LIGHT ON


Bukan Lampu Biasa.

Ya jelas, lampu yang dinyalakan bukan lampu TL ato lampu neon, tapi lampu motor. Jujur ayo, siapa yang sudah pake aturan "Ligth on" ?. Siapa yang sudah menjadi orang gila dengan menyalakan lampu motornya di siang hari ?. Dan siapa yang mau buang - buang listrik di waktu matahari pekat menyengat?.

Menurut Undang-Undang (UU) Nomor 22 tahun 2009 tentang Lalu Lintas Angkutan Jalan (LLAJ) hasil revisi dari UU Nomor 14 tahun 1992 (sok ke-hukum-hukuman), ada lho aturan "Light on". Kalo udah ada yang namanya undang - undang, ya mari kita laksanakan, bukan untuk dilanggar, walaupun masih belum ada sangsi terhadap orang - orang yang ngeyel gak mau pasang mode on sakelar lampunya.

Lebaran kemarin, aku berjumpa dengan seorang supir mantan pengemudi plat kuning, yang kini alih profesi menjadi sopir pribadi. "Saya gak berani jalan malam, karena mata saya kurang awas. Tapi, sebenarnya paling bagus itu jalan malam, saya tau lawan saya (kendaraan lain dengan arah berlawanan) di depan karena ada jelas ada sinar lampu dari mereka". Benar juga ya. Kalau bahasa ilmiahnya, 'ada arlet dari musuh'. (opo kui)

Kemarin, waktu di Mataram, spul motor Honda merah 70-ku, rusak. Terpaksa gulung lagi. "Mas, ini saya gulungkan yang bagusan, jadi gak kaya kemarin. Sekarang udah ada gulungan untuk api busi, gulungan untuk ngecas aki, sama gulungan untuk lampu". Taukah kawan, motor (kita) tetap masih bisa melaju tanpa adanya aki (untuk motor - motor yang udah pake CDI). Begitu juga dengan lampunya, tetap bisa nyala walaupun gag ada aki, karena listrik yang dipake adalah akibat perputaran kumparan disekitar medan magnet di salah satu bagian mesin motor (aduh maaf bahasa berat). Kumparan akan tetap memutar selama berjalan dan spul akan terus menghasilkan listrik. Jadi, tidak ada istilah "habis - habiskan listrik" jikalau kita tetap menyalakan lampu.

Jadi, ada alasan untuk tidak mematuhi "Light on" ?.

img src="http://2.bp.blogspot.com/_IfRr8IkNfSk/SWcR2qqSZxI/AAAAAAAAADk/uSV0xivCVeU/s320/lampu-motor-stabil.jpg"






Yang Satu Kategori

45 Komentar:

  1. Wah...kena deh, xixixiix...
    Saya kebiasaan paling males nyalain lampu...
    Eh..tapi kalo siang aja kok (aturan baru siang mesti nyalain lampu juga), kalo malem selalu di nyalain, kecuali kalo bener2 lupa, hehehe...

    BalasHapus
  2. mosok ganti senter... hahaha

    BalasHapus
  3. yup.. mari kita patuhi demi keselamatan kita besama....

    salam kenal kak.. dari Blog Kemarin Soree..

    BalasHapus
  4. kampanyehijau telah hadir teman

    BalasHapus
  5. jangan diganti lilin...jujur mata ku kurang awas, baik siang atau malah (minus parah) jadi adanya lampu cukup membantu

    BalasHapus
  6. haduh saya mo posting yang ginian juga bro..
    nyusul tinggal post aja.besok mampir ya...

    betewe kalo yang beginian saya mah udah Light On meskipun di Samarinda belum ada peraturan beginian.
    Light On karena butuh, bukan karena aturan di atas kertas

    BalasHapus
  7. iya tuh bener, apalagi kalo mendung biasanya kurang awas nih mata jadi perlu light on. kalo siang terik sih gak ngaruh kayaknya light on atau off, eh gak tau juga bagi yang matanya kabur :D

    BalasHapus
  8. bener bos,, tanpa aki jg lampu bs nyala walaupun gak begitu terang,, kayak motor roomen yg aki nya soak,, hehehe

    BalasHapus
  9. Klo dulu nyalain lampu di siang hari itu tanda2 ada acara seperti "kampanye gitu", klo sekarang tiap hari kampanye.... he.. he... he...
    Yups kita dukung hal yang baik untuk kita semua :D

    BalasHapus
  10. Welweh-weleh... emang bikin SANTAi. Wah... lampu tua ya! ASs

    BalasHapus
  11. tanpa aki bisa jalanin motor kalo light on? langsung praktek ah.... :))

    BalasHapus
  12. di bandung jg udah di sosialisasikan , cmn saya blm di praktekan saja soalnya sayang buang2 energy di siang hari

    BalasHapus
  13. bukankah peraturan dibuat utk dilanggar? he he he..makanya, gak heran..kalo byk pelanggaran.

    BalasHapus
  14. hehehehe.. menerangi SIANG BOLONG

    BalasHapus
  15. Salam Cinta Damai dan Kasih Sayang
    ‘tuk Sahabatku terchayaaaaaaaank
    I Love U fuuulllllllllllllllllllllllllllll

    BalasHapus
  16. wah sama..aku juga paling males ngidupin lampu motor disiang hari..toh kan terang benderang koq pake lampu ya hihihi

    BalasHapus
  17. btw, maksudnya disuruh nyalain lampu siang2 itu kenapa sih??

    BalasHapus
  18. kalo lampu motornya mati gimana ya, pas ga punya duit buat ganti??

    BalasHapus
  19. waduh2..
    jadi malu aku neh..
    hihihi..

    BalasHapus
  20. bukan masalah listrik abis tapi beli lampu berkali kali akibat gak pakai aki :D

    BalasHapus
  21. boleh gak ya pakai lampu petromax buat cahaya lampu mobil sekalian modif mobil :D

    BalasHapus
  22. Wahhh, saya orang yg taat pd aturan lho...sy slllu mnyalakan lampu...always...

    BalasHapus
  23. Keselamatan lebih penting daripada alaesan untuk menghemat listrik//

    BalasHapus
  24. ditegur berkali2 aja tetep ga patuh, apalg ga ditegur ya?? wong kesadaran buat keselamatan diri sdiri kok syusah ya..

    BalasHapus
  25. ini dia aturan baru ya, pantes kok pada nyalain lampuu

    BalasHapus
  26. kalo malem ya pasti harus dijalanin mas, tp kl siang sbnrnya kan udh terang bgt yah..hehe..jd lucu jg kl kendaraan kita lampunya siang2 dijalanin ..xixixi..

    BalasHapus
  27. Kalo siang dinyalain malah jadi silau....
    malah bahaya tau pak polisi....

    BalasHapus
  28. kebetulan aku gak mengendarai motor :P
    tapi kalo lagi di jalan..masih banyak (atau hampir semua) belom menyalakan lampu di siang hari..

    BalasHapus
  29. Di tempatku, kebijakan menghidupkan lampu kendaraan di siang hari sudah ga berjalan tuh. Dulu iya, sekarang ... ga tahu nasibnya...

    BalasHapus
  30. hi your blog look new? did u change the template?

    BalasHapus
  31. oh, jadi gitu alesannya gan biar mata kita bener2 jelas kalo d depan ada kendaraan lawan.. bagus juga gan pilosopinya, tapi sebelum jauh2 sampai detail2 kayak gitu mending perbaikin dulu sistem perijinan SIM gan... liat aja d kampung awak d polres ***arang.... tinggal 185 ato 200 (plus asuransi) 15 menit udah kelar gan...

    BalasHapus
  32. kalo mau beli lampu nya kemahalan di ganti ma lampu neon az biar iritan sikit. ciakakakkaaaaa

    BalasHapus
  33. yup.. mari kita patuhi demi keselamatan kita besama....

    BalasHapus
  34. q masih percaya ma matahari

    BalasHapus
  35. guoweigang Avoid getting in a discount pandora rush to buy various for your mom. Start pandora sale searching earlier; burst out until the last pandora jewerly minute to see a present can often be discount pandora charms applying for trouble.Making the effort to determine pandora charms 2010 what precisely the Mum likes and requires buy pandora charm can help be certain that your lady receives the pandora charms bracelets perfect gift. If you buy diamond jewelry pertaining Pandora beads to Mama on the web can assist reduction the Pandora beads 2010 time forced to buy the suitable diamond jewelry with regard to pandora beads charms mama despite the fact that possess patiently lay until the very end. Therefore the next time your going shopping for mothering sunday, you will know where to start from.

    BalasHapus
  36. justru yang anti selingkuh, pasti akan berbondong - bondong memadati hamparan pasir walaupun hitam, tapi sangat damai ini

    BalasHapus
  37. Artikel yang sangat Innovatif dan banyak Tipsnya. jadi ingin coba. semoga berhasil

    BalasHapus
  38. Tulisan dan Tipsnya sangat bermanfaat dan Infomatif. wajib dicoba. sukses selalu.

    BalasHapus