HUJAN DAN SAJAK


dan serdadu hujan turun di pelupuk subuh
menggetarkan hati yang tadi rapuh
menjadi luluh

dan hujan mulai memburu
melumat rindu
dengan sembilu


Mataram, 29 Nov 2012

Siapa yang tidak suka hujan?
Semua orang dapat menjadi pujangga dadakan karena hujan. Ada yang bercerita tentang kerinduan yang justru berapi - api, ada pula yang justru semakin terpuruk dalam derita. Tidak sedikit pula yang bercerita tentang kencan yang tertunda akibat derasnya hujan di malam minggu.

Saya pun tidak tahu, senyawa apa yang menjadikan hujan lekat dengan aliran ide yang bermuara kepada lahirnya sebuah sajak. Apa karena suasananya yang syahdu?

Bagi saya, yang paling pas adalah ketika hujan separuh deras turun di malam hari (ya sekitar setelah shalat Isya'), sedikit ada petir, mati lampu, di samping ada gitar, ada rokok, ada teh panas manis, ada lilin, ada kertas, ada ballpoint.

Mungkin beberapa sajak bisa jadi dalam waktu satu jam.

Jreeeennngg !
Hujan di malam minggu (tek tek dung!)
aku tak datang padamu (treeeett teeett teettt teeett!)
Bukaaaaan, aku tak mau, sayang!
Hujan di malam minggu..u.. (tek tek dung!)






Yang Satu Kategori

89 Komentar:

  1. hahaha... emang asik ya sob kalo ujan turun di malam minggu
    :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. ntar jadinya malah ngga malam mingguan

      Hapus
  2. hehehe,,lagunya keren sob...

    BalasHapus
  3. ƗƗɑƗƗɑƗƗɑ "̮ keren juga sajaknya... :D

    BalasHapus
  4. Saleum,
    Hujan itu bisa melahirkan ide2 yang cemerlang termasuk ide yang 'sesuatu' pula, hehehe...

    BalasHapus
  5. Kalau gue sih, cukup ada gitar, rokok, sama kopi aja, soalnya kalau ada pen mau nulis kan lampunya mati :))

    BalasHapus
  6. huhu.... itu itu lagunya.... :D

    BalasHapus
  7. tanjung katung airnya biru
    pantai cermin indah lautnya
    terkatung-katung menunggu-nunggu
    aku bercermin untuk siapa?!
    terkatung-katung menunggu-nunggu
    aku menyanyi lagu merana

    halahh,jadi ingat Johny Iskandar dkk!

    BalasHapus
  8. keren sajaknya gk kyk puisi ane yg cupu hahah komen back ya

    BalasHapus
  9. Hujan kalau ane tidur aja sob.

    http://Trikbaruseo.blogspot.com

    BalasHapus
  10. karena hujan punya rintik yang merdu ;;)

    BalasHapus
  11. lhah...puisinya manaaaa.../????

    **kecewa

    BalasHapus
  12. hujan membuat hati senang ahahaha

    BalasHapus
  13. singkat dan padat.. hehee.. :)

    BalasHapus
  14. ehem..ehem *tiba-tiba keselek

    kak affan, itu gmana nyanyiin lagunya -______-
    aku maen serulingnya aja boleh ?

    BalasHapus
  15. malam sobb.. maaf tadi komentar di http://www.adityareinaldo.com/2012/12/backlink-gratis-dari-blog-adityareinaldo.html?showComment=1354452344631#c519559920081177117 ga sengaja kehapus..

    Follow blog sukse sob.. Atas nama Nikolaus Evan Reinaldo
    Saya tunggu followbacknya ya..

    BalasHapus
  16. lagunya boleh juga sob...klu dimainkan pake gitar kuncinya apa aja ya?

    BalasHapus
  17. Karawang juga lagi musim hujan sob, bener sekali kalo pas hujan ditemani secangkir kopi, sama goreng pisang, wuihh...manteppppp pokoknya ... heheeeee

    BalasHapus
  18. apalagi ditambah bau-bau tanah gitu ya bang :D
    saya sangat suka hujan bang gimana pun kondisinya

    BalasHapus
  19. Hujan membawa berkah bagi pembuat sajak. :D

    BalasHapus
  20. kalau musim hujan begini enaknya ngopi...

    BalasHapus
  21. Saya suka dengan bau tanah yang tersiram air hujan.. Sejuk dan segar terasa di hidung :-)

    BalasHapus
  22. ya mungkin karena hujan bisa menciptakan suasana menjadi syahdu sobat...hehe
    mantap sobat
    terima kasih telah berbagi
    selamat dan sukses yah

    BalasHapus
  23. wow si afan berdendang,,

    jadi kangen lagu tu ane,, taring mang,, sawer2,,

    hujan bisa menggambarkan apa saja,, senang,, sedih, suka, duka, gundah gulana, dan sebagainya.

    BalasHapus
  24. wah....ada2 saja sobat syair yg terucap dikala hujan
    nice blog :D
    tersenyum ndri sambil membaca dan ngopi neh sob
    memang hujan terkadang membuat kita jd fresh sob jd muanya bs mengeluarkan apa yg ada dlm pikiran Qt....
    salam kenal dan dtunggu lg folback.a

    BalasHapus
  25. karenah lagi musim hujan, jadi lagunja hujan di malam minggu ya kawn...hehehe

    BalasHapus
  26. Blognya keren, gan!
    Kalau sempat mampir sekalian mengundang gabung bareng teman-teman lain yang udah SUBMIT URL BLOG-nya ke Direktori Weblog Indonesia :)

    BalasHapus
  27. BUkan hanya senyawa air yang menjadi hujan yg syahdu hingga begitu byk orang menjadi pujangga, tapi karena rasa itu sendiri... rasa yg mengalirkan inspirasi dan hujan hanya menjadi sound dan lagu pengiring saat sajak terbaitkan ;)

    #sotoy :D

    nice sob ;d

    BalasHapus
  28. Lagi musim hujan nih....

    BalasHapus
  29. Wah keren nech sob sajaknya.?

    Sudah lama saya pengen membuat sajak. Namun tata bahasa saya yang masih acak acakan sob he he he

    BalasHapus
  30. bagus juga sajak nya...

    http://infoolahragaterbaru.blogspot.com

    BalasHapus
  31. kalo kondisinya kayak gitu, paling enak ya yang punya istri, tahu kenapa ? buktikan kalo nggak percaya

    BalasHapus
  32. WAH SAJAKNYA MELANKOLIS BANGET

    BalasHapus
  33. hujan paling enak tidur ditemenin bini sambil nonton film horor..hahaha

    BalasHapus
  34. Wahh bagus tuh hujan" baca kek gni

    BalasHapus
  35. Kalau ditempatkau hujan sampai semalam, bisa kebanjiran gan ! tidak akan ada lagi istilah apel dimalam minggu lagi :D

    BalasHapus
  36. Kalo hujan itu emang paling enak minum teh hangat, ngemil pisang goreng yang masih hangat dan makan semangkok bakso... lalu tidur nyenyak karena cuaca mendukung *nyengir*

    BalasHapus
    Balasan
    1. Aduh itu membuat perut saya keroncongan mas heheheeee :D

      Hapus
  37. ga bakal ada jawaban baku
    karena suka apa enggak itu menyesuaikan situasi dan kebutuhan

    BalasHapus
  38. keren gan,.

    template nya pun mantap banget,.

    BalasHapus
  39. iya jwe, kemarin malming hujan.
    gaplek tenan :D

    BalasHapus
  40. hahaha...ini mau syahdu koq jadi ngakak ya :))
    eniwei, aku juga suka hujan, suasananya bikin meloowww...

    hujan ditemani teh hangat dan gorengan adalah kemewahan tersendiri..

    BalasHapus
  41. Saya suka detil Jreng nya...hehehe

    BalasHapus
  42. betul banget tu gan... saya juga sering dpt inspirasi karena hujan....

    BalasHapus
  43. tapi ada loh puisi ttg hujan yg ga selalu identik dg sendu dan mellow Fa,,,coba deh baca puisi anak ku
    http://radialgodeks.blogspot.com

    BalasHapus
  44. hahahhaa ... kasian deh lo .... :P
    ujan itu bikin seger ... sambil ngopi sob :D

    BalasHapus
  45. hujan itu anugrah bagi yang mengharapkannya (jomblo). kalau bagi yang mau malmingan yaaaaaa beda lagi mungkin. haha

    BalasHapus
  46. Hujan memang kadang membuat kita teringat akan suatu kenangan. terutama dimalam hari, teduh dan bau wangi hujan..

    BalasHapus
  47. kalo ujan paling enak kruntelan....tiduuurrr heheheh

    kunjungan balik nih :) btw, blognya keren nih ! anak muda banget ! ya iyalah anak muda gitu lhoo..

    BalasHapus
  48. sepertinya hujan selalu punya cerita berbeda bagi setiap orang ...

    BalasHapus
  49. wah blognya keren bang, gw juga penikmat hujan bang :D

    BalasHapus
  50. Lebih nikmat lagi pas hujan, listrik mati, angin dan petir kita berada di tempatnya sang kekasih...hehe

    BalasHapus
  51. hihihi..hujan kadang bisa memberi inspirasi ya sob..kalo sya paling seneng hujan sore sore, disamping ada teh hangat, goreng singkong hihi..

    BalasHapus
  52. itu lagu dangdut ya bang. BTW gwe suka loh sam template blog lu yang ini. lebih apa gitu

    BalasHapus
  53. Kalo hujannya malem2 sich oke, tapi kalo siang dagangan jadi ndak laku nich :(

    BalasHapus
  54. karena hujan adalah berkah yang harus di nikmati.....

    BalasHapus
  55. benenr bgt tuh gan... tehnya ganti kopi donk biar lebih maknyus..:D

    BalasHapus
  56. Banyak inspirasi dari hujan :)
    Hujan membawa berkah ^^

    BalasHapus
  57. Hahaha....langsung membayangkan lagi main gitar pake lagu tadi diterangi cahaya lilin *anak kos banget*

    BalasHapus
  58. Kalo ujan paling cocok dan pas ya ngiyup ato berteduh masbrur.
    setelah itu apa aja pasti enak

    @rizalarable #srudukfollow

    BalasHapus
  59. udah gitu doang ??? sajak puisinya manaaaa ?????? #penonton kecewa :(

    BalasHapus
  60. Hmm.. kalau hujan turun, kapan pun itu, tentu membuat saya agak sedikit risau. Hanya karena Allah, maka saya harus menerima curahan rahmat-Nya berbentuk hujan itu dengan syukur dan doa, kendati petir dan guntur saling rebut perkasa! Bermunajad pada Ilahi saat hujan turun, katanya lebih baik, betul ya Gus..?!
    Salam sahabat, God bless you...

    BalasHapus
  61. paling pas saat hujan itu....

















    tidurrrr :p

    BalasHapus
  62. trmkasi pak atas pengalamn yng telah di bagi2 heheh

    BalasHapus
  63. .. kalo malam minggu ujan,, kan kasihan yang sedang malming. he..86x. namun,, aq sich kalo ujan selalu inget ma kejadian konyol aq ma si eheem,, he..86x. lucu banget n tak akan terlupakan ..

    BalasHapus
  64. hujan akan ku terjang, lautan ku sebrangi, gunung ku daki hanya untuk dirimu sayang. tapi kata si cewe, 'ko malam minggu kemarin ga datang bang?' si agan jawabnya. 'anu neng.. kemarin kan gerimis' ehhehehehe

    BalasHapus
  65. jangan sampe deh klo mlm minggu hujan, nnti ga bisa keluar dong...

    BalasHapus
  66. Hujan dimalam minggu = MATI GAYA.

    BalasHapus
  67. wkwkwk keren juga sob :D

    http://acep-computer-science.blogspot.com

    BalasHapus
  68. Hujan di malam minggu itu baik untuk kesehatan para jomblo. #ehh

    BalasHapus
  69. Ane juga suka tuh gan... malem malem hujan apalagi malem minggu... di buat mimpi indah aja lebih nyaman.

    BalasHapus
  70. kirain lagi ikutan GA juga hehe

    BalasHapus
  71. hahahahhaa gokil..
    itu kan lagu dangdut ya?

    BalasHapus
  72. hahaha, lagu yang di bagian aneh jadi kedengeran aneh ada tek tek dung nya..hahaha.. tarakdungces!!!!

    siapa tak kenal hujan
    memburu sepenuh hati penuh harapan
    mencipta dunia angan
    takkan menangis jika bukan karena adanya kenangan

    BalasHapus
  73. OOT, gimana cara membuat komentar yang ada scroll-nya tapi form pengisian komentar ada di luar?

    BalasHapus
  74. kRenn sob...
    hehe... jGn Lupa follbacknYa yH sob.

    BalasHapus
  75. waw mantaf kali hujan ini

    BalasHapus
  76. hujan?..enaknya ngapain ya?...

    BalasHapus
  77. hujan selalu bikin suasana syahdu, dan karena itu nulis jadi lancar, hehe

    BalasHapus