BELAJAR


Sudah lebih dari satu tahun yang lalu terakhir kali saya belajar dan membuka buku.

Ketika saya dinyatakan lulus oleh dosen penguji skripsi, saya harus menghadapi masalah berikutnya : kerja. Mau kerja dimana? Di gaji berapa? Entahlah. Mungkin ini juga menjadi salah satu PR bagi kawan - kawan blogger lain yang hobi sekali menulis galaunya menjadi seorang pelajar, entah itu di bangku sekolah ataupun kuliah.

belajar dengan benar
Belajar

Saya punya adik dua. Yang satu laki - laki sekarang sedang mulai beradaptasi menjadi seorang mahasiswa dan yang satu lagi masih duduk di bangku SMP. Ada sebuah hal yang membuat saya rindu : ketika ibu saya menyuruh adik - adik saya untuk fokus ketika belajar.

Dulu, ketika saya masih sekolah, ibu saya selalu mengingatkan saya untuk tetap lengket di kursi meja belajar saya. "Heh, belajar sana!"

Kini saya sudah mulai bekerja. Tidak ada lagi ulangan maupun ujian yang harus saya kejar dengan berlama - lama membolak balikkan halaman buku pelajaran. Saya sekarang duduk bebas di depan televisi, bermain gitar, pergi keluyuran untuk pacaran, tanpa sekalipun diingatkan untuk belajar.

Entah, tapi rasanya ada yang kurang. Bukan berarti ibu saya sudah tidak perhatian lagi. Tetapi saya merasa ada bagian dari diri saya yang mendadak hilang disekat tembok pembatas status sebagai pekerja; tidak lagi sebagai pelajar.

Just prepare yourself
. Suatu saat kalian pun akan rindu untuk kembali belajar.



Tag : cara belajar yang benar, tips dalam belajar, belajar menghadapi ujian, cara belajar efektif, belajar tekun, cara belajar sebelum ujian, tips belajar secara tepat






Yang Satu Kategori

221 Komentar:

  1. yg baru mau lulus sma kyak gue juga bingung mau kuliah atau kerja.. -.-

    BalasHapus
  2. betul2,,kadang kangen banget sama omelan2 ibu,kakak,guru.... :D
    **sinau sinau....

    BalasHapus
  3. Untungnya belajar selalu buka pintu lebar-lebar agar kita kembali ya Mas. Gak mesti belajar pelajaran sekolah, pelajaran kehidupan jauh lebih menantang :)

    BalasHapus
  4. baiklaaah, sekarang mulai menikmati setiap proses belajar :)

    BalasHapus
  5. iyaw gan... toga ane udah di geset ma rektor..pe sekarang belum kerja..haduch2

    BalasHapus
  6. hem....
    blajar tu tiada henti...
    templatenya mantep kang..
    mampir yu...

    BalasHapus
  7. Merenung Bang :)
    lagi merenung sebagai pelajar :)

    BalasHapus
  8. kalau sementara jadi Mahasiswa pingin cepat selesai tapi setelah diwisuda jadi mikir lagi kerja apa ya masa masih minta uang dari orang tua itu saya dulu mas , karena nggak punya keterampilan apa-apa

    BalasHapus
  9. senengan ne keluyuran gitu yoo mas sama mbak santi, wah wah ntar ibu e bilang gini : 'sana nikah ajah' wakakkaak :D

    BalasHapus
  10. rindu belajar hal baru mungkin iya, tapi klo rindu jadi pelajar?rindu balik lagi sekolah/kuliah? huwaaaa,,, ga deh,,, sekarang aja kerja sambil kuliah tiap kali mau ujian langsung meriang,, hahaha

    BalasHapus
  11. belajar yukkkkkkk
    apa saran buat orang seperti sya yang masih mahasiswa

    BalasHapus
  12. katanya kalau sudah kerja
    malah malas belajar
    di balik juga ya

    BalasHapus
  13. Menurut gue, bekerja juga terdapat pembelajaran di dalam nya.
    jadi bekerja juga termasuk belajar.

    BalasHapus
  14. Belajar......
    Orang yang umurnya sudah lebih dari 50 tahun pun masih ingin belajar untuk mendapatkan gelar yang ia inginkan, kita yang usia nya masih muda haruslah semangat menggapai cita cita salah satunya dengan terus belajar :)

    BalasHapus
  15. perasaan itu udah 1 tahun membelenggu di hati ini :D
    Rinduuuuu berat...

    BalasHapus
  16. mungkin rindu jadi pelajar yah..krna bekerja pun bisa sambil belajar kan ;)

    BalasHapus
  17. Bener lhoo...
    Bahkan setelah jadi ibu RT sekian tahun. Ada rasa rindu belajar. Makanya kadang ikutan seminar2 parenting atau moivasi.

    BalasHapus
  18. aq juga udah rindu ma belajar :p
    padahal masih mahasiswa statusnya :D

    BalasHapus
  19. dah lm jg gak blajar nih....

    BalasHapus
  20. sabar ya bang, namanya kehidupan pasti akan selalu berubah...

    ciee yang bersantai ria hihi

    BalasHapus
  21. rindu banget ...

    tapi juga males banget ..

    buat belajar

    hahaha :D

    BalasHapus
  22. dan maka'a aku kuliah sekarang,bukan'a semata2 kangen sama belajar tp masa belajar sambil bermain yang ingin kita rasakan dalam bangku pendidikan

    BalasHapus
  23. Bener banget.... Sekarang aja, mulia kangen sama masa2 kuliah... Hmmm... Kangen kuliahnya, nunggu kelasnya, ujiannya, skripsinya,... hmmm... :(

    BalasHapus
  24. hihii, bener bgt. kdg saya suka sengaja ngelakuin kesalahan cuma biar 'diomelin' :P

    BalasHapus
  25. kadang kerjaan dengan pelajaran yang kita terima dulu belum tentu sama terkait....#true story

    BalasHapus
  26. kalo saya, apa yg saya pelajari dulu waktu di kampus dengan yg saya kerjakan sekarang, ada perbedaan mendasar

    BalasHapus
  27. saya malah kerja dulu... baru tahun 2012 saya mulai kuliah...
    waah... belajar lagi... trus dibarengi dengan kesibukan kerja... tantangan yg indah.. :)

    *malah curcol

    BalasHapus
  28. Kelar kuliah n sekarang udah kerja..., pengen belajar lagi. :)

    BalasHapus
  29. Coba perhatikan anak kecil, mereka selalu ceria! padahal mereka belum punya pekerjaan, dan belum punya penghasilan sendiri!, tetapi kenapa kita setelah dewasa selalu mengeluh?!hehe

    BalasHapus
  30. betul.. kadang jaman kita sekolah itu bikin kangen :)

    BalasHapus
  31. semua ada zamannya..dahulu mungkin kadang kita kesal disuruh belajar, belajar dan belajar...namun disuatu waktu hal2 semacam itu akan menjadi kenangan indah.
    saya jd teringat zaman sd dulu waktu bunda sering marah karena telat ke t4 mengaji kampung...hampir tiap hari diomelin, hehe..
    alhamdulillah wktu itu menjelang kelas 3 tamat juga Qur'annya,..
    masa kecil dikampung luar biasa ngangenin

    BalasHapus
  32. sekarang gantian aja sob nyuruhin adiknya belajar :D

    BalasHapus
  33. saya rindu apengajar yang manis dulu itu :D

    Belajar memang gak ada habisnya, ntar pasti ketemu keadaan untuk belajar lagi.

    BalasHapus
  34. Hukum Alam pak.

    Saat jadi pelajar kita pengen cepet-cepet lulus. Tapi saat udah lulus, pengen jadi pelajar lagi.

    BalasHapus
  35. mungkin gak selamanya jg sob,statusmu itu sebagai pekerja saja. suatu saat, disaat kamu udh nikah trs mempunyai seorg anak yg bersekolah, yakin deh, kamu pasti akan mengulangi lg pelajaran yg udh lewat itu. kalo gak, kamu bs glagapan saat ditanya anakmu sob..
    hehe
    :D

    jadi, jgn pernah berhenti belajar sob..

    BalasHapus
  36. belajar gk harus di sekolah
    mencintai pacar dengan tulus itu juga harus belajar mas :D

    BalasHapus
  37. sebenarnya dalam kehidupan kita selalu belajar, bahkan ketika kita sudah tidak menyandang status sebagai pelajar...tetap kita belajar, belajar dalam mencari kerja, belajar sebagai pekerja....belajar untuk menggapai kehidupan yang lebih baik di dunia dan di akhirat :)

    BalasHapus
  38. rindu diomelin ibu, tapi pas diomelin kesel :D

    I-Pub

    BalasHapus
  39. Harusnya kalo bisa nulis rutin di blog, bacaaanya banyak deh. Bisa dilihat dari kualitas tulisannya........

    ************************************************************

    BalasHapus
  40. Ada sesuatu pada belajar... sampai membuat orang kangen mau belajar, padahal yang sedang belajar mau kabur buru-buru dari masa dia belajar. Lagipula belajar juga bukan harus di institusi formal, bahkan duduk-duduk ditaman bisa jadi tempat belajar yang luas dan hangat :)

    BalasHapus
  41. saya seorang pelajar smk kelas XII yang sebentar lagi akan menghadapi ujian dan akan lanjut ke bangku kuliah..

    BalasHapus
  42. rindu? kangen?

    mungkin itu yg namanya institutionalized... bayangin ajah, dari sd ampe kuliah belajrrr mulu kerjaannya. pas udah selesai masa pendidikan, malah bingung mau melakukan apa selanjutnya...

    BalasHapus
  43. kalau saya pilih tetap belajar terus, baik sudah bekerja atau sedang tidak bekerja :)

    BalasHapus
  44. dari pada mikirin mau kerja apa dan digaji berapa, mendingan buka usaha aja mas..
    kalau cari kerja itu kadang bikin pusing, tapi kalau buka usaha mudah2an dikasih kelancaran, plus di dalamnya terdapat banyak pelajaran yang bisa anda dapatkan.. :)

    BalasHapus
  45. belajar itu.. yah setiap sa'at kita belajar,,, ^^ belajar untuk memahami keadaan diri kita,... ^^

    BalasHapus
  46. nice day :)
    hargailah hari kemaren,
    mimpikanlah hari esok,
    tetapi hiduplah untuk hari ini.
    bagi-bagi motivasinya yaah...

    http://wisataoutboundmalang.com/

    BalasHapus
  47. ijin nyimak sambil silaturahmi kawan.

    BalasHapus
  48. bukan tidak jadi pelajar lagi
    tapi sudah naik kelas untuk belajar lebih banyak tentang kehidupan
    dan sayangnya pelajaran di dunia kerja seringkali mengharuskan kita melupakan apa yang kita dapat di sekolahan

    BalasHapus
  49. ayoo ahh tetep belajar..
    meski udah tua..!!
    ada pepatah yang mengatakan..
    mencarilah ilmu sampai ke liat lihat

    BalasHapus
  50. Hehe
    belajar itu seumur hidup kok bang.
    Enggak mesti pas berstatus pelajar ^^

    Ex :
    Bang Afan baca2 buku baru terkait pekerjaan. Itu juga belajar kan ya...
    Atau mau baca ulang buku fisika kelas 2 SMA juga bisa. Nggak ada yg larang ini..
    hehehe
    X))

    BalasHapus
  51. Hm ... saya belum merasakan ...

    Tapi, kalau di pikir ulang memang benar sangat ngangenin ...

    Buku yang dulu buat belajar kini hilang tak berbekas :(

    BalasHapus
  52. Ayo kerja! *eh?* :P
    Selamat ya, sudah memasuki dunia baru. Berarti bentar lagi menempuh hidup baru dong :)

    BalasHapus
  53. bener banget,,,,terkadang rindu juga untuk belajar,,,,

    BalasHapus
  54. Sekarang aku pekerja, tapi tetap terus belajar. Meski statusnya bukan pelajar :p

    eh, ada lomba baca puisi tuh. Kecil2an sih... Ikutan ya... :)

    http://deidesuriya.blogspot.com/2013/01/lomba-baca-puisi.html

    BalasHapus
  55. Saya masih kuliah, belum terbayang ketika kerja nanti bagaimana. kuliah saja masih susah, apalagi kalau mikirin hasil UAS :(

    BalasHapus
  56. Ikutan merenung..!!
    sekarang ane dah kerja..
    MAsih banyak belajar neh Sob !

    BalasHapus
  57. Belajar Yang Rajin ya...
    biar jadi anak cerdas..
    he..he

    BalasHapus
  58. kalo gaji mah tergantung umr juga dimana kita bekerja dan apa yang kita kerjakan.

    BalasHapus
  59. belajar sama seperti yg ada pada gambar :)

    BalasHapus
  60. Memahami lebih baik dari sekadar membaca.

    BalasHapus
  61. Bener banget mas.. terharu :'(

    BalasHapus
  62. yuk kunjungi www.mbahgahol.blogspot.com follow aja blognya nnti aane followbalik blog agan ada pemasangan iklan gratis 125x125 juga loh

    BalasHapus
  63. masa2 sekolah/kuliah itu sungguh indah.
    setelah kerja... lalu berkeluarga
    tapi semua berproses

    BalasHapus
  64. belajar belajar dan belajar :)

    Kalau udah kerja kaya sekarang yang dikangenin ya masa-masa sekolah, tapi sayangnya waktu di masa itu bisa dibilang disepelekan, banyak mainnya,

    BalasHapus
  65. saya dulu tuh waktu sd sampe smp, disuruh terus buat belajar
    tapi dari sma sampe sekarang udah gak pernah. hehe

    BalasHapus
  66. salam kenal juga! :) makasih udah mampir di blogku. :) salam kangen juga untuk dunia sekolah!

    BalasHapus
  67. Belajar dari hidup dan kehidupan aja, Mas Affan Ibnu :D

    BalasHapus
  68. hehe,,,terkadang memang kangen juga dengan masa-masa itu

    BalasHapus
  69. Wah nyari kerja sekarang memang susah yah kang. saya sekarang lagi bingung mo nyari dimana... :'(

    oyah kang saya pengen sampein kalo kang Affan dpat Award dari saya... Semoga berkenan buat diterima yah kang.

    http://chumhienkslife.blogspot.com/2013/02/sunshine-award.html

    BalasHapus
  70. selamat yah sudah lulus ujian skripsi hehehe

    BalasHapus
  71. Hadir!
    Bagi orang lain, mahasiswa yang diwisuda terlihat sangat bahagia dan sukses, padahal dalam hati mereka ada kegelisahan oleh pertanyaan "kerja dimana?". Saya mengalaminya tahun kemarin. Rasanya seperti dibuang begitu saja ke sebuah dunia baru. Tapi setelah dapat pekerjaan, semuanya tampak mudah dan menyenangkan :)

    BalasHapus
  72. belajar itu klo dikemas secara menarik akan menyenangkan

    BalasHapus
  73. belajar itu ga ada matinya..

    _________________
    Blog dengan segala isi yang akan membuat hari-hari mu tidak bosan, stay enjoy, keep smile. Go to http://sdftyujklvbn.blogspot.com

    BalasHapus
  74. kalo udah hilang pasti jadinya kangen deh hhhehe...

    BalasHapus
  75. Seketika kangen semua hal tentang ibu dan rumah... :(

    BalasHapus
  76. kerinduan yang sama..
    kalau udah begitu biasanya saya membuka-buka lagi buku2 kuliah dulu.

    BalasHapus
  77. saya bekerja, tapi masih belajar juga... maklum kerja sambil kuliah... :D

    BalasHapus
  78. Ini yang bikin ane galau juga. Secara 6 tahun belon lulus. ip pas-pasan. Kalaupun ntar lulus, trus mau cari kerja apa? pernah berpikir juga abis lulus lsg buka usaha. tapi modal darimana????

    BalasHapus
  79. meskipun kerja, tetap kita kan belajar2 juga :D

    BalasHapus
  80. Jadi ingat ini >> Belajar dari buaian hingga liang lahat..

    BalasHapus
  81. Belajar, dan terus belajar karena mencari ilmu dan menambah ilmu sampai kapanpun dan dimanapun tanpa mengenal usia dan waktu.

    BalasHapus
  82. belajar gak ada batasan umur...setiap orng pasti belajar walupun sudah berumur senja...gak ada salah untuk beljr

    BalasHapus
  83. Belajar adalah proses dimana orang tidak paham menjadi paham.

    Salam sukses selalu.

    BalasHapus
  84. Terimakasih banyak atas informaisnya

    BalasHapus
  85. Terimakasih banyak atas informaisnya

    BalasHapus
  86. belum ada cerita baru masbro? masih belajar aja nih :D

    BalasHapus
  87. iya mas, sekarang jadi merasa harus lebih banyak belajar lagi :)

    BalasHapus
  88. iya,,terkadng membuat rindu sekali saat itu,,:)

    BalasHapus
  89. belajar mulu nie sob, keren degh ... tapi ane mau nawarin cuma pasang banner di bayar, mau gak sob ? di mari : Cara Daftar Refban Bisnis Referal $ 10 Di Tangan

    BalasHapus
  90. wah saya jadi sedih bacanya sob

    mantap sob tulisannya saya ada rencana bikin blog yan begini

    mantap

    BalasHapus
  91. Memang belajar itu pengorbanan untuk mendapatkan ilmu, posting yang bagus dan menarik, komentar juga di blog saya myfamilylifestyle.blogspot.com

    BalasHapus
  92. belajar itu proses hasilnya bisa tau dan tidak tau

    BalasHapus
  93. pepatah mengatakan, tuntutlah ilmu samapi ke negeri china...
    jadi belajar tdk ada hentinya harus belajar dan selalu belajar..

    BalasHapus
  94. Jika waktu yang dihabiskan untuk belajar di sekolah atau kampus adalah seperempat hari (siang dan malam), maka dalam waktu satu semester (125 hari efektif) dibutuhkan waktu 4,46 minggu untuk duduk rapi di dalam kelas. Jumlah ini setara dengan waktu 3 tahun 1 bulan nonstop seumur hidup (kapan ngopinyaaaa.... :D)

    BalasHapus
  95. betul sekali ada kerinduan ingin belajar dan belajar tapi sudah dikesibukan oleh kebutuhan.

    BalasHapus
  96. Sudah belajar jadi pekerja nih

    BalasHapus
  97. hebat ya, postingan gini aja banyak yang komeng.

    BalasHapus
  98. Bekerja juga ada unsur belajarnya lho.hehe

    BalasHapus
  99. Punya saya di blogrol kok ngak ada pak /

    BalasHapus
  100. Thank you for the interesting article and pictures. Hopefully be an inspiration for us all. Greetings from blog visits thus of http://dengandemikian.blogspot.com

    BalasHapus
  101. Kereeen Blog nya pengen bikin tp ngga punya kemampuan lebih untuk modif Template atau bikin template pengen donk...

    BalasHapus
  102. Lakukan saja hal positif yang bisa dilakukan..

    BalasHapus
  103. Betul Sekali kalau sudah tamat baru mau belajar lagi, waktu masih sekolah maunya bolos terus

    BalasHapus
  104. Wah keren banget nie infonya bos

    BalasHapus
  105. hehehe sayangnya waktu sekolah dulu g pernah belajar gan

    BalasHapus
  106. assalamualaikum, marhaban ya ramadhan, senyum sapa dari saya denny aby untuk para sobat blogger di bulan yang suci dan penuh berkah ini..artikelnya bermanfaat sekali buat saya, terimakasih sudah share..visit balik ya sob..

    BalasHapus
  107. assalamualaikum, marhaban ya ramadhan, senyum sapa dari saya denny aby untuk para sobat blogger di bulan yang suci dan penuh berkah ini..artikelnya bermanfaat sekali buat saya, terimakasih sudah share..visit balik ya sob..

    BalasHapus
  108. seru! jadi pelajar memang menyenangkan. kenapa tidak jadi dosen saja kak?

    BalasHapus
  109. izin nyimak aja sob maaf baru sisa mampir nih

    BalasHapus
  110. terimakasih untuk ruang dan informasinya

    BalasHapus
  111. paling enak kerja ma belajar seru hehehhehehe.....

    BalasHapus
  112. iya rindu sekali dalam kehidupan belajar nih kak

    BalasHapus
  113. lama tak menyapa, mumpung masih suasana lebaran di bulan syawal, saya datang mengucapkan mohon maaf lahir batin, keep happy blogging always...salam kemerdekaan :-)

    BalasHapus
  114. lama gk mampir... :)

    maaf klo ada salah2 kata.. *smile

    “Ƭαqobbαlαllαhu minnαα ωα minkum
    (Semogα Alloh menerimα αmαlku dαn αmαl kαliαn).”

    BalasHapus
  115. iya juga ...
    gue juga kadang kangen sama teriakan bokap yang nyuruh gue matiin tipi buat belajar karena ada UTS atau UAS ...
    dan suatu saat nanti, mungkin gue yang akan berteriak seperti itu buat anak gue..

    BalasHapus
  116. aku mesti banyak membaca lagi nampaknya cara belajar aku selama ini kurang benar, pantas nggak pintar malah tambah puyeng

    BalasHapus
  117. kalo udah kerja pasti ingin kembali lagi ke masa2 palajar yang indah

    BalasHapus
  118. Informasi yang bagus, sangat bermamfaat sekali

    BalasHapus
  119. untuk memasuki dunia kerja perlu ilmu pengetahuan, wawasan, ketrampilan dan relasi, tidak cukup hanya dengan ijazah, komentar balik ya ke blog saya www.goocap.com

    BalasHapus
  120. kanggg.... mampir ke blog baru ane yah...
    ta tungguin... ^^

    BalasHapus
  121. Sampai sekarang Madjongke juga sering belajar sob

    BalasHapus
  122. Terima kasih atas informasinya semoga bermanfaat

    BalasHapus
  123. wah, udah lama nggak aktif nih mas ibnu :D

    BalasHapus
  124. bener banget , aku setuju sama postingan di atas

    BalasHapus
  125. selamat pagi, datang di senin pagi sambil membawa game terbaru spesial natal dan tahun baru FREE

    BalasHapus
  126. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  127. came to visit on Monday morning while distributing puzzle, free download

    BalasHapus
  128. singgah di senin pagi yang penuh dengan semangat

    BalasHapus
  129. selamat pagi dan salam perkenalan

    BalasHapus
  130. itulah, banyak dari kita berfikir ketika selesai kuliah maka masalah selesai, padahal masalah baru dimulai, dengan pertanyaan apa yang saya lakukan sekarang?

    terimakasih sudah post, artikelnya sangat bermanfaat..

    BalasHapus
  131. apa kabar sobat lama gak diupdate blognya ....

    BalasHapus
  132. Saya dua tahun lagi akan bekerja, Mas, semoga saja :). Membaca ini, seakan malu karna terkadang galau2 gara2 pelajaran -___-". Jadi semangat lagi untuk belajar :).

    BalasHapus
  133. hmm, ini blog udah ditinggal ama yg punya ya?

    BalasHapus
  134. tapi kalo sekarang males banget bang kalo disuruh belajar :D

    BalasHapus
  135. teruskan dan lanjutkan belajarnya omm....

    BalasHapus
  136. sama nih lagi cari kerja juga mas

    udah 2014 nih, apa mas sudah dapat kerja sekarang?

    lama tak berkunjung di blog ini dan ternyata masih eksis, wah salut sekali!

    BalasHapus
  137. belajar memang penting,,kalau tidak terus diasah ya siap2 ilang..

    BalasHapus
  138. Belajar kan gak mesti di sekolah or di rumah gan, di tempat kerja jg bisa belajar.

    jam tangan casio original

    BalasHapus
  139. Artikelnya bagus, salam kenal ya

    BalasHapus
  140. Belajar sambil bekerja aja,,mksdnya belajar dr khidupan, tanpa hrs di tempat belajar sj, :)

    BalasHapus
  141. lama tidak berkunjung kemari, bagaimana kabarnya teman, sehat kan ?

    BalasHapus
  142. sebenarnya belajar itu asyk sih kalo kita suka heheh :D

    BalasHapus
  143. wah, makasih ya gan tentang tips belajar ini

    BalasHapus
  144. salam kenal dan persahabatan sob

    BalasHapus
  145. Bisa nich saya terapkan ke anak saya bos.

    BalasHapus
  146. nice post..i like your article very much :)

    BalasHapus
  147. cemungut x adik manis yang satu ini..gemes dech liatnya

    BalasHapus
  148. Blog bagus yang sayang jarang sekali di update

    BalasHapus
  149. pokonya jadi orang yang lebih baik ..

    BalasHapus
  150. Rata-rata konsumen yang telah sembuh dari cara mengatasi ejakulasi dini penyakit gatal kulit terutama di daerah selangkangan dengan menggunakan obat pelangsing badan penghilang flek hitam bekas luka pada kulit yaitu Meilibahenling. Pemakaiannya pun sangat mudah, cukup jual obat bius wanita dioleskan ke bagian kulit bekas luka dan hasilnya akan terasa setelah dua minggu kulit tersebut akan kembali seperti semula. obat perangsang alami Obat penghilang bekas luka ini mengandung snake oil, glycerine, aloe picked oil, snake guts dan reseen mishap was leave. Penghilang flex hitam pada kulit ini tidak mengandung merkuri ataupun vimax asli merkuri ataupun hydroquinon yang biasanya menjadi bahan dasar untuk produk pemutih dan bisa menyebabkan perih ketika dioleskan sehingga obat penghilang bekas luka ini aman digunakan sekalipun untuk anak-anak. cara alami memperbesar alat vital pria menghilangkan bekas luka secara alami dan dengan obat - Noda obat peninggi badan atau flex hitam bekas luka yang disebabkan oleh bekas garukan, jatuh cara alami membesarkan payudara Kurap tubuh adalah infeksi jamur yang berkembang di lapisan atas kulit Anda.

    BalasHapus
  151. Very nice website and articles. I will be realy very pleased to visit your website. Now I am found that we actually want. I check your website everyday and attempt to learn something from a blog. Thank you and looking forward to your new submit.

    SOFTWARE AND DRIVERS DOWNLOAD

    BalasHapus
  152. Asianbet77 adalah Komunitas para Betting dan Olaharga Mania yang terbesar Pilihan Para Bettor di Indonesia, Dengan hadirnya Asianbet77 sebagai[URL="http://www.asianbet77.com"] Agen Tangkas Net [/URL]maka para komunitas betting bisa berkumpul dan berbagi di dalam situs ini. Selamat Bergabung dan Semoga Suksess Selalu.

    Pin BB: 2B4BB06A
    Wechat: asianbet_77
    YM : op1_asianbet77@yahoo.com
    sms/WA: +63 910 521 37234

    BalasHapus
  153. sudah adi sarang spammer blog ini kakve ayo dong update lagi

    BalasHapus
  154. senang bisa berkunjung ke blog anda, jika berkenan silahkan download drama korea terbaru di blog saya

    BalasHapus
  155. Kuliah atau kerja yang penting lakukan yang terbaik :)

    Cek website full hadiah dan kompetisi di www.campaign.com

    BalasHapus
  156. Nice Posting.. Salam Kenal..

    BalasHapus
  157. terima kasih infonya......
    sangat menarik dan bermamfaat.....
    mantap...

    BalasHapus
  158. lah gue bingung gak lulus2 bray pftt

    BalasHapus
  159. the information is really useful for me ....
    and I wait for your next information is even better,,,,
    Thank you ...

    Also visit our website ⇛ motor | mobil | otomotif | modifikasi

    BalasHapus