GERAKAN NASIONAL SATU HARI TANPA NASI


Satu kata yang panjang begitu saya melihat tulisan di detik.com ini : wkwkwkwkw!

Geblek !
Urusan satu hari tanpa rokok atau tanpa kecelakaan aja belum rampung, tapi sudah mulai aneh – aneh lagi orang – orang kita. Sehari tanpa nasi, tapi seharian kita merokok, atau seharian kita mengendarai motor sambil sibuk mengetik karakter dilayar handphone. Mana yang lebih baik ?.

Saya tidak ingin berdebat soal ini. Tapi yang membuat saya tidak habis pikir adalah : mengapa orang – orang kita tidak langsung saja bilang : GERAKAN PUASA SENIN – KAMIS. Kan jadi lebih nikmat. Bahkan jauh lebih bermanfaat dan mendapatkan pahala. Benar tidak ?

Tertawa saya bertambah panjang ketika saya juga ikut menyaksikan tingkah polah para komentator yang cukup menggelitik saya. Tetap saja, itulah kontroversi. Suatu kebijakan pasti ada kontroversi. Termasuk saya, yang tiba – tiba masuk ke dalam situs detik dan disodori berita macam ginian. Gak ada angin gak ada hujan, tiba – tiba saya diajak untuk berhenti menguyah nasi. Apakah saya yang kurang mendengar berita atau justru kegiatan sosialiasi itu tidak sampai masuk ke dalam liang telinga saya.

Tapi tunggu sebentar. Benar juga perkataan beberapa komentator. “Sudah banyak saudara kita yang terlebih dulu melakukan gerakan ini, yakni orang – orang yang terjepit dalam garis kemiskinan”.

Suatu hari nanti. Manusia sudah bosan menguyah sesendok nasi dan sekerat roti.
Mereka lebih suka dengan sebuah buah : buah khuldi.






Yang Satu Kategori

104 Komentar:

  1. wkekee..
    chika gx bisa deh kalo disuruh sehari tanpa nasi :))
    betul deh mending gerakan puasa daut aja
    lebih berkah
    eh ngomong2 itu kenapa bisa ada gerakan satu hari tanpa nasi?

    BalasHapus
  2. Bener Kakve, lebih baik diadakan puasa SENIN - KAMIS, karena menurut ustadzku : " Pada hari Senin dan Kamis, amal manusia sedang diaudit per minggunya..maka berpuasalah sebagai amalan sunnah.." (hadits shohih)

    Oh iya minta blogrollnya satu buat saya dong Kakve
    ( salam Blogger Jawa Barat )

    BalasHapus
  3. aq juga ga mau tuh sob sehari gmakan nasi, karena nasi adalah sumber utama tenaga aq

    BalasHapus
  4. hmmmm begitulah hidup.., selalu adaaaaaaaaaaaaa saja yang bikin mulut terbuka, bukan merokok tapi tertawa :D

    BalasHapus
  5. aku setuju dengan komentar pertama, mending puasa aja :)
    tujuan baiknya sih ada buat mengingat saudara kita yang kesusahan, tpai koq harus ikutan susah sih, g ada cara lain ya?

    BalasHapus
  6. Waduh klo aku jujur aja belum bisa Sob untuk sehari pura2 gak kenal sama Nasi hhe.... soalnya serasa blum makan klo blum ngunyah nasi wkwk....

    BalasHapus
  7. untung gag diajakin kubur diri idup2..:D

    BalasHapus
  8. kalo saya baru taunya setelah nonton siaran metrotv, ada nara sumbernya juga tp aku lupa ga perhatiin.
    ada 1 penelepon yang ngomong apakah ini cuma sebagai pengalih perhatian masyarakat saja, waktu
    harga cabe naik sebenarnya harga beras juga naik tapi knp kok yang booming harga cabe saja.
    sekarang ada ajakan untuk 1 hari tanpa nasi, masyarakat kita belum sanggup untuk makanan berprotein seperti yg di luar.
    si nara sumber kasih jawaban alternatif yang lainnya bisa nyoba jagung, singkong yang lbh bernutrisi dari beras.

    dah kl gini setuju sama yg punya blog, mending ngomong aja ajakan puasa senin - kamis....

    BalasHapus
  9. wah baru denger neh ada gerakan satu hari tanpa nasi..

    hayoo mas..kluarin aja gerakan puasa senin kamis.. :)

    BalasHapus
  10. kebanyakan pikiran dan nggak ada realisasi jadi keterusan mikir ampe yang nggak-nggak ikutan dipikir >.<

    BalasHapus
  11. sehari tanpa nasi? boleeeeeeh
    asal ada cemilan segerobak haha

    BalasHapus
  12. wah saya maag berat sahabat nggak bisa deh kayaknya kalau ada gerakan seperti ini

    BalasHapus
  13. dizaman apakah itu sob, manusia kembali menyukai buah buah khuldi...??

    BalasHapus
  14. iya lebih baik niatkan puasa sekalian.
    tapi kenapa aku baru denger berita ini juga sih? duh ketinggalan berita...

    BalasHapus
  15. yg sehari tanpa nasi ini, rencananya kapan?

    BalasHapus
  16. kira2 sudah dipikirkan akibatnya belum nih ya?
    misalnya bener2 sehari gak makan nasi?
    segi kesehatan yg pasti...

    BalasHapus
  17. hahaha... negeri yang unik.. manusianya juga unik dong.. hehe ^_^

    BalasHapus
  18. nggak tau apa alasannya,
    yg jelas tanpa nasi aku bisa hidup nggak ya???

    BalasHapus
  19. Wah, gerakan apa lagi ini? Alhamdulillah saya maen ke sini, kl nggak, pasti ketinggalan info..

    BalasHapus
  20. sebenarnya Denuzz mau tertawa dengan ide satu hari tanpa nasi ini ...
    kenapa mesti begitu?
    mungkin alasan sanggahan Denuzz sama dengan yang kakak paparkan ... ini adalah sebuah ide lucu ... bisa saja kita satu hari tanpa nasi tapi menyantap bakso, mi goreng, batagor, mi ayam, spagetti, pizza ... lebih parah kan?

    semoga persahabatan kita tidak lekang oleh waktu dan tidak terbatas oleh ruang

    BalasHapus
  21. Sebungkus nasi,
    ditemani laki-laki kotor dan berdaki,
    sesosok mata dipayungi kerutan dahi
    dikala sunyi membius kota,,, sepi

    tergeletak di teras tak berpenghuni
    terlihat tatapan kosong dan hati yang sepi
    apakah pemandangan ini akan selalu ku temui?

    BalasHapus
  22. sehari tampa nasi ...
    nasi diganti dengan mie instan ...

    apa manfaat dan faedahnya gerakan sehari tampa nasi ...

    kalau digencarkan gerakan puasa senin-kemis malah setuju ...

    makannya hanya pada hari senin dan kamis saja ... selebihnya puasa ....

    BalasHapus
  23. nendang bgt neh tulisan, like this dech:)

    emang manusia mah semakin ada2 aja, klo mau gerakan kemanusiaan, ya pakelah dgn sesuatu yg manusiawi. dan makan nasi? manusiawi! hahahh

    BalasHapus
  24. sehari tanpa nasi, tapi kalo yang dimakan mlah steak, kue blekpores, ayam panggang, semur daging... y sama juga bo'ong dong.. mending puasa, :D

    BalasHapus
  25. orang-orang itu bukan bermaksud melaksanakan GERAKAN ini tapi karena terpaksa. kalo mau meringankan beban mereka bukan dgn ngadain gerakan-gerakan aneh begini mah. bantu mereka! lebih nyata manfaatnya!

    BalasHapus
  26. tadi awalnya saya membaca judul postingan ini sebagai : GERAKAN SATU HARI TANPA MISI. hehehe, salah baca. tapi....

    i like that. satu hari tanpa memikirkan pekerjaan, deadline, target... :)

    BalasHapus
  27. Salam

    Gerakan berbagi rasa dan penderitaan, gerakan satu hari tanpa nasi mencari sensasi saja. Nasi makanan favorite saya kawan, tapi klo sehari tanpa nasi ... mending puasa senin kamis aj lebih terarah...

    Salam kawan

    BalasHapus
  28. buah kuldi apa kakve?aQ lum pernah liat ^^
    btw, drpd melakukan 'aksi' spt itu mending melakukan aksi yang dampaknya bnr2 nyata

    BalasHapus
  29. Saya belum tau pasti apa dasar gerakan sehari tanpa nasi. Membaca namanya saja saya berfikir yg tidak-tidak. Apa tak ada gerakan yg lebih positive seperti menggalakkan lagi orang tua asuh ! mengingat banyak anak2 dibuang belakangan ini

    BalasHapus
  30. saya mau ngadain juga ah
    gerakan seminggu ga kuliah

    hehehe

    BalasHapus
  31. saya gak tahan tuh satu hari tanpa nasi,,, bisa mati saya.....

    BalasHapus
  32. Begitulah pemerintah kita paling seneng bikin kebijkaan yang menyusahkan rakyat, udah tahu juga kalau makanan pokok rakyat indonesia nasi, malah bikin kontoversi bikin gerakan sehari tanpa makan nasi. (ada..ada wae..), seharusnya bikin kebijakan biar harga beras turun (begitu loh..baru pemerintahan pro rakyat kecil).
    Salam kenal , baru pertama kali kunjungi blog ini.

    BalasHapus
  33. aku baru tau gerakan sehari tanpa nasi? itu maksudnya buat apa ya? kenapa ada gituan? buat siapa saja?
    iya betul, kalo sya lebih memilih gerakan puasa senin kamis.. jauh lebih bermanfaat.
    Bali Villas Bali Villa Villas in Bali

    BalasHapus
  34. Sobat ikutan gerakan tanpa nasi gak? haha....
    Biasa aku menyapa pagi ditengah aktivitas hhe... Semangat n happy blogging...

    BalasHapus
  35. hmmm. aneh-aneh aja!

    *garuk-garuk kepala

    BalasHapus
  36. yah negara indonesia kn multikultur bukan negara agama, klo dibikin gerakan puasa senin kamis, nanti dr agama laen bnyak yg protes..

    mungkin cr pmerintah buat membiasakan kita untuk sdikit tdk bergantung pd nasi.. mengingat beras makin mahal n langka (mungkin bs jadi bakal punah *agak lebay sh*)

    sebulan puasa bisa, sehari tanpa nasi aja kok gak bs, toh masih makan ini!! *maaf klo agak kontra, tp jujur smpe skrang sy juga blm bs kenyang klo gak mkan nasi* hehehe

    BalasHapus
  37. komentarnya masuk akal..
    sy jd inget Presiden Habibie dulu rutin puasa senin - kamis selama menjabat sebagai presiden..
    dan g pakai gerakan2 macam gini...

    hr ini tnpa nasi,
    tp besoknya makan nasi 3x lipatnya.. ya sama aja bo ong.
    :D

    BalasHapus
  38. Nice Article, inspiring. Aku juga suka nulis artikel bidang bisnis di blogku : http://www.TahitianNoniAsia.net, silahkan kunjungi, mudah-mudahan bermanfaat. thx

    BalasHapus
  39. padahal org indonesia selalu bilang gini "klo belum makan nasi ya belum makan"

    lebih setuju dengan gerakan puasa senin-kamis de saia, hehehe..

    BalasHapus
  40. tanpa nasi iya, artinya gado-gado,mie instan bisa dong hehehehe.bener banget udah ada yang lebih dulu ngerasain tanpa nasi seharian yakni mereka yg hidup dibawah garis kemiskinan :(

    BalasHapus
  41. rada lebay menurut saya. kalo mau ikut prihatin dg orang2 yg tidak bisa makan nasi, mending nyumbang aja.

    BalasHapus
  42. Apa ya???

    binggung bos mau kasih komentar apa

    BalasHapus
  43. sekarang orang lebih suka sebuah - buah khuldi yang menghantarkan kepada petaka hihi.. nice post n always kritis thd segala sesuatu:) Siip!

    BalasHapus
  44. Ckk...ckk... ckkk...:)) Aya2 wae tu berita.
    Sya sepakat, akan lebih baik klo anjuran puasa senin kemis.
    Salam sobat, dzadjakallah khairan katsira :)

    BalasHapus
  45. heehhehe...bener juga dirimu Kak, kenapa gak digalakkan saja puasa senin - kamis atau malah puasa Daud yg sehari makan, sehari nggak ?

    bagi masyarakat banyak,gak makan nasi bukan cuma sehari, seringkali mereka gak mampu menemukan nasi walau hanya sesuap.
    Kenapa tdk menggalakkan ' berantas kemiskinan dan kebodohan ' dr negeri ini ?
    salam

    BalasHapus
  46. biar udah makan roti setumpuk, kalo belum makan nasi kayaknya 'belum makan' deh!!

    BalasHapus
  47. tanpa nasi aku sering melakukan dan sudah lama, gantinya lontong sama bubur

    BalasHapus
  48. hahah .... ada ada saja ... tapi sama saja kalo gerakan tanpa nasi tapi ujung2nya cari bahan makanan lainnya :D

    BalasHapus
  49. Bener berarti dengan shaum kita bisa belajar simpati dan empati terhadap kaum yg terjerat kemiskinan ya bang *hhee sotoy nih ane*

    Oh ya salam mampir nih..nice share :)

    BalasHapus
  50. selamanya tanpa semua akhirnya (mati)... hehehehehehehe....

    BalasHapus
  51. ada2 aja...

    gak mau komen byk ah...
    cm pgn ksh senyum:
    :D

    BalasHapus
  52. spertinya ada yg merubah tampilan blognya nih...
    :)
    hehe..

    BalasHapus
  53. Saya setuju tuh kenapa tidak melakukan gerakan puasa senin kamis yang jelas jelas banyak manfaat dan juga pahala.

    Realita hidup memang seperti itu.

    BalasHapus
  54. Mendengar judulnya aja sudah aneh. Apa maksudnya ini? Ya, sependapat sebetulnya akan lebih manis dengan diganti gerakan puasa Senin- Kamis atau puasa sehari misalnya. Itu lebih terdengar tidak aneh di telinga saya. Kalau cuma gerakan tak boleh makan nasi, masih banyak alternatif makanan lain pengganti nasi. Atau jangan-jangan negara kita memang banyak pengidap penyakit diabetes sehingga tak boleh makan nasi?

    BalasHapus
  55. Dija gak makan nasi kok Om
    Dija makannya bubur beras.
    hehehehheee

    BalasHapus
  56. mau dong buah khuldi. ghehehe....

    BalasHapus
  57. i like it..
    semoga saja umat islam di muka bumi ini tidak terjerumus ke dalam api neraka..
    amin...
    o ia.. makasi bro atas kunjungan dan komennya..

    BalasHapus
  58. lha sehari tanpa nasi udah biasa mah dengan kehidupan "kami" yang senin kemis...maka dari itu ga usah ngajak2 "kami"...(makin banyak aja ya sob orang sakit jiwa di negeri ini)

    BalasHapus
  59. saatnya kita makan tiwul... yuk, mari...

    BalasHapus
  60. Wah kalo gak bulan puasa rasanya masih berat kayaknya

    BalasHapus
  61. lebih baik satu hari nggak udut dehhh

    BalasHapus
  62. wah..gerakan seperti itu bole jg diikuti, dulu juga org ifup kok tanpa nasi.wkwkwkww...tp saya sendiri blm mampu euy...hiks...hiks..

    BalasHapus
  63. hemm ada-ada aja emang sih.. tapi sbenernya niatannya baik juga : mengarahkan kalo beras tuh bukan satu-satunya kebutuhan pokok!. bisa hidup juga koq tanpa beras... biar nggak ketergantungan gitu maksudnya...

    entahlah..

    BalasHapus
  64. Hhahaha...parah ah emang.
    Makin aneh2 aja.
    Seharian tanpa nasi?
    Ah..gak bakalan bisa.
    Makanan sehari2 aja nasi -_-

    BalasHapus
  65. tapi saya setuju denegan aksi puasa senin kamisnya..:D

    BalasHapus
  66. nggak kuat deh kayaknya, nggak ikut aku hahahaha

    BalasHapus
  67. gan,mw tanya..
    apa gk ada buku tamu nya y ?
    mhon pencerahan,maklum newbie bngt nich...

    BalasHapus
  68. ok sob, bisa menjadi pertimbangan dalam menentukan keyakinan yang lebih kuat
    trimakasih sudah berkunjung di blog baruku yang masih acak acakan, tapi bingung apa maksudnya dengan boleh boleh..bisa di perjelas ya..?

    BalasHapus
  69. hahahah ada2 aja..bener tu mending puasa senin kamis but klo puasa senin-kamis kan kita bukanya tetep pake nasi..jadi gagal dong gerakan sehari tanpa nasi...tapi bener kata komentatotor di detik banyak orang yg dibawah garis kemiskinan ga bisa menikmati nasi, mereka makan seadanya(ga bisa bayangin bagaimana nasib mereka padahal miskin aja udah susah bagaimana klo dibawah garis kemiskinan..wallahualam..moga Allah melimpahkan rizki buat mereka.Amien)..
    saya datang bang maaf lama ga mampir(mumpung lagi numpang ngenet diwarnet tema ya kecepatnnya mantap nih)..
    wew lama ga mampir blognya makin keren..
    headernya keren euy..
    tampilan blog yg simpel but sangat memanjakkan mata..jadi pengen ngedit template blog saya yang sudah mulai usang kena cahaya monitor heheh..

    BalasHapus
  70. Mampir sahabat...Wah,lebih baik Puasa Senin-Kamis aza yang sudah pasti dapat pahalan..

    BalasHapus
  71. Aneh2 aja ya? orang2 kita dalam bikin gerakan. :D

    BalasHapus
  72. Sudah aneh,koq dibikin aneh lagi,gak mikir apa ya mereka itu...

    BalasHapus
  73. sosiaLisasi aktifitas yang aya2 wae, unsur manfaatnya masih dipertanyakan. kecuaLi memang aktifitas tersebut keinginan dari indivisu masing2, misaLnya daLam menjaLankan ibadah sunnah. atau jangan2 sosiaLisasi seperti ini hanya untuk pengaLih perhatian pubLik.

    BalasHapus
  74. ntar katanya mau dilanjutkan dengan gerakan satu minggu tidak mandi

    BalasHapus
  75. betul sob... knp ga puasa senin kamis az, atau cukup sehari tanpa korupsi az :D

    BalasHapus
  76. Kasian petani kita kalau sehari nggak makan nasi.

    BalasHapus
  77. setuju sekali,, mending gerakan puasa senin-kamis :),, tapi setiap buk jangan kayak orang gila,, secara udah banyak yang hidupnya dengan istilah senin-kamis..

    BalasHapus
  78. Mendingan bikin gerakan "selamanya tanpa situs porno"

    BalasHapus
  79. Gerakan yg aneh, pasti yg mewacanakan gerakan ini orangnya jg aneh. ada2 aja.... hmmm

    BalasHapus
  80. mending gerakan puasa senin-kamis tuh, setuju saya :D atau gerakan nyumbang makanan buat mereka yang udah biasa puasa karena keadaan

    BalasHapus
  81. yang bikin gerakan tuh orang gebleg..gimana kalau buat gerakan" 1 hari tanpa korupsi"..atau " 1 hari tanpa SBY" berani nggak?

    BalasHapus
  82. maksudnya ndak makan nasi sehari?
    tapi boleh makan apa ajah?

    kasian para petaninya juga donk,nanti siapa yang beLi panen mreka jika smuanya tak makan nasi?

    bagaimana pendapatan mreka?

    ada mata rantai yang terputus nantinya :0

    BalasHapus
  83. berapa ya yang terhemat, kalo sehari aja tanpa nasi

    BalasHapus
  84. hmmm terkadang mereka hanya melihat sesuatu dari satu sisi tanpa memikirkan dampak yang ditimbulkannya, dasar gebleg!

    BalasHapus
  85. Kelabang's Blog:
    Dunia koq makin gila sih..

    http://kalabang.wordpress.com/

    BalasHapus
  86. Lebih baik kita niatkan untuk puasa senin kamis yaa...lahir batin dapat.

    BalasHapus
  87. woot puasa mutih dunks....

    anyway saya follow ya, kan sama aja simpan link, lebih update pula, thanks :)

    BalasHapus
  88. wahh bisa lemas klo 1 hari tanpa nasi sob....

    tapi inilah yang namanya hidup......

    BalasHapus
  89. hahahahah makin ke sini emang makin ga beres ya ;p eheeeem kalo dipikir-pikir ga rasional bangetlah beginian.

    BalasHapus
  90. Top Markotop
    Gud Marsogud

    BalasHapus
  91. Miris banget ya kakve.. ckckck...
    berhenti mengunyah nasi, tapi masih boleh makan lontong, ketupat dan sejenisnya kan ya?? hihihi

    BalasHapus
  92. Sudahlah, toh ini kan kampanye gerakan dari Departemen Pertanian, mereka ini kan belum punya kampanye apa-apa, biarlah mereka melakukan ini.
    Kalo kampanye tanpa rokok itu kan buatan Departemen Kesehatan, dan kalo tanpa kecelakaan (saya baru tahu) kemungkinan dari Departemen Perhubungan. Jadi, biarlah masing2 departemen membuat kampanye masing2, setidaknya terlihat mereka aktif.
    Gak usahlah sedikit2 mengeluh, toh yang memulai topik2 kampanye selama ini sebenarnya beda departemen dan kementrian. Jangan anggap "satu kampanye belum terlihat hasilnya kok malah bikin kampanye baru!".

    BalasHapus
  93. bagaimana ya rasanya kalau sehari tanpa nasi

    BalasHapus
  94. Ya sudah Kakve.. kita mulai gerakan puasa senin kamis (lagi) kalau begitu...

    Aaah... sudah lama saya tidak menjalaninya.. mungkin sejak punya anak.. karena alasan hamil...melahirkan.. menyusui.. ibadah yang satu itu terpinggirkan..

    Si kecil sudah beranjak dewasa skr (walaupun masih menyusui).. yuk.. mulai lagi...

    BalasHapus
  95. wah kalau orang indonesia puasa mkn nasi kayaknya gak bisa tuh

    BalasHapus
  96. Katanya, di salah satu daerah di Indonesia ada lomba makan nasi sampai mati. He he. Yang mati menang. :D

    BalasHapus
  97. Info penting harap disebar luaskan. Solusi tepat membangun rumah untuk daerah yang rawan gempa bumi. Sudah terbukti saat gempa 5,6 SR mengguncang jogja ketika rumah-rumah tembok banyak yang hancur rumah jawa yang terbuat dari kayu model
    RUMAH JOGLO,
    RUMAH LIMASAN,
    RUMAH KAMPUNG, tetap berdiri kokoh dan tidak mengalami kerusakan yang berarti. Jika anda berminat dengan rumah seperti yg tersebut diatas silahkan menghubungi kami di 08179442249.
    Kami menjual dan membangun kembali rumah jawa knock down dari kayu jati lawas, melayani bongkar pasang dan paket pengiriman luar kota serta melayani paket pembangunan rumah jawa siap huni

    BalasHapus