SEMBILU


Aku mengasah parang untuk ku tancapkan pada dada sendiri.

Yap. Aku susah payah, telpon sana sini, mondar mandir, demi satu hal yang paling ku benci, kembali ke tanah Jogja. Lelah - lelah hanya untuk bikin rindu dalam dada. Letih hanya bikin lidah kelu tanpa kata. Duit mengucur dan memori terkubur. Tidak ada wajahnya yang mekar ketika tawa berderai. Tidak ada tatapan matanya setajam duri mawar ketika ia merasa tidak enak lagi. Semua akan berangsur bisu, disudut leptop, dibalik daun - daun, dibalik kabut yang memecah jarak Jogja - Mataram.

Dulu, ketika aku mulai mengepak barang - barang, seyum itu masih tergambar jelas. Membayangkan berpijak pada tanah kelahiran, memandang deratan pegunungan di utara dan sedikit bukit - bukit di arah selatan. Besok, beberapa hari lagi, yang akan ku pandang adalah sepucuk gunung di utara rumah yang membuat aku jengkel, Merapi.

Beruntunglah aku ketika melihat beberapa rekan sekampus yang hanya pulang pada waktu lebaran. Liburannya pendek, rame, macet. Kalo sekarang, biasa aja, dan lebih panjaang!.

Namun betapa berdegupnya jantung ini ketika menatapi beberapa rekan yang berpakaian lengkap ala traveler penunggang roda dua. Sambil menghadap kebelakang ia bicara padaku, mungkin lusa mungkin tiga hari saya kembali dari rumah. Begitu entengnya ia menyembut kata "rumah". Dan aku, betapa beratnya menguyah kata "rumah" yang jauhnya 700 kilometer itu.

Sembilu ini benar - benar tajam..
Mengkilat dan benar!, ia telah siap menghujam..
Tapi nanti, ketika badai datang..
Dada ini akan bermadikan..
Sembilu...

img src="http://www.holidayextras.co.uk/images/news/plane-runway-take-off.jpg"






Yang Satu Kategori

55 Komentar:

  1. aku kah pertamaxx??? bakaaarrr... bakaarrr....

    keknya lagi kangen rumah ya mmbak hihihi.... sama ja nih... emang wajar siyy...

    BalasHapus
  2. Msh kuliahkah?
    Kgn rumah y?
    Hikz, aq tw k0k rasax klw kgn rumah... S0alx aku pernah kuliah jauh, tp cm staun. Hehehe.
    Salam kenal y mbak...

    BalasHapus
  3. Jangan sedih... tidak selamanya kita harus di rumah. Kalau selalu sedih maka semakin rindu akan rumah

    Wis kono le siap siap shalat di mesjid, dongak ke Ibu lan Bapakmu yoooo

    BalasHapus
  4. ya tidak harus dirumahkan. kan bagus cari pengalaman di luar daerah kita. tetap semangat ya

    BalasHapus
  5. gak perlu sedih dan menangis toh kita pergi juga untuk orang tua tercinta, sanak saudara dan diri sendiri tentunya.... kepakkan sayapmu.. terbanglah tinggi.. menggapai mimpi..

    BalasHapus
  6. nanti juga kembali kok, don't be sad

    BalasHapus
  7. kengen rumah neh?? yg sabar aja deh :)

    BalasHapus
  8. pulanglah nak, eh pergilah dari rumah nak,tuntut ilmu biar bsa bangun rumah. hiii

    BalasHapus
  9. kangen rumah yaa?? emang ga bisa pulkam?? sibukkah??

    BalasHapus
  10. lebaran kan bentar lagi mas ..
    bisa pulkam ..:)

    BalasHapus
  11. Saat saya merasa ringan utk mengatakan 'rumah', itu berarti saya merasa nyaman utk berada di dalamnya
    Saat saya merasa berat utk mengatakan 'rumah', berarti saya sedang tidak ingin berada di rumah karena rumah merupakan tempat yg kacau

    BalasHapus
  12. mas ato mbak saya ini ya..?

    hehehe

    BalasHapus
  13. salam sobat,,jangan melukai diri sendiri ah,,,masa ngasah parang sendiri ,,e,,untuk menancapkan kedada sendiri.

    BalasHapus
  14. ak pengen buat jembatan dari jogja ke mataram.
    bisa ga yak?

    :D

    BalasHapus
  15. sekali lagi dehh.
    nanggung..

    *********************
    KELIMAKS BELAXXXXXXXX!!!
    *********************

    hehehe.
    maap nyepam mbak.
    :P

    BalasHapus
  16. Luar biasa sembilu ini. Membuat terpekur, tertuduk, tak mampu menatap ke langit pagi...!

    BalasHapus
  17. Hitung2 belajar mandiri aja....

    BalasHapus
  18. wah rupanya mas santi homesick yah alias sakit rumah
    heheheh

    BalasHapus
  19. saya aja liburan ga balik ke portugal
    dah pewe di indonesia nih

    BalasHapus
  20. smangat!!! jgn menyerah, ttp berjuang! emang susah tinggal jauh dr rumah

    BalasHapus
  21. waaaaaaaaahhhhh lagi kangen ya....heheheheh...moga kangennya terobati ya.....dan tentang temennya, yang sabar ajah...hehheheh

    BalasHapus
  22. Wahaha.....sing sabar wae.....tukar nasib aja yuk..! Hahaha....
    jogja-mataram bru tau kalo jrakny cm 700km, bersyukurlah kawan! Hidup baru dimulai....salam dari mataram

    BalasHapus
  23. resiko perjuangan brother, tetap semangat , kembali ke jogja, Ganbateee !!!!

    BalasHapus
  24. salam kenal,

    ahhh.....
    kenapa mesti ber-sembilu-sembilu-nan.
    enjoy aja, kali.
    nikmatin hidup dengan senyuman!

    =========
    maaf,
    nitip pesen buat semuanya: yuk, ikutan vote di sini: Jadikan Pulau Komodo Sebagai 7 Keajaiban Dunia Jangan sampai kita kehilangan 'Borobudur' lagi! (he.. he..)

    BalasHapus
  25. tulisan yg bgs bgt mas...asli deh,aku suka bgt cara penulisan mas ini.

    BalasHapus
  26. susah deh klo kangen ma rumah...
    klo kangen seseorang atu kangen makanan sie enak, gampang cari solusinya...
    klo kangen rumah agak susah juga obatnya tuh...
    mw pulang, jauh,yg ada malah buang2 tenaga n waktu...
    gag pulang, kangennya ga ketulungan....
    masa rumahnya mw dibawangekos juga sie...

    eniwei, tulisannya keren banget....
    salam sejahtera selalu yah...
    Stop Dreaming Start Action

    BalasHapus
  27. kakve santi dapat award yang begumpal-gumpal dari blogku.

    ambil yak!!
    hehehe :D

    BalasHapus
  28. Walaaaaah rindu kampung halaman yaaaaaaa
    sabaaaaaaaaaaaarrrr.. nikmati saja

    BalasHapus
  29. Salam Cinta Damai dan Kasih Sayang ‘tuk Sahabatku tersayang

    BalasHapus
  30. Kata-katanya indah ,curahan rindu yg dirangkai dalam tulisan dgn penuh perasaan...salam persahabatan..

    BalasHapus
  31. kangen rumah ya?, sy pernah ngerasa pengen cepet2 ada dirumah lagi waktu itu ada urusan kerjaan di pulau lain huh, terpencil, sinyal susah, cari makan susah ga kaya dipulau jawa

    BalasHapus
  32. gue mudik ke kampung halaman cuma 1 dlm 2 tahun kok... ;__ tenang aja, msh ada tmnmu kok..
    heheh.. slm knl ya...

    BalasHapus
  33. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  34. woww..klo sdh sembilu sbg ungkapan....terasa menyayat tdk karuan..

    nc artikel sob
    tr kasih

    BalasHapus
  35. sabar tetap semangat - tahun depan masih ada

    nb :
    ini posting tentang kerinduan pulang kampung kan ?
    rada2 berbau puisi - jadi sedikit bingung :)

    BalasHapus
  36. Keren nie tukeran banner link ato texk link yuk biar gampang kesininya ^_^

    BalasHapus
  37. Wah sama nih nasibnya..jadi petualang kan keren! huehehehe...

    Free Warez Download

    BalasHapus
  38. Kangen pulang nih ceritanya. wah jauh banget rumahnya 700 km. semoga tetap semangat selalu

    BalasHapus
  39. kangen pengen pulang ya :D

    BalasHapus
  40. asik yogya...udah lama ga ke yogya, kota yang indah...ramah...sembilu kayak lagunya ella yang penyanyi dari malaysia itu...makasih udah berkunjung ke blogku yang alakadarnya, mampir lagi yah...

    BalasHapus
  41. Jangan sedih dong....Ayo semangat lagi!!

    BalasHapus
  42. jadikan diatas bumi dimana kamu berpijak itulah rumah kita.

    BalasHapus
  43. tapi kata-katanya bagus,lho

    BalasHapus
  44. Tapi seneng pulang kampung naik motor sob, he..he... itung2 rekreasi, santai aja jangan ngebut, nikmati perjalanannya, pokoknya seru deh.

    BalasHapus
  45. jauh dr rumah,udh jd kehidupanku sejak SMA..jadi ga kaget lg.siasatnya..kalo tinggal deket terus ga ada rasa kangen, tp kalau jauh bs ada keinginan ingin ketemu dan jadinya berusaha dech...

    BalasHapus
  46. wuih... bahasanya gan....
    hehehehehehehe

    BalasHapus
  47. Tips dan Info menarik, boleh dicoba, Semoga berhasil

    BalasHapus
  48. Setelah membuka Wibesite ini, saya menemukan Artikel yang Amazing dan infonya boleh dicoba. Sukses selalu

    BalasHapus