MELEWATI COBAAN


Pagi ini (10/09/2012) saya dibangunkan oleh sayup - sayup suara penyiar infotainment dan sebuah backsound dengan nada - nada lirih. Setengah sadar, tetapi saya tahu itu bukan sebuah berita yang menggembirakan.

... 'Dokter bilang ada jarak beberapa bulan, kalau ini sudah diambil tapi masih begitu-begitu aja, risikonya kami tidak bisa memiliki anak dengan normal, .... Saya beharap sama Allah SWT, kalaupun yang kiri diambil, semoga yang kanan masih bisa berfungsi untuk membuahi,' ...      -- hot.detik.com, Terancam Tak Punya Anak, Ustad Solmed Tak Kuasa Menahan Tangis

Tidak perlu bergosip, tidak perlu mengumbar aib, tidak perlu menuding, dan tidak perlu mencari hitamnya bulu kambing.

Singgah sejenak di pojok pikiran saya : bagaimana dan apa yang akan terjadi jika sang istri (April) tidak menerima pinangan sang ustazd dahulu dan cobaan ini pun terjadi hari ini bersama dengan lelaki lain? Lelaki yang mungkin masih goyah pondasi imannya dan yang mungkin tidak mampu menjadi teman untuk bersandar.

Menangis, tentu sebuah fitrah. Tetapi saya sempat menyaksikan sang ustazd tetap tersenyum meskipun terasa pahit. Tetapi lautan hati itu tetap tenang, tidak serta merta bergolak membikin ombak. Tetap tenang, sehingga titik cakrawala itu masih terlihat dengan jelas sehingga mampu berpikir secara jernih dan lugas.

Ingin sekali saya bergabung dengan kelompok fitness 'hati' milik ustazd Solmed ini, sehingga memiliki pundak yang kekar serta besar sehingga segala curahan dan beban sang penjaga hati ini nantinya dapat bersandar. Dan saya pun mampu menaklukannya dalam pikiran yang jernih dan hati yang tiada bergejolak.

Di ujung sajadah

di ujung sajadah
tangisku pecah

doaku tumpah
keluhku tercurah

malam terbelah






Yang Satu Kategori

138 Komentar:

  1. Sebuah pembelajaran dari seorang ustazd Solmed dalam menghadapi cobaan hidup. Thanks sharingnya.

    BalasHapus
  2. indahnya punya jiwa yang lapang. sangat mengagumkan.

    BalasHapus
  3. walah baru tau mimi Fan..gtu y critanya ?? cuma liat dia nangis doang sih.

    patut jadi contoh suri tauladannya dlm menerima berkah cobaan dr Allah SWT

    BalasHapus
  4. Cobaan setiap pasangan bermacam-macam. Semoga mereka tetap sabar menghadapinya.

    BalasHapus
  5. iia begitu juga sie yang namanya roda kehidupan ada senang dan ada susah jadi kita tuh harus mensyukuri itu semua :)

    tantangan kreatif blogger Simak Tantangan Kreatif Blogger Berhadiah Mingguan & Grandprize Android

    BalasHapus
  6. orang sabar di sayang Allah :D

    *ditunggu mampir baliknya kak!

    BalasHapus
  7. ujian bagi ustadz solmed & istri.. apakah pernikahan mereka hanya utk mendapatkan keturunan atau tdk..

    tp gak ada yg gak mungkin bagi Allah SWT.. Dokter boleh berkata seperti, tp kita kan gak tau ke depannya.. Tetep sabar & tetep tabah.. :)

    BalasHapus
  8. Kasihan sekali Ustad SOlmed! Berita ini bakal jadi bulan2an mereka2 yg 'ga suka' dengan Ustad SOlmed. AH..semoga saja itu cuma pikiran buruk saya, semoga mereka malah ber-simpati.
    Dibalik kesusahan, ada kemudahan.

    BalasHapus
  9. jangan bilang manusia akan dibiakan begitu saja tanpa cobaan,semua pasti dapat cobaan yang sesuai dengan kemampuanya,..sungguh Allah maha Tau untuk setiap apa yang diberikan kepada hambanya

    BalasHapus
  10. wkwkwkwk... kaya yang ngesyair hahaha

    BalasHapus
  11. itu hitamnya bulu kambing udah rontok, mas. :D

    Fitnes hati?
    Idah ikut. .. :D

    BalasHapus
  12. semua pasti dapat cobaan dari-Nya ..
    Tak terkecuali ...

    BalasHapus
  13. informasi yang bgus karena ku bru tau dengan membaca postingan ini

    thanks for share

    BalasHapus
  14. wuah, kasihan mereka, tapi mau bagaimana lagi jika itu memang takdir dan ujian untuk mereka

    BalasHapus
  15. ustad solmed benar2 sosok ustad yang penyabar... bukan sperti yang "noh" ampe nuding istrinya matre... *oupszt...

    BalasHapus
  16. Allah tidak akan memberikan cobaan di luar batas kesanggupan manusia, jadi pastinya mereka berdua sanggup menghadapi hal itu :(

    eh eh btw kata temenku ada wartawan yang nanya 'ada rencana poligami?' *wartawannya minta disambit, wong lg susah koq ditanya bgitu*

    BalasHapus
  17. semoga ada hikmah dibalik semua ini..

    BalasHapus
  18. Wah, ini lagi hot yakkk di inpotainmen...???
    serius saya gak tau loh....
    Buat ustad solmed, smoga smakin kuat dan smakin sabar...

    BalasHapus
  19. ga tau deh gimana kalau saya berada pada posisi ustad solmed :(
    mungkin yang ada galau ....
    Tapi, dia tetap tabah :(
    Hebat ...

    BalasHapus
  20. cobaaan akan slalu ada dan meng hampiri kita selama kita masih di beri kepercayaan hidup dan menikmati keindahan serta ke fanaan dunia ini .... heheh aku sok tahu yah :)

    BalasHapus
  21. Semoga istri dan sang ustadz di beri kesabaran dan kekuatan. Sang istri tampaknya sangat shock, ane melihat sesekali di tv kemarin

    BalasHapus
  22. tuhan tidak akan mencoba umatnya melewati batas kemampuannya :)

    BalasHapus
  23. hmmmmmm.............
    yisha ngga tau kabar ini........

    BalasHapus
  24. semoga saja keduanya tetap sabar dan dilindungi oleh Tuhan

    BalasHapus
  25. Karena saya sangaat jarang nonton tipi, kecuali tipi er i, maka berita semacam ini saya nggak pernah tahu Kang, termasuk Pak Ustadznya. Bener-bener katrok dah hhh

    Tapi saya menjadi sangat salut ketiga seseoarng tetap tegar dalam mengahadapi ujian. Sesungguhnya setiap kita selalu diberikan ujian dan cobaan untuk menilai kualitas keimanan kita. Dan kesabaran yang utama adalah ihklas dan tegar ketika pertama kali mendapatkan cobaan itu.

    BalasHapus
  26. tinggal membuktikan ke-ustad-an dari solmed aja :D

    BalasHapus
  27. saya pun menyaksikan berita soal ini. dan yang langsung di pikiran saya "bagaimana kalau itu terjadi di diri sendiri?" apa kita siap menerimanya? belum tentu.

    semoga masih ada mukjizat untuk merreka. wallahuwaalam

    BalasHapus
  28. Gak pernah ngikuti acaranya saya sob. Jam berapa sih tayangnya?

    BalasHapus
  29. berat cobaan itu, apalagi masih muda, semoga keduanya tetap tegar dan bahagia menjalin kasih dan sayang karena-Nya, aamiin...

    BalasHapus
  30. . . wachhhhhhhhhhhhhhhhh,, ternyata suka liat gosip^ infotainment ya?!? kok sampe tau. he..86x . .

    BalasHapus
  31. Bagus nih infonya sob. thx ya

    tak lengkap bila kita tidak saling tukar link, bagaimana bila kita tukar link ?

    BalasHapus
  32. mas link saya kok nggak ada ?

    BalasHapus
  33. sakit rasa na, tapi hanya dg tawakal saja kpd allah swt, semoga diberikan kemudahan untuk mendapatkan seorang anak yg terlahir dengan normal. amien

    BalasHapus
  34. /Mmm.. sangat2 mengharukan ya kisah ustazd solmed, semoga saja diberi kesabaran yg lebih untuk menghadapi cobaan ini, amin

    BalasHapus
  35. ujian hidup sesuai kemampuan sang hamba tinggal kita mau berpikir jernih saja. jangan mau kita didramatisir masalah syaithon akan senang.

    BalasHapus
  36. Ada pepatah bijak mengatakan, orang sabar itu subur. dan memang kalau kita bisa lebih bersabar, niscaya hidup akan selalu mendapat Rahmat dan Karunia Allah SWT.

    BalasHapus
  37. suka dengan bait terakhirnya...
    sabaaar pasti ada hikmahya..

    BalasHapus
  38. sebaiknya jangan diumbar beritanya, kasihan istrinya bagaimanapun itu aib bagi wanita

    BalasHapus
  39. makin tinggi iman makin berat pula cobaan.., apalg dia seorg ust sekaligus artis... *smile

    BalasHapus
  40. keep posting sob, ane dapet ladang dollar lagi nie... mangstab buat percobaan di rumah :D

    BalasHapus
  41. itulh hidup gan.....selalu ada hikmah di balik serta...

    BalasHapus
  42. sopo sih ustad Solmed? Hmmm searching ah

    BalasHapus
  43. cobaan memang tak kenal siapapun, itu sudah takdir Allah :)
    tinggal kita nya bagaimana menaruh "hati" dalam menyikapinya..

    SELAMAT BELAJAR :))

    BalasHapus
  44. Mudah2an si April tabah deh...Gak kebayang klo sampai mengalami seperti itu T_T

    BalasHapus
  45. yah,,, walopun ustad juga kalo udah ada di tipi pasti pengennya masuk tipi trus!! ampe yg seharusnya jadi aib diumbar juga.. ustad juga manusia,eh.. penyiar infotainment juga manusia,kan???

    BalasHapus
  46. sabar gan, dibalik cobaan pasti ada hikmahnya

    BalasHapus
  47. ane suka yang ini min "Tidak perlu bergosip, tidak perlu mengumbar aib, tidak perlu menuding, dan tidak perlu mencari hitamnya bulu kambing."

    BalasHapus
  48. kasihan jg nisib tuh uztad.....

    BalasHapus
  49. Mudah mudahan sabar dalam melewati cobaan ...
    salam kenal

    komentarin artikel ini ya admin blog

    http://www.timkomte.com/2012/09/traffic-pengunjung-rumahku-turun.html

    BalasHapus
  50. sangat bijak sekaliiii :)
    keren kawan :)

    BalasHapus
  51. selamat berakhir pekan ya sob... *smile

    BalasHapus
  52. ngak selamanya pahit itu buruk

    BalasHapus
  53. yah, semoga bisa bertahan ya si ustaddz

    BalasHapus
  54. wah.. aku jga ngikutin berita ini di infotainment.. :)

    kalo ngliat sorot mata april yang menatap ustad solmed sembari menangis gtu, matanya kayak mo blang gini ni.. : "abang, maaf, aku gak bisa kasih abang anak.. apa abang kepikiran mau nikah dan dapat anak dari perempuan lain.."

    BalasHapus
  55. kita harus menyontoh sikap2 ustazd Solmed ketika menghadapi cobaan besar, Insya Allah kita akan diberi jalan terang

    BalasHapus
  56. kembali menyapa bang kakve, udah jarang keliatan lagi bang

    BalasHapus
  57. dibalik kesabaran ada khazanah mutiara ,
    bila ridho dg ketetapanNya walau itu pahit kelak akan berbuah keindahan dan akan merasakan manisnya iman,
    ana pun pernah mengalami berkali-kali kejadian yg sangat tidak nyaman namun Allah berkali-kali menggantinya dg yg lebih baik....

    BalasHapus
  58. hmmm, jrg ntin tivi-baru tw klo ada kabar ini mskipun lwt acara infotainment -.-"

    smg ustazd Solmed bs trs tegar.

    BalasHapus
  59. Ada yg baru nih, SMS Pake SUARA, gratis, untuk pelanggan telkomsel :)

    http://imajinasi-hari.blogspot.com/2012/09/smsan-pake-suara-gratis-sesama-telkomel_21.html

    BalasHapus
  60. Iya kasian jg liat si April, tp kmngkinan pnya anak itu ttep ada kok walaupun kecil.. :)
    Untung suaminya ustadz Solmet yg sabar..

    BalasHapus
  61. Alhamdulillah dapat pencerahan malam ini...

    salam hangat...

    BalasHapus
  62. hidup itu ga nikmat tanpa cobaan.. bnr ga? :)

    BalasHapus
  63. kalau udah sixth pack, kasih tau yah... mau gabung juga... :P

    BalasHapus
  64. ujiannya nggak main-main ini...

    BalasHapus
  65. setiap manusia pasti mengalami ujian
    ujian bukan cuma musibah atau penderitaan
    kebahagiaan juga ujian bukan hehe

    BalasHapus
  66. Hidup ini memang selalu penuh ujian sob.

    BalasHapus
  67. betul hanya orang-orang yang penuh iman yang bisa sesabar itu dalam menghadapi cobaan berat

    BalasHapus
  68. Doa dan pasrah adalah kunci buat hadapi itu semuanya.

    BalasHapus
  69. semakin kuat iman kita, maka semakin berat cobaannya... tapi itu semua semata-mata karena Allah sayang sama kita.. ^_^

    BalasHapus
  70. Pelajaran sekalian cobaan ya pak

    BalasHapus
  71. hahah.. :D ditunggu terus postingan berikutnya yah..

    BalasHapus
  72. keren gan ceritanya...
    buat update di facebook :D hehe

    BalasHapus
  73. semua cobaan pasti ada jalan keluarnya

    BalasHapus
  74. ijin menyimak ya, terima kasih.. :)

    BalasHapus
  75. puisi endingnya dramatis. ai lek dis.

    BalasHapus
  76. Kalau kata ibu Diah, ini namanya ujian husnudzon pada Allah :')

    BalasHapus
  77. Dunia hanya Titipan, Serahkan kepada Pemiliknya.

    BalasHapus
  78. makasih untuk artiklenya sob..

    BalasHapus
  79. berkunjung balik bang..semoga artikelnya bermanfaat terus,,keep blogging..

    aku follow ya blognya, ditunggu follow baliknya..hehehe..mksh

    BalasHapus
  80. Cobaan itu jika datangnya kepada Umat mukmin, menandakan sang Maha Pencipta sayang. Ketika seseorang yang diberikan cobaan lalu tetap teguh Imannya itulah golongan orang-orang yang Allah cintai maka hanguslah segala dosa yang pernah diperbuatnya. Subhanallah

    BalasHapus
  81. kaya lagu dewa aja sob,,,
    hadapi dengan senyuman, :)

    BalasHapus
  82. memang seharusnya si uztad ini tersenyum. dia punya perempuan cantik nan setia yg mendampinginya. soal anak bisa adopsi hingga kasih sayang yg mereka miliki ini bisa disalurkan. tapi soal istri, itu lain cerita. gak ada yg namanya istri adopsi :)

    BalasHapus
  83. Subahanalloh .,.,. cuma bisa do'ain aj sob

    BalasHapus
  84. hidup adalah perjuangan untuk melewati seluruh cobaan,,semoga kita semua dapat menyelesaikan semua cobaan dan tetap di Jalan Allah,, aamiin,,

    BalasHapus
  85. ada apakah gerangan dgnmu sob? hmmm...
    semoga semua baik2 saja ya

    BalasHapus
  86. Semoga bisa sabar untuk meleawati berbagai macam cobaan

    BalasHapus
  87. selalu bersabar dan tenang,,,pasti semua ada himahnya,,pasti berat memang,,saya yakin merekea bisa menghadapinya

    BalasHapus
  88. hm.. bagus sob artikelnya, saya tunggu artikelnya yg lebih bagus...

    #salam sukses dari Yousake NKRI ..

    BalasHapus
  89. Iya semoga bisa di lewati terus cobaanya

    BalasHapus
  90. datang memberi support sobat
    di tunggu kunjunga balik yaa

    BalasHapus
  91. semoga cobaan yang datang dapat kita tanggung

    BalasHapus
  92. wah sudah lama ndak mampir di blog ini


    hehehe jarang ngeblog sekarang saya

    BalasHapus
  93. wow

    baru tau berita soal utad solmed & april itu...

    *malah ngebahas gosip nya*

    yang terakhir itu puisi nya siapa bang?
    karya abang?

    BalasHapus
  94. kalau gak ada cobaan, rasanya hambar ini hidup. hehehe.

    BalasHapus
  95. yang semangat terus sob.. hadapi segalanya dengan penuh ketabahan.

    BalasHapus

  96. Selamat Hari Raya idul Adha 1433 H

    "Taqabbalallahu minna wa minkum, shiyamana wa shiyamakum.

    “Smga Allah menerima amal2 kami & kamu, puasa kami dan kamu.

    Maaf klo ada salah2 kata yaa..!

    *smile

    BalasHapus
  97. Lama tak mampir kesini, sptnya sang tuan rumah sdh 'hiatus'.

    TTg anak dalam pernikahan, beberapa teman saya juga mengalami hal ini. Lama menikah tp belum jg dikarunia keturunan dan Alhamdulillah mereka rata-rata mensikapinya sdgn positif bhwa anaka merupakan 'bonus' dalam pernikahan. Inti pernikahan adalah ttp komitment dan menjaga komitmen tsb walau apapun yg terjadi

    BalasHapus
  98. kunjungan,

    salam kenal, sukses selalu :)

    BalasHapus
  99. Hidup memang anugerah, namun banyak ujian dan cobaan, tapi semua akan kembali kepada sang pencipta, untuk yg terbaik kita hanya pasrah berdoa, dan memohon kepadanya, karena Dialah yg lebih mengetahui
    Kita harus kuat dg Iman, sabar, tabah dan Tawakkal, itulah jalan teerbaik

    BalasHapus
  100. sebenernya kurang setuju juga dengan ustad solmed, telalu mengumbar kemesraan, mungkin profesinya sekarang jadi artis. keep posting , saya tunggu kunjungan baliknya :D

    BalasHapus
  101. Kangen rasanya masa-masa nulis di blogger kayak gini,
    kapan ya bisa kayak gini lagi :)

    BalasHapus
  102. ikut meramaikan gan
    link sobat sudah berkibar sejak dini hari silakan dicek dan dipasang kembali ya gan kalo boleh komentar kembali ya gan :)

    BalasHapus
  103. adakala kita tertawa,adakala kita rasakan duka..

    BalasHapus
  104. yg kita sering lupakan adalah "bersyukur" disaat semuanya baik-baik saja.. :)

    BalasHapus
  105. affanibnu dapet award dari ihgilailmam ,silahkan diambil tetapi jawab dulu ya :D

    BalasHapus
  106. SEmakin tinggi iman seseorang mungkin semakin tinggi cobaannya mas

    BalasHapus
  107. Setiap manusia di coba dan diuji keimanan dan kemampuan hatinya. Semoga kita di beri pundak yang kuat untuk menerima cobaan tersebut. Salam sukses, lama tidak bersilaturahmi.

    BalasHapus
  108. DAPEEETT AWWARD DARI SAYA GAN !! UDAH DIAMBIL BLOM ? TAPI JAWAB DULU HEHE..

    BalasHapus
  109. Kasihan. Sungguh beruntungnya istri sang ustad, memiliki pendamping yang masih tetap kuat pondasi imannya dan masih mampu setia menjadi teman untuk bersandar :)

    BalasHapus
  110. al quran dan al hadist adalah tuntunan yang luar biasa josnya, hebat. Jadi belajar dan praktekkan quran dan hadist dangan murni diniati karna alloh. Maka akan ada yang namanya manisnya iman.

    BalasHapus
  111. Cobaan hidup datang dari Tuhan kita hanya dapat berusaha dan berdoa :D

    BalasHapus
  112. Kisah pilu Ustadz Solmed, sudah Andika ulas dengan bahasa yang sastrawi dan tandas lugas. Saya jadi terharu, sekaligus juga bangga telah memiliki seorang ustadz berkualitas. Salam hormat, God bless you, Gus...

    BalasHapus
  113. ehm.. dia lagi kena masalah ini ya. terus terang ane si kurang suka ma ustad jenis ini, yang suka tampil di TV bak artis saja. Jadi seolah olah malah jadi artis bukannya ustad, soalnya lebih sering membuka dan menceritakan urusan pribadi di banding umat. Itu menurut saya loh ya.

    BalasHapus
  114. memang kalo lapang dada itu kagak ada duanya

    BalasHapus
  115. makasi sobat atas pembelajaran nya...

    sngat bermanfaat.. :D

    BalasHapus
  116. Sabar ya Mas, lakuakan Lillahit'ala, maka Allah pun akan melihat kita Intinya lakukan Lillahita'ala Mas...,

    Visite back Please ya Mas...!

    BalasHapus
  117. Yang sabar dan tabah ya Gan...,

    BalasHapus
  118. dalam setiap cobaan pasti ada hikmah.. itulah sepertinya yang menjadi pegangan beliau sehingga bisa tabah.

    BalasHapus
  119. Dibalik setiap cobaan yg menimpa diri manusia pasti ada hikmah di balik semua itu. nice artikel sob. ijin nyimak artikel2 lainnya ya. salam kenal.

    BalasHapus
  120. setiap cobaan pasti ada hikmah dibaliknya. semoga kita bisa bersabar menghadapi cobaan..

    BalasHapus