santai lah.

Sekian tips-nya. Yuk, ujian lagi.






Yang Satu Kategori

26 Komentar:

  1. dan yang penting belajarnya wajib dilakukan dengan sungguh-sungguh dan tetap semangat...

    BalasHapus
  2. Datanglah lebih awal, carilah posisi yang strategis karena : Posisi menentukan Prestasi

    BalasHapus
  3. Hehee...EHeheheh
    harus tau letak posisi meja pengawas juga mas..
    klo meja pengawas terletak di pojok kanan atas...
    kita harus duduk di pojok kiri bawahh..
    begitu pula sebalik nya :D

    BalasHapus
  4. wah, dah lewat nih masa2 ujiannya. he he he...

    BalasHapus
  5. Amalkan butir-butir Pancasila,....... Salaing tolong menolong dan suka bekerja sama

    BalasHapus
  6. diriku mau ujian!!! thanks yah ^^

    yang paling penting optimis yak!! semangat!! :D

    BalasHapus
  7. jangan lupa nyontek yahhh :D

    BalasHapus
  8. kayanya kalau belajar sambil tidur2an mah saya cuma bisa tahan 5 menit....
    :)) dasar pelor deh....

    BalasHapus
  9. setuju!

    atu lagi, sesaat sebelum berangkat istirahat dulu, tidur sejenak, biar fresh pas ujian...

    trus doa jgn lupa...

    BalasHapus
  10. cari PW
    posisi wueenak
    agar bisa saling mbantu
    :))

    BalasHapus
  11. Belajar bareng emang nyaman, klo dah suntuk, diselingi dengan RUJAK-an :D

    Tapi klo belajar subuh...??huh....bangunnya itu loh....!!! jeratan selimut terlalu kuat..kwak...kkk..

    BalasHapus
  12. Jangan lupa ditambah berdo'a sesuai keyakinan masing2...:)

    Sedikit pengalaman, belajar pas mau tidur malam benar-benar nyantol di kepala, sampai kebawa mimpi...sayang, begitu bangun 'LUPA semua!!!' :D

    BalasHapus
  13. kl jaman SMA dulu kan metodenya CBSA diplesetin jd Contek Bila Situasi Aman... klo kepepet sahh aja kaannnnnn... :)

    BalasHapus
  14. yak...aku copas..
    pasti berguna nanti pas saat kuliah
    jangan lupa, tempat duduk mementukan IP
    selamat berjuang

    BalasHapus
  15. @buat yang bicara tempat duduk :] ...

    bagaimana cari kursi, wong udah diatur, udah dikasih nomer...

    mau nyontek juga macam mana, pengawas satu kelas ada 4... wkwkw

    BalasHapus
  16. belajar tengah malem juga enak. suasananya sepi.

    BalasHapus
  17. berdoa semoga ujianya lancar

    BalasHapus
  18. Kalo ak dulu dari awal niatnya mo cari ilmu, jadi pasti dpt nilai bgus, tp kalo cuma tujuannya cri ijazah kenapa kok hrus repot2 belajar......
    Kabare apek2 wae dab lha awakmu wes tekan mataram po?

    BalasHapus
  19. betuuull banget!
    gue setuju banget kalo catatan lebih guna daripada handout PP! apalagi kalo catatan dibuat rapi n berwarna, PASTI gampang inget dan ngerti deh!

    BalasHapus
  20. Kalo ketiga itu sayah juga setujuh, kalo waktunya ujian seharusnya kita kerja sama :P hihihih tips paling masuk akal dan untuk strategi yg bagoos cuma yag ketiga saja :))

    BalasHapus
  21. hohoho.. masaku sudah liwat.. tapi bakal ngadepin juga nih horor²nya ujian,, coz mau skul lagi nih kayaknya... heeeeeeeeem..

    BalasHapus
  22. gemana dh ada hasilnya ga? semangat ya!!

    BalasHapus
  23. wah jadi pingin ikutan ujian lagi hehehehhe

    BalasHapus