MEMPERTANYAKAN


Suatu malam. Ketika saya sedang duduk di bawah lampu neon kampus dan bertemankan sekotak L.A. hijau, saya sedang meraba - raba tuts - tuts di papan ketik komputer jinjing saya. Kadang - kadang saya menggosok - gosok tetikus di atas meja coklat sambil menyerumput nikmatnya sedutan tembakau dan sensasi menthol yang terbakar. Terkadang saya menyaksikan indikor hijau IDM yang kian lama kian mendekati pojok kanan pertanda unduhan saya akan segera berakhir.

Pada suatu malam, saya pernah berkata kepada teman saya yang datang ke tempat saya tidur untuk meminjam sebuah refrensi tentang CorelDraw X3.

"Kamu tidak usah kirim pesan bahkan tidak perlu menelpon. Kalau malam - malam seperti ini, kamu akan lebih mudah menjumpai saya jika kamu datang ke lorong lantai dua gedung Teknik Industri, perisisnya di depan pintu ruang Lab Simulasi"

Ya. Sebab hampir setiap malam saya habiskan waktu saya untuk nongkrong di depan layar empat belas inchi saya sembari menghidupkan perangkat wireless. Dan saya baru berangkat pulang bila satu jam sebelum tengah malam tiba.

Dan pada malam itu, tiba - tiba saya berhenti menggerakkan tetikus hitam, kemudian menegak nikmatnya semburan nikotin yang berputar - putar di sekitar alvelous saya. Pikiran saya sedikit terusik dengan tergalinya sebuah tanya:

kenapa saya masih terus duduk disini setiap malam?
ngeblog? apa tujuanmu ngeblog, wahai affan?


Saya bisu tanpa jawaban. Lidah saya mendadak kelu.






Yang Satu Kategori

78 Komentar:

  1. yee...duduk disana kan mencari inspirasi juga.
    gak mesti ngeblog kan?
    bisa untuk mencari ketenangan juga....
    eh ini masih di tempat internet gratis itu bukan?
    jadi pengen nebeng...hihihi...

    BalasHapus
  2. ngebloglah sesuai kata hati, jangan dipaksakan mau sampai kapan...

    BalasHapus
  3. yah buat isi waktu luang dan menajamkan daya pikir seputar hobby adventure, kalo aku lho brader...hehehe..kayaknya bikin weblog berdasar trend dan tak punya dasar apapun utk konten artikel ya kayak buang waktu aja brad.....makanya gampang bosan dan capek...pusing cari topik buat artikel...

    BalasHapus
  4. nampaknya pertanyaan itu juga mewakili hal yang sama pada saya kawan...hmmm.. ^_^

    BalasHapus
  5. Iya, apa yah???

    Emang apa tujuan Nge-Blog???
    Saya nggak tahu apa tujuannya, tapi saya mendapatkan banyak manfaatnya...

    :)

    BalasHapus
  6. Salam
    Dengan senang saya menjawab: Ingin belajar dan berbagi...

    Salam kawan

    BalasHapus
  7. Karena kalo ngga ngeblog lagi, artinya menyia-nyiakan Akun blogger yang udah di buat.. haha

    BalasHapus
  8. dari pada pikiran penuh, hati bergejolak mending ngeblog... terutama buat org yg aslinya pendiem-em, ngeblog sangat bagus untuk mengeluarkan uneg2 b^_^d

    BalasHapus
  9. di sela kesibukan kerja terkadang pertanyaan yang sama muncul di kepala. pada akhirnya ada sebuah jawaban bahwa apa yang telah ane proleh selama ini adalah bertambahkan silaturrahim ane, bertambahnya wawasan ane dan terpenting ternyata ane bisa nulis walaupun masih jauh dari kriteria seorang blogger

    BalasHapus
  10. tujuan duduk disana ngeblog ato mengunduh.. ?

    BalasHapus
  11. ngeblog y ngeblog, sama seperti saya aq sendiri juga g tau aq tujuan ku ngeblog, yg enting happy blogging aja sob

    BalasHapus
  12. pertanyaan yang sama dan sering mengusik saya... apa yang saya cari?! entahlah, nikmati saja semua ini.. :)

    BalasHapus
  13. saya baru sadar kalo ngeblog pun ternyata harus ada tujuan tertentu ya?

    BalasHapus
  14. jangan sampai bingung sob biar tetep semangat buat ngeblog...(sepertinya ente blogger sejati sob he3...)

    BalasHapus
  15. saya ngeblog karena saya ingin! titik, eh itu tnda seru ya? hee

    BalasHapus
  16. ngeblog untuk mengabadikan pikiran dan gagasan mas,,,, :D

    BalasHapus
  17. terkadang dengan tujuan yang tidak jeLas justru menimbuLkan efek psikoLogis tersendiri, yakni kesukaan dan menjadikannya sebagai hobi. sebagai contoh adaLah saya, padahaL dunia bLogging daLam konteks bLog saya hanya membuang waktu, tenaga, dan biaya. tetapi enggak tau justru saya sangat menyenanginya, sampai2 justru merasa geLisah kaLau daLam sehari aja enggak buka dasbor. entahLah, mungkin ini di katakan sebagai candu baru, bagi saya.

    BalasHapus
  18. sbetulnya ini pertanyaan klasik yg diulang2. jawabannya pun akhirnya ikut2an jadi klasik. tp kalo ad pertnyaan sprti lg...jujur sy katakan sy punya tujuan hanya untuk memperpanjang masa berlaku modem saya aja koq!. kbtlan selama setahun ngeblog sy lom pernah di warnet. Disaat pulsa habis ngeblog berhenti, pulsa ada ngeblog lagi. dst...dst. he..he.. gitu aza koq repot !!

    BalasHapus
  19. wUuaHhh ...
    MantAb tHu sOb... Lau aQ lbh sUka dUduk di pUncak Jembatan yang tingginya 50M utk sbUah ketenangan 'n inspirasi .. tUjuan nge-blog utk berbagi 'n jga mencari teman ...

    BalasHapus
  20. namanya hobi ya ga perlu ada alesan lah, sob. enjoy aja. kan L.A. :p

    BalasHapus
  21. dari ber-blogging biasanya kita mendapat tambahan ilmu di luar disiplin ilmu kita..

    BalasHapus
  22. utk hobi menils, berbagi tulisan dan mndapat teman :)

    BalasHapus
  23. mungkin ada kesenangan tersendiri apabila ngeblog fren.:D

    BalasHapus
  24. ketika kita ngeblog karena suatu alasan
    berarti niatnya cuma kaerena alasan itu^^
    hehehe
    asyik banget euy malam2 ngeblog

    kalo chika suka pagi2 banget nongkrong di kampus

    BalasHapus
  25. buat shared ilmu n menjalin ukhuwah..

    BalasHapus
  26. weh.... rokok.... enak tah mas ngerokok?? hehehe...
    hm... pertanyaan yang sama seperti yang aku tanyakan mas. :D
    ngeblog for what??? jawabanku simpel just for fun. :D

    BalasHapus
  27. ngeblog untuk media pembelajaran yang gratis...tis..

    BalasHapus
  28. KLo itu silahkan dijawab sendiri Sob.. yg pasti bukan karena terpaksa haha.. tapi karena sensasinya.....

    semangat n happy blogging Sob.. :)

    BalasHapus
  29. ngeblog... menyalurkan ide yang menumpuk dikepala supaya ndak pusing nantinya >.<

    BalasHapus
  30. gabung ya.. btul ngeblog ga perlu ada alesan..
    ngalir aja gitu :)

    BalasHapus
  31. salam... :)
    ohh... jadi jam ngeblog nya malem yak..
    :D
    lakukan apa yg ingin di lakukan hehe

    HIDUP!!! ^_^

    BalasHapus
  32. wow ngeblog sampe malem
    ak mah gak kuatt depat komputer lama2 suka pusing hehe

    BalasHapus
  33. ngeblog itu buat belajar...
    hehehe kalo aku sih gitu

    BalasHapus
  34. ngeblog juga bukan sebuah kewajiban koq

    BalasHapus
  35. nge blog untuk share...
    happy blogging... hhha*

    BalasHapus
  36. lah, malam2 di kampus demi ngeblog? bukan demi.. ngerjain skripsi misalnya..? :D

    BalasHapus
  37. ngeblog artinya ya berbagi. Tidak usah diperpanjang mencari - cari apa dan manfaatnya apa, toh tidak memberikan kepuasan pada penanya.

    BalasHapus
  38. duduk dikampus, mencari ide, menuangkan lewat blog, dan sharing melalui komentar, itulah blogger, berbagi ide tanpa berharap materi. dan sy lah penikmat ide anda kawan..hehe

    BalasHapus
  39. Ane jawab gan, dari pada di kos bayar mending di kampus gratis wireless

    BalasHapus
  40. tujuan gw ngeblog? karena disinilah pekerjaan saya. so simple

    BalasHapus
  41. Wah ngrokok sambil nyantai berteman angin malam dan cahaya bulan kayak nya asyk bgt ya mas...Mungkin dgn cara ini khusus nya aq pribadi bisa timbul inspirasi tersendiri

    BalasHapus
  42. hmmm..ngrokok ya???
    yang jelas buat saya ngeblog sebagai sarana curhat dan "aktualisasi diri" :D

    BalasHapus
  43. Hmmm.. ngeblog awalnya hobi lama2 jd bisnis...

    kan enak hobi jadi bisnis..

    BalasHapus
  44. hahah ... ternyata blogging telah menjadi candu bagi sebagian orang ... termasuk diriku juga :D

    BalasHapus
  45. inspirasi bisa datang kapan dan dimana saja jadi teruslah berblog ria, oke!

    BalasHapus
  46. Nyalurin hobi kawan.... dan punya bnyak tmen meski hanya di dunia maya, bisa mndapatkn kepuasan tersendiri kawan....

    BalasHapus
  47. ternyata masih mempertanyakan tujuan ngblog ya?
    udah jangan dipikirin..lakuin apa yg mau dilakuin aja..

    BalasHapus
  48. sampai saat ini, saya juga masih bertanya2 nih dan pertanyaan kemarin beLum terjawab juga. sepertinya perLu intropeksi diri Lebih Lama Lagi, hehehe...

    BalasHapus
  49. karena rokok sudah menjadi seperi rokok L.A yg mengandung candu

    BalasHapus
  50. kopi, rokok, dan kesunyian adalah..
    teman yang paling pas untuk mencari inspirasi

    BalasHapus
  51. tangan saya juga mendadak kaku kalo mbaca tulisan galau begini. Haheuheuheu

    BalasHapus
  52. KAlimatnya menarik untuk dibaca ..... NArasinya mengajak orang untuk berfikir bagaimana akhir dari postingan tersebut.
    Sudah dapat jawabannya BAng Affan ???
    Kalau ane yah untuk kepuasan batin dan berusaha untuk mengasah otak sekaligus dapat pengalaman dan teman dalam ngeblog.

    BalasHapus
  53. mengapa merokok..??/

    nah itu jawabannya sama dengan mengapa ngblog,bisa aja kecanduan,hobi..
    jawaban tulus ada dalam hatimu sabat,..
    smangat terus,lakukan apa yang kau kehendaki,kalo itu membuatmu senang..

    BalasHapus
  54. kunjungan pagi sobat...
    selamat beraktifitas.

    BalasHapus
  55. intinya nge-blog itu jangan terlalu monoton dan jangan terlalu ngoyo juga..

    tapi selama itu semua dilakukan dengan hatimu,sah2 aja mesti nongkrong di lantai dua gedung teknik industri itu..hehe

    tapi kalo saya sih nge blog ya kalo emang pengen nulis aja,kalo ada ide saya catet di notes dulu,nulisnya yah entar2 aja kalo moodnya oke :D

    BalasHapus
  56. untuk apa ngeblog?
    dan pastinya setiap blogger punya jawabannya sendiri2,
    dan pertanyaan klasik ini pun , biasanya terjawab dgn jawaban klasik pula, dan belum tentu memuaskan si penanya.
    jadi, gak usah dipertanyakan, jalani dan nikmati saja.
    salam

    BalasHapus
  57. Sebenarnya klo aku pribadi si puNya jawaban tersendiri ...
    1. Mencegah kebosanan.
    2. Sangat Baik melatih otak untuk berkembang daripada Melamun.
    3. Metode dakwah melalui menulis... sampaikanlah walau satu ayat...jadi sambil menyelam minum air
    kita nulis gak sia-sia melainkan dinilai oleh malaikat Raqib... bahwa kita menyampaikan yg baik dan pantas dan layak dibaca dan dipraktekan ...
    jangan yang buruk2 atau aib kita sebarkan....

    melainkan yang bernilai dan berharga hingga akhir hayat...

    KEEP SMILE (*_*) saat ngeblog berdo'a dulu jadi Enjoy hingga ending hehehheh

    BalasHapus
  58. Lebih baik NgebLOg dari lihat yg Negatif di Internet malaikat mawas kita kapanpun termasuk lagi enjoy...

    BalasHapus
  59. wah sudah terwakili uneg2 saya untuk menjawab. tapi ingin saya utarakan sendiri jawaban itu bagi saya yang pemula dan masih sangat segar tujuan saya menulis di blog dimana saya yang sangat tidak gemar menulis dan membaca adl ingin berbagi dan menggali, mengabadikan pengetahuan yang mungkin suatu saat terlupakan namun berarti, menambah teman dari dunia yang berbeda bagi saya pribadi dimana saya suka berteman, mengisi waktu luang.

    salam kenal

    BalasHapus
  60. Ya asal ada waktu dan inspirasi Blogging gitu
    Ok Sob...

    BalasHapus
  61. Setuju. Kalau memang cinta blog, sudah tidak perlu dipertanyakan lagi toh? :D Cinta itu tidak bertanya :). Kita melakukannya karena kita suka ^^

    Salam kenal

    BalasHapus
  62. yg namanya hobi ya emang sulit buat dihilangin sob...

    BalasHapus
  63. Saya pun merasa bosan ngeblog Mas..
    Tapi ini demi manfaat kedepannya..
    Tetap semangat Mas!!

    BalasHapus
  64. memang sih, kalau dipikir, untuk apa ya kita ngeblog. Di benakku pernah juga terlintas pertanyaan serupa. Kadang di benakku pernah terlintas pernyataan seperti ini: Ngeblog tuh cuma menghabiskan waktu di depan komputer dan tidak bergaji. Selain itu menjadikan malas untuk beranjak sehingga kewajiban yang lainnya jadi terbengkalai. Seperti tugas kuliah dan tugas rumah. Tapi setelah dicermati, ngeblog itu asyik, dengan ngeblog memperluas wawasan kita tentang dunia maya dan info pengetahuan lainnya, bisa sharing dengan banyak teman, dan membuka mata kita tentang isu-isu dunia. Kita juga bisa belajar menulis dan mungkin masih banyak lagi keuntungan ngeblog yang tidak mungkin diungkapkan satu persatu disini.

    BalasHapus
  65. buat kesenangan, kepuasan...

    BalasHapus
  66. tujuan ngeblog? yo sak enak wae, golek receh juga bisa.. biar dapet nikmatin angkringan saben minggu he he

    BalasHapus
  67. menyalurkan hobi menulis, nambah sedulur, syukur-syukur bisa nambah buat bayar kost :D... kabuurr

    BalasHapus
  68. Bilang saja itu iseng :).

    BalasHapus
  69. suatu saat nanti kamu pasti dapatin jawabanya sob... - my blogpost

    BalasHapus
  70. duit sob.... coba ikut kontes yang satu ini... kali aja menag... hehehehe lumanyan lho buat biaya kuliah 2 tahun.. hihihihihihi

    BalasHapus
  71. terkadang, memang kita baru menyadari bahwa ngeBlog juga bisa membuat kita kecanduan dan adiksi akut...

    ketika semangat itu memuncak, maka intensitas blogging yang sangat tinggi tak terasa bisa kita lewati seperti waktu yang singkat dan sangat menyenangkan...

    BalasHapus
  72. aku ga mau kasih link mas bro..tapi bisa liat di blogernas.co.cc, hmm.berat dan ganyaman kontennya ttg Tuhan...silahkan dan ini bukan mengundang jadi tamu kehormatan di sana lho...hahhehhehehe

    BalasHapus