/ 2018-06-17

BALI: KENANGAN KETENANGAN

Bali, sebagai salah satu magnet turisme Indonesia, memiliki ragam jenis hiburan untuk menghapus dahaga setelah lelah bekerja. Mungkin sebatas bersandar pada malam yang perlahan - lahan bergerak menuju larut sambil menikmati pertunjukkan gerak seni tari yang pernuh warna dan nada. Atau yang paling simpel adalah terhujani sinaran matahari pagi saat duduk bersila di atas bibir pantai sembari berharap jelaga penat itu dapat larut bersama jejeran ombak yang silih berganti mengejar daratan.

Hiburan malam yang menjamur di sepanjang Jalan Legian, bercengkrama dengan ekosistem laut pada spot snorkeling di Nusa Lembongan atau Padangbai, menghirup sejuknya kabut Danau Bratan di Bedugul, hingga berburu penampakan sekawanan lumba - lumba di Lovina adalah pilihan yang patut dipertimbangkan untuk masuk ke dalam to do list in Bali. Buat yang sudah memiliki anak buah, tidak ada salahnya untuk menjajal wisata yang ber-genre edukasi seperti Bali Safari and Marine Park atau Bali Bird Park. Tidak sampai disitu, Bali juga menawarkan titik - titik romantis bagi para pasangan muda untuk memahat kenangan manis dalam bulan madu mereka. Mengejar sunset di Seminyak atau Jimbaran hingga mencicipi sensasi legitnya kudapan ala dinner di Kuta dapat menjadi pilihan sebagai langkah pertama dalam membina rumah tangga.

Sebagai salah satu tempat wisata iconic di Indonesia, jumlah slot penerbangan yang menghubungkan kota - kota besar di Indonesia dengan pulau Bali sudah tidak terhitung jumlahnya. Bahkan, bandara Ngurah Rai kerap disebut sebagai tempat transit akibat baiknya interkoneksi trip penerbangan dengan wilayah lain.

Tahun 2017 lalu, saya dan istri menyempatkan diri berlabuh di Bali untuk menjalani bulan madu yang tertunda hingga dua tahun lamanya. Anda tidak perlu berekspektasi banyak bagaimana cerita kami waktu itu, karena kami sedang dalam posisi on-budget, hehe. Meskipun kami hanya bertempat tinggal di pulau seberang, Lombok, tetapi waktu itu saya masih buta akan objek wisata di pulau Bali.

I visited GWK. Hanya saja, waktu itu belum terjadi progres yang signifikan seperti yang sempat viral pada beberapa hari belakangan ini. Tanah Lot pun saya hampiri. Sayang, karena pasang air laut, kami tidak dapat berbuat banyak. Dua hal yang juga sempat saya nikmati adalah memacu roda dua kami pada Bali Mandara Toll Roadone and the only one jalan tol di atas laut serta menilik pantai Pandawa yang mungkin tidak akan sanggup saya lupakan betapa menggoda pemandangannya.

Pantai Pandawa | Pribadi
Jika ditanya: apakah saya akan kembali bertandang ke pulau Bali? Tegas saya menjawab, Yes, I have to. Ada pleasure yang belum sepenuhnya dapat saya rengkuh dari pulau ini. Seperti ada hutang yang belum terbayarkan sehingga belum lunas rasanya saya menapak di Bali kemarin.

Thanks to BENOA SEA SUITES & BENOA BAY VILLAS, yang telah memecut imajinasi saya untuk mencari target destinasi apabila saya berkesempatan singgah ke Pulau Seribu Pura itu sekali lagi. Terbesit dalam benak saya untuk mencari tempat wisata unik di Bali, seunik mungkin sehingga bisa menyebabkan saya kecaduan untuk datang berulang kali. Pantai, bukit, pegunungan, landmark, atau justru hal sederhana seperti menginap di salah satu villa Bali? Who knows. It is my taste dan barangkali anda malah teresonansi untuk memikirkan hal yang sama.

Masjid Besar Al - Hidayah, Bedugul.
Siapa bilang tidak ada masjid di Bali. Justru masjid ini berdiri megah di tepian danau Bratan, Bedugul, tidak jauh bersanding dengan Pura Ulun Danu Bratan. Pada titik ini saya akan merasakan desiran angin khas pulau Bali, sejuk alamnya dan sejuk toleransinya. Dua tempat ibadah ini menunjukkan bagaimana rasa menghargai antar umat beragama hadir sebagai penengah.

Saya menyambangi masjid ini di tahun 2014. Untuk mencapai masjid, jalannya cenderung mendaki. View yang ditawarkan oleh halaman masjid ini harus saya akui sebagai salah satu lanskap terbaik yang ada di Bedugul. Anda dapat puas menyapu pandangan anda dan mendapatkan dua ujung danau dalam satu pandangan saja. 

Pura Ulun Danu Bratan dari pelataran Masjid | Pribadi

Masjid ini adalah tempat pertama yang akan saya agendakan untuk dikunjungi, ya kira - kira sekitar waktu shalat Dzuhur alias tengah hari sebelum check in pada tempat penginapan. It will be a good deed untuk mengawali perjalanan membelah pulau Bali. Dari sini, kita mulai bermunajat agar hingga tiba di rumah nanti, kita tetap diberikan keselamatan dan kesehatan.

Hamparan Sawah Berundak, Jatiwulih, Tabanan
Catatan: datanglah pada waktu yang tepat. Pengalaman saya di Lombok, yang juga masih banyak areal persawahannya, anda baru akan mendapatkan sensasinya secara sempurna ketika barisan padi sedang tumbuh dan hijau - hijaunya (kira - kira  satu bulan setelah masa tanam).

Sumber : expedia.com.sg
Saya akan meluangkan waktu pada pagi hari untuk menikmati pancaran matahari muda menerobos kabut tipis persawahan. Berada pada ketinggian 650 - 700 meter di atas permukaan laut, Jatiwulih di pagi hari menawarkan kesejukan yang jelas tidak akan ditemukan di kota - kota besar yang sudah lazim ditanami pondasi - pondasi pencakar langit. Inilah salah satu tempat wisata unik di Bali.



Saya biasa mengasingkan diri pada pekatnya kehijauan area pertanian untuk sekadar mencari ilham tentang tulisan. Ide - ide itu sering muncul terbawa angin yang semilir mendesis menggesek untaian bulir - bulir padi tercampur dalam gemericik irigasi. Ada tenang yang singgah dalam rongga kepala, memupuk dahan - dahan nalar itu akhirnya berbunga menjadi buah pikiran.

Nothing but Screaming, Parasailing, Benoa
I'm just a fan of Korean's variety show, Running Man. Saya telah menyaksikan beberapa hal 'gila' harus dilakukan untuk menyelesaikan suatu misi. Parasailing salah satu di antaranya. 'Menikmati' hamparan pasir putih dari ketinggian sembari memompa adrenalin akan menjadi catatan tersendiri dalam hidup saya; i have a ball, man!.

Parasailing dapat ditemukan pada Tanjung Benoa Bali, yang dimana juga satu area dengan vila keluarga di Bali yakni Benoa Bay Villas. Watersport ini rasanya cocok bagi anda yang membawa pasangan atau family, ada yang mengudara sementara ada juga yang mengabadikan sambil tertawa melihat raut muka pucat anda.



Berburu Sunset di Jimbaran atau Kuta
Cukup mainstream apabila kita berlibur ke Bali dan berburu matahari yang terbenam. Lombok pun saya rasa juga memiliki daya pikat untuk urusan yang satu ini. Apalagi ketika matahari tengah beredar pada garis lintang utara sehingga matahari akan jatuh bersembunyi pada tubuh gunung Agung, Bali. Lantas mengapa saya tetap memilih mengejar sunset di Bali?

Karena saya ingin memetik pengalaman sembari mengamati para sunset hunter dalam mengabadikan momentum satu hari sekali tersebut; bagaimana mereka menumpahkan kreativitasnya dalam bidikan lensa kamera. Tidak jarang, satu atau beberapa raut wajah turut memenuhi layar kamera; dan jika dilakukan oleh profesional maka hasilnya tidak akan mengecewakan. Dan tidak perlu diperdebatkan lagi, dengan jumlah turis yang jauh lebih banyak berada di Bali (dibandingkan di Lombok) maka akan banyak pengalaman yang didapatkan.

Sunset di Kuta | Pribadi
Berbelanja kata - kata, Kaos Oblong Bali
Belum lengkap rasanya apabila tidak membeli cinderamata untuk mengenang momen terbaik saat berlibur. Terlebih lagi, Bali yang memang menjadi surganya para pelancong, sudah tentu menyediakan ragam corak buah tangan untuk melengkapi perjalanan liburan. Jenis dan harga pun dapat bervariasi, ada yang cocok dengan perekonomian saku belakang celana sampai dengan benda - benda rumit yang memang diperuntukkan bagi para kolektor.

Apabila saya berkesempatan datang ke suatu kota, terutama kota besar, saya senang berbelanja kaos dengan nama kota yang tersablon di bagian mukanya. Entah mengapa saya justru merasa pede dan bangga bisa menggunakan kaos jenis tersebut; itu artinya saya pernah berkunjung ke sana. Namun, salah satu nilai tambah dari salah satu brand kaos oblong Bali adalah adanya kata - kata pemanis yang memang sengaja dihadirkan agar produk tersebut lebih meriah dan diperhatikan. Terlebih saya juga memang hobi menulis dengan permainan kosakata. Tidak jarang, kalimat - kalimat yang tercetak pada kaos - kaos tersebut menghadirkan inspirasi baru dalam merias sebuah tulisan.

Salah satunya adalah merk yang outletnya terletak di kawasan Kuta dengan tagline 'Pabrik Kata - Kata' di muka tokonya. You know lah.

Sunrise di Tanjung Benoa Bali
Akhirnya, sejak tadi saya menahan untuk mengutarakan lokasi ini. Tanjung Benoa Bali, tempat dimana saya akan menghabiskan malam bertransformasi menjadi pagi. Matahari yang masih muda itu dapat membias dan bersatu dengan langit dalam bayang - bayang siluet pulau Nusa Penida yang melebur pada garis horizon. Sejenak kemudian fajar itu berubah menjadi jingga.

Credit to thomaschedang | Sumber disini
Ada ketenangan ketika memandang sang surya yang baru mulai belajar merangkak menuju ubun - ubun hari. Hawa sejuk yang masih lengkap dengan ketenangannya dengan ditambah lantunan irama riak laut yang tipis menderu seraya memburu tepian daratan. Saya jamin anda akan semakin larut pada pagi yang tengah landai itu jika sembari memainkan instrumental milik Yiruma dengan judul Kiss The Rain di tengah ruang dengar. Segala beban pekerjaan, pikiran yang membelukar, sejenak akan tertinggal pada kolong waktu dan gaung denting piano. Impian saya ini baru akan terwujud sempurna apabila saya memiliki kesempatan untuk bermalam pada Benoa Sea Suite and Villas yang terletak di Tanjung Benoa Bali.

Sekilas Tentang Benoa Sea Suite and Villas, Gate to Sunrise
Sebuah resort yang beralamat pada jalan Pratama Tanjung Benoa yang menawarkan dua jenis fasilitas penginapan: Suite dan Villa. Para reviewer dari Tripadvisor memberikan nilai rata - rata 4 dari 5. Sementara pada situs teman traveling dalam negeri, Traveloka, Benoa Sea Suite and Villas berhasil mengantongi score 9,1/10 dengan predikat Superb berdasarkan 126 reviewer. Mayoritas mengatakan sangat puas dan akan segera kembali lagi. Kebersihan, jasa pelayanan atau service, sertanya kenyamanan adalah unsur - unsur yang mendapatkan nilai solid sempurna; dan ini juga menjadi modal utama bagi para pelancong yang ingin menghabiskan waktu dalam pelukan keheningan pulau Bali.

Sunrise dari balkon Benoa Sea Suite and Villas | Credit to Paula B, Tripadvisor, Sumber disini
Secara umum fasilitas yang didapatkan dari tempat bermalam ini adalah room service, breakfast, private bathroom, televisi layar datar, serta tempat tidur yang berdimensi King Size. Untuk tipe Suite, kita dimanjakan dengan hadirnya private Jacuzzi yang bersebelahan dengan teras menghadap birunya laut. Anda akan memilih 'amazing' sebagai kata pertama yang anda tulis pada lembar diary honeymoon anda jika anda membuka kunci salah satu kamar dari 12 unit yang tersedia.

Teras Tipe Suite | Benoa Sea Suite and Villas
Suanasa di dalam kamar Tipe Suite | Benoa Sea Suite and Villas
Sementara itu, untuk tipe villa yang tersedia dalam 13 unit, kita tidak hanya akan mendapatkan kamar yang lebih luas tetapi juga dinning area bahkan kolam renang privat untuk masing - masing pengunjung.

Suasana kamar dan fasilitas dari tipe Villa | Benoa Sea Suite and Villa 
Untuk reservasi, kita dapat dengan mudah menemukan tempat ini pada situs - situs traveling kenamaan seperti Tiket.com, Traveloka, Booking.com, atau Agoda. Anda juga bisa melakukan pemesanan secara langsung pada halaman online resmi milik Benoa Sea Suite and Villas. Apabila anda sedang dalam kejaran calon mertua untuk menyusun rencana pernikahan, bulan madu khususnya, maka resort ini dapat anda temukan pada halaman Bridestory di bawah naungan The Premier Hospitality (Premier Hospitality Asia).

Premier Hospitality Asia
Premier Hospitality Asia (PHA), yang menjadi induk dari Benoa Sea Suite and Villas serta Benoa Bay Villas, adalah penyelenggara manajemen pelayanan/service penginapan yang memang memiliki spesialisasi pada jenis boutique villas dan resorts. Tidak tanggung - tanggung, Premier Hospitality Asia telah melebarkan sayapnya tidak hanya Bali, tetapi juga di Jakarta, hingga ke Malaysia.

Di pulau Bali saja, terdapat 13 lokasi properti penginapan yang bernaung di bawah payung manajemen PHA. Lokasi tersebut berada di Nusa Dua, Seminyak, Canggu, Ubud, dan tentu saja Tanjung Benoa Bali. Melihat fakta ini maka saya tidak ragu mengapa Benoa Sea Suite and Villa memiliki nilai kepuasan yang tinggi pada situs - situs perjalanan mengingat pengalaman dari pihak manajemen yang tidak dapat dipandang sebelah mata.

Benoa Bay Villas, It's Family Time
Sebagai informasi tambahan, ternyata Benoa Bay Villas, yang juga merupakan salah satu akomodasi milik Premier Hospitality Asia yang terletak di Tanjung Benoa Bali, memiliki nilai review yang sangat baik pada situs traveling. Pada Traveloka, Benoa Bay Villas mengantongi rating 9,0/10 dengan predikat Impresive. Sementara pada situs Booking.com, villa keluarga di Bali ini memperoleh nilai 8,7/10. Tripadvisor sendiri mengkalkulasikan poin reviewer pada 4,5/5 dimana 81% penilai memberikan nilai tertinggi yakni 'luar biasa' bagi resort yang beralamat pada Gang Setra Gandamayu III, Jalan Pratama, Benoa ini.

Dermaga pada Benoa Bay Villas | Benoa Bay Villas

Terdapat dua fasilitas villa pada Benoa Bay Villas, yakni Villa Sunset dan Villa Cempaka. Masing - masing memiliki 3 kamar tidur serta yang tak kalah penting ialah kolam renang. Dengan latar belakang teluk Benoa di sebelah barat, maka aktivitas berburu matahari terbenam akan terasa lebih eksklusif.

Villa Sunset | Benoa Bay Villas
Villa Cempaka | Benoa Bay Villas

So, do you wanna try? Menyaksikan matahari memahat hari baru yang masih kosong dalam keheningan. Karena sang surya hanya akan menghadiahkan pancaran tercantiknya bagi pasang mata yang menghargai waktu; yaitu pagi.

Banner

Tulisan ini diiukutsertakan pada kompetisi blog yang diselenggarakan oleh Benoa Sea Suite and Villas dan Benoa Bay Villas. Seluruh tulisan di atas adalah hasil karya personal dan original.
This article is included in the blog competition held by Benoa Sea Suites and Benoa Bay Villas Bali. Posts are original and personal work.


64 komentar:

  1. mantap banget lah jalan-jaannya memang menjadi moment yang tak terlupakan sepertinya

    BalasHapus
  2. Tanjung Benoa, tempat beken di Bali yang belum pernah saya kunjungi. Hehe, orang ke Bali cuma baru sekali pas tahun 90-an. Jadi kepengen ke sana habis baca tulisan ini...

    BalasHapus
  3. Wah, Bali memang ya pesona Indonesia, alam dan sunset di sana cakep euy. Buat damai dan rasanya, saya jadi rindu Bali hehe

    BalasHapus
  4. Ah Baliiii, saya kangen, kangen karena belum menjelajahi semua tempatnya.
    Btw Lombok kan juga menarik banget ya, pengen ke Lombok deh

    BalasHapus
  5. Cocok banget nih Villa nya untuk honeymoon. Pemandangan ke lautnya keren banget...

    BalasHapus
  6. waduh honeymoonnya mantap, gini nih kalau orang lombok udah bosan ama lombok padahal kita pingin banget kesana

    BalasHapus
    Balasan
    1. saya justru malah bingung lo pak.. banyak orang yang ingin ke Lombok, tapi kalo saya diminta rekomendasinya malah ndak bisa jawab.. viewnya plus, tapi akomodasinya masih minus.. ada juga yang terlalu digembor2kan media, padahal sebenarnya tidak semewah yang ditayangkan.. :)

      Hapus
  7. Bali memang Wow ...
    Budayanya,pantainya,hiburannya .. semuanya memang memikat.
    Pantas turis mancanegara terpesona dan banyak pasangan berhoneymoon ria kayak mas Affan disana ☺

    BalasHapus
  8. Waw keren banget, bacanya jadi ikut ngebayangin deh. Oia di lombok juga gak kalah keren Sama Bali ya. Aku juga udh lama gak ke bali, terakhir waktu masi kecil banget. Villa benoanya boleh nih recommend ��

    BalasHapus
  9. Bali memang amazing....pengin bisa ke sana kapan-kapan...tapi enggak untuk parasailling....gak punya nyali aku....takut.... ;(

    BalasHapus
  10. Bali hmmm. Satu kata yang mencirikan tentang Bali itu menurut saya adalah keindahannya. Bahkan saking menariknya, Bali itu lebih terkenal dari Indonesia itu sendiri

    BalasHapus
  11. Dari berbagai macam tempat wisata, Pulau Bali memang di kenal karena kecantikannya. Bahkan sampai saat ini, saya belum pernah ke Bali. Nyeseg banget ya hiks
    Next time pasti ada rezeki. Pengen lihat dan berkunjung ke GWK saya :D

    BalasHapus
  12. Hemm...Bali, rasanya tak sabar ingin bisa liburan kesana bersama keluarga. Dan menikmati keindahan alam Indonesia yang sangat luar biasa.

    BalasHapus
  13. Liat mesjid di Bali itu kayanya seperti melihat oase di gurun pasir di mata saya. Kalo saya ke Bali saya ga akan cari pantainya, saya lebih pengwn liat persawahannya yang aduhai masya Alloh, seger bangettt view nya

    BalasHapus
  14. Duh bali, rasanya pengen main kesana lagi deh. Kayaknya tahun ini wisatanya nambah lagi yah. Semoga mas bisa ke bali deh. Ini lomba blog itu kan, semoga menang yah mas.

    BalasHapus
  15. Benoa, saya pernah berkunjung sewaktu buzzer satu produk seluler... Nggak kuat mata Mas, banyak yg berjemur untung terdistraksi main sky dengan kapal boat berbentuk pisang. Waktu itu ada Parasailing, tapi belum berani saya nyoba, mikirnya saya gemuk ntar jatuh malah hahaha....

    BalasHapus
  16. Good luck gaes! Bali, salah satu destinasi favorit yang dimiliki Indonesia. Saya baru tau kalo di Bedugul ada masjid...

    BalasHapus
  17. Good luck ya.
    Semoga menjadi salah satu pemenang lomba.
    Aamiin.

    Salam siang dari Meninting, Batu Layar, Lombok.

    BalasHapus
  18. Bali emang top banget ya gan :)
    Good luck, semoga givewaynya mendapatkan apa yg diharapkan..

    BalasHapus
  19. Pingiiin banget nyoba parasailing di Bali.. Dan pas baca ini aku pun jadi pingin berburu masjid di Bali.. :)

    BalasHapus
  20. Bicara tengang Bali, entah apa lagi yang harus saya ungkapkan. Indah, tapi belum bisa kesampaian ke sana. Semoga lain waktu bisa..aamiin

    BalasHapus
  21. Bali emang mantab yah gan, jadi pengen kesana lagi

    BalasHapus
    Balasan
    1. malu saya kepada master blog competition nih.. :)

      Hapus
  22. ah, Baliiiii, kangennn banget. Sayangnya pas absen lomba ini. Good luck, mas

    BalasHapus
  23. Jadi ngiler banget pak, ingin kesanaaaaaaa .

    BalasHapus
  24. Belum pernah ke Bali. Kalau nyokap pernah. Katanya Bali emang gokil. :)

    BalasHapus
  25. aku punya kenangan asik di bali. pernah mau ngajak bule buat foto2, tapi aku rada malu. akhirnya temenku malah bisa ajak foto bareng, btw bulenya cantik banget.

    BalasHapus
  26. mas, yuk saling follow blog. kayaknya konten punyamu asik, nih.

    BalasHapus
  27. Terakhir ke Bali, justru berdiam diri di hotel. Setelah baca postingan ini, jadi pengen ke Bali lagi dan menjelajah berbagai destinasi wisata

    BalasHapus
  28. Mataram - Bali dekat, ya, sayang banget kalau orang Mataram belum menjejak ke Bali :)

    Moga bisa ke Bali lagi ya Mas Affan, buat bulan madu ke sekian. Oya, mohon maaf lahir batin. Maafkan baru mampir ke sini.

    BalasHapus
  29. Subhanallah,,,membaca cerita dan melihat foto-foto tentang keindahan alam Bali jadi baper,,,kapan yah bisa ke Bali..

    BalasHapus
  30. Postingan ini bikin saya pengen ke Bali lagi, lagi, dan lagi. Semoga suatu saat nanti ... terakhir waktu ikutan Asean Blogger jekkkk sudah sangat lama! :D

    BalasHapus
  31. Dan gua pernah baca, pertanian di bali, masuk dalam warisan dunia yang dilindungi, keren bro hehe

    BalasHapus
  32. Sungguh luar biasa sekali bisa bulan madu di Bali, saya sendiri belum pernah kesana walau ada impian untuk berwisata ke Bali. Khususnya ingin Sunset di Kuta.

    BalasHapus
  33. Pantai Pandawa awalnya memang asyik untuk dikunjungin, tetapi sekarang sudah tidak nyaman lagi, terlalu turistik bagi saya

    BalasHapus
  34. bali.. aku selalu ingin ke sana

    BalasHapus
  35. Sepertinya harus balik lagi ke Bali buat honeymoon di Benoa Bay Villas.

    BalasHapus
  36. saya belum pernah ke bali :-(

    Lihat pemandangannya jadi ngiler uyy, keren-keren tempatnya.

    BalasHapus
  37. Pantai Pandawa sih salah satu tempat yang gue highlight saat di Bali. Kerennya minta ampun bosku! Ombaknya yang nagih. Cuman kayaknya kurang promosi sih, jadi gak serame pantai-pantai lain.

    Eh, itu hotel keren tuh! Harga per malem berapa tuh? Menarik juga..

    BalasHapus
  38. jatiluwih juga sangat terkenal, atau kalau mau menikmati pemandangan sawah seperti itu bisa juga di ceking, gianyar bali. sawahnya juga indah mas..

    BalasHapus
  39. Sunsetnya bagus banget. Panti Pandawa memang cocok untuk berlibur jika ingin ke tempat yang viewnya indah.

    BalasHapus
  40. Good luck ya. Semoga menang :)

    BalasHapus
  41. Ah, Bali mah memang selalu memberi kenangan, ketenangan, dan kerinduan untuk datang kembali hehe..

    Kalau aku lebih sawah pas udah menguning warnanya, biasanya lebih variatif :D

    -Traveler Paruh Waktu

    BalasHapus
  42. bali memang indah. baru kali ini saya membaca yang membahas tentang bali ada mesjidnya. baru tau ternyata tempatsekitar masjidnya juga indah.

    BalasHapus
  43. Saya ke Bali kayanya udah 7 tahun yang lalu dan belom kesampean lagi kesana, dulu juga belom sempet bener2 nikmatin indahnya Bali hmmm jadi pengen kesana lagi

    BalasHapus
  44. Jadi kangen bali... pengen kesana lagi...

    BalasHapus
  45. Dulu udh lama sekali saya pernah tinggal di Bali selama 1.5 tahun, sayang masih banyak tempat2 indah yg belum sempat saya kunjungi.

    Waktu itu biasanya nyari makan di warung makan Jawa (cari yg murah hehe...) disekitar Tanjung Benoa, krn saat itu saya sempat kerja di Nusa Dua setelah pindah dari Ubud.

    Dalam waktu dekat saya ada rencana ke Lombok dan Bali, setelah sekian lama dan udh banyak perubahan pastinya.

    Ulasannya menarik dan terlebih lagi sebuah karya yg didapatkan melalui kerja keras, pengalaman dan tentunya hasil karya personal dan original akan menuai hasil yg maksimal pula.

    Good luck mas Affan 👍

    BalasHapus
  46. Sudah ke sana dua kali tapi rasanya masih ingin lagi menjelajah

    BalasHapus
  47. Jadi pengen main-main ke Bali. Recommended banget nih hotel dan destinasi wisata di Bali. Bagi saya wisata alam itu punya makna tersendiri. Bisa dekat dengan alam adalah anugrah.

    BalasHapus
  48. Whuaa Baliii jad pengen lagi ke sana. Btw Benoa Sea Suitesnya bagus banget ya.

    BalasHapus
  49. Cieeh yang honemoon. Btw keren banget mas dari foto-fotonya. Nanti kalo aku ke Bali mau mampir ke tempat-tempat itu deh. Oh yah, semoga blognya menang yaa :)

    BalasHapus
  50. Bali memang amazing...semua sisinya menampilkan keunikannya hingga mengundang banyak wisatawan berkunjung ke Bali....semoga menang ya kontesnya

    BalasHapus
  51. Jadi ingat Jatiluwih..dulu KKN dekat situ...Bali memang bikin pengin didatangi lagi dan lagi :)

    BalasHapus
  52. Baca tulisan ini jadi kangen Bali 😉, Tapi kadang Pas Di Bali kayak bukan Di Indo saking banyak nya turis heheheh.

    BalasHapus
  53. Kalo ke Bali pengen banget snorkling. . Keren tulisannya menginspirasi. Resortnya keren pula, bikin ngiri.. .

    BalasHapus
  54. Bali memang selalu memiliki daya tarik tersendiri hehe

    BalasHapus
  55. Bali itu menjadi destinasi yang tidak pernah membosankan, dan selalu ingin didatangi.

    BalasHapus
  56. Semuanya memang ada di bali...pantai, gunung, budaya, kuliner, dan lautnya. Bali selalu menarik untuk dikunjungi berkali-berkali

    BalasHapus
  57. Saya belum pernah ke Bali, hehe... tentu postingan ini jadi referensi penting bila suatu saat saya ke Bali. Makasih ya, Mas.

    BalasHapus
  58. kalo nginepnya di sini, wahhh bisa2 mager mo pulang

    BalasHapus
  59. Wiih sunrise sama sunsetnya super indah. Aku suka takjub liat sawah di Bali. Bentuknya lucu.

    Idem sama mba Ainun, kalau nginep di situ bisa-bisa enggak mau pulang hihihi

    BalasHapus
  60. Ya Tuhaaaaan indah banget Bali, moga suatu hari bisa kemari

    BalasHapus
  61. Bali...tempat pulang pada kenangan. Semoga diberi kesempatan untuk menjejak Bali untuk kesekian kalinya. :)

    BalasHapus