RUMAH ANE GEMPA, GAN!


Satu - satunya tempat yang bisa anda lihat untuk menumukan judul tulisan di atas hanya ada di dua situs : facebook atau di twitter.

Beberapa hari terakhir, di tempat tinggal saya digucang oleh gempa - gempa yang cukup menggetarkan kaca rumah dan menggetarkan hati. Seingat saya yang pertama adalah ketika beberapa menit setelah prosesi azan buka puasa dilaksanakan (09/08/2012 - 5,6 SR). Dan yang terakhir adalah pada subuh buta di hari Selasa (04/09/2012 - 6,5 SR). Pot - pot bunga anggrek yang sengaja digantung oleh ibu saya bergoyang hebat, seperti sedang dimainkan oleh angin badai. Lemari dan dipan tempat tidur pun bergetar hebat membuat sebuah suara yang menakutkan.



Hal pertama yang saya raih adalah : Laptop.

Saya harus segera membuka situs si Buku Muka. Segera mencari tahu apakah akun facebook resmi milik BMKG sudah mengudarakan informasi kekuatan gempa yang baru saja terjadi. Jika belum ada kabar, maka saya segera berpindah kepada situs si Burung Biru. Pertanyaan yang sama pun terlontar : apakah akun BMKG sudah berkicau?.

Hal kedua yang saya (ingin) raih adalah : Potensi Tsunami.

Mataram adalah kota yang langsung mencumbui bibir pantai. Berada ditepian selat Lombok yang notabennya hampir langsung bersambungan dengan lautan lepas Hindia, tempat dimana kemungkinan besar tsunami akan mulai bergerak.

Karena (sepertinya) belum ada sistem peringatan dini tsunami di kota ini, maka saya harus membangun sebuah sistem sendiri yang akan membikin diri saya selamat dari bahaya tsunami jika benar - benar terjadi. Tidak ada salahnya jika mengantisipasi, kan?. 

Bagaimana di kota anda? Daerah rawan gempa? Berada di tepian pantai?
Saran saya : berkawanlah dengan BMKG, baik secara facebook maupun twitter.


Sebuah joke yang cukup menghibur dari salah satu komentator di facebook BMKG :

Komentar Nyeleneh
"...saya suka saat gempa! Karena semua status isinya seragam : gempa ! Itulah kenapa saya benci facebook ! moga rutin aja gempanya . . . Depopulasi orang alay ! Yach . Sepakat !..."






Yang Satu Kategori

135 Komentar:

  1. Katanya di Bali juga gempa yaa.. ehmm.. Facebook dan Twitter mamng cepet banget kalau soal berita yang lagi hot. wehehe..
    Soal Status di Fb dan Mention di TL Twitter itu emang bener!! banyak yang mengulang kata yang sama sesuai dengan topik yang lagi hot. =D

    Kalau gia di Jakarta.. Alhamdulilah jarang merasakan guncangan gempa yang sampai menggetarkan hati nih..
    Tapi, gia itu tinggalnya di Jakarta Utara, yang deket sama laut.. yaaa terus waspada deh..

    BalasHapus
  2. Wah,, informasi yg sangat diprihatinkan,

    Gempa..semoga sanak keluarga mas dlam keadaan baik2 saja.

    BalasHapus
  3. Wichhh..
    info yang patut diprihatinkan,,

    salam kenal sob :D

    BalasHapus
  4. oh, ternyata rumahnya mataram toh?
    kapan kapan temenin ke rinjani ya Om..

    :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Mauuuu ikuut kalo ke Rinjaniiii... :D

      Hapus
  5. memang dunia maya dipenuhi beragam orang ya mas yang jelas semuanya punya potensi. Kreatif kadang agak alay, nyeleneh

    BalasHapus
  6. kota tempat tinggal saya termasuk rawan gempa dan tsunami, aceh. Karena trauma akan kejadian tanggal 26 Desember 2004, masyarakat lebih mawas diri akan gempa-gempa diatas 5SR.. segera mencari tempat-tempat evakuasi terdekat

    BalasHapus
  7. Medan juga lumayan sering terjadi gempa...
    saya suka tuh cara mas, bikin sistem sendiri ya

    BalasHapus
  8. depopulasi org alay?

    komentar macam apa itu?

    kalau di eropa sdh dibanned org yg komentar seperti itu

    BalasHapus
  9. setahuku sih Indonesia emang rawan gempa

    BalasHapus
  10. ditempat saya gak ada gempa tapi kalau banjir lumayan sering :(

    BalasHapus
  11. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  12. ditempat tinggalku di tuban gag ada gempa, kalau banjir sich kadang"...

    BalasHapus
  13. Harus wajib waspada tuh kang...
    Kemarin malam pas ada gempa itu aja, saya di kos mpe geragapan dibangunin temen,

    salam,

    BalasHapus
  14. Tempatku lumayan sering gempa sob, tapi jauh dari laut hehehe...

    BalasHapus
  15. ditempatku gk kerasa kang...
    klo ngomongin pantai malah rumahku paling dekat sama pesisir... :D

    BalasHapus
  16. wkwkwkkw keren :D

    emang fakataaaaaaa

    BalasHapus
  17. wah sampean menghadapi situasi sulit dengan langkah yang apik, tenang dan tidak panik, serta cerdas. Trus 'seandaninya' ada potensi tsunami, langkah apa yang bisa sampean tempuh. Mungkin bisa dibuat postingan sendiri sebagai masukan untuk pemerintah di Mataram

    BalasHapus
  18. beberapa hari yang lalu di Jember sering gempa mas ibnu

    malah yang 2 hari lalu jam 1.23 malam ada gempa sampek saya yang ketiduran jadi terbangun, bahkan temen saya yang lagi BAB di kamar mandi sampek keluar tanpa cebok gara2 ketakutan

    selalu ada cerita menarik di kontrakan akibat gempa ^^

    BalasHapus
  19. Komen facebooknya bikin ngakak. Hahaha..

    Dompu (atau Sumbawa) juga rawan gempa mas. Bahkan saat kemarin ada acara di kantor, membahas tentag potensi-potensi bencana yang kemungkinan terjadi, gempa menduduki peringkat pertama.

    Tapi yang dua kali gempa kemarin ini, alhamdulillah gak terasa. Cuma pas puasa awal pernah juga, tapi kecil banget.

    Yah, semoga kita semua senantiasa aman. Aaminn :)

    BalasHapus
  20. Tempat daerah saya rawan gunung meletus, kemarin di Twitter ribut Tangkuban Parahu siaga 1. Semoga jangan sampai kejadian . Dan tidak ada lagi bencana di negeri ini. Amin.

    BalasHapus
  21. waw gempa koq dijadiin ajang cari popularitas, pada update status gempa

    BalasHapus
  22. berharap gempanya ngga sampai memakan korban sob...

    BalasHapus
  23. wah beneran gempa nihh.
    sy ketinggalan nonton berita dong.

    BalasHapus
  24. Alhamdulillah Banjarmasin ama" az sob ,,,

    BalasHapus
  25. turut prihatin dan semoga tidak ada korban jiwa dan kerugian materil sob

    BalasHapus
  26. bumi udah semakin tua, makin banyak aja gempa terjadi

    BalasHapus
  27. y gpp lo info lbh cpt dr 2 sosmed itu...tp klo gempa apa msh smpt buka2 y. yg ada panik semua hehe

    waspada selalu brader....

    BalasHapus
  28. alhamdulillah di sini tidak berpotensi gempa...

    BalasHapus
  29. Saya sudah engat berita tentang ini di TV gam. mudah-mudahan semuanya selamat.

    Sukses selalu
    Salam
    Ejawanata's Blog

    BalasHapus
  30. soal gempa fakta atau tidak kudu waspada,..oh iya mataram apa dekat sama lombok ya,..kabarnya ada kasus pulau yang di jual disana,..

    BalasHapus
  31. waduuh, kampung halaman saya kena gempa. mudahan tidak ada yang tewas, amieen...

    BalasHapus
  32. pindah aja ke kalimantan sob.. alhamdulillah disini belum pernah terjadi bencana, dan semoga gak pernah terjadi.. :D

    BalasHapus
  33. kampung saya di jogja yang dekat dengan pantai,rawan gempa juga tapi Alhamdulillah rumah saya jauh dari pantai cuma kadang juga terjadi gempa bumi dan saya pernah merasakan gempa bumi juga,semoga Allah melindungi kita semua dan bumi kita tercinta,Amiin

    BalasHapus
  34. lho.. ada gempa ya..??
    ko' gak tanyang di TV.

    BalasHapus
  35. Suasana di sana gimana ? Apakah ada kerusakan genung atau luka-luka ?

    BalasHapus
  36. . . wha. . ha. . ha. . ha. . ha. . ha. . ha. . kayanya fb itu udah jadi ajang curcol ya?!? tapi terkadang kita dapat info juga. he..86x . .

    BalasHapus
  37. Saya sama sekali gak tau ada gempa
    hahaha

    maklum gak pernah liat berita

    BalasHapus
  38. hehe. .mndingan dh gan , .dr pda pas buka fb isi nya pada dagang semua . .hehe :D

    BalasHapus
  39. Semoga kondisi disana baik2 saja ...

    BalasHapus
  40. hahaha, tuh komentar lucu ya. kok pengen gempa rutin sih. wkwkkw

    BalasHapus
  41. Wah kudu sering ati2 tuh yang didaerahnya sering ada gempa... untungnya tempat ane tinggal aman dan nyaman...sekalipun ada gempa... ngak sampe kena tsunami... hehehe...

    BalasHapus
  42. untungnya masnya selamat...

    saya belum pernah ngerasian gempa...Alhamdulillah ya..

    BalasHapus
  43. Kotaku jauh dari pantai... Jadi aman kalau itu sih.
    Bagaimana dg gempa kemarin? Semua baik2 saja kan? Semoga tak banyak kerugian yang diderita masyarakat karenanya.

    BalasHapus
  44. saya juga kalo ada info gempa langsung buka twitter untuk mencari kebenarannya :)

    btw kenapa status fb di gambar kata2nya begitu? terkesan sinis :)

    BalasHapus
  45. Purwokerto, Banyumas alhamdulillah aman dan tentram...sejuk karna hawa dari gunung slamet, meskipun gunungnya meledak tapi tetap slamet sesuai namanya insyaAllah

    BalasHapus
  46. Alhamdulillah ditmpt tinggal saya tdk rawan gempa, malah jarang sekali gempa. Paling merasakan sedikit jika didaerah trdekat sedang gempa.

    BalasHapus
  47. wahhhh ada gempa disini cobalah telusuri pake goggle earth

    BalasHapus
  48. Wah semoga disana baik-baik saja ya. Ga berpotensi tsunami. Aamiin

    BalasHapus
  49. lama gak mampir di mari..
    selamat siang kawan :D
    #nyodorinteh

    BalasHapus
  50. banyak2 berdoa gan, supaya terindar dari celakanya :D

    BalasHapus
  51. Yaa allah beberapa hari gag updte bubir sama mukabuku ajah udah heboh mas ada gempa,

    Semoga tempat yang terkena gempat diberi kan keselamatan dan gag gempa lagi deh yaa mas ibnu :D

    Selamatkan lepi dan hape, eeh kacamata juga mas :D

    BalasHapus
  52. Alhamdulillah, daerah kota ane berada jauh dari rawan bencana.

    BalasHapus
  53. Terbukti Lewat dumay alias dunia maya ternyata semua cepat terkabarkan.
    Salam kenal ya :D

    BalasHapus
  54. Wah, saya malah baru tau dari blog ini padahal 'ngejogrok' terus mantengin si Buku Tamu.. Kemungkinan teman2 saya yang gak ada yang tinggal daerah sana kayaknya. Udah gak pernah dengan berita juga (bosen politk terus, jadinya kudet / kurang update :p

    BalasHapus
  55. kang affan jarang bales komntar pengunjung yah??? heheheh ^_^

    komentarnya numpuk tuh kang... :D

    BalasHapus
  56. semenjak di kalimantan aku jadi lupa kalo gempa itu ada
    hehe...

    BalasHapus
  57. Waaah keras juga gempanya. Semoga nggak terjadi lagi ya ...
    Di Makassar kurang gempa. Tapi sangat prihatin dengan berita gempa spt ini

    BalasHapus
  58. wah hati hati ya kang...

    BalasHapus
  59. alhamdulilah kotaku aman sob, semoga tidak terjadi apa2 di kota sobat..

    BalasHapus
  60. Nampaknya lebih heboh si komentator di FB tersebut dati postingannya hehe.

    BalasHapus
  61. yaaa semoga di lindungi ALLAH selalu gan ,....ini ada tips peredam gempa gan dari q....bila terjadi gempa usahakan gan kelur cari tepat aman ....terus serukan adzan sekers-kers nya ....insya ALLAH aman gan....

    BalasHapus
  62. hadeuuuhhhh kok ada ya yg komen alay gitu kl suka sm gempa.. Sy ngerasain gempa aja udah lemes..

    BalasHapus
  63. Hi hi entah kenapa saya suka kalimat penutupnya "..berkawanlah dengan BMKG, baik secara facebook ataupun twitter" Artikel menarik..!!

    BalasHapus
  64. Untung di Kalimantan tempat saya belum pernah kena gempa gan..! Sabar aja ya.. :D

    BalasHapus
  65. Numpang minjem buku tamunya yah kang.. mo dipake buat panduan Blog Walking ke sobat baru... kali aj bisa nambah bnyak temen... hehehe

    salam kang.. ^^

    BalasHapus
  66. Smoga ta terjadi apa2..n gempa susulan ya mas.. :)
    Salam :)

    BalasHapus
  67. Smoga ta terjadi apa2..n gempa susulan ya mas.. :)
    Salam :)

    BalasHapus
  68. ya, ikut berdoa dari sini. saya juga prihatin kalo ada gempa di daerah selatan. ibu dan adik saya di cilacap, pun itu di sisi pantai samudera.

    BalasHapus
  69. iyaa mas.. jangan sampai ketika ada gempa lebih memilih untuk update status terlebih dahulu daripada menyelamatkan diri dan keluarga :D

    BalasHapus
  70. saya tinggal didaerah pantai seperti punya sobat kemarin terjadi gempa tsunami terakhirpun, kami bersyukur sama Tuhan karena daerah kami dilindungi melalui pulau nusakambangan,,

    BalasHapus
  71. waduh, musti siaga penuh tuh sob...
    aku sih cm bs kirim doa saja, agar bencana tersebut tdk terjadi..amiin

    (oya, komentarmu tentang misteri diblogku udh aku reply, cek ya)

    BalasHapus
  72. heheehhee,,,keren tuh status nya FB nya,
    saran sobat untuk berteman dengan BMKG bagus juga tuh,

    BalasHapus
  73. Masya Allah harus intropeksi diri indonesia ini... Ujian atau azab yang menimpanya. sereeem...

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya, bener. ini adzab jangan2 kan..
      yang dosa siapa yang kena orang2 tak berdosa

      Hapus
  74. wah laptop yang di ambil pertama kali ya gan, ehm, cerdas. ternyta mencari berita dari situs resminya. ou gitu, untunglah tidak apa apa :D

    BalasHapus
  75. aku di Kalimantan,,, Ditempatku sering banget terjadi kekeringan dan banjir pada Musimnya...

    BalasHapus
  76. ane bela sungkawa atas rumahnya dengan mengucapkan kata inallilahi karena semuanya hanya milik Allah SWT

    BalasHapus
  77. kadang di ciputat aku juga merasakan gempa tapi ciputat jauh dari pantai

    BalasHapus
  78. alhamdulillah daerah ana aman2 wae,
    moga daerah yg merasakan gempa gak ada korban,

    memang kudu waspada bila terjadi gempa, apalagi daerah yg dekat laut

    BalasHapus
  79. kalau ane malah tiap malem kebangun dan nyangka lagi gempa -____-

    BalasHapus
  80. eh, ini beneran kagak sih ceritanya ? ato cuman lelucon ?
    salam kenal ya :-D

    BalasHapus
  81. ane sudah merasakan gempa berkali2 saat jogja diguncang gempa hebat :) hehe

    BalasHapus
  82. di kampung ane kemaren juga gempa gan, tapi ane pas merantau ke kota lain... jadi khawatir ama keluarga di kampung... T_T

    BalasHapus
  83. waaah tempatku deket gunung berapi... alhamdulilah jarang gempa...

    BalasHapus
  84. Kalimantan aman dari gempa...
    :)

    BalasHapus
  85. Saleum,
    dikotaku juga sering gempa, dan seperti dirimu sob, aku juga senantiasa berteman dgn situs bmkg utk mngetahui posisi gmpa dan adakah berpotensi tsunami. Maklumlah trauma tsunami kemaren msih sangat menakutkan.

    BalasHapus
  86. ajib dah...
    seneng sya sering mampir dimari....
    komentarnya selalu numpuk... heheheh

    slamt siang kang... :D

    BalasHapus
  87. Karena Mataram goyang2 saya yg di Lombok Tengah juga ikutan goyang sama gempa. :D

    BalasHapus
  88. gempa??? semoga aja di kota medan tidak terjadi lagi deh....

    BalasHapus
  89. ternyata saat gempa sudah banyak penggemarnya ya :),
    btw-informasi untuk berkwan dengan BMKG sangat menarik sekali sobat :)

    BalasHapus
  90. wow, temen sekampus saya ada yg dari lombok juga. moga2 dia gak apa2

    BalasHapus
  91. Followback nya dong abang dari pulau seberang :D

    BalasHapus
  92. saya enggak kerasa saat ada gmpa dan enggak buka jejaring sosial juga enggak temenan sama BMKG :D

    BalasHapus
  93. Terima Kasih, Tulisan yang sangat membantu. Salam Sukses!

    BalasHapus
  94. Terima kasih atas pencerahannya, tulisannya menarik juga. Saya akan coba

    BalasHapus
  95. aku paling senang dengan semua pengetahuan ini, terima kasih sudah berbagi ilmu

    BalasHapus
  96. Setelah membaca Info dan Artikel, saya jadi ingin mencoba. Salam Sukses

    BalasHapus
  97. di balik kejadian mencekam gini, masih aja ada orang yang mengunakan fb untuk hal yang berlebih lebihan gitu ya bang :D

    BalasHapus
  98. itu lah tanda2 hari akhir,,bnyak terjadi gempa,bencana alam ,dll...

    waspadalah sobat

    BalasHapus
  99. Alhamdulillah daerah ane bebas gempa tpi kita hrus slalu ber antisipasi ...

    BalasHapus
  100. Harus wajib waspada tuh kang...
    Kemarin malam pas ada gempa itu aja, saya di kos mpe geragapan dibangunin temen,

    salam,

    BalasHapus
  101. ada benernya juga si org yang berkomentar di FB tersebut,.....hehehe

    BalasHapus
  102. hahhaha.. kenapa malah suka gempa coba?

    BalasHapus
  103. dulu pas gempa jogja, orang2 ngira merapi meletus, orang2 yang deket pantai ngira akan ada tsunami akhirnya numpuk semua di tengah kota, macet paling parah seumur2

    BalasHapus
  104. sekarng sudah tidak musim lagi bang,,,semoga saja semakin berkurang gempa ini.amin

    BalasHapus
  105. kalau ada gempa yang pertama saya raih adalah handphone.. hehehe..

    BalasHapus
  106. Salam silaturahmi disini. Hmm melihat kondisi alam negeri tercinta kita ini sangat mengkhawatirkan sob dimana-mana daerah selalu ada yang namanya bencana baik alami ataupun tidak. Aksi antisipasi yang sobat sampaikan seperti diatas itu memang patut diperhatikan (Mawas diri dalam setiap kondisi) setuju dah ^_^

    BalasHapus
  107. wah.. :D sempatnya ambil laptop pas gempa.. heheh

    BalasHapus
  108. ahaha pertama ambil laptop ya.. ckckck.

    BalasHapus
  109. wow Mas, Wow..., keren bgt Blogsite nya....! I Like.

    bisa jadi Inspirasi ne Blogsite nya Mas...!

    BalasHapus
  110. Thanks Mas Info nya..., Visite back Please ya Mas...!

    BalasHapus
  111. komentar Favebooknya koplak XD... bikin ngakak sob.. (y) lam kenal yeahhh blogseno.com

    BalasHapus
  112. pidah aja gan.. cari lokasi yang aman dari gempa dan stunami

    BalasHapus
  113. semoga kita semua d lindungi oleh yang maha kuasa..

    BalasHapus
  114. pertama yang di bwanya laptop ?? masih kburu ya ,, hehe
    klo saya mah udah kabur aja keluar . :D

    BalasHapus
  115. mudah-mudahan alloh SWT masih melindungi anda.. aamiin,,

    BalasHapus
  116. saya rumahnya di pinggir sawah gan ,, hehe

    BalasHapus
  117. dulu juga rumah saya kena gempa , tapi alhamdulillah rumahnya tidak apa apa .. :)

    BalasHapus
  118. musibah kini memang mulai marak, tentunya kita harus menyikapi dengan cara yang benar.

    BalasHapus
  119. Sungguh musibah telah benar-benar nyata dihadapan kita.

    BalasHapus