PELAJAR TEWAS DITANGAN PELAJAR


Jakarta, Kompas - Aksi kekerasan yang dilakukan pelajar belum berhenti. Bahkan, kekerasan pelajar yang dilakukan dalam tawuran antarpelajar di kawasan Gunung Sahari, Kemayoran, Rabu (16/12) pukul 09.30, menyebabkan Ahmad Supratman (15), pelajar SMKN 1 Jakarta, tewas disabet senjata tajam oleh pelaku yang juga berstatus pelajar.

Tawuran terjadi ketika Ahmad dan teman-temannya terlibat saling ejek dengan rombongan pelajar lain di dalam bus yang melintas di kawasan tersebut. Saling ejek itu berlanjut dengan saling melempar batu. Pelajar dari dalam bus ada yang membawa senjata tajam. Senjata tajam inilah yang digunakan melukai punggung dan leher Ahmad.

___________________________________________

Bayangkan, anda sedang ada pada posisinya. Bis kota yang semestinya berisi copet kini harus berisi dengan sebuah teror berdarah. Anda harus menyelimuti leher anda dengan pakaian besi, kalau - kalau ada celurit yang keduluan menjadi kalung di leher anda. Atau dada anda harus mau diserempet mata pisau atau jika mereka mau dada anda justru harus dilintasi gerigi dari gir motor.

Tak usah sungkan. Sistem pertahanan diri anda sedang diuji. Apa anda pintar silat layaknya Jet Li, atau kecerdikan anda yang akan menyelematkan nyawa anda seperti laga James Bond. Oh. Atau anda justru yang menjadi penebas pedang layaknya kartun Samurai-XYZ.

Jujur, jemari ini pernah berdosa ketika aku harus menghadiahi kawanku bogem mentah ketika bangku Sekolah Menengah Atas dulu. Hidungnya harus mengeluarkan cairan merah dan perutku harus memar karena dicolek kursi yang melayang. Tawur!.

Aku memang bukan pelajar yang pakai baju putih abu - abu lagi. Jadi aku tidak paham, apa masalah di antara kalian lagi. Apa kalian masih merebutkan kemolekan seorang gadis? Apa kalian masih ricuh gara - gara kalah judi bola? Atau kalian hanya meributkan masalah sepele lainnya : senggal - senggol saat nonton konser Vetty Vera.

Ini bukan Las Vegas, jadi jangan berlagak jadi koboi dengan mengelu - elukan parang dan siap menghempas ketika kalah main gundu. Ini bukan Boombay, dengan aksi lagamu kamu pikir kamu bisa menyelamatkan Prety Shinta dari tangan polisi bejat si Vijay Sighn. Dan ini juga bukan Hongkong, yang penuh mafia, yang bisanya main sikat terhadap bandar narkoba lainnya.

Ini Indonesia, dimana batik dijunjung tinggi. Ini Indonesia, yang punya sila ketiga dari Pancasila. Ini Indonesia, dengan sebagian besar klub bola memberi nama depan dirinya dengan kata : Persatuan Sepak Bola. Dan ini juga Indonesia, dengan semua pelajarnya mengenakan kombinasi warna yang sama.

Jari tengah buatmu hei si tukang tawur!






Yang Satu Kategori

95 Komentar:

  1. mulailah mengoreksi diri sendiri, apa jadinya negeri ini kalau saja masih saja suka tawuran. mari kita bangun negri ini dengan aman dan damai

    BalasHapus
  2. dah kurang kerjaan....cerminan kegagalan sebuah pendidikan......

    BalasHapus
  3. pekerjaan gini nih yang bisa mati sia sia.kasihan !!

    BalasHapus
  4. Tawuran...,
    Gak kapok2 mereka mengadu nyawa hanya karena hal sepele...

    Ra melu2 ah...Piss ae....

    BalasHapus
  5. Kacau nih kalau anak muda kayak begini, otaknya simpen dimana yach, anak muda jaman sekarang harus banyak belajar agama,,kacau

    BalasHapus
  6. wih, dikasih jari tengah...
    btw, sila ke 3 pancasila? persatuan indonesia yak? lupa-lupa inget...udah berapa taon kagak upacara...jiahahaha~

    BalasHapus
  7. saya jD inget kjadian beberapa aRy yg lalu w'tu itu saya d boncengin ma teman saya...
    tp d tngah2 prjaLanan aDa segeromboLan musuh teman saya yg ngeburuh parang., kbtuLan w'tu itu z jg punya snjata tajam sjenis parang...
    tp untung aja saat saya brniat kLuarin parng mereka pade lari...

    BalasHapus
  8. aku suka ga ngerti deh kenapa yang namanya pelajar itu suka tawuran,, apalagi kalo cuma gara2 hal sepele... namanya doang pelajar tapi kelakuannya ga mencerminkan sama sekali!!

    BalasHapus
  9. wah kok bisa ya mas pelajar bawa clurit dengan bebas

    BalasHapus
  10. miris betul lihat pelajar demi pelajar yang mati tanpa arti bagaimana yah nasib bangsa dimasa yang akan datang

    BalasHapus
  11. Sebuah pekerjaan rumah yang berat bagi Guru..

    BalasHapus
  12. Hallo kawan apa kabar saya berkunjung kemari ^^

    BalasHapus
  13. gambaran kebobrokan pendidikan di Indonesia...

    BalasHapus
  14. saya juga baca di koran nih. udah brutal tuh kelakuan anak2 sekarang. sigh mode on

    BalasHapus
  15. Aku setuju.
    Heran sama anak muda yg tawuran ga jelas itu.
    Ga tau maunya mereka apa.
    Mudah2an kita kelak bisa mendidik anak2 kita (halah) biar ga kaya gitu. Biar Indonesia makin maju.

    BalasHapus
  16. waktu di jakarta dulu aku sering banget liat tawuran antar pelajar kayak gini mas..miris ngeliatnya, mana ga bisa berbuat apa2,huh...semoga pemerintah punya solusi yg terbaik :)

    BalasHapus
  17. Katanya seh mereka menjunjung tinggi harga diri..mereka tidak mau diremehkan, mereka tidak mau diejek, mereka tidak mau dianggap bermental tempe. Jadi awas...jangan lakukan hal-hal yang menyinggung perasaan mereka, kalo tidak darah segar akan mencucur deras..

    Ini lah Indonesia !!!...Tradisi Indonesia yang sebenarnya tidak pernah kita sadari. Coba saja dilihat lagi, semua kegiatan sering diwarnai tawuran. main bola, sidang DPR, nonton konser, lomba mancing, rebutan lahan parkir, sengketa tanah..dan masih banyak yang lain nya..

    tawuran sudah menjadi tradisi baru di negeri ini. Inilah Indonesia bung !!!

    Yang jelas mereka tidak pakai otak..melupakan adat ketimuran, melupakan Kesaktian Pancasila dengan 5 sila nya.

    Sedih, marah, ingin berontak melihat negeri ini yang semakin carut marut...jujur saja, merasa malu menjadi orang Indonesia.

    Ya Allah...lepaskanlah kami dari semuanya ini, jadikanlah Indonesia sebagaimana mestinya...Bermartabat, Tepo sliro, dan punya budi pekerti yang luhur..amiin

    BalasHapus
  18. gak tau, heran sama mereka, gak ada kerjaan lagi apah..
    mendingan ikutan lomba taekwondo atau pencak silat aja sekalian, bermanfaat kan hhehe

    BalasHapus
  19. Ngeri.. pelajar saling membunuh..

    BalasHapus
  20. itulah.... nggak ngerti juga deh bisa dapet celurit segitu gampangnya... dan yang tetep nggak ngerti kadang mereka yang tawuran suka nggak ngerti masalah apa. Yang penting ikut rame aja...

    kata pelajar tapi kok kurang ajar....

    BalasHapus
  21. Pelajar yg notabene adalah anak2, kadang kelewat sadis ketimbang orang tua...

    BalasHapus
  22. bner2 pelajar sekarang..udah capek2 dibiayain sekolah..

    BalasHapus
  23. Astagfirullah............ miris lagi saya mas.

    BalasHapus
  24. Kak...link (kakve-santi) sudah terpasang pada blog aku.
    Mohon di baclink ya kak?
    dan saya mengucapkan terima kasih atas kunjungan dan komentar kakak padaku...
    Sekalian ikut follow yang 389.
    Salam sukses selalu ya kak ( sekerat roti dan secangkir teh )
    maaf OOT dan terbalik nih ( Secangkir teh dan sekerat roti ).

    BalasHapus
  25. jaman sekarang mas....edan kabeeehhhh
    makasih kunjunganya yah

    BalasHapus
  26. Sedih aku membaca ini, dan memang banyak kejadian seperti ini.....saya pernah menangkap anak SMU tawuran, Mau jadi apa bangsa Ini jika pemudanya seperti ini....

    BalasHapus
  27. mbak ini blog dibuat dopollow aja?? biar tambah maknyuss.. ! hehhehe

    BalasHapus
  28. ya ampuuuunnn tawuran cermin kebodohan lalu apa gunanya di sekolahin kalo kelakuan masih seperti itu

    BalasHapus
  29. pelajar skrg mang serem2 deh ...

    BalasHapus
  30. selamat tahun baru Islam ya! Semoga tahun ini akan lebih baik dari tahun kemarin. Amiin!

    Masya Allah, kita harus merenung, tafakkur, apa yang harus kita perbuat dengan fenomena di atas?

    Semoga dengan tahun baru islam ini, kita dapat l;ebih berperan mengatsi masalah khalayak ramai, termasuk hal ini.

    PRIHATIN!!

    BalasHapus
  31. bener nih.. kejadian kayak gini memang memprihatinkan. remaja memang butuh pengakuan.. dan kemenangan saat mengalahkan 'lawan', atau setidaknya dianggap unggul menjadi kepuasan tersendiri.. tapi gak harus lewat tawuran dooonk..

    BalasHapus
  32. kenapa ga pada ikutan smackdown aja ya mas.hehehe.....

    BalasHapus
  33. *salah ketik...bukan spam koq,maksudnya mba bukannya mas..

    BalasHapus
  34. yak ni makin gemana gitu dengan pelajar di Indonesia ini

    BalasHapus
  35. lha emang dijarakan emmbunuh ya di kelas?

    BalasHapus
  36. tapi ya mang begitilan Indonesia..... d ingatkan berapa kalipun juga g bakalan mempan....

    BalasHapus
  37. kapan bisa pertamax d blog kamu he.... he....

    BalasHapus
  38. sungguh tragis..mau dibawa kemana bangsa ini, kalau dari dini sudah begitu...

    BalasHapus
  39. waaahhh....gaswat tuh jangan sampai kita saling bunuh.......memang harus benar2 segera di benahi moral bangsa ini

    BalasHapus
  40. kalau sudah begini, orang tua yang repot.. tapi cerita tentang tawuran sudah ada saejak saya masih sekolah, sekarang sudah jadi orang tua ngeri juga kalau baca kejadian kaya begini. mudah2an di sekolah di matangkan tentang arti kebersamaan dan persahabatan dan menghargai satu sama yang lain, begitu juga di rumah sebagai orang tua harus memberikan pengertian. salam blogger.. bangun terus negara ini menjadi negara yang cerdas dan bisa berdiri sendiri, generasi penerus berada pada anak2 sekolah.

    BalasHapus
  41. apa enaknya berantem yah??
    mending sayah ngopi capucino dan sepotong tiramissu sambil menikmati rerintikan hujan :)
    maw menemani?? h ehehe
    leot baru yaahh ^^ so simple

    BalasHapus
  42. tapi lebih suka yang lama leot naaa :(

    BalasHapus
  43. semua hal bisa diambil hikmahnya...PR buat kita semua untuk segera berbenah di segala aspek..

    BalasHapus
  44. lagian apa sih yg di dapat dari tawuran tawuran seperti itu, hanya kesusahan kan?

    BalasHapus
  45. sedih dan menyedihkan sekali..
    semoga peristiwa2 seperti ini, tidak terulang kembali, dan ini adalah yang terakhir,.. dan semua pihak yang terlibat dalam masalah masa depan bangsa ini dari pemerintah, para pendidik dan masyarakat semua untuk bisa mencari solusi yang terbaik untk generasi bangsa.

    BalasHapus
  46. Indonesia...
    Pelajarnya tawur,
    Pejabatnya korup,
    Kapan semua ini bisa berhenti?

    BalasHapus
  47. semangat meluap2 para pelajar emang harus segera dialihkan dari pertawuran....

    miris emang ngeliatnya. fenomena yg tak habis2....

    BalasHapus
  48. mari kita gaungkan rasa kebersamaan buat generasi muda kita..agar persatuan dan rasa keakraban bisa terjalin...

    BalasHapus
  49. Sudah saatnya mengembalikan jati diri bangsa yang mulai pupus

    BalasHapus
  50. Sayang sekali ya, harus meninggal di usia muda dengan cara seperti itu...
    Mungkin kegiatan di sekolah kurang menyibukkan mereka

    BalasHapus
  51. murid jaman sekarang ....
    dijewer dikit ama guru udah laporan ama polisi ...
    gilirian berantem ... langsung rame rame dengan semangat 45 ... .

    BalasHapus
  52. searang bukan cuma pelajar yang suka tawuran. Mahasiswa juga

    BalasHapus
  53. aduh tawuran di gedein, giliran belajar ajach....
    dasar calom sampah masyarakat, dari pada tawuran mendingan ngeblog hehehehe.....

    BalasHapus
  54. kacau balau negeri kita bos .. :D

    BalasHapus
  55. perlu adanya perbaikan dalam sistem pendidikan kita secara menyeluruh, karena ini merupakan tanggung jawab kita bersama.

    BalasHapus
  56. pelajar sekarang makin ngeri aja klo tawuran. apa mereka ga mikirin orang tua mereka yang udah biaya sekolah. mau jadi apa bangsa ini?

    BalasHapus
  57. ini bukan las vegas
    egoisme yang berlebihan dan tidak terarah

    BalasHapus
  58. salam sejahtera
    Astagfirullah...
    kenapa mesti ada lagi korban akibat kekerasan
    tapi ga' smuanya kyak gituch koq

    BalasHapus
  59. masya Allah...
    kini dunia semakin aneh saja...
    kasian... :)

    BalasHapus
  60. *sigh* salah 1 simbol betapa bangsa ini belum dewasa :(.

    Salam kenal Sobat...

    BalasHapus
  61. tawuran..., mati muda..., menyedihkan.

    BalasHapus
  62. terkadang jika membaca, mendengar ataupun melihat yang namanya pelajar tawuran dan seringkali meninggalkan korban...terus terang saya jadi rindu dengan yang namanya pelajaran PMP dulu..ada yang masih ingat???

    BalasHapus
  63. mega mendung pelajar bangsa ini harus dihentikan.....sangat ironis mereka belajar untuk membangun bangsa tapi gag kelar yah, amanah moral dari guru, apakah memang sudah gag diajarkan lagi nilai moral itu?

    BalasHapus
  64. payah bener
    kayaknya jaman aku dulu gak ada kek gini
    soalnya aku di desa hehehe
    jan payah anak muda saiki hobi gelut gelutan

    BalasHapus
  65. aq dulu jg suka klahi ma tmn2 cow (pantang klu klahi sesama cew), tu pun klu dh kterlaluan n gbs didiemin lg. tp g'pernah tu pe kroyokan. cemeeen.. 1 lawan 1 tnp senjata, hayzok!!

    cp yg salah?? klu cari kambing hitam mulu, gkan kelar mslahx. musti ngasih bimbingan dr hati. agama n kluarga bperan ptg. klu kluarg g mndukung, org2 tdekat n lgkugn yg kondusif jg sgt mbantu. hazok..sama2 benahi negeri ini. mereka jg tmn2 qt, sdr2 qt, ank2 qt, murid2 qt, harapan bgsa ini. semoga klak mentari bersinar cemerlang tanpa rasa malu dan prihatin.

    jd kpkiran kponakan yg msh kls 3 MI. mg slalu dp bimbingan 4JJ1. amien.. aq g pnah malu jd bgsa Indonesia!!

    BalasHapus
  66. kejadian yang sungguh memalukan sob masa harus tewas di tangan pelajar

    BalasHapus
  67. ya ampun ampe kaya gtu ya sob

    BalasHapus
  68. mau jadi apa negeri ini kalo isinya tawuran mulu... jurus golok maut nongkrong di bis kota.. ane liat ayam disembelih sj dah kabur.. apalagi kisah ini.. hiii sereem..

    BalasHapus
  69. negeri ini akan segera jadi asap !!!(itu kata2nya adiknya alm. Nasrudin lho)

    BalasHapus
  70. Saya juga menghimbau kepada rekan-rekan pelajar supaya STOP tawuran, hentikan kekerasan.
    Mending ngeblog, sama Prety Shinta

    BalasHapus
  71. semoga mereka tercerahkan hatinya

    BalasHapus
  72. prihatin dan sedih... tapi klo cuma itu gak bakal bisa ngubah apa-apa.

    saya, di sini, masih berstatus pelajar putih abu-abu, berusaha minimal menahan diri sendiri tidak terlibat.

    tapi itu belum cukup

    BalasHapus
  73. Huhuhu....tawuran itu merupakan salah satu tindakan yang tak terpuji...
    Lagian, malu donk...
    Pelajar tapi otaknya bejat gitu, kayak gak disekolahin.

    BalasHapus
  74. Kita semua tahu, kalau remaja itu sedang dalam periode krisis identitas. Dan,duplicating adalah sisa karasteritik sewaktu kanak-kanak. Jadi, tentu saja ada yang ditiru? Siapa yang jadi role model identity? Politisi, religion?

    Ayolah, yang mengaku dewasa, yang mengaku sebagai pemimpin, semua pada mawas diri!
    Siapa yang menyebar kebencian? Siapa yang mengedarkan film-film kekerasan?
    Kok, remaja dan guru yang disalahin terus!

    Salam kasih-sayang, rochman-rohcim, untuk semua dari Whienda.

    BalasHapus
  75. mental calon penerus bangsa yg mengerikan...
    gk pelajar, gk mahasiswa, gk pejabat, gk politikusnya smua pada tawuran.... pdhl apa seh yg didpt dari tawuran??? gk bkal dpt apa2, yg bkal u dpt cm kehancuran sob!!! bs2 u bkaln di DO trus putus skul nah klo gni apa gk hancur masa depan u??? udah deh sob mending belajar aja yg giat gapai tu cita2 u, mari kita bergandengan tangan bt bangun negeri tercinta ini. Peace bro......


    Regard : PingugOblOg

    BalasHapus
  76. gejolak darah muda yang tidak terkendali, mungkin kurangnya pendidikan agama dan pengarahan ke hal-hal yang lebih positif

    BalasHapus
  77. inikah cerminan dunia pendidikan di negeri ini?

    BalasHapus
  78. Itulah potret dinamika dunia pendidikan kita dewasa ini.. hehe

    BalasHapus
  79. Yang muda pada tawuran, yang tua asik korupsi..lengkaplah sudah kebobrokan bangsa ini..Semoga Yang Maha Kuasa memberikan petunjuk buat mereka..AMIEN..

    BalasHapus
  80. dua paragraf terakhir bagus! setuju sama agan! :thumbup:

    BalasHapus
  81. wah serem jg kalo udah gini....

    BalasHapus
  82. ya ampunn...
    sungguh disaynagkan kejadian tersebutt

    BalasHapus
  83. What Are the Three Red Lights?
    The Xbox 360 is pandora jewellery one of the hottest cheap pandora gaming consoles out in the market today. With the latest graphics technology cheap pandora uk combined with some of the best games pandora discount uk available, you will definitely have a lot of fun with this particular gaming console. Xbox 360 also allows you to play online through the Xbox Live with your friends or with other people from different parts of pandora uk the world. Whatever pandora bracelets your tastes are in games, you pandora bracelet can be sure that the Xbox 360 will be able to offer it all to you.However, you have to face the fact that although the Xbox 360 is one of the best gaming pandora bracelets uk consoles available today, there are technical issues that you may face while you are playing with it. An example would be the red ring of death. If you see three red pandora bracelet charms lights flashing around pandora bracelets sale the power button, then you will know that you have a huge problem with your gaming console.

    BalasHapus
  84. guoweigang You will want to cheap pandora make sure that you think about the design pandora jewelry that you are looking for and possibly look outside buy Pandora of the box. You will want to look deeper pandora bracelets and charms into what exactly you are looking for discount pandora bracelets .A lot of people like to show off the Pandora necklace jewelry, but you will want to keep in pandora necklace beads mind that there is that cut out Pandora necklace sale image of jewelry, but you will want Pandora charms to call some of the local chains and ask them if they cheap pandora charms are willing to work with you to make some custom made jewelry.

    BalasHapus
  85. wuih..... ngeri juga yach....

    BalasHapus
  86. mudahan tidak terulang lagi ya sob....
    pelajar itu konsen belajar..., bukan konsen buat tawuran....

    BalasHapus
  87. ..dan jari jempol buat yang nulis postingan ini..hehe :D

    BalasHapus