PONDOK


Hanya berbalut atap, dan berlapis tembok.

Sebuah rumah sudah bercokol di depan sebuah tanah yang sengaja dibuat lapang di tengah - tengah sebuah perumahan yang prematur. Masih gersang, belum ada besitan arus listrik, belum terdengar juga kucuran air dari ledeng. Begitu juga dengan deretan rumah lain (yang notabene-nya sudah siap huni), walaupun sama - sama juga belum punya pagar.

Hmm. Mataram, rasanya sudah siap menyongsong sebuah peradaban baru. Peradaban instan, tinggal pakai, siap tinggal. Penduduk yang padat, jalanan yang macet, mungkin akan terasa untuk beberapa tahun ke depan. Sayang, disini tidak ada bioskop, tidak ada Malioboro, tidak ada Gembira Loka.

Ini pondok baru. Entah mau ditempati siapa. Mau dijadikan aset sebagai kontrakan atau justru jadi aset lain. Ada bunga di depannya. Ada rumput juga di tanahnya. Pulang - pulang ke Lombok langsung di ajak nengok rumah ini sebagai tukang angkat - angkat air, maklum belum ada sumber air macam sumur di rumah itu. Katanya sih mau ada PDAM, tapi entah kapan realisasinya.

Berbeda dengan kami para pembeli rumah. Para pekerja justru punya tanggapan tersendiri bekerja di tempat seterik itu. Medan yang penuh dengan kilauan debu dan sarat dengan tanah gunung yang khas dengan warna coklat bin cadas membikin urat nadi tersayat - sayat dan epidermis bak terbakar. Di salah satu pinggir akses masuk utama BTN itu, ada sebuah tenda biru dengan aspirasi pekerja di lapisan terpalnya. "PONDOK DERITA".






Yang Satu Kategori

30 Komentar:

  1. Perumahan baru.. tapi belum dilengkapi dengan fasilitas air PDAM ya ?
    Wah.. repot juga...

    BalasHapus
  2. Wah, ada pondok derita rupanya...
    Tragis juga kalo liat yg seperti itu...
    Nyiris banget hati gue,,,

    BalasHapus
  3. wah kalo kudu gitu susah huhuhuhu

    BalasHapus
  4. duh kok miris banget yah.. diantara rumah-rumah yang bagus dan siap huni itu kok yah ada pondik derita sih??

    BalasHapus
  5. assalamualaikumu,
    kpn ya, pengisi pondok derita tsb bisa jdi pengisi pondok-pondok indah yang dibuatnya?
    wassalam

    BalasHapus
  6. oh pondok derita?? kacian yah mereka itu..

    aku kamis ke mataram.. pas banget nih, smoga aku sempet ke pantainya.. senggigi.. :)

    BalasHapus
  7. hmm...masih harus bekerja keras ya?buat yang mau nempatin...

    BalasHapus
  8. waduh repot juga kalau belum lengkap gitu sarana dan prasaranya.
    itu pekerjanya tinggalnya di tenda biru itu?

    BalasHapus
  9. Pondok derita...., hmmm menjadi inspirasi untuk terus berjuang...!

    BalasHapus
  10. satu kenyataan yang amat sangat kontras....
    dimanakah mereka yg punya nyali untuk "perubnahan"???

    BalasHapus
  11. disini hampir sama, ada developer yg bangun rumah tanpa menyediakan fasilitas listrik dan air..

    BalasHapus
  12. Wah belum nikah, masih kuliah di jogja kok sudah disipin rumah yaaa
    terus nanti sudah disipkan calon nya belum???
    Saya nikah usia 23, baru punya rumah setelah 15 tahun menikah...
    Lha ini belum apa2 sudah dibeliin rumah...
    Selamat yaaaa

    BalasHapus
  13. Pondok derita ..atau lagi camping tuh ?.

    BalasHapus
  14. pomdok derita..??
    kaciang yah pekerjanya..
    apa ngga ada mess khusus..?

    BalasHapus
  15. ngeduk sumur dewe wae piye? oleh ra?

    BalasHapus
  16. menyedihkan sekali .. bisa membangun rumah untuk orang, tapi tidak bisa untuk diri sendiri ..
    semoga para penghuni Pondok Derita itu segera dapat membangun rumah untuk diri sendiri .. Amin ..
    Mau beriklan gratis Pasang Iklan Gratis

    BalasHapus
  17. awkawkakwka

    pondok deritanya bagus...

    BalasHapus
  18. coba aku punya banyak duit yah. pasti aku buatkan bioskop. mohon doanya aja mbak, biar aku punya banyak uang. kucuran dana pasti mengalir ke mataram. ^_^

    BalasHapus
  19. Hohoho pasti sangat menyebalkan

    BalasHapus
  20. Selamat ya sob.. Sudah berhasil mendapatkan pondok impian.. di antara jutaan orang yang masih berjuang di pondok derita termasuk saya..
    Hehehe..

    Ikut senang dengan kesuksesaan sobat..

    BalasHapus
  21. SALAM CINTA DAMAI DAN KASIH SAYANG ‘TUK SAHABATKU TERSAYANG

    I LOVE YOU FUUUULLLLLLLLLLLLLLLLLLLL

    BalasHapus
  22. miris euy ngeliat pondok derita itu...huhuhhuu

    BalasHapus
  23. wah..itu pondok derita...benar2 pondok derita kali ya..

    BalasHapus
  24. Wah repot bnget rumah gak ada air. Ada kamar mandi gak tuh? :D aku kalo nyari rumah kntrakan biasa it yg aku tanyakan dl :D

    BalasHapus
  25. Pondok derita..masih tersebar di seluruh wilayah negeri ini..

    BalasHapus
  26. susah bener keliatanya ya..

    BalasHapus
  27. Terima kasih untuk tipsnya, saya mau coba semoga juga.

    BalasHapus