PAKAI MASKER !


Malu aku jika virus ini menular padamu.
[sebuah dedikasi untuk antisipasi]


Dari kemarin, sabtu, tenggorakan ini rasanya seperti di garuk tepian garpu. Suhu badan meningkat. Belum lagi mesti ikut seminar, karena sudah kadung bayar, dengan tempat ber-AC dan belum tau kaidah - kaidah masuk angin. Maka jadilah ia seperti ini, hidung meler, hidung berontak, dan hidung beraksi mendesah lembut dengan menyemburkan cairan bening ke penjuru depan muka. Bersin.

Sekarang sih udah oke, walaupun masih takut sentuh yang namanya minuman dingin. Tinggal perkara pilek saja, dan aku akan berpesta pora dengan secopok likuid yang bermahkotakan es batu. Yang itu memang tidak boleh terlupakan. Tapi, ada sesuatu yang justru aku ingat kembali setelah tertimpa ini sakit : MASKER !.

Pernah satu ketika, aku berblogwalking dan sampailah pada sebuah artikel kopas yang bersumber dari detik.net yang isinya kurang lebih begini : "Apabila sakit dengan gejala Influenza supaya mengenakan masker dan tidak beraktivitas dan pergi ke dokter apabila sakit flunya tidak membaik," kata Dirjen Pengendalian Penyakit dan Penyehatan Lingkungan Depkes, dr Tjandra Yoga Aditama dalam surat elektronik yang dikirimkan Puskom Depkes, Senin (13/7/2009).

Kalimat pak Tjandra itu terlontar ketika flu babi masih menggila di sekitaran tengah taun ini. Bukannya tidak berdasar, namun hal ini (pake masker) bisa mengurangi kemungkinan menularnya sebuah flu, apalagi jika flu tersebut adalah flu babi atau flu burung. Menurut kabar yang beredar, gejala awal tiga flu ini sama saja, yakni bersin - bersin dan pilek. Jadi mana tau itu flu biasa atau malah flu yang membawa mudarat lebih.

Selain itu, mengingat flu adalah penyakit yang cukup mudah penularannya, maka pantaslah bagi yang sedang berbulan madu dengan flu untuk setia mengenakan masker sebagai perhatiannya kepada orang - orang disekitarnya. Toh, sebagai orang yang menonton wajah, kita juga tidak merasa jijik jika hanya melihat seutas kain penutup hidung ketimbang melihat cairan lezat berayun disekitar goa di atas mulut.

Setuju? Mari hidup sehat.






Yang Satu Kategori

74 Komentar:

  1. pake masker, cuci tangan pake sabun
    dan jangan berhubungan dengan babi

    wehehhe

    BalasHapus
  2. yaee... mari hidup sehattt.....
    Kesehatan itu sangat berharga,

    BalasHapus
  3. kalau flu banyak minum, banyak tidur
    kan nggak ada obatnya

    BalasHapus
  4. Gimana sekarang,... apa masih pake masker??
    Moga aja udah baikan...

    BalasHapus
  5. saya mesti ingat ini sobat saya setiap hari melewati jalanan berdebu tebal jadi meski make masker deh siip nice posting

    BalasHapus
  6. marilah kita hidup sehat, mudah2an nda kesehatan kita tetap baik-baik saja yak

    BalasHapus
  7. fotonya yg punya blog d postingan yak??
    oooo...yg punya blog ini mas toh???kirain mbak..*harus cepat ganti nama linknya di beccelawo*

    klu di Indonesia, flu pki masker ntar dikirain ada fogging DBD...wushhh,wusshhh

    ha,ha,ha

    BalasHapus
  8. kalau saya mah cuek aja... :D

    BalasHapus
  9. kita baru sadar bahwa kesehatan tuh mahal,klo udah sakit..

    BalasHapus
  10. wah kek abis kena serangan asap kek di Riau aja
    minum obat dulu

    BalasHapus
  11. Setuju.... kalau dah flue bawaan nya ga enak kyk ada yang jtuh dari gua,, heheh

    BalasHapus
  12. ayoo! mari hidup sehat!! ^^

    BalasHapus
  13. mari hidup sehat..
    dan semoga cepat baikan.. :)

    BalasHapus
  14. jihahaaaaa...
    jadi kelihatan keren lho klo pakai masker,,

    kayak band KUBURAN,hohohoooo..

    Flu sih spele yah,, tp sekarang ini FLU udah bukan penyakit yg sepele lagi,,

    Macam-macam flu kini makin menteror,, hehe

    BalasHapus
  15. Pake masker... biar tidak kena virus flu babi

    BalasHapus
  16. setujuuuuuu...

    rehat bentar....nanti klo sudah sehat n fit lagi...ayoooo semangat lagi!!!!

    BalasHapus
  17. Budayakan hidup sehat, Nice post

    BalasHapus
  18. inyong setiap hari pakai masker tuk menghindari debu

    BalasHapus
  19. assalamualaikum..
    cepet sembuh ya, buang segera penyakitnya jauh...
    sy cukup minum parasetamol aja jika flunya ringan, terus ngantuk dan tidur lama banget,...
    pas bangun, bdn enak..hidung juga agak longsong
    salam

    BalasHapus
  20. kalo di desa jarang orang kena penyakit parah kebanyakan dikota kaarena tingkat populasi dan stress akibat polusi..

    kalo flu ati2 sekarang

    BalasHapus
  21. waduh kalau orang flu mesti pakai masker ya?
    terus kalau flu nya gka gara gara pilek gimna?

    BalasHapus
  22. smoga cepat sembuh sob....... dan minum obat dengan teratur....

    BalasHapus
  23. bobok manis dirumah saja dan minum obatnya yang teratur pasti lekas sembuh.

    BalasHapus
  24. jangan dibiarin yang namanya gejala sakit sob, tumpas saja ke dokter, hehe...
    nice info sob!!!!

    BalasHapus
  25. setidaknya dgn memakai masker tidak menularkan pada anggota keluarga yg lain.

    BalasHapus
  26. minum obat, istirahat cukup, terapkan hidup sehat..itu yg pasti.
    tapi kenapa gak nawarin dulu yah, kamu mau sakit flu tidak? mesti gak ada yang mau deh....hehe...

    lekas sembuh ya, walau gak begitu parah tapi cukup mengganggu aktifitas.

    BalasHapus
  27. wekekk....lagi sakit tho...klo influenza minum oralit ak sob..cpt smbuhy...wakakkkk...
    smoga cpt sembuh sob

    BalasHapus
  28. Enaknya cairan yg mengalir dr hidung dijilatin, rasanya nano nano asem manis asin wekekekek..Biar flu yg pnting tetap smgat ngeblog dan PR meningkat,pny mbah dpt PR 3 dr mbah gugel,komen balik yak!

    BalasHapus
  29. emang perlu banget tuh masker sob untuk menjaga kesehatan

    BalasHapus
  30. jaga kesehatan browww dan tentunya banyak makan biar kebal sama virus

    BalasHapus
  31. setuju2...kalo ada siy, masker nya yg bermotif, bermerek pula. kaya 347 ata God Inc, kan keren, hehe. keren artinya bisa pake jln2 ke mall, hehehe

    BalasHapus
  32. klo flu ga boleh ini sama itu

    http://langitmenghitam.blogspot.com/
    http://www.amierchan.co.cc/

    BalasHapus
  33. bagus tuh pakai masker soalnya kalau kita sedang tidak sehat kan banyak virus2 bertebaran dimana2 jadi harus ditutupin tuh ok

    BalasHapus
  34. Zaman virus H1N1, alangkah baiknya kita antisipasi dengan menggunakan masker pada tempat-tempat tertentu..
    Info menarik mas :)

    BalasHapus
  35. penyakit yang paling menggangu aktivitasku ya flu... wah kalau dah flu pusing tujuh keliling, mata ampe bengkang karena keluar airmata terus menerus, belum lagi air dari hidung duh pokoknya minta ampun.. :)

    BalasHapus
  36. kirain masker bengkoang hehehe.. just kidding.
    Wah salut nih, kesadaran untuk tidak menularkan virus..
    semoga cepatsembuh dan jangan lupa bagi2 es krimnya :)

    BalasHapus
  37. Ya untuk kebaikan kan nggak apa2. Masker kan juga suatu perlindugan. Bukan begitu?

    BalasHapus
  38. he, mang bener, baru baca 3 postingan termasuk yang ini, nuansa santainya begitu terasa,hmm.. is good for me. thanks yah.
    Pake masker, kayak hatori.

    BalasHapus
  39. Waduw..gue gak suka pake masker, xixxi....
    Gak nyaman banget...
    Padahal bener sih, pakai masker untuk sesuatu yang lebih baik juga buat diri kita N orang lain dikala sedang flu...

    BalasHapus
  40. selamat malam sobat, apa kabar

    BalasHapus
  41. wewe..... itu fotonya yg empu blog ya??
    kirain cewe... hehhhe..
    btw.. aku satu komunitas ma Om attayaya lho..

    BalasHapus
  42. Trims untuk kunjungannya ke: elloaristhosiyoga.blogspot.com & komen postingan: kuliah versus pelatihan.

    BalasHapus
  43. hahaha,,,iya betul betul. jorok bgt kalo liat angka sebelas naik turun^^

    BalasHapus
  44. Setuju bro, malah keren pake masker :D

    BalasHapus
  45. Kalo pake masker kaya personel Kuburan Band
    ha..ha

    BalasHapus
  46. Bagi yang Flu. pake masker sangat baik untuk menghindarkan penyakit ke orang lain

    BalasHapus
  47. Tapi kadang menggunakan masker itu buat orang Indonesia seperti semacam etika
    ngga enak sama orang yang diajak ngomong
    keliatannya engga menghargai gitu

    BalasHapus
  48. budayakan hidup bersih, dimulai dari hal hal kecil

    BalasHapus
  49. moga cepet sembuh sobat... biar nggak pake masker-maskeran segala...

    BalasHapus
  50. hwehwehe... emang paling ga enak ya klo kena flu, bawaannya malu klo pas meler hwehehehe...

    BalasHapus
  51. Setuju, masker sangat penting bagi yang terkena flu.
    terima kasih kunjungannya,

    BalasHapus
  52. setujuu klo pke masker drpd liat meler :D

    BalasHapus
  53. Wah masker memang sangat berguna, selain buat menghindari penularan penyakig flu (biasa, burung, bagi) juga bisa melindungi dari malu karena meler terus.. hehehe...
    berguna juga buat kalo lagi ke tempat yang bau, biar tidak menghirup udara bau!
    Cara Membuat Blog

    BalasHapus
  54. klo flue sbnernya ckup dengna istiraat ckup n jangan lupa asupan makanan bergizi yg cukup...
    flue akan mudah menyerang kita jika kondisi badan kita tidak sedang stabil..
    smga Membantu..
    :)

    BalasHapus
  55. flu memang mudah menyebar, makanya cara terbaik adalah istirahat, jaga makanan, jangan jjs azzza.
    Bagaimana rasanya pake masker tuh??

    BalasHapus
  56. hmm... akhir-akhir ini banyak banget yang kena sakit tenggorokan dan flu... harus hati2 jaga kesehatan neehh...

    BalasHapus
  57. istirahat dulu aja sob.. :-) btw kalo dah sehat komeng balik yaa

    BalasHapus
  58. masker sepertinya akan menjadi kebutuhan dimasa yg akan datang, karena selain penyakit juga banyak polusi jika kita tidak segera mengatasi pencemaran udara tsb

    BalasHapus
  59. bentul, pakai masker biar gak menularkan flu disana-sini.....

    BalasHapus
  60. Masker memang banyak manfaatnya, selain buat penyaring pas saat disuatu tempat yang udaranya gak bagus, juga bisa buat menutupi mulut ples hidung saat lagi terkena flu! biar melernya gak kelihatan!

    BalasHapus
  61. Sebaiknya pakai masker deh kalau flu biar nggak blog walking virusnya

    BalasHapus
  62. kalo di jakarta sih, keknya pake masker bukan saat sakit aja, deh, tapi tiap saat. pas jalan di jalan raya terutama, soalnya debunya maha dasyatttt~

    BalasHapus
  63. semoga cepat sembuh ya pileknya! oho

    BalasHapus
  64. wuah.. rame banget !!

    numpang comment ya gann..

    blognya keren gan.. ; )

    BalasHapus
  65. boleh pinjem maskesrnya gak bro?

    BalasHapus
  66. datang berkunjung sobat ayo pakai masker

    BalasHapus
  67. hati2 kalo makan ayam, jangan yang hidup..

    BalasHapus
  68. waduw dah banyak toh sob ga ada buku tamunya ya

    BalasHapus
  69. guoweigang Avoid getting in a discount pandora rush to buy various for your mom. Start pandora sale searching earlier; burst out until the last pandora jewerly minute to see a present can often be discount pandora charms applying for trouble.Making the effort to determine pandora charms 2010 what precisely the Mum likes and requires buy pandora charm can help be certain that your lady receives the pandora charms bracelets perfect gift. If you buy diamond jewelry pertaining Pandora beads to Mama on the web can assist reduction the Pandora beads 2010 time forced to buy the suitable diamond jewelry with regard to pandora beads charms mama despite the fact that possess patiently lay until the very end. Therefore the next time your going shopping for mothering sunday, you will know where to start from.

    BalasHapus
  70. kalau lagi sakit takut orang tertular mending pakai masker tuh

    BalasHapus