BIJAK MEMBUAT POSTING





Hampir semalaman membuat sebuah posting. Tapi cukup 4 detik memberikan tanggapan : NICE POST! (dan enter)
*blogger jadi galau.

Gagal
Jujur, saya merasa gagal jika komentar - komentar tersebut muncul di kotak komentar milik blog saya. Saya merasa gagal : saya tidak mampu menyampaikan secara lebih baik apa yang ada di dalam pikiran saya kepada para pembaca. Saya gagal karena saya telah menyeret para pembaca ke dalam kesukarannya untuk mencerna isi tulisan saya.

Terlalu panjang

Kadang - kadang komentar - komentar itu muncul ketika artikel yang saya tulis terlalu panjang. Wajar. Koneksi internet tidak gratis. Semua orang ingin cepat membaca, gesit mencerna, dan lincah dalam memberikan komentar. Pokoknya : semakin singkat membaca dan gesit memberikan komentar maka akan semakin banyak blog yang saya akan kunjungi ha-ha-ha. So, artikel panjang dan isinya berbelit - belit akan menjadi musuh besar bagi mereka.

Tidak selera
Kadang - kadang saya juga membuat artikel yang out of date dan jauh dari selera yang lagi happening saat itu. Pembaca tidak akan pernah peduli saya sedang dirudung sedih atau sedang menang undian tiga ratus juta. Pembaca hanya ingin tulisan yang disuguhkan enak bagi dirinya. Jadi, apabila saya lagi dibalut gelisah dan galau maka saya memilih untuk merangkainya dalam sajak yang lembut, ringkas, namun menohok daripada ba-bi-bu cas-cis-cus curhat ngalor-ngidul yang pangkal ujungnya tidak tahu harus kemana dan lagi - lagi ARTIKELNYA JADI PANJANG.

Kurang aksesoris
Saya juga terlalu memaksa pembaca saya : POKOKNYA ANDA HARUS BACA SEMUA TULISAN SAYA. Tapi setelah dipikir - pikir, mana yang lebih cepat dicerna : gambar atau tulisan? Ketika saya sisipkan gambar, ternyata hasilnya memuaskan. Gambar lebih bisa BERBICARA dibandingkan tulisan 5 paragraf. Gak salah jika kita mencoba bercerita lewat gambar, apalagi gambar yang menarik, yang akan mengurangi beban pembaca untuk memindai huruf - huruf.

Saya kembalikan lagi ke anda. Jangan salahkan saya bilamana saya hanya membubuhkan komentar : SALAM HANGAT! (dan enter) di bawah artikel anda. Ha-Ha-Ha.






Yang Satu Kategori

143 Komentar:

  1. nice info gan! ha ha ha ^_^..
    membuat tulisan di blog memang bisa memeras kerja otak, berpikir apa ya topik yang lagi hangat, tapi setelah dapat...berpikir lagi waah ga sesuai dengan tema blog (itu untuk blogger yang idealis)....
    atau malah ga mau pusing, wong blog-blog sendiri kok, gratis...tulis aja yang lagi IN...malah copas aja...ga apa ini...walah ^--^

    Setiap orang punya tujuan dalam ngeblog, semua orang sekarang bisa dengan mudah membuat dan menulis di blog....tapi yang membedakan dari itu semua hanya sedikit.
    yaitu konsistensi dan eksistensi....walau isi tulisan cenderung membosankan tidak apa asal ada nilainya bagi profesi masing-masing.

    Juga menulislah layaknya tulisan -Evergreen Article- artikel yang tak lekang oleh panas dan tak lapuk oleh hujan.
    selalu cuco dengan kondisi jaman....
    Artikel semacam ini masih enak dibaca kapanpun dan tak dianggap sebagai artikel basi sepanjang memiliki nilai.Hal ini berbeda dengan artikel yang mengandung unsur news atau berita. Artikel semacam ini lebih cepat basi karena ada unsur waktu di sana.
    masalah ada komentar atau tidak, bukan masalah (ini bagi saya sob)....sing penting kita tetap bertanggung jawab dalam menulis dan tetap berusaha untuk idealis....ngeblog tidak semata untuk materi bukan??
    (sorry terlalu panjang, bukan menggurui cuma ini kesempatan mengeluarkan uneg-uneg)
    salam hangat dari Balikpapan

    BalasHapus
  2. aku juga sering ngerasa gitu ^^ tapi ini postingannya bagus bisa sekalian buat koreksi . mantap :))

    BalasHapus
  3. entah kapan terakhir saya berkomentar disini. Jujur, merasa kehilangan ketika sampean lama ndak bergentayangan (hhh istilahnya kejam), padahal tulisan-tulisan sampean sebenarnya enak dibaca (itu yang sedikit saya ingat)
    berkomentar dan dikomentari adalah hal yang sangat penting dalam sebuah blog, bukan semata meningkatkan trafik tapi untuk saling mengasah saling berbagi dalam pemikiran dan pengalaman. Dari komentar yang terbentuk, kita bisa merasakan bagaimana cara pandang dan pemikiran seseorang.

    BalasHapus
  4. thanks gan kunjungannya.. blogwalking

    BalasHapus
  5. woah ...
    Sumfah, ane juga suka dongkol sama orang yang kea gitu ...

    Ga tau apa rasanya kalau mikir + nulis berjam jam demi mendapatkan kata kata yang pas, cuma dibale nice post !

    Maho bener dah tu orang, ababil -___-
    belum lagi tukang obat yang nyampah ...
    Eek lah ...

    BalasHapus
  6. Wah untung sj postinganku akhir2 ini lebih ke coretan yang singkat2 saja, hehe...

    BalasHapus
  7. lah kalo ga ada yang berkunjung dan berkomentar bukannya itu sebuah kegagalan yang lainnya?

    BalasHapus
  8. bingung mau koment apa nih,tapi oke lah nih posting. salam hangat aja deh.

    BalasHapus
  9. berkunjung mas, ditunggu foolbacknya.
    simple gak panjang jelas apa yang disampaikan, itu sudah cukup mas, :D

    BalasHapus
  10. Nice post *sengaja bikin dongkol*

    Tergantung pembaca juga. Kalo emang gak tertarik, ngapain komen? Cuman numpang nitip link?

    BalasHapus
  11. Semoga saya tidak termasuk yang baca 4 detik terus komen hehehee...

    Tetap semangat sob :)

    BalasHapus
  12. memang agak kesal juga sih cari ide susah susah blogwalking sana sini muter muter cuma dapet nice post,klo saya sih ambil positif nya mas
    masih untung saya di kunjungi balik
    malah sering ga di komen balik
    saya ga nuntut komentar balik loh !!!

    bener tuh mungkin dari segi Inet nya kurang
    jadi sedikit buru buru takut kuota habis
    saya jga sering kok begitu
    tapi klo inet lagi ngacir saya pasti baca dulu ya walaupun 1 s/d 2 paragraf
    sekian dari pengalaman saya
    mohon maaf klo ada salah kata

    BalasHapus
  13. ahahaha.. walau bagaimanapun juga ini bener2 "nice post".. bener2 mewakili... :D

    tp kalau saya, tetep bersyukur walaupun ada yg kasih koment nice post ato nice inpoh doank.. mereka mau ngunjungi aja udah seneng, apalagi koment di blog butut saya :D
    piisss.. ^___^v

    BalasHapus
  14. sebenbarnya prndapat yang disampaikan dalam postingan ini tidak ada salahnya, semua ide benar, hanya komentar apapun yang dilakukan oleh pengunjung kebanyakan seseuai dengan kebutuhan, pengunjung tidak bisa dipaksakan untuk melakukan komentar, karena sebenarnya apa yang kita lakukan hanyalah sekedar berbagi, sharing, dan mengembangkan sistim persahabatan dalam dunia bloger........
    selamat malam dan sukses sobat, saya juga harus mengunjungi blog teman lainnya
    terima kasih

    BalasHapus
  15. Saya s7 dengan Penyuluh Perikanan, salam kenal sob..

    BalasHapus
  16. wah mantap sob thanks atas kunjunganya . . . :D

    BalasHapus
  17. itulah seninya bikin postingan :D
    kalo pengen komennya ga kayak gitu yah harus lebih interaktif dengan pengguna :D

    BalasHapus
  18. eh, tadi udah komentar kok ga masuk ya? -__-"

    saya juga kadang suka mendapatkan komentar semacam itu, perasaannya pun sama kayak kamu. jadi merasa tulisan kita engga ada apa2nya, padahal isi otak sudah terkuras untuk menulis.
    berarti cara kita menarik pembaca untuk senang membaca tulisan kita harus ditingkatkan, tapi yang lebih penting adalah menulis aja dulu, komentar orang mah belakangan :D

    BalasHapus
  19. pagi-pagi berkunjung membawa misi follow #936, ditunggu follback nya...

    BalasHapus
  20. nice post...
    (merasa gagal ya? tidak juga, itu kan artinya ada yang suka tulisannya)

    ambil sisi positifnya aja, dari pada ga ada yang komen, hehe..

    BalasHapus
  21. nasehat yang super bos... ^_^

    BalasHapus
  22. hehehhehhee, selamat pagi mas bro, hehehehe s

    BalasHapus
  23. saya menghargai setiap komentar yg di tuliskan di postingan saya, setiap org punya pilihan utk membaca semua, sebagian atau sekedar menuliskan salam hangat...KECUALI komentar SPAM tentu saja [maaf jika saya memasukkan dalam kotak SPAMMER]

    saya sendiri lebih suka menyisipkan gambar sebagi fiture postingan..secara pemahaman sederhana, mata akan cepat jenuh jika yg dilihat hanya tampilan hurup semua [apalagi saya seringnya membuat postingan panjang]. Dengan adanya gambar, setidak jika pembaca tidak sempat membaca semua tulisannya..masih bisa melihat atau berkomentar ttg gambarnya..

    After all, saya setuju dengan dengan pendapat Pak Arya -devi.

    BalasHapus
  24. nice posting :D

    kalau saya pribadi kurang suka tulisan yang sangat panjang, apalagi tema/tampilannya tidak menarik, hal itulah yang membuat blogger hanya berkomentar 'nice post', cuma basa basi agar si empunya tahu bahwa si blogger udah absen ke tempatnya :)

    BalasHapus
  25. hehe, senasib sob... kalo ada artikel panjang yang judulnya sulit di cerna perut mending nyepam terus ke sahabat laen... wkwkwk

    BalasHapus
  26. Masalahnya hampir sama teh, Saya juga paling gak suka dengan komentator macam itu. Mana bisa memberi penghargaan sama penulis?
    iyah, interospeksi jalan terbaik, kalau saya ya, memang beberapa artikel Saya adalah artikel yang fungsinya menggaet visitor, bukan komentator. Jadi maklum saja kalau ada komentator irit macam mereka.

    Sama seperti admin blog ini, akalau mereka ketahuan saya komen singkat yah saya balas dengan komen yang singkat pula. Kadang membuat mereka sadar bahwa tindakan mereka kurang benar juga penting. Salam Blogger :)

    BalasHapus
  27. Salam hangat *press enter*

    *kemudian digaplok* :p

    iya benerrrr.. pernah juga saya tulis beberapa hari lalu, di tulisan berjudul Ngeblog dengan Ikhlas, "ada kepuasan tersendiri saat tulisan kita dibaca sampai tuntas oleh orang lain. Apalagi kalau kemudian dikasi komen bermutu"

    kalau mau baca edisi komplitnya mampir lagi aja ke blog saya yes *promo deh xixixi

    BalasHapus
  28. hahaha.... saya juga ingin posting yang seperti ini,tapi saya takut menyinggung temen2 blogger ... tapi tak apalah .. sudah di wakili ternyata ... apalagi para penggila PV atau cuma ngejar PR ... hah ...

    BalasHapus
  29. postingan yang bagus kak
    salam kenal n sekalian izin follo ya

    BalasHapus
  30. nice info xixixix lha maunya gimana tho sampeyan ini xixixi, kasih comment panjang eh kelamaan ngetiknya, kasih comment pendek eh ga enak liatnya hmmm jadi serba salah nih xixixix.

    btw, udah lama bgt nih ga mampir ke sini ternyata udah banyak yang berubah y heheheh sip deh.

    BalasHapus
  31. hahahah.. betul3x.. makanya pikir2 dulu aku sob kalo mau bikin tulisan yang panjang apalg yg galau2 gitu,, sini sih suka2 aja nulis seenak udel kita, tp kan blog kita juga dibaca orang jadi musti kita pandang juga dari sisi orang lain tentang isi blog kita *halah

    oke.. mantap sob artikelnya, lanjutkan, nice posting, ditunggu lanjutannya, berkunjung :P

    BalasHapus
  32. ketinggalan,, tak follow yaa.. ditunggu polbeknya :D

    BalasHapus
  33. nice post gan!
    *galau
    bwakakakaka..
    salam kenal ya btw, uda coba Molomenya? :D
    suka fotografi kan?
    lumayan buat pamer foto2 tuh..
    asal punya hape andro/ bb/ nokia aja bs kok.. :)

    BalasHapus
  34. wah,,, bos... bener banget nih..
    aku juga pernah ngerasain gimana rasanya... :|

    BalasHapus
  35. Kalau blog saya juga ada kaya gitu. Masalahnya sih cuma selera. Artikel q di tujukan untuk tujuan tertentu tapi pembaca tidak menentu.

    BalasHapus
  36. wkwkwkwkwk.
    nice post.!!!!
    pertamax,
    ethanol, methanol :p
    awesome.
    follback.

    saya juga benci ntu pak.
    tapi yang penting nggak nyepam pake link nggak jelas :p

    yg penting lagi ada yang mbaca tuh..

    BalasHapus
  37. hehhe :D emang bener sih rasanya sedih aja,apa lagi dah curhat di blog,gak ada yang kasih solusi apa apa,paling cuman "sabar ya" =.= suram wkwkwk
    tapi gapapa laah berarti mereka masih baca walau sekilas :D kalo gambar,iya ada pembaca yang dia akan lebih mengerti kalau pakai gambar dan ada juga pembaca yang ngerti tanpa gambar.kalo saya sih misal baca blog orang,yang di sajikan adalah post tentang dia pergi main dengan teman nya... atau dia sedang berlibur ke luar kota.kayaknya gak ada feel bener kalo gak ada gambar. hehhe jadi kalo post tentang sesuatu yang kita alami sendiri tanpa gambar (semisal kayak mengunjungi suatu tempat tadi)rasanya bakal panjang jadi nya tu post,jadi isi aja gambar maka reader akan mengerti maksud post kita hehe taoi kalau untuk artikel semisal kayak perincian ,atau prosedur teks,atau seperti post yang saya komentar ini,wajar gak ada gambar :D dan saya sangat enjoy berkunjung ke sini ^^ nice saya izin follow ya :D BTW mana shoutboxnya ya?ehhehe :D

    BalasHapus
  38. kok pesan q gag muncul bro?
    hadewh.

    nice post nice share pertamax.
    wkwkwkwk.
    komentar paling tak benci.

    tapi mendingan gitu dari pada nggak komentar?

    BalasHapus
  39. saya ngeblog barusan aja, jadi tidak begitu ngaruh dengan koment, karena belum paham betul gimana cara ngeblog yg baik biar byk koment...


    salam kenal.

    BalasHapus
  40. . . ouwww,, jadi kalo kepanjangan gitu bikin jenuh juga ya?!? wachhhh,, kalo gitu aq tak simpel^ aja lah kalo pas bikin postingan . .

    BalasHapus
  41. Tul betul pake banget.. tapi untunglah saya 'jarang' atau dewasa ini gak pernah comment singkat padat sangat tidak jelas :D
    sip deh nih tulisannnya :D

    BalasHapus
  42. masa sih semalamam bikin postingan?
    :D

    kyknya selama ini sy bikin postingan itu cuma 30 menit-1 jam.

    makanya i don't care dgn komentar yg panjang dgn singkat. where's the different?

    BalasHapus
  43. Pokoknya : semakin singkat membaca dan gesit memberikan komentar maka akan semakin banyak blog yang saya akan kunjungi ha-ha-ha.

    >>> Wkwkwk... Mental Spammer nih :p
    >>> Trus mau apa bisa ngunjungi blog banyak? Gunanya apa? Biar dapat kunjungan balik? Haha.

    Nice post! Salam hangat dah

    BalasHapus
  44. bagus banget ini artikelnya, apalagi yang tentang gambar, saya setuju bgt gambar itu kadang bisa lebih dicerna, jadi lebih mudah dimengerti :D

    BalasHapus
  45. berkomentar adalah hak setiap pengunjung, entah panjang, pendek atau hanya sekedar lewat, so dinikmati aj :) yg penting komen mereka bukan spam atau sekedar nitip link, etc :)

    BalasHapus
  46. iNSPIRATIF SEKALI SOBAT,INTINYA,MEMBUAT POSTING YG SEDANG-SEDANG SAJA ASAL MENGENA DENGAN JUDUL POSTINGNYA YA SOBAT...
    SALAM KENAL DAN SALAM PERSAHABATAN.

    BalasHapus
  47. Ngeblog tu dinikmati aja...
    Postingan yg bermanfaat buat ngoreksi diri sendiri

    BalasHapus
  48. Klo aku ada dua blog, satu blogspot khusus djepretan dan WP khusus tulisan tapi yg ada fotonya juga hehehe.

    Salam hangat.... klik publikasikan :)

    BalasHapus
  49. iya benar gan... kadang klo cuma ngasi komen "nice post" itu perlu dipertanyakan artikelnya dibaca apa gk??? hahahah

    Blog walking sob

    BalasHapus
    Balasan
    1. ini contohnya ya gan? heheh.
      ente bijak ya gan, ente tidak menyalahkan orang lain tapi justru mencari tau dan memperbaiki diri sendiri. sampe menemukan dan membuat rumusan seperti ini, ehm, salut. tapi si menurutku, ga semuanya salah ente gan. mungkin bisa aja kita sudah bikin postingan susah susah dan ternyata temen kita lagi di kejar BW jadinya koment seadanya, ga papa. asal kita uda kenal, tapi klo ada orang yang baru kenal sampe koment di atas atau cuma minta folback, ane ga akan kunjungan balik gan. biarin aja, emang nya siapa dia? dia aja ga interest ma postingan kita, buat apa kita interest ma postingan dia.

      heheh, itu si kalau aku

      Hapus
  50. Sorry klo 2 times...

    cuma pengen bilang klo blognya uda ane follow *944*...

    jangan lupa mampir n follback blog ane yah... :D

    BalasHapus
  51. aku sangat setuju sekali..
    semangat terus sahabatku...

    BalasHapus
  52. Hahahaha... saya merasa geli sendiri membaca tulisan Anda ini, serasa menemukan benang merah dengan tulisan yang telah saya posting di blog saya sebelumnya :D
    Benar, saya pribadi menghindari kata-kata seperti itu, terlalu biasa, hehehe...
    Btw, salam kenal :)
    Ini kunjungan pertama saya ^^

    BalasHapus
  53. maaf baru bisa mampir,

    maju terus sobat :))

    BalasHapus
  54. berbagi kata kata motivasi sobat " Senyumlah, tinggalkan sedihmu. Bahagialah, lupakan takutmu. Sakit yg kamu rasa, tak setara dengan bahagia yg akan kamu dapat.
    Air mata tak selalu menunjukkan kesedihan, terkadang karena kita tertawa bahagia bersama sahabat terbaik kita." semoga bermanfaat dan dapat di terima ya, :D

    BalasHapus
  55. hahahaha itu terakhirnya nggak enak banget bales dendam :p

    BalasHapus
  56. kalo ane, "nice info" maklum, "pengunjung adalah raja". nah, kalo tukang jamu nyepam tuh . paling ga suka ane :)

    BalasHapus
  57. Bijak sekali kakak.. :P
    btw curcol ga masuk yak? :D

    BalasHapus
  58. Bener bgt sob.... klo dipikir2 setiap org mmg butuh penghargaan.. menulis jg kan usaha jd kita butuh dihargai dengan tanggapan atas tulisan kita,

    Tp kembali pada niat kita menulis yaitu ekspresi diri dan pemikiran...menulis sajalah yg bermanfaat yg penting gak copas.
    intinya kita ingin berbagi, itu aja.. selebihnya serahkan pada dunia...

    Salam Hangat nih!..Heheee

    BalasHapus
  59. ngeblog itu sesuka hati :D
    jgn memikirkan hal yg cm bkin stress'
    intinya jgn pernah berhenti menulis :D

    BalasHapus
  60. Tulisannya sangat bermanfaat nih buat para newbie di dunia blog kayak gue..

    Mohon bimbingannya :)

    @mahasiswamepet
    mahasiswamepet.blogspot.com

    BalasHapus
  61. saya mengakui bahwa komentar sahabat memberi energi untuk saya terus belajar menulis. Namun saya sadar, tidak bisa memaksa orang untuk membaca dan memberikan komentar terkait tulisan yang saya buat. Barangkali, seperti yang terkadang saya alami, bingung mau memberikan komentar apa, bukan karena tidak baca secara menyeluruh, tapi benar-benar bingung mau komentar apa lagi karena intinya sepakat dan sependapat dengan isi tulisan. Atau juga tak berkomentar karena tidak semua tulisan harus dikomentari, tapi diambil hikmah dan pelajaran darinya.

    Lama nda berkunjung ke sini, terakhir masih menggunakan theme lama, ada gambar roti ( kalau nda salah ingat )

    BalasHapus
  62. memang kadang2 orang membaca postingan kita hanya membaca sebagianyang pentingnya saja kemudian dia komentar sesuka hati dengan melihat komentar2 yang sebelumnya..hhe

    salam silaturahmi sobat..
    followback yea

    BalasHapus
  63. kalo aku mah penting posting...wkwkwk
    mau jelek mau apa yang penting posting :D

    BalasHapus
  64. saya juga sering buat artikel yg bikin bosen dan jadul hehee.itu wajar lagi...

    BalasHapus
  65. Hmm.... saya mau posting kisah hidupku #3 agak sedikit ngerijuga soalnya membuka aib diri sendiri jadi gimana tuh baiknya bang..?

    kasih kabar kalau udah di komen balik yah ke twitter saya bang mohon saran ID twitter saya @mochromdhonie terimakasih bang....!!

    BalasHapus
  66. biasanya kalo kalimat awal itu menarik pasti pembaca akan penasaran untuk terus menerus membaca sampe artikel di post itu terbaca semua

    BalasHapus
  67. Saya sangat suka dengan blog ini... thank sharing@ sob..

    BalasHapus
  68. Oh... aku baru tahu apa yg diinginkan seorang pmbaca

    BalasHapus
  69. untuk membuat sesuatu yang diharapkan bisa disenangi orang memang banyak yang harus dipertimbangkan, termasuk dalam membuat sebuah postingan...

    tapi jika terlalu banyak mikirin soal kemauan orang dan selera orang juga kadang membuat beberapa blogger jadi kebanyakan mikir dari pada bergerak menuliskan sesuatu..hehe...

    kalo saya pribadi.. apa yang ingin saya tulis ya.. saya tulis aja... soal orang suka atau nggak itu urusan mereka... :)

    BalasHapus
  70. Kabar saya baik Mas Affan, anda tidak gagal mas anda telah membuktikan bahwa anda blogger yang wah yang kadang tulisan dan sentilan anda kadang diatas nalar atau batas pemikiran saya karena tahu hendak mengimbangi dengan komentar bagaimana akhirnya saya cuma bisa bilang nice post blogwalking

    BalasHapus
  71. NICE POST!!!!

    Belom enter hahahahahah

    Tapi mungkin tergantung juga.. kalo maunya jadi seleb blog, memang harus diperhatikan hal hal di atas hihii

    BalasHapus
  72. kalo aku pengen nulis ya nulis aja yang panjang ahaha.. kalo komentar gak nyambung ya delete :|

    BalasHapus
  73. setuju..gambar lebih bisa lebih cepat dicerna dari pada tulisan yang panjang2 banget.. :)

    BalasHapus
  74. kalau ada yg komen gitu saya juga merasakan hal serupa. biasanya itu mereka yg ngejar traffik, jd ga baca, langsung komen. kalau saya, ga saya kunjungi balik, soalnya saya niatnya berteman di blog. bukan ngejar trafik.

    salam kenal ya :)

    BalasHapus
  75. hadir, tanpa komentar 'nice post'
    yang pasti kita berbagi disini... apapun komentarnya setidaknya mereka sudah mengikuti (ralat, membuka) blog kita :)

    salam kenal, salam hangat

    BalasHapus
  76. sentilan di siang bolong nich gan...
    namun sya sich berbaik sangka saja dengan komen2 pendek spt disinggung dlm postingan diatas, krn buat sya terlalu berharga bila sudah msk dalm sebuah blog kita hanya "melewatkan" begitu saja :)
    salam hangat yach...!

    BalasHapus
  77. akan saya catat utl kemajuan blog saya....o_O

    BalasHapus
  78. akan saya catat utl kemajuan blog saya....o_O

    BalasHapus
  79. bener kakve... tapi tidak semua orang bisa mengomentari dengan kata2 yang gimana gitu. jadi selesai membaca, mungkin ia hanya menuliskan itu (mungkin ada maksud silaturrahmi). jadi nggak ada salah nya juga sih. kadang postingan yang bagus pun suka dikomen dengan sangat amat singkat. hehehe

    BalasHapus
  80. hhmmm :) saya setujuh dengan kutipanya .. hihih :D
    postingan yang panjang dan berbelit-belit memang sy sndiri juga kurang begitu suka , tp kalo penting dan bagus mah ,, weh sampe hatam bacanya ...

    BalasHapus
  81. post yang mewakili banyak bloger...

    memang gan kalau tulisan terlalu panjang kadang mals juga untuk membacanya hehe...

    oiya makasi sudah berkunjung ke lapak sederhana saya..

    BalasHapus
  82. NICE POST [enter]
    .
    .
    .
    ha ha ha ha
    saya waktu awal2 ngeblog suka gitu kalo pas BW
    tapi sekarang insha alloh ngga ...
    tapi kadang kalau memang postingannya bagus dan tidak perlu bagi saya untuk memberi komentar macam2, karena justru akan merusak isi postingan ybs saya terkadang dengan tulus memberi komentar
    'nice post' lho ...gimana dong?
    ^_^

    BalasHapus
  83. Informasi yang sangat bermanfaat. Situsnya sangat informatif.
    Silahkan pasang iklan anda Di situs Pasang Iklan Baris Gratis Tanpa Daftar

    BalasHapus
  84. heheh, emang sih, kadang ngerasa bersalah juga kalo dapet komen kayak gitu, tapi kalo ada tambahan l;ainnya dibelakang nicepost! artinya bisa beda kan yaa.. :)

    BalasHapus
  85. blogger yang bersahaja.. haha..
    asal ga junkies aja yah? eh, junker / spammer mksdnya! haha

    BalasHapus
  86. hei..makasi ya udah berkunujung :) blog mu ini inspiratif sekali :) makasi juga atas komen nya saya ,mengakui masih bnyak kelemahan :)
    salam kenal sobat :)

    BalasHapus
  87. trimakasih memberi masukan saya untuk lebih baik menulis lagi

    BalasHapus
  88. yah background pembaca juga beda2 gan.. kalo blogger penggiat teknologi mungkin nggak betah baca postingan2 tentang traveling yang biasanya panjang2. begitu juga kalo blogger yang biasa nulis tentang olahraga nggak bisa komentar banyak di postingan tentang spiritual misalnya.
    akhir kalam, NICE IMPOH! XD

    BalasHapus
  89. ho ha, thenks komen nya ea..

    BalasHapus
  90. aku lebih suka posting pakai gambar

    BalasHapus
  91. Semua definisi yang kau totorkan di atas postinganmu betul semua. Berasa sama saya yang kadang suka ngerasa hal-hal kecil tersebut. kalau panjangan artikelnya atau terlalu banyak gadgetnya langsung ane cabut pada saat itu juga :D

    BalasHapus
  92. wuahahhhh.... kesindir, hihi.. bagus :D
    tapi saya memang blm bisa seperti para senior, ciamik membuat postingan

    BalasHapus
  93. Terkagum-kagum dengan banyaknya komentar. Aku sendiri punya beberapa blog, satunya ada fotonya satunya nulis uneg-uneg. Gak terlalu peduliin komentar. Maklum jualan jamu juga. Tapi kalo blogwalking pake profil bukan yang jamu

    BalasHapus
  94. Nice post juga gan...Hehe
    Banyak dari kalangan blogger yang berkomentar seperti, ''nice post'', ''artikel yang menarik'' dsb. Itu menandakan hanya ingin meninggalkan jejak saja. Tanpa adanya interaktif sama mpunya blog.

    BalasHapus
  95. ending nya kesannya canda .. oke la mbak silahkan komen bilang apa saja :D

    BalasHapus
  96. ђαϑϱúђ (¬˛¬) ngantrinya jauh amat nih, mau komentar wkwkwk... :D

    Tetap semangat Sob,, salam kenal yah.

    BalasHapus
  97. emang sih kl post terlalu panjang jarang dibaca abis, alias oncat2, tp ya mungkin berguna lho bagi mereka yg memang butuh info tersebut :D

    BalasHapus
  98. Mendingan seperti itu sobat dari komentarnya hanya Thanks dan jualan obat sperti pembesaran penis, kanker, dan segala macam

    yang paling menjijikkan yakni Pembesar penis payudara kyk2 gitu lah sob

    haha

    BalasHapus
  99. Astaga!!! Komentar2nya!!!! 105!!!! Seumur2 baru kali ini lihat jumlah komentar terbanyak dalam satu blog!!! 0_o

    Eh klo gue, gue rada malesan memang baca postingan yang panjang2, apalagi kalau itu cerpen... Zzzz.. Mana masih banyak blog2 lain yang belum dikunjungin... -_-

    BalasHapus
  100. tanggapan yang baik sudah tentu baru dapat dilakukan setelah membaca postingan yang dimaksud dengan baik pula tentunya, begitu ya gan...

    BalasHapus
  101. mungkin bagi blogger yang dikunjungi, 2 kata itu rasanya ga cukup memuaskan bagi kita krn terlanjur mengharapkan sebuah pendapat dari apa yang kita tulis. jujur, gw jg kadang ngerasa kaya gitu tp kalo kita di posisi pembaca, maksud mereka memberikan komentar itu bukan untuk membuat kita si penulis menjadi galau namun krn ingin memberikan porsi yang sama pada blogger lain supaya tdk ada yg merasa dianak tirikan. hehehe, salam hangat dulu ah ;D

    BalasHapus
  102. walaupun hny 4 point sob tp membangun banget.., thx ya.. *smile

    BalasHapus
  103. nice post ... bukan berarti saya tak baca atau tak belajar tak memahami . pada postingan ini misalnya, karena menurut saya memang bagus.
    terimakasih sob, sangat bermanfaat bagi saya yang masih belajar menulis.
    salam hangat ..

    BalasHapus
  104. salam hangat ... :)
    ga bosen saya berkunjung kesini lagi ,,, :D

    BalasHapus
  105. hehe.. biar gitu ya tetepaja sob blogging, biar out of update, kurang berbobot, dll.. :D

    BalasHapus
  106. he..he.. ngena banget tuh..

    BalasHapus
  107. balas kunjungan sob... menanggapi hal ini tentunya kembali lagi kepada pembaca itu sendiri,, ada beberapa faktor yang menyebabkan ini semua.. yaitu artikel tidak senada dengan hati sang pengunjung,, artikel terlalu panjang dan bertele2,, dsb.. termasuk saya juga suka seperti itu sob.. dan artikel yang saya tulispun sellalu membbuat bosan pembaca,,, tapi jangan nyerah sob.. maju terus sukses.. buat blog kakve... saya ijin follow sekalian ya.. didin s

    BalasHapus
  108. mantap!...*minta dijitak* :p hahhaa

    blog gue juga sering dapet komentar kayak gitu tuh, berarti gue gagal ye jadi penulis #JadiGalau.

    Kalo gue pribadi sih, dari pade ninggalin komen nyampah mending kagak useh komen dah *atut ketahuan oon-nye, hahaha :p*

    BalasHapus
  109. wkwkwkw pengunjungnya kejar postingan kayak di kaskus aja biar cepet ISO mas

    BalasHapus
  110. Sebetulnya hak pengunjung untuk memberikan komentar apa saja yang penting masih beretika, dan terkadang pengunjungpun memberikan komen tanpa membaca dulu entry yang dibuat, itu adalah tantangan kita mas untuk terus berkarya , keep the spirit

    BalasHapus
  111. bener banget sob ..
    kalo ada yang koment nice nice gitu biasanya mereka gak baca cuma pengennya ninggalin jejak aja ..
    yaaah memang kita tidak bisa memaksa mereka untuk membaca postingan2 di blog kita ...
    , lebih baik komentar gak penting ato tidak sama sekali, gue belum tau mana yang lebih baik

    BalasHapus
  112. jadi komentar hanyalah sekedar komentar =,="

    BalasHapus
  113. iya kadang2 saya juga suka gitu gan kalo lagi males baca postingan orang wkwkwkw
    tapi kalo postingan kita di beri komentar seperti itu pastinya jengkel hahaha

    BalasHapus
  114. ada satu kata lagi yang biasanya digunakan untuk komen cepat yaitu kata "mantab" , mungkin motif dari komen itu untuk mendapatkan backlink apa lagi kalau blognya dofollow dan ber pagerank tinggi.

    BalasHapus
  115. Kalo menurut saya, apapun isi/konten yang ditampilkan penulis adalah informasi berguna yang ingin dibagikan kepada siapa saja yang membacanya, dengan gaya khas bahasa yang berbeda dari masing2 penulis. Dikomentari atau tidak bukanlah menjadi persoalan. Yang penting semangat menulis dan berbagi informasi ini perlu dikembangkan dan dilanjutkan. Kesempurnaan penulisan itu perlu, tetapi kesempurnaan jangan membebani pemikiran yang ujung2nya jadi galau. Terus berkarya. Tetap semangat, karena tulisan anda bagus Gan.. NICE POST! #upss :)

    BalasHapus
  116. wah betul tu yang dikatakan diatas #follback ya

    BalasHapus
  117. Yup, postingan memang lebih baik jika dilengkapi dengan gambar. Salam kenal.

    BalasHapus
  118. Hahaha kalau mas nulis nice post di postinganku, bakal kubalas! :P
    Aku sih kalau aku gak baca ampe abis/aku gak selera sama postingannya, biasanya kutinggal, gak kuisi komen hehe :D

    BalasHapus
  119. Hahahaha ada yang tersindir nih nyepamnya wkwkwkwkwkwk. Memang, membuat tulisan yang uniq adalah hal yang sulit. Lebih parah lagi jika sudah capek2 membuat tulisan ternyata di copy orang lain T.T

    BalasHapus
  120. kalau begitu itu bukan tanggapan namanya tapi numpank mejeng aja untung di blogku ga banyak tanggapan macam gitu, lha wong kebanyakan mereka yg emang butuh /lagi nyari artikelnya otomatis sepanjang apapun artikelnya pasti dilahap habis :D

    BalasHapus
  121. yang pasti konten harus original dan waktu menulis tiada niatan selain berbagi :)

    BalasHapus
  122. insya Allah sy berusaha baca seluruh artikel, nggak pake lompat2,
    Makanya bwnya jadi terbatas waktunya, tp prinsipku biar lah sahabat dikit tapi aku kenal baik
    maaf ya baru datang ke sini

    BalasHapus
  123. setiap orang pasti mempunyai persepsi yang berbeda-beda gan,, walaupun panjang tapi tu orang bener-bener ingin membaca pasti akan dibaca sampai habis,, namun biasanya mereka juga melihat judul aja,, klo judulnya menarik pasti akan dibaca,, untuk masalah gambar kayaknya itu dah wajib gan,, 1 gambar dapat mewakili 1000kata,,

    BalasHapus
  124. gambar gw ngga bisa sama sekali, sepertinya semua point diatas sempet gw alami mungkin sampe sekarang, mungkin pembaca bosen kali ya yang di baca fiksi mulu yang panjang-panjang tanpa ada improv artikel lain -_- gw sadari lemah di situ ..

    BalasHapus
  125. hahahahaha sudah bikin artikel semalaman cuma dikomentar nice post betapa sakitnya hati ini,,,
    tapi jgan lah berputus asa kk tetap semangat yaa!!!!


    o iya kk pemilik blog ini dari mataram lombok ya??

    BalasHapus
  126. NICE POST (enter)

    hahaheeeeeeeeeee..
    santai gan,

    tapi emang nice kok....
    saya setuju tentang gambar itu gan..

    apalagi gambar hasil jepretan sendiri...

    BalasHapus
  127. Begitu ya,,, kalo saya sih seneng2 aja, soalnya biasanya ngga ada yang komen di postingan saya, he he

    BalasHapus
  128. wakwkawkakwa tulisannya bikin menggelitik perut. realita kehidupan rata2 , sangat menginspirasi..

    adakalahnya gw jg ingin singkat berkomentar dan cepat2 kabur, biar target blogwalking nya banyak, tapi kuantitas ternyata kalah dengan kualitas.

    BalasHapus
  129. saya juga lebih suka membaca artikel yang singkat dan mudah dimengerti. tapi, pada kenyataannya orang mempunyai kemampuan yang berbeda-beda. so, it doesn't matter...

    BalasHapus
  130. Memang gan, kalau ada yang lebih mudah untuk apa mengambil yang susah
    Kalau sudah ada gambar, untuk apa membaca artikel yang panjang, meski ane sendiri capek nulis yang panjang2 ^_^

    BalasHapus
  131. setuju banget sob....dengan kalimat pembuka pada posting ini "nice post" (dan enter). apa salahnya sih jika pengunjung/blogger membaca dan mencerna sebagian/seluruhnya isi artikel dan memberikan komentar yang sifatnya membangun atau memberikan saran/pendapat untuk posting yang sudah diterbitka, jangan hanya sekedar lewat aja "tulis 5 kata lalu enter".
    budayakanlah berkomentar untuk membangun sebuah blog yg dikunjungi.....
    bener nggak sob....?????

    BalasHapus
  132. apakah ini sebuah curhatan yah...???
    hehehe

    BalasHapus
  133. Artikelnya sepertinya semacam sentilan mngkin buat rekan blogger kita yg asal2lan komen kali hehehe... itu menurut versi saya sih. apa yg di tulis di atas aku rasa sangat atraktif dan bagus untuk di cermati. Nice Share gan

    BalasHapus