MATARAM (2)


Hanya on the way.

Beberapa catatan ketika anda memasuki wilayah kota Mataram. Bahkan bukan hanya Mataram saja, tapi juga wilayah Lombok. Sebaik anda berjaga - jaga saja ketika on the road melawati aspal milik pulau Pedas ini.

1. Jalan - jalan relatif kecil.
Jika dibandingkan dengan jalanan beraspal mulus yang terdapat di tanah Jawa, jalanan di kota ini relatif lebih kecil. Jarang ada truck dan bis besar. Selain itu, bis antar kota juga berjumlah cukup sedikit. Kalaupun ada ukuran bis tersebut merupakan mungil di kelasnya. Kota Mataram sepertinya tidak didesain untuk dilewati bis kota seperti layaknya Jogja.

2. Asap, Debu, dan (kadang - kadang) Pasir
Benar juga kata sepupu ku : Mataram beda sekali dengan Jogja. Di Jogja yang ada hanya asap dari knalpot, sedangkan di Mataram memang asap relatif tidak ada, tapi debunya itu merangsek masuk ke tempat pupil itu berada.

Mataram, dengan letak geografisnya yang bercumbu langsung dengan pantai, sedikit banyak mempengaruhi jumlah pasir yang ada di atas tanah. Banyak jalan - jalan yang masih berselimut dengan kawanan pasir, bahkan di beberapa tempat cenderung dapat membuat ban kendaraan anda menjadi selip.

Jadi, anda jangan takut jika kelupaan membawa masker. Tapi bolehlah jika ketakutan anda timbul ketika terlupa membawa kacamata atau helm berkaca. Awas : Dust in The Wind! (Lagunya Kansas).

3. Kuda beol sembarangan.
Kuda (horse), menjadi salam satu penggerak utama dari alat transportasi di kota Mataram. Tidak ada becak, tidak ada keledai. Yang ada hanyanya seekor kuda dengan beban dokar dibelakang ekornya. Bisa saja manusia berhidung yang menjadi bebannya. Sembako seperti petai atau cabai, atau kadang - kadang material bangunan turut menjadi tumpangan. Dokar dengan atap dan beroda dua itulah yang kerap kali menghiasi sudut - sudut pasar tradisional, pojok - pojok keramaian, atau sekelompok kusir yang nge-tem diselatan POM bensin Karang Jangkong dimana situlah para pelajar, yang pulang ke selatan, mengganti angkutan dari bemo menuju kendaraan yang memiliki sisa buang (maaf) kuning - kuning yang berbau itu.


Cidomo. Begitu orang menyebutnya. Pesan : jangan sekali - sekali menyalip dengan pikiran yang ragu, karena sang kusir dapat berubah pikiran dan membikin kudanya berlari lebih menggila. Awas, kotorannya membikin jalanan tidak hanya monokrom.






Yang Satu Kategori

56 Komentar:

  1. mau naek delmaaaannn... udah lama ga naek delman >.<

    BalasHapus
  2. hahah... kuda beol sembarangan... soalnya ga ada toilet umum buat kuda sih...

    BalasHapus
  3. wao...... yang kencing sambil berlari! heheheheh..! Yok naik!

    BalasHapus
  4. aku pengen naek delman, tanpa bau kotoran dan tanpa kena debu, tapi ngga suka make masker,

    nah lo... repot dah, dirumah aja duduk manis,khehhehe

    BalasHapus
  5. akhirnya 4 besar jg disini,,nice story sob...

    BalasHapus
  6. Mampir lagi....
    itu enggk cape kah kudanya narik, kayaknya berat. he..he..

    BalasHapus
  7. temenku juga ada yang dari mataram... katanya sih mataram itu enak banget buat ditinggali... hmm. jadi pengen kesana nih..

    BalasHapus
  8. o disana ... kuda sebagai alat transportasin ya....cuma sayangnya..sang kuda suka "e'ek "sembarangan ya..he..he..

    BalasHapus
  9. Pengen ke Mataram nih... kapan ya bisa kesana ?

    BalasHapus
  10. Namanya "dokar" juga to ? Tapi ban dokarnya lucu juga... hehehe

    BalasHapus
  11. tp mending kuda beoL sembarangan deh, daripada asap yg bnyak dari knalpot...

    BalasHapus
  12. trimakasih sudah mau mampir lagi meskipun tanpa mbaca dulu, untung komentarnya ndak saya delete...

    BalasHapus
  13. kudanya habis beol, cebok gak yah?

    muheheheheh

    BalasHapus
  14. pernah mane ke mataram dan iya, jalannya kecil banget. dan mahalllllll

    BalasHapus
  15. nambah info lagi seputar mataram nih

    BalasHapus
  16. tahun ini mungkin mo ke Gili

    BalasHapus
  17. saya pernah sekali kesana, jujur kangen. ada suasana seperti bali, tapi bukan bali...

    mudah2an ada rezeki untuk ke sana lagi...

    oya, slaam kenal ya...

    BalasHapus
  18. wah, kayaknya enak tuh di mataram, tapi sayang gak punya duit buat jalan2, hehehe :D

    BalasHapus
  19. Delmannya ngingetin yogya ya.. Ljho.. :-)

    BalasHapus
  20. Jurnal Yang khas ala Kakve-santi...

    BalasHapus
  21. Tempat yang pengin kukunjungi ya MATARAM ini....

    BalasHapus
  22. wadoohh.. kalo kudanya beol sembarangan,, jalanan jadi jorok doongg... ckckck,, ga banget dah!!

    BalasHapus
  23. Ih..., kok gitu ya...
    Terus para pemerintah setempat dmn???
    Kok keliatannya cuk bahkan gak ngurusin daerahnya.

    BalasHapus
  24. Ih..., ngeri deh ah...
    Naik kereta kudanya tuh yg enak...
    Tapi klo tahi nya, gak ah...

    BalasHapus
  25. waduuuuhhhh aku juga pengen dong kesana....

    BalasHapus
  26. makin keren aku dengn kacamata kakve :)
    ke mataram harus bawa kacamata

    banyak penjualanya ya :D

    BalasHapus
  27. hehe.. info yg menarik sob..
    hmm.. kudu ati2 ya brarti kalo jalan di belakang cidomo..

    BalasHapus
  28. jadi pengen kesana neh brow,,,

    BalasHapus
  29. sudah pernah kepleset kotoran kuda ^^ hati2 kalo berkendara

    BalasHapus
  30. salam kenal ya. aku panggil bro pa sis nih.

    wah keren banget wisata ke pulau lain di Indonesia jadi pingin

    BalasHapus
  31. keren lah mataram, air pantainya itu lho, keren pisan :D

    BalasHapus
  32. walah komplet infonya tentang Mataram..
    mantab kawan^^

    salam blogger :D

    BalasHapus
  33. mataram emank kerennnn...
    saatnya Menuju Mataram...hehehe

    BalasHapus
  34. itu dokar beda ya sama ditempat inyong

    BalasHapus
  35. Hehehehee..
    untung masih kuda yang beol kakve..
    dari pada pak kusir yang beol di jalan ..??

    Haha~

    BalasHapus
  36. Kayae asik en seru nih perjalananya....yah semoga bisa jadi perenungan untuk masyarakat setempat ya.....biar lebih memperhatikan lingkunganya....tapi klo keadaan alamnya memang gitu mau gmn lagi ya ga.....

    BalasHapus
  37. huwaaa bikin mupeeengg.. suasananya ,viewnya

    BalasHapus
  38. kapan yah bisa ke Mataram...hhhmmm...

    BalasHapus
  39. wah mantab gan infonya... kpn yach aq bsa kesana

    BalasHapus
  40. wah....tertarik untuk kesana nie...kapanke sana teman2...

    BalasHapus
  41. Wah.. masih orisinil dunk.. ahaha.. Sukses Kakve..
    BTW komentar di blognya kakve selalu penuh sesak yach.. hebat..

    BalasHapus
  42. ooo...ternyata di mataram ad delman juga toh :D

    BalasHapus
  43. itu kuning-kuning tu ap ya mbak...?
    ap mungkin yag itu2...pasti mbak taw
    hehehehe..

    BalasHapus
  44. justru klu kuda beolnya gag sembarangan saiia malah jadi curiga atawa malah takut kang :) hueheheh... maaf baru semped mampir lagi setelah sekian lama :(
    happy blogging friend :)

    BalasHapus
  45. MATARAM, masuk daftar teratas untuk ku kunjungi...Entah kapan itu bisa terwujud, tapi saat ini ku bertekad tuk ke sana....

    BalasHapus
  46. Ha..ha emang sih,
    cidomo itu kudanya eek sembarangan, terutama di daerah jalan pemuda
    yang bebas dari cidomo itu cuma jalan besar aja..

    Mataram, kotanya sebenernya bagus namun panas dan penuh pengemis di sekitar mall

    BalasHapus
  47. Cuman Sempat mampir di Pantai Senggigi tahun 2003.
    Gimana keadaannya sekarang yah?
    saya kangen dengan jagung bakarnya.

    BalasHapus
  48. cikrak dokar mobil, jadi cidomo. konon katanya begitu. kreatif, hehehe.

    BalasHapus
  49. thanks bro for this information, visit back to download ebook gratis, please =p

    BalasHapus
  50. guoweigang Avoid getting in a discount pandora rush to buy various for your mom. Start pandora sale searching earlier; burst out until the last pandora jewerly minute to see a present can often be discount pandora charms applying for trouble.Making the effort to determine pandora charms 2010 what precisely the Mum likes and requires buy pandora charm can help be certain that your lady receives the pandora charms bracelets perfect gift. If you buy diamond jewelry pertaining Pandora beads to Mama on the web can assist reduction the Pandora beads 2010 time forced to buy the suitable diamond jewelry with regard to pandora beads charms mama despite the fact that possess patiently lay until the very end. Therefore the next time your going shopping for mothering sunday, you will know where to start from.

    BalasHapus
  51. What Are the Three Red Lights?
    The Xbox 360 is pandora jewellery one of the hottest cheap pandora gaming consoles out in the market today. With the latest graphics technology cheap pandora uk combined with some of the best games pandora discount uk available, you will definitely have a lot of fun with this particular gaming console. Xbox 360 also allows you to play online through the Xbox Live with your friends or with other people from different parts of pandora uk the world. Whatever pandora bracelets your tastes are in games, you pandora bracelet can be sure that the Xbox 360 will be able to offer it all to you.However, you have to face the fact that although the Xbox 360 is one of the best gaming pandora bracelets uk consoles available today, there are technical issues that you may face while you are playing with it. An example would be the red ring of death. If you see three red pandora bracelet charms lights flashing around pandora bracelets sale the power button, then you will know that you have a huge problem with your gaming console.

    BalasHapus