ON THE ROAD - RODA DUA


Ada beberapa hal yang sering dilalaikan

1. Helm ku ada dimana.
Helmku ada dimana ya? Kok tidak menempel mengapit rambut - rambut yang terurai oleh angin ini begitu saja? Apa aku meninggalkannya di beranda rumah tadi? Atau aku sengaja memenjarakannya di dalam kamar agar ia tidak ikut merusak penampilanku yang sudah gagah ini : mencoba menjadi rider pemberani tanpa pelindung kepala agar semua mata memandang takjub. Pembawa setir yang lain hanya akan berdecak untuk dua hal : betapa tangguhnya ia atau justru betapa murah nyawanya.

2. Pantaskah aku mendapat SIM ?
Apakah tidak menjadi beban isi dompetku yang lain nantinya; uangku, STNK-ku, kartu ATM-ku, foto pacarku, apakah mereka akan menjadi sungkan berdesak - desakan dengan SIM abal - abal milikku itu?. SIM yang ku dapat dari seorang berambut panjang yang kerjanya hanya bertanya : bawa uang berapa?. Lantas ia berlari masuk dan "traranng!", foto tanpa senyum itu sudah tercetak di sekeping lempengan putih dan disampingnya terdapat nomer registrasi sebuah surat izin mengemudi.

Sudahkah aku paham tanda panah yang seperti ular itu memiliki makna apa ? Ataukah sudah ku perlambat laju roda duaku ketika melihat pejalan kaki yang dengan susah payah melintasi aspal bergaris lorek - lorek putih itu. Ataukah dalam pikiranku hanya ter-setting sebuah aturan : lampu kuning adalah tanda dimana kendaraan justru dituntut untuk melaju jauh lebih kecang demi menjauhi lampu yang akan menyala berikutnya yakni lampu merah ?

3. Tidak pernah mencoba semua/sebagian besar jenis kendaraan.
Sedikit fakta : lakalantas cenderung lebih banyak hadir karena kesalahpahaman. Salam paham dalam menafsirkan arah gerak kendaraan, salam paham ketika melihat lampu tanda dari kendaraan lain, dan masih banyak lagi salam paham yang lain antar driver.
Pikiran ini tercetus ketika liburan akhir pekan ini. Aku benar - benar duduk dalam kendaraan yang berbeda. Mobil sedan, minibus yang sarat muatan, menumpang truck pasir, bis jarak dekat, dan bis jarak jauh yang sedang kejar setoran. Rasakan saja, beda kendaraan, beda pula pola pikir untuk mengemudikannya.

Ada yang ngebut megal - megol meliuk - liuk, merasa kendaraan pribadi adalah prioritas utama di atas abu - abunya aspal. Atau yang penuh dengan muatan, terlebih muatan yang cukup beresiko terhadap goncangan, ia akan mengemudi dengan rapi, bahkan tak jarang pengemudi memberi tanda untuk mempersilahkan dirinya untuk disalip. Tapi jangan senang dulu. Bis - bis jarak dekat, seperti Jogja-Semarang, mempunyai pemikiran yang cepat : cepat jalannya cepat juga ia berhenti dan menepi untuk menggaet penumpang yang lelah melambai pada kernetnya, tak peduli apa yang ada dibelakangnya.

Tips: pahami pola pikir si supir dari tiap kendaraan lawan. Berhati - hatilah pada kendaraan yang punya pemikiran utama "setoran". Namun jangan pula membuang kesempatan menyalip kendaraan yang tidak terhimpit "setoran".






Yang Satu Kategori

121 Komentar:

  1. Mungkin karena khilaf kak!
    jadi sering terlupakan!

    BalasHapus
  2. iya emang jaman sekarang nyari SIM emang susah2 gampang..kalo pinter ngomong bisa ditembak :-
    (

    BalasHapus
  3. LAMA JUGA BARU KE SINI LAGI..BACA2 DULU AH..

    BalasHapus
  4. Sepakat. Itu memang fakta. Lakalantas lebih sering terjadi akibat kesalahpahaman.

    BalasHapus
  5. -_-_-_-_-_-_-Cosmorary-_-_-_-_-_-_-
    Assalamualaikum,

    *******Salam ‘Blog’!!*******
    “Mau tanya nih,,,maksudnya orang berambut panjang yang tanya bawa uang berapa itu apa?? Calo ya..hehehehe”

    -_-_-_-_-_-_-Cosmorary-_-_-_-_-_-_-

    BalasHapus
  6. nice post setuju beda kendaraan, beda pula pola pikir untuk mengemudikannya...

    salam kenal dari maiank

    BalasHapus
  7. Tips yang sangat bermanfaat...

    BalasHapus
  8. Tips yang sangat menarik. Kami sering ketir-ketir bila lihat anak sekolah melaju di jalan dengan cepat tanpa pakai helm. Kalau jatuh di aspal akan jadi apa ? Kita juga mesti mengalah dengan bis antar kota antar provinsi (AKAP). Di ruas jalan provinsi yang relatif sempit, dia menjadi raja jalanan. Belum lagi berpapasan dengan truk kontainer, dan truk gandeng dengan muatan penuh. Sudah saatnya Pemerintah dengan cepat merealisasi jalan Tol Surabaya - Kertosono - Solo - Semarang.

    BalasHapus
  9. menyayangkan para pengguna jalan yg simnya tembakan gak tau haluan jadinya bs membahayakan pengguna jalan yg laen.. ^^

    BalasHapus
  10. nice info sob..
    thanks share nya...

    BalasHapus
  11. Ya... Surat Izin Mengemudi memang panting, dari pada ribet di jalan....

    BalasHapus
  12. hehe...benar juga tuh sob...hehe saya sering melalaikan hal no.1 yaitu make helm...hehe...nice post...salam kenal :)

    BalasHapus
  13. ini kejadiannya ga dimana sama aja bro..
    makasih tipsnya... :D

    BalasHapus
  14. kalau bikin SIMnya nembak pantes ga ya???
    soalnya aku kaya gitu...hiii

    BalasHapus
  15. Dunia skarang apa-apa maunya jalan pintas...
    Kadang tergoda juga, cuman kalau dipikir2 apa kita nggak berdosa tuh melewati jalur sementara yang lain tetp pada jalurnya?
    Membaca postingan ini, tersadar, banyak hal yang mesti kita benahi...
    mamkasih artikelnya sob

    BalasHapus
  16. Fenomena dari apa yang diulas dalam postingan ini nggak bisa disangkalin. Berbagai alasan diciptakan untuk mensahkan hal2 yang tidak semestinya dilakukan.
    Makasih sob, artikelnya sangat berguna.

    BalasHapus
  17. Seringnya mendengar hal tersebut di atas, tapi apakah mereka lantas dipersalahkan tanpa adanya "kambing hitam"?
    Saya pernah punya pengalaman (dahulu sekali) bikin SIM, seolah ada yang kesengajaan agar tidak lulus.... semoga saat ini sudah jauh lebih baik daripada saat saya bikin SIM dulu.

    BalasHapus
  18. hmm. . kalau nie , bukan helm sih, tapi bensin yang sering lupa, masih ada pa habis ya?

    motor jadul sih

    BalasHapus
  19. Sim, helm, dompet sebenarnya gak perlu lupa. tergantung sama kitanya

    BalasHapus
  20. untungnya aku belom punya sim hehe...jadi nggak berat isi dompetku. emang...sekarang ini banyak orang yang bisa mengemudikan kendaraan tapi tidak faham rambu-rambu

    BalasHapus
  21. ko' cuma di indo ya yg polisi tu tempatnya diperempatan jalan. trs g nongol malah sembunyi lagi..dinegara2 lain yg pernah saya kunjungi g seperti itu..

    BalasHapus
  22. mungkin lagi cari sandang pangan sob.

    BalasHapus
  23. Enak dibonceng saja gak mikir sim...he..he...

    BalasHapus
  24. yg nomer dua tuh Sob, pake tembak2an yaaa...hehehehehe...

    yg harus diwaspadai yaitu bus yg lagi cari setoran, nyetirnya ngawur,..

    BalasHapus
  25. Aku punya SIM sih.., tapi gak pernah aku pakai utk naik kendaraan motor sendiri. Habis, kemana-mana perginya dg suami sih... ^_^

    BalasHapus
  26. tidak pakai helm, tidak punya SIM dan tidak mengerti aturan jalan tetapi kadang justru mereka2 inilah yg paling beringas di jalan. Menyisir aspal seolah milik pribadi nenek moyangnya tidak peduli bahwa jalan itu dibangun oleh pajak dari orang-orang yg juga punya hak atas jalan itu

    BalasHapus
  27. ak pernah sekali di tilang n sim d tahan sama polisi, gak pernah ak ambil tuh sih sampe 1 tahun hehehehehe....

    BalasHapus
  28. emang susah menghilangkan yyg namanya calo, terkadang bukan calo yg mencari pelanggan, malahan orang yg nyari calo..
    salam kenal, blognya sudah saya follow, klo berkenan follow balik y...

    BalasHapus
  29. weh..
    keren artikelnya...
    hahaa...

    BalasHapus
  30. Kunjungan malam, salam hangat dan persahabatan..

    BalasHapus
  31. salam kenal bu, mohon pencerahannya karena sy mash pemula jd blm tau byk mslh blogger.. minta ijin spy sering2 di share ya bu ;)

    BalasHapus
  32. Blog walking di malam hari.

    Tetep semangat ya sob.

    BalasHapus
  33. Hehe.. selamat atas simnya deh.. kan kalau dah ada sim.. rada2 Pd gituh..
    btw.. link2 blogku blum di add ya sob.. atau dah gak terima tukar link nih ???
    konfirmasi ya.. haha

    BalasHapus
  34. hahaha,,, bener bener gue juga ngga bangga jadi orang indonesia,,, shitt meski pulaunya banyak,, kebudayaanya banyak tapi yang korupsinya juga banyak,,, !!! gue lebih bangga klo bisa jadi orang korea,, soalnya gue ngebet banget pengen bisa minum souju,,hahaha

    BalasHapus
  35. Wah bahasanya pake bahasa sastra, aq kurang bisa menguasai,,,

    BalasHapus
  36. Assalamualaikum.., anak Indo..memang harus pintar-pintar..hehe..kk..gantian follow ya..

    BalasHapus
  37. lampu merah aja dah hampir jadi hiasan simpang 4

    BalasHapus
  38. hati hati dijalan ya sob..

    BalasHapus
  39. tipsnya yg trakhir.. bwt ngakak, nyalip kenderaan yang dibawa kakek2 gmn??

    btw.. ampe skrg aq lum punya sim (Gubrakz)

    BalasHapus
  40. Belum punya sim jadinya bonceng terus malah asik ...

    BalasHapus
  41. untuk no 2 perlu dari kedua belah pihak nh
    untuk no 3, Tuhan tolonglah kami, dan lindungilah kami selalu.

    BalasHapus
  42. astaga, gara2 sibuk ikutan kontes, jadi jarang maen kemari,xixixi. gmn kabar sob...?
    sy jg lupa nyari sundulan di sini, :D

    BalasHapus
  43. ^___^ aku ga puhya SIM males bikinnya

    BalasHapus
  44. jadi boleh nyalip ya,,keren bamget infonya sob

    BalasHapus
  45. saya juga belum punya SIM nih, tapi klo helm saya sering pake, soalnya taku di tilang. :p

    BalasHapus
  46. wah bahaya banget tuch kalau rider ga pake helm hehehhe bisa bisa fatal, udah gitu harus sni juga lho helmnnya

    berkunjung dan ditunggu kunjungan baliknya makasih
    salam blogger
    :D

    BalasHapus
  47. Rasakan saja, beda kendaraan, beda pula pola pikir untuk mengemudikannya, saya setuju sekali dengan kata-kata ini. Selain beda kendaraan, tujuan hati dan pikiran akan mempengaruhi gaya berkendara. Trims sekali atas ulasannya yang menarik.
    Salam hangat selalu :)

    BalasHapus
  48. peraturan lalu lintas emang mesti dipatuhi sob, kalo lagi kepepet emang terkadang nyusahin, hehe, kadang lampu lalu lintas blom hijau maen salib aje :D

    BalasHapus
  49. peraturan lalu lintas emang mesti dipatuhi sob, kalo lagi kepepet emang terkadang nyusahin, hehe, kadang lampu lalu lintas blom hijau maen salib aje :D

    BalasHapus
  50. simku juga pake calo kok :D

    BalasHapus
  51. kok dari SIM langsung ke pola pikir tentang setoran....??? heheehh,...seep nice post :)

    BalasHapus
  52. bagus nih buat ngingetin, namun sayang mbelum pnya motor .. hehe

    BalasHapus
  53. Iya sih mas.. wah kalau saya paling takut mas naik motor di depan polisi.. ya karena belum punya sim.. dan ndak tau kenapa.. kalau lihat polisi.. tangan bisa gemeter...

    BalasHapus
  54. paling males kalo dilampu merah tinggal 5 detik lagi eh pas ditengah2 merah... kyaaaa... ketangkep deh...

    BalasHapus
  55. klo aku sim udah bertahun-tahun, tp tetap jarang dipake buat nyetir sendiri.. hohoho..

    BalasHapus
  56. Unisbank itu Universitas gue tempat aku cariii mupeng hahahah busyetdzzz PR kmu 4 bagi-bagi cara donk ma aku .

    BalasHapus
  57. klo aku malah lebih suka pake helm.. rambut jadi nggak berantakan kena angin..
    *dijitak* oalah..bukannya buat keselamatan..
    hehehee....

    nice post.. :)

    BalasHapus
  58. huahahahah! semuanya serba susah! padahal hidup udah modern gini! masih aja serba susah dan mahal!

    BalasHapus
  59. wah, seneng neh ada tipsnya.. keren...

    BalasHapus
  60. wah, mantan polantas yak... hihiihhi..
    mantab banget neh artikelnya..eSip...

    BalasHapus
  61. mas tukeran link y, linknya sudah saya pasang, silahkan di cek...

    BalasHapus
  62. Ada post baru tentang widget yang wajib dimiliki blogger, patutu dicoba semuanya da di gus ikhwan

    BalasHapus
  63. SIM aq td dah bikin, aq buatnya lewat jalur belakang aja, aq g mau Ribet gni gt. aq maunya tau jadi dan ternyata lewat calo lebih murah 15rb dari pada yg g lewat calo

    BalasHapus
  64. terima kasih telah berbagi tipsnya
    salam hangat dari blue

    BalasHapus
  65. hellooooo salam kenal dari dunia koe

    visit my site....

    BalasHapus
  66. SIM mutlak ada mas apalagi sekarang dendanya tinggi lo kalau nggak punya sim

    BalasHapus
  67. Driver license is very important

    BalasHapus
  68. kadang sepertinya bagai semua orang punya nyawa 7...
    banyak2 baca doa dech kalo sopirnya ugal2an, kalo nggak nahan ya akhirnya turun ditengah jalan...

    trus masalah helm... kadang sepertinya lebih eman rambut bagusnya rusak daripada kepala pecah kalo terjadi sesuatu huhuhu :(

    BalasHapus
  69. Wkwkkw... aku aja udah mau 18 tapi belum dapat KTP apalagi SIm hoho.. maaf udah lama ga berkunjung sibuk sih.. hehehe...

    BalasHapus
  70. Sayangi badan dan patuhi rambu-rambu lalu lintas pada saat berkendara.... hehe..

    BalasHapus
  71. unik mas... emang jaman sekarang tambah ketat

    BalasHapus
  72. Klo naik motor harus ada SIM C n jgn ngebut di jalanan....
    Klo ngebut ntr ditilang polisi, wkwkwkwkwkwkwwkk......

    BalasHapus
  73. Rasanya ada hal-hal yang ditulis disini pernah saya lakukan deh...hehehe...jadi introspeksi :)

    BalasHapus
  74. wah asik judul2 artikelnya sangat inspiratif bangeut

    BalasHapus
  75. itulah fenomena di jalan :D

    BalasHapus
  76. tipsnya nya itu yang paling keren...makasih ya...aku juga sering begitu hehehehe

    BalasHapus
  77. hubungi di twitter ya @miwwa atau @ferfau soal lomba anak Indonesia.. setau ku blognya ata udah ditutup

    BalasHapus
  78. hihi..biar py sim tetep aja kadang buta rambu2..jd isin

    BalasHapus
  79. kl dtngkp cm ga d sim si ga pap tp yang penting kl dtngkp hdpi dgn snyuman hwehwe....

    BalasHapus
  80. thanks kunjungan mampir lagi sekalian tukaran link and follow yuk

    BalasHapus
  81. nice post, salam sukses..

    sedj
    http://sedjatee.wordpress.com

    BalasHapus
  82. Nice post, betul tuh sobat.

    Berkunjung balik ya :)

    BalasHapus
  83. nilai kedisiplinan saat ini memang sudah jauh berkurang, padahal keselamatan di jalanan itu penting karena dengan kita berhati-hati aja masih bisa celaka apalagi kalau ugal-ugalan...

    BalasHapus
  84. dijakarta banyak angkot yang bukannya cari setoran malah cari balapan, pokoknya kacau deh...

    BalasHapus
  85. Yup, zamna sekarang memang segala sesuatu bisa didapat dengan mudah mas. Termasuk SIM yang bisa nembak, jadi jangan heran kalo banyak pengendara yang tidak mengerti peraturan lalu lintas...

    BalasHapus
  86. kacau balau walaupun di kota besar juga ...

    BalasHapus
  87. pantaskah mendapatkan SIM
    jika mengendarai motor secara ugal2an dan ga pakai helm?
    hmmm sim nembak

    pantaskah seorang anak SMP mengendarai motor di jalan raya?
    secara umurnya masih belum 17

    banyak orang tua yang memanjakan anaknya secara berlebihan dengan membelikan motor

    BalasHapus
  88. aku sih ujian dapet sim.. :)
    sampe ngebetulin lampu sein dulu biar bisa buat ujian.. maklum motor bututt

    BalasHapus
  89. uneg2nya banyak bangetttttt gak takut enek tuh he,,he,, (becanda)

    ane blum punya sim neh brow coz emang blum punya kendara'an he,,he,,

    BalasHapus
  90. wahahahha...uneg2 yang buanyak banget
    serasa plong sekarang

    BalasHapus
  91. kalau bikin sim kebanyakan pada nembak,biarpun lebih mahal tapi pasti dech sim ada ditangan

    BalasHapus
  92. sore Bang Santi... :-)

    BalasHapus
  93. Wew... pake helm itu WAJIB!! mau gara2 pengen keren tapi mati di tengah jalan? idiiihhh... amit2 dah.

    BalasHapus
  94. Kita patuhi peraturan berlalulintas, biar selamat!

    BalasHapus
  95. Helm...helm... dulu dipaksa baru mau pake, sekarang dah sadar ndiri....

    BalasHapus
  96. aku temasuk orang gak tertib kakve
    jarang pake helm

    kalau ke luar kota
    gak pernah bawa SIm dan STNK
    tapi jgn dilaporin yaa


    maff bru sampai habis sakit

    BalasHapus
  97. wuah... tulis aja di note kecil kalo sering lupa... kwkwkwk...

    BalasHapus
  98. aduuh............. nih blog kok keren bgt sih,.
    baru bikin postingan kemarin dah 101 koment
    jadi iri....
    >,<
    semoga suatu saat nanti blogku bisa sesukses kakak,,,
    amin
    mmapir balik donk kaka....

    oh yah,,, gimana dengan dapet SIM yg belum waktunya??
    maksudnya masih umur 15 dah punya SIM..
    kayak temenku <== maklum orang kaya

    BalasHapus
  99. wah dalem banget ne sob hehe...
    mantap, kren dan kreatif....mari kita taati peraturan lalu lintas yang sudah ada semua untuk menjaga keselamatan dan kenyamanan bersama
    sukses sobat!

    BalasHapus
  100. seribu satu tontonan dan tingkah polah yang aneh, lucu, mengerikan, menjengkelkan dan yang lainnya ada di atas aspal jalan raya.

    kitalah aktor yang ikut menentukan tingkah polah itu....

    BalasHapus
  101. siipphh...
    bner bngedh,,,
    utamakan keselamatan,

    BalasHapus
  102. ayo sekolah, eit salah ayo punya sim

    BalasHapus
  103. jalan raya memang bisa memberikan banyak cerita tersendiri. maklum, kita kan juga 'orang jalanan'. maksudnya, banyak menghabiskan waktu di jalan buat pergi dan pulang kerja.

    salam kenal, sobat. tukeran link yuk. link "secangkir teh dan sekerat roti" sudah terpasang di blog saya. confirm balik ya sobat. trims ^_^

    BalasHapus
  104. teliti & periksa sebelum berangkat, hati-hati di jalan banyak kendaraan

    BalasHapus
  105. hmm
    itu mah bukan kelupaan
    sok ajja itu yg gak mau pake helm
    :D

    BalasHapus
  106. hak kita dijalan dibatasi oleh hak org lain

    BalasHapus
  107. Kadang SIM disalah artikan jadi "Surat Izin Melanggar"....hehehe...

    BalasHapus
  108. Hayo, selain saya, siapa lagi merasa kena jitak?

    BalasHapus
  109. aku suka gaya nulisnya.....numpang komen mas...ya sepertinya kita-kita memang harus lihat diri sendiri dulu sudah bagus atau sudah pantas atau sudah benarkah bersikap baru kemudian blh protes..jgn2...kita juga ikut andil dlm kesemrawutan negeri kita....contohnya ya itu...nyari sim aja pake calo...

    BalasHapus
  110. wah,rangkaian kata-katanya bagus banget bro. .sumpah ! enak bgt di baca !
    salam kenal bro,saya blogger baru. .

    BalasHapus
  111. good posting sob...
    salam kenal....

    BalasHapus
  112. What Are the Three Red Lights?
    The Xbox 360 is pandora jewellery one of the hottest cheap pandora gaming consoles out in the market today. With the latest graphics technology cheap pandora uk combined with some of the best games pandora discount uk available, you will definitely have a lot of fun with this particular gaming console. Xbox 360 also allows you to play online through the Xbox Live with your friends or with other people from different parts of pandora uk the world. Whatever pandora bracelets your tastes are in games, you pandora bracelet can be sure that the Xbox 360 will be able to offer it all to you.However, you have to face the fact that although the Xbox 360 is one of the best gaming pandora bracelets uk consoles available today, there are technical issues that you may face while you are playing with it. An example would be the red ring of death. If you see three red pandora bracelet charms lights flashing around pandora bracelets sale the power button, then you will know that you have a huge problem with your gaming console.

    BalasHapus