INDONESIA PUNYA SATU ZONA WAKTU? (1)


Pertanyaan di atas hanya akan menguntungkan untuk pramugrari. Kenapa? Supaya wanita - wanita cantik yang bertugas di dalam burung besi itu nggak perlu capek - capek bilang : ".. kita telah sampai di bla bla bla.. kota ini memiliki perbedaan waktu sekian jam dari kota keberangkatan anda..".
Jika menilik aturan jam masuk sekolah, berarti para siswa diharuskan untuk sudah masuk di area sekolah sebelum jam 7 pagi. Jika sekarang sudah jam 7 pagi di Gilimanuk, Bali, maka anak - anak disana dipastikan sudah masuk ke dalam sekolah. Namun pada saat yang bersamaan, anak - anak di pulau seberang, Banyuwangi - Jawa Timur, masih sibuk berdandan untuk berangkat sekolah satu jam lagi karena di tempat mereka jam dinding masih tegak menunjuk pada angka 6. Padahal antara Gilimanuk dan Banyuwangi hanya dibelah oleh selat Bali yang secuil lebarnya.

Saya mencoba mengusik ketentraman software Shollu (pengingat waktu shalat) di perangkat laptop saya dengan mengubah kota 'tempat anda tinggal'. Kira - kira begini hasilnya :

Matahari terbit untuk bulan Januari - Februari:
Sabang (WIB) = 7:00 / 8:00
Padang (WIB) = 6:30 / 7:30
Jakarta (WIB) = 5:50 / 6:50
Banyuwangi (WIB) = 5:20 / 6:20
Makssar (WITA) = 6:00 / 6:00
Mataram (WITA) = 6:15 / 6:15
Ambon (WIT) = 6:30 / 5:30
Jayapura (WIT) = 5:45 / 4:45

Waktu yang ada disebelah kanan dari garis miring adalah waktu yang telah saya jadikan rata menjadi WITA. Siapa yang mau datang ke kantor sebelum jam 7 pagi kalo matahari saja belum nongol? Lihat saja di sekitar Sumatra di bagian barat. Pucuk matahari saja baru nimbrung kalo sudah lewat dari pukul 7 pagi, bro!. Beruntunglah anda pemirsa sekalian, anda masih bisa SHALAT SUBUH DI KANTOR.

Indonesia hanya akan punya satu zona waktu saja? Kalau kentut anda masih bau, sama seperti saya yang juga masih bau, lebih baik anda diam saja. Urus saja yang lain. WTF!.






Yang Satu Kategori

82 Komentar:

  1. Hehehe. Kok jadi pusing ya kalau bahas soal waktu. Jadi kalau menurut saya, ikuti aja aturan yang ada. hehehe

    BalasHapus
  2. saya termasuk yang tidak setuju karena saya ada di WIB sekarang. sekarang jam kerja saya mulai jam 07.30. kalo ketentuan itu berlaku, saya harus sudah di kantor jam 06.30 kan. padahal perjalanan dari rumah ke kantor lebih dari 1 jam.

    BalasHapus
  3. wah harus buru2 nih ke tempat kerja

    BalasHapus
  4. gimana kalau pesawatnya transit 5 kali? hihi...tambah capek yah.
    kalau beneran jd 1 zona waktu, semua harus diubah.

    BalasHapus
  5. kalau masalah waktu sih ane ikutin aturan aja bro.. kalau ane tinggal di waktu WIB (aceh), jadi pagi itu jam 5.00..

    kalau masalah waktu shalat sih bro, bukan kita harus ngikutin waktu GMT, tapi waktu penempatan matahari.. itu setau saya sih sob,, kalau salah, ya maklum di maafkan,,hehehehehe

    BalasHapus
  6. Aku juga pening gan ! biar orang pintar aja deh yang mikirin. Aku tinggal numpang nunut aja.:))

    BalasHapus
  7. mantap postingannya mas..:)

    BalasHapus
  8. iya gan betul itu.. emang parah..

    BalasHapus
  9. kata pemerintah...perubahan ini akan menguntungkan secara ekonomi...

    apa semua harus dinilai secara ekonomi saja?

    apa aspek lain tidak mau dipikirkan?

    BalasHapus
  10. thank infonya sob

    lama nggak berkunjung :)

    BalasHapus
  11. satu waktu yang tiga aja masih pada banyak yang telat.

    salam kenal mas,
    terima kasih udah mau keblog saya

    BalasHapus
  12. heheee entah lah sob..
    ane sama seperti beberapa agan diatas, ikut aturan saja..
    ane ada di WITA, ya selisi waktu sejam. sekarang di tempat saya udah pukul 9.15 malam.

    BalasHapus
  13. denger indonesia bakalan nggak ada WIB,WITA,WIT... semua wilayah akan disamain jadi ukuran waktu WITA, denger2 sih.

    BalasHapus
  14. ga sekalian ga punya zona waktu, awkakwak.

    BalasHapus
  15. Perubahan terkadang bikin kita gagap yach...
    kalau nanti itu memang benar2 diberlakukan, ya kita tinggal beradaptasi dgn sebaik2nya saja...
    ^_^

    BalasHapus
  16. mgkn dunia persilatan bakal kacau sob hehehe..., thx infox ya :)

    BalasHapus
  17. heheh, ane juga ga tau komenta pa nie tentan zona waktu. ehm, bingung juga kalau di jadikan satu, tapi ya ikut aja lah, siapa tau ada yang terbaik buat mereka dan tentunya buat kita.

    BalasHapus
  18. hoaahh postingannya bikin tambah puyeng hahaha
    aku ga pernah mudeng sama perbedaan waktu. seringnya nanya mulu sama temen yg ada diluar kota haha

    BalasHapus
  19. malah mumet sendiri kalo mikirin zona waktu hehehe
    yang penting lihat jam di hp tepat kalo ga lagi eror hehehe :)

    BalasHapus
  20. jadi inget postingannya teman juga membahas hal ini semoga saja dengan penyatuan zona waktu diindonesia bisa meningkatkan produktifitas

    BalasHapus
  21. kunjungan balik kawan! boleh donk ikut nimbrung mengatasi masalah waktu ini hehheeee...!
    jangan repot2, daerah masing2 udah pada otonom, jadi gak masalah mo disamakan ato gak! kalo ditempat elo masuk jam 7 di tempat gue jam 8 kan bisa! menurut gue apapun keputusannya minumnya ya Teh Botol Sosro gkgkgkgkgkkk!!!

    BalasHapus
  22. seandainya indonesi 1 waktu gan, ane g perlu nonton bola sampe pagi.... coz kalo berdasar pada wib berarti rata2 liga champion selesainya jam 4.. ada kesempatan tidur ...

    hehehe,,,,,

    BalasHapus
  23. apa merugikan atau menguntungkan buat saya belum tahu sob

    BalasHapus
  24. wah baru tau hhe, para petingginya eror hhe

    BalasHapus
  25. Apa artinya saya nda bs bangun siang lagi?

    *gagal paham

    BalasHapus
  26. wah wah saya baru tahu kalau di Indonesia ada tambahan zona waktunya lagi sobat....

    BalasHapus
  27. Biasanya hebohnya di saat masih akan dibuat, dan baru saja di laksanakan.
    Tetapi kalau sudah lama di jalankan, ...... pasti udah pada lupa semua.
    Support

    BalasHapus
  28. Hmmmmmmm...
    Bingung @__@

    BalasHapus
  29. waduh.. pagi bet..ni.kalo..mo kerja..di wib.....

    BalasHapus
  30. ngalamat lebih monyong tiap pagi dunk... ne aja tiap pagi udah berantem mulu ma anak2, apalagi dibikin 1 zona waktu. ga deh!

    BalasHapus
  31. saya samih nyaman dengan zona waktu GMT +08.00

    BalasHapus
  32. kalo benar disatukan harus bangun lebih pagi buat berangkat ke sekolah nih

    BalasHapus
  33. wah luar biasa ya kuasanya Tuhan!!! Jaraknya cuman segitu tapi beda waktunya kentara banget.. :D

    BalasHapus
  34. wahh kaltim masuk +8 yah, kadang bingung nih kalo mau ke jawa naik pesawat sampai sana gak berubah waktunya...

    happy blogging dah :)

    BalasHapus
  35. salam kenal mbak...
    kita sih ikut aturan aja mbak...

    BalasHapus
  36. sekolah jadi berbarengan seindonesia??

    BalasHapus
  37. Tinggal tunggu keputusan dari pemerintah tentang satu zona waktu ini.

    Salam kenal dan salam persahabatan

    BalasHapus
  38. *angguk-angguk baca postingannya* cukup lama juga ga ke mari... :D

    BalasHapus
  39. hehehe gak pernah naik pesawat hehe
    ngeri :D

    waktu itu penting :D

    BalasHapus
  40. WITA sepertinya paling adil. karena letanya ditengah

    BalasHapus
  41. kembali meramaikan suasana.. :)

    BalasHapus
  42. Wah iya, paham bener nih. Pramugarinya selalu ngoceh tentang perbedaan jam setiap mau landing. Saya mah dari lahir sudah WIB, yah mau bagaimana, cukup susah pasti kalau disuruh adaptasi waktu.

    BalasHapus
  43. yang jelas tidak akan semudah mengubahnya :)

    BalasHapus
  44. Berkunkung....salam kenal :D

    BalasHapus
  45. Waduh, pusing aku bang ...
    Baca ulang lagi ah @_@

    BalasHapus
  46. kunjungan balik..terimakasih telah berkunjung ke blog saya!! :)

    BalasHapus
  47. Memang kalau untuk pramugari tidak jadi soal, kalau masalah itu berlaku pada setiap orang? hehe

    BalasHapus
  48. Kalo jadi entar di WIB bisa dinaikkan jadi satu jam. Bisa jadi bikin bingung

    BalasHapus
  49. jadi untuk saya nggak ngaruh yah Mas? soalnya sekarang sudah di wilayah WITA.

    BalasHapus
  50. kegiatan yang lumayan untuk sejenak melupakan masalah harga bbm yang mo naik,
    habis ini apalagi ya hehehe

    BalasHapus
  51. yah paling ngakalinnya nanti daerah sulawesi masuk kantornya jam 9 atau 10...

    malah makin ribet ya... :(
    padahal ngurusin partai sendiri aja carut marut. malah ngalihin isu ke ginian segala.. eh :))))

    BalasHapus
  52. hehehe... semua sudah ada aturannya mas bro... tinggal ngikutin aja... :)

    salam kenal...

    BalasHapus
  53. bener juga ya,.. hahaha...waah,, pelik juga kalau sampai terjadi..
    thanks infonya gan,.. nambah wawasan jadinya...

    BalasHapus
  54. akur ajalah.. anyway, masih banyak hal penting lainnya dari sekedar penyatuan waktu ini

    BalasHapus
  55. Kaya nggak tau pemerintah kita aja brow... tiap bikin kebijakan pasti yang dicari ujung-ujungnya cuma untuk kepentingan ekonomis mereka, kaya kebijakan yang satu ini yang katanya akan membantu perkembangan ekonomi kita, What The F ...

    Untung mereka nggak bikin kebijakan nyamain zona waktu kita sama Grenwich... intinya aku termasuk yang nggak setuju sama penyatuan zona waktu...

    BalasHapus
  56. terserah yang di atas aja ah. klo saya ayo" aja.hhhe

    BalasHapus
  57. wah ini pasti banyak ayam yang bangunnya kesiangan nih gara² masih gelap ternyata udah jam 7 pagi.. hehe..

    BalasHapus
  58. wew penutupnya 'sadis' :)

    menurut saya ya udahlah pemerintah jangan ngurusin kaya gituan dulu masih banyak yang lebih krusial, dan lagi denger2 zona 1 waktu ini gara2 ngikutin negara lain yang jg mau menerapkannya... hff ado2 sajo

    BalasHapus
  59. Ngikut aja gue, gue sih setuju aja malah lebih gampang, menurut gue. Thanks udah berkunjung

    BalasHapus
  60. Ehm, brati ntar ngikutnya WITA ya Mas. Kalo ngliat peredaran mentari ya repot juga yak.

    BalasHapus
  61. wahh.. pusing gan ngitung2 waktu gitu
    salam kenal ya. :)

    BalasHapus
  62. Di gabung atau ga Zona waktunya,,tetap aja ga nguntungin saya,,,jdi UF TO YOU for Pemerintah..!!!

    owh ya,,jgn lupa Follbacknya,,,

    BalasHapus
  63. . . wachhhhh,, kayaknya rada menjengkelkan juga ya?!? huhh . .

    BalasHapus
  64. kern pemerintah kita kapitalis banget yah, cuma mikirin duit sampai rubah waktu

    BalasHapus
  65. hahahah,saya malah pusing bacanya.malah bingung jadinya.hahahaah
    ada-ada aja.....

    BalasHapus
  66. yah namanya juga kurang kerjaan...
    kasian yg di wib,,berangkat kantornya...
    apa ga bikin jetlag ya...??
    :P

    BalasHapus
  67. hai salam kenal kak ve...., benerin nih ga maen twitteran.........?????, ada tutorial terbaru di blog ku ka ve...... mampirla kapan-kapan.........

    BalasHapus
  68. ttp dukung kebijakan pemerintah.. tp belum berlaku tuh 1 zona waktu sampai sekarang.

    BalasHapus
  69. Nice post sob.. Indonesia dari sabang..hingga maroke.. :D

    BalasHapus
  70. I like it,,, pake motor sekuter saya keliling indonesia bisa gak ya... :D he he he.. salam sukses sob..

    BalasHapus
  71. hollaaaaaaaaa..nice posting ...berkunjung ke muavyna.blogspot.com juga yakkk :)

    BalasHapus
  72. Salam kenal & jgn lupa berkunjung balik ke blog saya

    BalasHapus
  73. Dulu dibahas mengenai pengurangan angka NOL dalam mata uang, skrng pemerintah mewacanakan soal SATU WAKTU. masih banyak urusan yang lain!!! Urusi tuh KORUPTOR >.<

    BalasHapus
  74. rasanya nggak logis jika Indonesia hanya satu waktu, karena nggak sesuai dengan letak geografisnya...

    BalasHapus
  75. taunih ribet bahas ginian.. terserah pemerintah deh asal untuk kebaikan bersama..

    BalasHapus
  76. indonesia memang kaya sob dari segala halnya ...

    BalasHapus
  77. bego banget deh, kalo waktu sholat emang dasarnya setiap wilayah itu beda, waktu sholat berbeda dengan zona waktu, waktu sholat ada zona waktunya sendiri.

    BalasHapus
  78. gimana baiknya aja deh buat indonesiaQu

    BalasHapus
  79. saya juga kurang setuju sebab paginya akan makin pagi dan pastinya jam untuk shalatnya pun tidak sama sehingga kita akan melakukan proses adaptasi pada kehidupan kita terhadap perubahan waktu itu sendiri

    BalasHapus
  80. aceh sama medan dan sumbar, menurut ane aja harus GMT+6, nih malah harus GMT+8, ntar subuhan susah

    BalasHapus